Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad SE

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Kini sudah banyak tablet seharga Rp2 jutaan yang menawarkan spesifikasi dan fitur menarik. Tidak seperti dulu yang mengharuskan pengguna untuk "maklum" terhadap tablet murah, Anda kini sudah bisa memiliki Huawei MatePad SE yang tawarkan layar berkualitas dan performa kencang.

Ya, Huawei MatePad SE merupakan varian tablet termurah yang ada di keluarga MatePad series. Pengguna kelas menengah dapat menikmati Huawei MatePad Pro untuk keperluan kreasi konten.

Namun, untuk pengguna di kelas terjangkau seperti anak-anak, bisa menggunakan Huawei MatePad SE untuk menunjang semua kebutuhan hiburan dengan nyaman. Simak poin-poin kelebihan dan kekurangannya di tabel berikut.

KelebihanKekurangan
Performa Memadai dengan Chipset Snapdragon 680
Kualitas Tampilan Layar 2K yang Memukau
Konektivitas Cukup Lengkap, Ada Jack Audio-nya
Ketahanan Bodi yang Kokoh
Menyediakan Fitur Kids Corner
Hubungan Antar Perangkat Huawei yang Seamless + Ada Fitur Multi-tasking
Konfigurasi Kamera Kalah Saing
Baterai Kalah Saing, tanpa Fast Charging
Tanpa Google Mobile Services, tapi Bisa Diakali
Hanya Suguhkan Dua Speaker
RAM dan Memori Internal Terasa Kurang Lega

Selain memiliki kelebihan di sisi layar dan performa, Huawei MatePad SE juga hadirkan fitur khusus anak-anak supaya orang tua merasa aman saat si kecil bermain tablet. Tanpa tunggu lebih lama lagi, langsung simak penjabaran dari kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad SE yang berikut ini.

Spesifikasi Huawei Matepad SE

Huawei MatePad SE 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Huawei Matepad SE

Jangan lewatkan Huawei Matepad SE jika Anda membutuhkan tablet memadai di kelas harga Rp2 jutaan. Yuk simak beberapa kelebihannya berikut ini!

1. Performa Memadai dengan Chipset Snapdragon 680

68094-snapdragon-680-4g_

Huawei MatePad SE menghadirkan chipset yang lumayan bertenaga untuk di kelas harga 2 jutaan. Ia menggunakan Snapdragon 680 yang dibangun atas proses fabrikasi 6 nm N6 TSMC.

Di dalamnya sudah mencakup konfigurasi prosesor delapan inti yang gahar, yakni empat unit performa tinggi Kryo 265 Gold (berbasiskan Cortex A73) berkekuatan 2.4 GHz, serta empat inti hemat daya Kryo 265 Silver (berbasiskan Cortex A53) dengan frekuensi 1.9 GHz.

Chipset ini dilengkapi dengan kartu pengolah grafis Adreno 610, mendukung RAM LPDDR4x Dual Channel, serta ISP Spectra 346 yang mendukung kamera tunggal 64 MP atau dual camera 16 MP.

Snapdragon 680 merupakan seri Snapdragon 600 yang mendukung fabrikasi rendah, sehingga memiliki efisiensi daya yang setara dengan chipset flagship.

Huawei MatePad SE juga sebenarnya tersedia dalam varian chipset Kirin 710A dengan fabrikasi 14 nm. Namun, varian ini tampaknya tersedia untuk pasar di luar Indonesia.

Tapi tenang saja, varian Snapdragon 680 yang masuk ke Indonesia punya kinerja lebih tinggi, kok. Meski menggunakan mikroarsitektur yang sama dengan Kirin 710A, namun Snapdragon 680 hadirkan clock speed lebih tinggi pada klaster high performance maupun efisiensi daya.

Dikutip dari gadgetversus.com, Snapdragon 680 meraih skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 216 ribuan, lebih tinggi dari Kirin 710A dengan skor 167 ribuan.

Hal yang sama diungkapkan pada laman Nano Review, Snapdragon 680 menghadirkan skor AnTuTu v9 sebesar 264.848 poin, sedangkan Kirin 710 mendapatkan skor 198.544 poin.

Melirik sejumlah perangkat lain yang menggunakan chipset Snapdragon 680 (Redmi 10C, Redmi 10, realme 9, Samsung Galaxy A23), semestinya Huawei MatePad SE ini memiliki pengalaman gaming yang nyaman.

Kanal YouTube Jagat Review mengungkapkan bahwa pengalaman navigasi sehari-hari di tablet ini terasa begitu nyaman. Selain itu, permainan seperti Mobile Legends juga dapat dijalankan dengan lancar tanpa lag atau kendala lainnya.

YouTuber DK ID juga telah mengujikan PUBG Mobile sebagai salah satu gim paling berat di industri mobile gaming. Hasilnya pun tidak ada kendala, mendukung pengaturan Smooth - High. Stabil di angka 30 FPS. Sudah sesuai dengan pengalaman rata-rata yang dihadirkan pada ponsel atau tablet yang gunakan Snapdragon 680.

Jadi, soal pengalaman gaming dan sehari-hari, sudah jelas Huawei MatePad SE ini sangat lancar untuk di harga 2 jutaan. Meski ia tidak sebaik Redmi Pad yang bawakan Helio G99, tapi setidaknya Anda tidak akan merasakan lag dan stutter saat lakukan aktivitas harian.

2. Kualitas Tampilan Layar 2K yang Memukau

huawei matepad se layar_

Layar yang dimiliki Huawei MatePad SE memiliki kualitas yang jarang ditemui pada tablet sebayanya. Mengusung resolusi 2K alias 1200 x 1920 piksel dengan kerapatan 224 ppi, layar tablet akan tampilkan antarmuka dan konten secara tajam.

Panel yang digunakan juga sudah IPS, sehingga viewing angle-nya pun terasa luas. Tablet ini masih terbilang lebih oke ketimbang salah satu pesaingnya, Samsung Galaxy Tab A8, yang masih pakai panel TFT. Soalnya, menurut orientdisplay, panel IPS bisa hasilkan kejernihan warna yang lebih baik ketimbang TFT.

Huawei MatePad SE ini berjalan pada aspek rasio 16:10, agak berbeda dengan Redmi Pad atau realme Pad yang bawakan aspek rasio 5:3. Aspek rasio 16:9 dianggap sebagai yang salah satu yang paling ideal untuk produktivitas. Pasalnya, ini merupakan aspek rasio yang direkomendasikan Microsoft untuk membuka aplikasi Office.

Menurut sejumlah reviewer seperti DK ID dan JagatReview, warna yang keluar pada layar ini begitu nyaman. Tidak mengeluarkan warna yang berlebihan, tidak juga membuat sakit mata.

Jagat Review sendiri mengungkapkan bahwa layar Huawei MatePad SE memiliki gamut warna 93,7% sRGB. Jadi, kualitas warnanya tergolong akurat sehingga cocok untuk keperluan kreasi konten.

Agar tidak membuat mata pengguna cepat lelah, layar tablet juga dilengkapi dengan fitur Eye Care dan sertifikasi TUV Rheinland yang dapat mengurangi intensitas emisi cahaya biru.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram