carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Banyak orang tua masa kini yang mengenalkan gawai (gadget) kepada sang anak sejak usia dini. Gawai jadi penyelamat andalan, misalnya saat anak sedang rewel. Gawai juga yang jadi sarana anak untuk belajar bernyanyi, mengenal warna dan angka, menghafal nama-nama binatang, dan lain sebagainya.

Hanya, yang mungkin dikhawatirkan oleh mayoritas orang tua adalah seberapa aman gawai tersebut buat anak? Serta bagaimana agar anak tidak kecanduan memakai gawai? Dua masalah ini ternyata menjadi perhatian Huawei.

Karena itu, produsen gawai asal Tiongkok ini meluncurkan sederet tablet edisi anak. Salah satunya adalah Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition. Tablet yang juga bisa disebut dengan Huawei MatePad SE Kids Edition ini meluncur secara resmi di Indonesia pada Februari 2023.

Dalam artikel ini, Carisinyal akan membabar apa saja kelebihan dan kekurangan sang tablet. Pembahasan termasuk pula dengan penjelasan singkat mengenai fitur-fitur yang mendukung tumbuh kembang anak. Ringkasan pembahasan dapat Anda tengok pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Casing pelindung yang aman dengan bahan food grade
Tidak mendukung jaringan seluler
Layar lebar, mendukung stylus
Memori internal kecil
Speaker stereo
Performa mumpuni untuk pemakaian sehari-hari
Baterai yang cukup awet
Kids corner dan fitur perlindungan anak
Segudang konten khusus anak
Paket penjualan lengkap

Lewat ringkasan di atas, Anda bisa jadi tahu apakah Huawei MatePad SE Kids Edition adalah gawai yang cukup menarik buat anak. Namun, bila Anda perlu pembahasan mendetail, silakan baca artikel ini sampai akhir.

Spesifikasi Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Huawei MatePad SE Kids Edition
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Tak banyak produsen yang merilis tablet khusus untuk segmen anak. Huawei MatePad SE Kids Edition pun muncul untuk mengisi segmen tersebut dengan berbagai kelebihannya. Simak penjelasan berikut supaya Anda tahu sisi menarik yang dipunyai si tablet.

1. Casing Pelindung yang Aman dengan Bahan Food Grade

Huawei MatePad SE Kids Edition

Huawei MatePad SE Kids Edition pada dasarnya adalah MatePad SE 10.4 yang meluncur pada 2022. Tidak ada perbedaan soal desain, termasuk lokasi tombol, material bodi, dan opsi warna.

Satu hal yang membuat MatePad SE Kids Edition adalah adanya casing pelindung yang membungkusnya. Casing tebal ini memiliki kesan yang imut bagi anak. Warnanya hijau dengan tangkai pegangan kuning. Gagang pegangan tersebut juga berfungsi sebagai penyangga tablet.

Huawei bilang, bahan yang dipakai pada casing itu adalah karet silikon food grade. Bahan tersebut telah lolos pengujian LFGB dan FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat), sehingga memperoleh kategori food grade.

Bahan foodgrade dijamin aman sekalipun digigit oleh anak yang ingin tahu seperti apa rasanya. Artinya bahan casing ini tidak beracun. Meski begitu, casing-nya tetap tidak boleh dimakan.

Sejatinya casing tersebut adalah pelindung bagi sang tablet dari benturan dan guncangan. Keberadaannya penting mengingat mobilitas anak yang tinggi. Anak kapan pun bisa menjatuhkan tablet baik disengaja maupun tidak.

Hal menarik dari casing tersebut adalah memiliki slot alias tempat untuk menyimpan pena stylus. Letak slot stylus tersebut ada di gagang pegangan. Selain itu, stylus tablet ini juga telah tersambung dengan sebuah tali, sehingga insiden stylus hilang dapat dihindari.

2. Layar Lebar, Mendukung Stylus

Huawei MatePad SE Kids Edition

MatePad SE Kids Edition diperkuat oleh layar dengan bentang 10,4 inci. Panel yang dipakai adalah IPS LCD, sedangkan resolusinya mencapai 2K (2000 x 1200 piksel). Ukuran 10,4 inci terbilang pas, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar.

Layar pun bisa menampilkan konten dengan tajam dan memuaskan. Huawei mengeklaim bahwa layar MatePad SE Kids Edition telah lolos dua sertifikasi dari TUV Rheinland. Dua sertifikasi itu yakni rendah emisi cahaya biru dan bebas kedipan.

Emisi cahaya biru (radiasi) dan kedipan merupakan faktor utama penyebab mata kelelahan. Tak hanya itu, layar tablet ini dilengkapi dengan fitur 4096 tingkat penyesuaian kecerahan. Fitur ini bisa hadir lantaran sang tablet dibekali sensor cahaya.

Dalam pengujian Jagat Review, tampilan warna MatePad SE 10.4 terlihat tidak berlebihan. Cakupan warnanya mencapai 93,7% sRGB. Tablet yang diuji diasumsikan sama dengan MatePad SE Kids Edition, maka kualitas layarnya pun serupa.

3. Speaker Stereo

Huawei MatePad SE Kids Edition

Layar 10,4 inci Huawei MatePad SE Kids Edition memiliki pasangan duet yang serasi. Pasangan duet itu adalah speaker dengan konfigurasi stereo. Dalam orientasi landscape, posisi speaker ada di sisi kiri dan kanan tablet.

Kelantangan suara speaker tablet ini mungkin tidak akan beda jauh dengan speaker mono tablet lain di rentang harga sama. Namun, speaker stereo mampu menghadirkan suara yang lebih kaya. Dinamikanya ada, sehingga Anda bisa merasakan satu langkah lebih dekat dengan konten yang ditonton.

4. Performa Mumpuni untuk Pemakaian Sehari-hari

vivo y35

Sektor dapur pacu Huawei MatePad SE Kids Edition diperkuat SoC Qualcomm Snapdragon 680. SoC ini membuat performa tablet ini terbilang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Anda tidak akan menemui kendala saat membuka aplikasi. Impresi yang timbul adalah tablet ini mengeksekusi segala perintah secara responsif.

Performa MatePad SE Kids Edition yang mumpuni tak lepas dari CPU sang SoC. Snapdragon 680 punya CPU yang memiliki arsitektur Cortex A73. Adanya Cortex A7x merupakan tanda bahwa ia adalah SoC dengan kemampuan memadai.

Lalu bagaimana kalau dipakai main game, misalnya PUBG Mobile? Tentu tablet ini masih dapat menjalankannya dengan cukup lancar.

Untuk diketahui, Snapdragon 680 mengandung CPU delapan inti. Rinciannya terdapat empat inti performa Cortex A73 (2,4 GHz) dan empat inti efisiensi Cortex A53 (1,9 GHz). Untuk urusan oleh grafis, SoC dengan teknologi fabrikasi 6 nm ini mengandalkan GPU Adreno 610.

Dalam dapur pacu MatePad SE Kids Edition, Snapdragon 680 disandingkan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Sebagai informasi tambahan, skor AnTuTu 9 Snapdragon 680 ada di kisaran 260 ribuan menurut Nano Review.

5. Baterai yang Cukup Awet

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Huawei MatePad SE Kids Edition dibekali baterai dengan kapasitas 5100 mAh, sama seperti MatePad SE 10.4. Sekali lagi, karena spesifikasi jeroan kedua tablet sama, dapat diasumsikan jika daya tahan baterainya pun serupa.

Ketika diuji Jagat Review, MatePad SE 10.4 dapat bertahan 14 jam 48 menit dalam skenario pemutaran video lokal yang resolusinya 1080p. Artinya, baterai 5100 mAh di tablet ini cukup awet. Ia bisa menjaga nyala sang tablet lebih dari 12 jam, padahal layarnya cukup besar.

Adapun MatePad SE Kids Edition dan MatePad SE 10.4 mendukung pengisian 10W. Mengisi baterainya dari kondisi kosong sampai penuh memerlukan waktu kurang lebih 3 jam. Akan lebih cocok jika tablet ini dicas saat tidak digunakan, misalnya malam hari ketika orang tua tidur.

6. Kids Corner dan Fitur Perlindungan Anak

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Hal kedua selain casing pelindung yang bikin MatePad SE Kids Edition adalah aplikasi Kids Corner. Kids Corner bisa dibilang sebagai portal yang mengubah tablet umum menjadi tablet anak.

Dalam Kids Corner orang tua bisa mengatur apa saja aplikasi yang dimunculkan. Orang tua juga bisa mengatur durasi pemakaian, mengatur foto dan video yang ditampilkan di galeri, dan pengaturan lainnya. Intinya, Kids Corner merupakan perpanjangan tangan orang tua untuk mengawasi anak.

Di dalam Kids Corner sudah ada beberapa aplikasi bawaan. Misalnya aplikasi untuk menggambar, merekam suara, memotret, dan beberapa aplikasi penyedia konten eksklusif dari pihak ketiga.

Tidak cuma Kids Corner, Huawei juga menyematkan fitur-fitur sederhana yang dapat melindungi anak. Contohnya, tampilan tablet akan otomatis jadi hitam saat dipakai dalam posisi tidur telentang. Akan ada peringatan yang muncul agar anak memperbaiki posisinya.

Peringatan semacam juga muncul saat anak menggunakan tablet di kondisi pencahayaan sekitar yang redup, dan ketika berada di kendaraan yang banyak guncangan. Selain itu, tablet akan otomatis tak bisa dipakai saat sedang dicas.

7. Segudang Konten Khusus Anak

Huawei MatePad SE Kids Edition

MatePad SE Kids Edition semakin paripurna disebut tablet anak karena dijejali segudang konten anak. Konten-konten tersebut berasal dari tiga aplikasi yang ada di dalam Kids Corner yakni: Baby Panda World, Azoomee, dan Huawei Video.

Ada beragam konten game dan video yang bisa dinikmati sang buah hati dari tiga aplikasi tersebut. Seluruh konten dijamin aman dikonsumsi anak. Menariknya, paket langganan Baby Panda World selama 3 bulan, dan Azoomee selama 1 tahun, masuk dalam paket penjualan tablet.

8. Paket Penjualan Lengkap

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Pada poin selanjutnya telah dijelaskan bahwa pembelian tablet MatePad SE Kids Edition sudah termasuk langganan di platform Baby Panda World dan Azomee. Namun, yang disertakan dalam penjualan si tablet tidak cuma itu.

Casing, pena stylus, charger, kabel USB C, dan pin ejector ada dalam paket penjualan. Ada juga Huawei FreeBuds SE yang diberikan selama persediaan masih ada. Paket penjualan tablet ini pun bisa dibilang lengkap.

Sebagai catatan, paket langganan Baby Panda World dan Azoomee serta Huawei FreeBuds SE dapat diperoleh konsumen selama periode first sale. Periode first sale Huawei MatePad SE Kids Edition berlangsung pada 17-28 Februari 2023.

Kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Huawei MatePad SE Kids Edition memang perangkat yang sangat memadai untuk menemani tumbuh kembang anak. Namun, beberapa keterbatasan sang tablet juga perlu Anda lihat sebagai pertimbangan untuk membeli atau tidak.

1. Tidak Mendukung Jaringan Seluler

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Huawei MatePad SE Kids Edition tidak mendukung jaringan seluler. Cara paling umum menghubungkan tablet ini ke jaringan internet adalah via WiFi. Bisa juga menggunakan fasilitas tethering perangkat lain lewat Bluetooth atau kabel USB.

Dengan begitu, tablet ini sangat tergantung perangkat lain agar bisa menikmati internet. Mengingat tablet ini akan lebih sering digunakan anak di rumah, alangkah baiknya jika orang tua telah menyiapkan koneksi internet via WiFi.

2. Memori Internal Kecil

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Memori internal Huawei MatePad SE Kids Edition berkapasitas 32 GB. Memori internal yang kecil ini sebenarnya tidak masalah karena anak tentu tidak memerlukan banyak aplikasi. Masalah akan timbul jika anak bertambah usia dan ingin menggunakan tablet ini lebih serius.

Sudah pasti aplikasi yang dipasang jadi lebih banyak. Memori 32 GB rasanya semakin sempit. Satu-satunya cara menyiasati masalah ini adalah memindahkan file media seperti foto dan video ke microSD. Tablet ini memiliki slot microSD khusus yang bisa menampung microSD dengan kapasitas maksimal 1 TB.

Ketika file media sudah dialihkan ke microSD, ada ruang ekstra pada memori internal yang bisa dimanfaatkan untuk memasang aplikasi.

Simpulan

Huawei MatePad SE Kids Edition merupakan satu contoh perangkat yang ideal untuk anak. Huawei memberi perhatian dengan serius agar tablet ini aman dan nyaman dipakai oleh anak. Orang tua pun kini tak perlu khawatir anak bakal kecandungan saat sudah mengenal gawai.

Aplikasi Kids Corner yang ada di MatePad SE Kids Edition tidak hanya melindungi anak dari konten yang belum seharusnya mereka konsumsi. Namun, aplikasi tersebut juga membantu orang tua menjaga kesehatan anak, serta menyediakan konten seru yang menyenangkan.

Selain itu, tablet ini dilengkapi dengan casing foodgrade yang tiada duanya. Ia tidak cuma menghindarkan tablet dari kerusakan akibat benturan. Namun, ia juga memiliki fungsi sebagai penyangga dan tempat pena stylus.

Hanya, saat memutusakan membeli MatePad SE Kids Edition, Anda mesti menyadari bahwa memori internalnya tidaklah besar dan harus tersambung ke jaringan WiFi. Jika itu bukan masalah besar bagi Anda, sudah selayaknya Anda mempertimbangkan tablet ini untuk menemani proses tumbuh kembang anak.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram