10 Tablet dengan RAM 4GB Terbaru (Januari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Tablet komputer atau tablet saja banyak dipilih sebagai perangkat alternatif untuk berbagai kebutuhan. Karena itu, tablet termasuk produk yang cukup menarik konsumen meskipun tentu tidak sepopuler ponsel atau laptop.

Tablet masih punya daya tarik sendiri, terlebih jika produknya murah seperti misalnya tablet yang memiliki RAM 3 GB. Namun, bagi sebagian orang, barangkali termasuk Anda, tablet RAM 3 GB terasa kurang. Jika demikian, Anda bisa memilih tablet dengan RAM 4 GB.

Dengan kapasitas RAM yang cukup besar dibandingkan RAM 3 GB, tablet RAM 4 GB dapat mengatasi masalah lemot ataupun lag pada saat sedang melakukan multitasking. Tak hanya mengandalkan RAM yang besar, berbagai tablet ini juga dibekali dengan spesifikasi lainnya yang sangat mumpuni, seperti pada chipset dan grafis.

Nah, Anda penasaran Apa sajakah tablet yang masuk ke dalam daftar ini? Yuk simak daftar tablet dengan RAM 4 GB yang masuk resmi ke Indonesia pada tabel di bawah ini. Penjelasan detail tiap HP, bisa disimak setelah tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. OPPO Pad Air

OPPO Pad Air
Layar IPS LCD 10.36 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

OPPO Pad Air merupakan tablet pertama OPPO di Indonesia. Tablet 3 jutaan ini menarik untuk dimiliki bagi Anda yang memerlukan perangkat untuk produktivitas dan multimedia. Soal performa, OPPO Pad Air memang bukan yang terbaik. Meski begitu, untuk penggunaan sehari-hari, tablet ini sudah mumpuni.

SoC Snapdragon 680 yang ditunjang RAM 4 GB dapat digunakan untuk multitasking tanpa kendala. Selain itu, antarmuka ColorOS yang disematkan juga berbeda ketimbang HP OPPO pada umumnya. Antarmuka sang tablet cukup ringan, bahkan tidak ada bloatware dan iklan yang nongol.

Hal menarik lainnya dari tablet ini adalah punya speaker stereo berjumlah empat, posisi kamera depannya sudah ideal untuk tablet, serta mendukung pemakaian pena stylus dan keyboard eksternal.

Terkait memori internal yang hanya 64 GB, Anda dapat mengakalinya dengan memasang kartu microSD. Tertarik dengan OPPO Pad Air?

2. Apple iPad (2022)

ipad 2022 6_
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion - mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Untuk Anda yang membutuhkan tablet powerful dengan RAM 4 GB, bisa pertimbangkan iPad reguler keluaran 2022 ini. Sekarang, iPad reguler tidak lagi gunakan desain jadul dengan bezel tebal di sisi atas dan bawah.

Setelah memindahkan tombol Touch ID dari depan ke atas, bezel di seluruh sisi menjadi lebih tipis. Bahkan kamera depannya pun berpindah dari sisi kiri ke sisi atas dari posisi lanskap.

Performa iPad ini juga meningkat dari generasi sebelumnya. Tidak lagi gunakan A13 Bionic, iPad 2022 kini menggunakan chipset A14 Bionic yang digunakan iPhone 12 series.

iPad 2022 juga merupakan yang pertama di seri ini yang hadirkan port USB Type-C alih-alih Lightning port. Sehingga, memudahkan pengguna untuk menghubungkan peripheral pihak ketiga tanpa harus gunakan adapter.

3. Huawei MatePad SE 10.4

Huawei MatePad SE 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei MatePad SE 10.4 menghadirkan RAM berkapasitas 4 GB LPDDR4x yang dipadankan dengan storage internal 64 GB. Sebagian konsumen akan menganggap penyimpanan ini terlalu kecil untuk standar zaman sekarang.

Akan tetapi, untuk seukuran tablet yang penggunaannya tak seintens smartphone, kapasitas 64 GB masih bisa terbilang cukup. Apalagi, tersedia slot memori eksternal hingga 1 TB untuk menambah kapasitas.

Untuk Anda yang suka bermain gim berat, tablet ini dikemas dengan chipset bertenaga Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm. Agar pengalaman bermain semakin terasa menyenangkan, layar tablet pun mengusung resolusi 2K yang tajam dengan reproduksi warna yang cukup kaya.

Berbekal pengalaman audio yang optimal, keberadaan dua stereo speaker di tablet ini sungguh menjadikan tablet sarana menonton yang menarik. Huawei bekerja sama dengan Harman Kardon dan Histen 8.0 untuk mengeluarkan kualitas suara yang ciamik.

Huawei MatePad SE juga memiliki build quality yang begitu kokoh, bahkan disinyalir kuat meski sudah tertindih anak-anak hingga bobot 10 kg. Bahkan tablet ini dikemas dengan fitur Kids Corner yang cocok untuk anak-anak.

4. Luna Twinbook T10

Luna Twinbook T10
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 6600 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Luna Twinbook T10 resmi dirilis dengan RAM 4 GB yang dikombinasikan dengan memori internal 64 GB. Namun, Anda tidak usah khawatir jika merasa terlalu sempit, karena tablet ini menyediakan slot khusus untuk microSD yang bisa memperluas penyimpanan hingga 256 GB.

Layar yang dimiliki Luna Twinbook T10 ini cukup besar yaitu mencapai 10,1 inci dengan panel yang digunakannya adalah IPS LCD. Tablet ini mampu mencapai resolusi Full HD atau 1200 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel 224 ppi. Refresh rate yang dihasulkan juga cukup besar yaitu 60 Hz sehingga penggunaan tablet semakin nyaman dengan respon yang baik.

Untuk ketahanannya, Luna Twinbook dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 6000 mAh. Dengan kapasitas besar tersebut, tablet ini siap menemani dalam menyelesaikan pekerjaan Anda seharian penuh.

5. realme Pad Mini

realme Pad Mini
Layar IPS LCD 8.7 inci
Chipset UNISOC Tiger T616
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 6400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Selain terbagi menjadi varian model WIFi dan LTE, realme Pad Mini juga terbagi dalam varian RAM dan memori internal berbeda. Tidak hanya sediakan RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB, Anda juga bisa memilih varian dengan RAM 4 GB LPDDR4x dan storage 64 GB.

Mengusung memori internal berstandar UFS 2.1, otomatis membuat performanya setingkat lebih maju dibanding tablet lain yang masih pakai eMMC 5.1. Kehadiran chipset Unisoc Tiger T616 di tablet ini juga menjadikannya cocok untuk bermain gim tanpa hambatan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram