Carisinyal / Samsung 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+!

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Telah hadir di Indonesia, Samsung Galaxy Tab S7 series langsung menyita banyak perhatian para pemerhati teknologi berkat spesifikasinya yang unggul. Seri ini terbagi menjadi dua, Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus, dan tentu keduanya menawarkan parameter yang berbeda.

Dibandingkan dengan seri Galaxy Tab yang lain, penamaan huruf S memang selalu menarik perhatian karena ini adalah seri Tab dari Samsung yang terbaik.

Ketimbang seri Galaxy Tab S6 yang menawarkan versi reguler dan versi Lite, penambahan embel-embel Plus pada S7 sungguh memberikan kesan mewah. Lantas apa saja kelebihan yang dibawakan Galaxy Tab S7 Plus ini? Ketahui jawabannya pada daftar kelebihan dan kekurangan di bawah.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7+

Samsung Galaxy Tab S7+
  • Layar: Super AMOLED 12,4 inci
  • Resolusi Layar: 1752 x 2800 pixels, HDR10+, 120Hz refresh rate
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot) up to 1 TB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 10090 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+

Bagi Anda yang bertanya-tanya apa saja yang membuat Samsung Galaxy Tab S7 unik ketimbang tablet lainnya, jangan khawatir! Kami sudah sajikan beberapa kelebihannya sebagai berikut.

1. Layar  Super AMOLED Berkualitas Tinggi

samsung galaxy tab s7 layar

Kualitas layar seringkali menjadi perhatian utama pada setiap produk Samsung, termasuk pada Galaxy Tab 7 Plus ini. Pasalnya ia sudah mengandalkan panel Super AMOLED dengan tingkat kecerahan HDR10+ dan saturasi warna NTSC.

Ia juga meraih kontras warna maksimal karena masing-masing piksel individunya bisa dimatikan saat menampilkan warna hitam. Inilah yang menjadikan Super AMOLED pada tablet ini bisa menghadirkan warna hitam sesungguhnya.

Tablet ini pun hadir dengan ukuran bentang layar lebih besar dari varian non-Plus, yakni 12,4 inci. Alhasil konten-konten berupa video bisa dinikmati dengan lebih imersif berkat layarnya yang lebih menunjang.

Resolusi yang dimiliki layar adalah WQXGA+ alias 2800 x 1752 piksel dengan rasio 16:10 dan kerapatan piksel 266 ppi, siap menampilkan kualitas layar yang tidak cuma terang tapi juga tajam.

2. Penggunaan S Pen dengan Ultra Low Latency

samsung galaxy tab s7 s pen

Tablet atau ponsel yang layarnya besar memang identik dengan penggunaan stylus. Nah, kebetulan, Samsung Galaxy Tab S7 Plus juga mendukung penggunaan S Pen yang telah ditingkatkan lagi ketimbang generasi-generasi pendahulunya. Kini S Pen terasa lebih nyaman dan fleksibel saat penggunaannya.

Bahkan latensi S Pen pada versi Plus mencapai durasi 9 mili detik, lebih cepat dari non-Plus yang menghadirkan responsivitas 26 mili detik. Berbagai macam fitur pun bisa Anda gunakan berkat S Pen ini seperti konversi tulisan menjadi teks biasa, melakukan navigasi dengan menggunakan gesture, dan masih banyak lagi.

3. Kehadiran Refresh Rate 120 Hz

samsung galaxy tab s7 120 hz

Samsung mengerti kebiasaan pengguna zaman sekarang yang sungguh menyukai konten-konten berupa video pendek. Itu mengapa baik Galaxy Tab S7 dan S7 Plus sama-sama dibekali dengan dukungan refresh rate 120 Hz yang dua kali lipat lebih tinggi dari laju penyegaran biasa pada umumnya.

Kini menonton film, membuka Story Instagram, ataupun bermain game bisa lebih menyenangkan. Mata pengguna pun sungguh terasa dimanjakan berkat pergeseran gerakkan pada layar yang lebih licin serta mulus. Ditambah lagi, laju penyegaran 120 Hz ini adaptif sehingga aktivasinya dapat secara otomatis disesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

4. Datang dengan Chipset Gaming Terbaik

samsung galaxy rab s7 baterai

Jangan settle dengan chipset yang biasa saja, karena Samsung Galaxy Tab S7 series ini sudah dihadirkan dengan SoC terbaik di tahun 2020. Ya, inilah chipset dari Qualcomm bernama Snapdragon 865 Plus yang hadir mentenagai Galaxy Tab S7 reguler dan varian Plus-nya.

Untung saja dalam hal ini Anda tidak perlu bingung memilih model reguler atau Plus, karena performa saat bermain game kurang lebih tetap sama. Anda dijamin mampu memainkan game berat seperti Fortnite, PUBG M, ataupun Genshin Impact dengan grafis dan frame rate tertinggi menggunakan Galaxy Tab S7 Plus.

5. Quad Speaker dari AKG dan Dolby Atmos

samsung galaxy tab s7 speaker

Ingin punya pengalaman terbaik saat mendengarkan lagu ataupun menonton film? Tidak perlu jauh-jauh ke bioskop karena kualitas suara speaker pada Samsung Galaxy Tab S7 Plus ini sudah sangat memadai.

Kualitasnya tidak hanya sekedar “yang penting ada”, tapi memang sudah mengikuti penyetelan AKG dan Dolby Atmos. Jadi, bisa dipastikan kalau suara yang didengar sangat jernih dan nendang.

Jumlah speakernya tentu ada empat supaya arah suara yang keluar lebih variatif dan memberi kesan sempurna. Kini, pengguna bisa merasakan pengalaman menonton yang tidak hanya memanjakan mata, melainkan juga telinga.

6. Book Keyboard Cover dengan Function Keys

samsung galaxy tab s7 book cover keyboard

Sama seperti Galaxy Tab S7 reguler, versi Plus ini juga bisa “disulap” menjadi laptop dengan menambahkan aksesoris papan ketik magnetis yang bisa digunakan dengan mudah, praktis, dan nyaman. Penyangga dari keyboard ini juga sangat leluasa untuk disesuaikan.


Tombol-tombol yang tersedia juga cukup nyaman untuk mengetik, dan terdapat trackpad dengan ukuran yang lumayan besar untuk menciptakan desain yang ergonomis secara keseluruhan. Khusus untuk varian Plus ini, keyboard-nya juga memiliki tombol Function agar pengguna bisa mengubah pengaturan seperti volume dan tingkat pencahayaan melalui keyboard, mirip seperti laptop sungguhan.

7. Kemampuan Fotografi yang Unggul

samsung galaxy tab s7 kamera

Menggunakan tablet untuk memotret rasanya terdengar tidak lazim, tapi nyatanya Samsung Galaxy Tab S7 Plus memiliki kemampuan fotografi yang sangat mumpuni untuk sekelas tablet. Memang tidak sebagus kamera pada Note20 Series, tapi kalau Anda kebetulan sedang memegang tablet dan butuh menangkap foto secara spontan, tablet ini sungguh bisa diandalkan.

Dari spesifikasi kameranya, tidak ada yang berbeda dibandingkan versi non-Plus. Masih menggunakan konfigurasi dua lensa belakang berkekuatan 13 MP sebagai wide angle camera, dan juga lensa 5 MP untuk ultrawide. Sementara di bagian depan ada kamera selfie beresolusikan 8 MP.

Beragam mode pemotretan pun bisa dinikmati pada tablet ini, seperti Pro Video ataupun Single Take – kedua fitur yang pertama kali diperkenalkan pada seri Galaxy S20. Berikut adalah beberapa contoh sampel kamera yang bisa Anda jadikan rujukan.

hasil foto samsung galaxy tab s7

* sumber: www.techradar.com

hasil foto samsung galaxy tab s7 (2)

* sumber: www.techradar.com

hasil foto samsung galaxy tab s7 (3)

* sumber: www.androidauthority.com

hasil foto samsung galaxy tab s7 (4)

* sumber: www.androidauthority.com

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+

Rupanya walau tablet ini banyak memiliki kelebihan, ada beberapa kekurangan yang membuatnya sedikit tidak menarik untuk dilirik. Berikut beberapa poin kekurangan dari Samsung Galaxy Tab S7 Plus.

1. Baterai Rupanya Kurang Awet

samsung galaxy tab s7 plus baterai

Terlepas dari ukuran kapasitas baterai yang lebih besar ketimbang versi biasa, rupanya kinerja baterai pada Galaxy Tab S7 Plus ini justru lebih cepat habis. Mengapa bisa demikian? Nampaknya karena ukuran layar yang lebih besar membuat tablet ini semakin kesulitan menjaga ketahanan baterainya, sekalipun sudah menggunakan panel Super AMOLED yang digadangkan lebih hemat baterai.

Dari perbandingan yang tertera pada laman resmi Samsung, dikatakan bahwa Samsung Galaxy Tab S7 mampu bertahan selama 15 jam saat digunakan menonton video, sedangkan Tab S7 Plus yang hadir dengan 10.080 mAh hanya mampu bertahan selama 14 jam saja.

Apalagi durasi pengisiannya pun lebih lama, hadir dengan casan 18 W saja yang bisa mengisi daya tablet dalam waktu tiga jam. Bahkan saat Anda menggunakan casan 45W pun, waktu pengisian Plus memang lebih lama ketimbang reguler karena kapasitasnya yang lebihi besar.

Ini rasanya sudah cukup untuk membuat beberapa pengguna berpaling ke varian reguler ketimbang Plus, terutama bagi mereka yang lebih mementingkan baterai ketimbang ukuran layar.

2. Sistem Operasi Kurang Teroptimasi

samsung galaxy tab s7 pengalaman desktop yang kurang optimal

Salah satu kelebihan yang bisa dirasakan pengguna tablet adalah perangkat bisa dimanfaatkan juga seperti PC. Kalau dari aspek hardware, Galaxy Tab S7 Plus yang menghadirkan chipset dan RAM yang sangat besar tentu sudah lebih dari cukup untuk hal ini. Tapi, sayangnya tablet Samsung ini menggunakan sistem operasi Android yang rasanya kurang cocok untuk tablet.

Apalagi saat Anda menggunakan beragam aplikasi pihak ketiga pada mode lanskap, nampaknya para pengembang aplikasi lebih condong mengoptimalkan karyanya pada ponsel ketimbang tablet. Sehingga, pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi mungkin tidak akan sebagus produk-produk tablet dari merk Microsoft.

3. Harga Terbilang Mahal

Samsung Galaxy Tab S7 series

Sudah bukan rahasia lagi kalau Samsung Galaxy Tab S7 Plus layak diletakkan pada deretan tablet teratas, sekelas iPad dan Microsoft Surface Pro keluaran tahun 2020. Hanya saja, harga dari tablet ini saat rilis terbilang cukup mahal, yakni pada banderol Rp16.999.000,-.

Dengan kocek Rp17 juta tersebut, Anda sebenarnya masih bisa menjelajahi opsi-opsi lain yang sekiranya bisa lebih worth it untuk budget Anda. Misalnya saja seperti Microsoft Surface Pro 7 yang hanya seharga $750 atau setara dengan kurang lebih Rp11 jutaan.

Apalagi produk Microsoft ini sudah pakai Windows yang memang menjadi sistem operasi laptop sejuta umat, sehingga pengalaman desktopnya dijamin terasa natural. Tapi, ini sih kembali lagi ke kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Simpulan

Jangan sampai salah pilih, beberapa poin kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S7 Plus tadi bisa Anda jadikan rujukan untuk menimbang apakah tablet ini cocok untuk Anda. Yang pasti, ini adalah produk yang cocok bagi siapapun yang menginginkan kualitas layar terbaik dan performa gaming tergahar.

Ya, semua game berat yang ada di Play Store pasti bisa dijalankan dengan pengaturan tertinggi pada tablet. Namun rupanya tablet ini memang kurang cocok untuk dijadikan pengganti laptop. Terlepas dari dukungan aksesoris keyboard yang nyaman, ekosistem Android cukup menghambat pengguna dalam segi user experience dan produktivitas.

Dan, kalau versi Plus ini kemahalan bagi Anda, kami juga menyediakan artikel perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus sebagai perbandingan. Galaxy Tab S7 dibanderol dengan harga lebih murah walau ukuran layarnya lebih kecil. Kalau sudah sangat yakin ingin membeli versi Plus, silakan klik di sini untuk memesannya secara online.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *