carisinyal web banner retina

Hanya 1 Jutaan, Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan itel Pad 2

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

itel tampaknya cukup serius terjun ke segmen tablet. Pada April 2024, itel meluncurkan tablet terbarunya yaitu itel Pad 2 di pasar Indonesia. Dalam pantauan saya, tablet ini sudah masuk dalam entri sertifikasi Postel dan TKDN Kemenperin Indonesia.

Itel Pad 2 merupakan penerus dari itel Pad 1 yang dirilis di Indonesia pada Oktober 2023. itel Pad 2 tetap berada di kelas entry sebagai tablet murah yang cocok untuk aktivitas biasa sehari-hari. Anda bisa menyimak beberapa kelebihan dan kekurangannya secara singkat di dalam tabel berikut, kemudian lanjut ke pembahasannya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain minimalis yang kokoh
Hanya menggunakan kamera wide
Layar lebar dengan dual speaker
Fitur pengisian daya lambat
Chipset UNISOC Tiger T606, oke untuk penggunaan harian
Bodi lebih tebal
Menyediakan slot microSD dan port audio jack
Keberadaan konektivitas 4G dan WiFi
Baterai 6000 mAh yang awet
Menawarkan fitur Google Kids Space

Spesifikasi itel Pad 2

itel Pad 2
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan itel Pad 2

Sebagia tablet kelas entry, itel Pad 2 dijual dengan harga mulai dari Rp1,6 jutaan saja. Dengan harga tersebut, tablet ini menawarkan beberapa kelebihan yang cukup menarik. Silakan simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Desain Minimalis yang Kokoh

itel pad 2

Salah satu kelebihan yang cukup menarik dari itel Pad 2 ini adalah desainnya yang minimalis. Masih mirip seperti generasi sebelumnya yaitu itel Pad 1, tampilan bodinya terlihat sederhana tanpa ada aksen yang berlebihan, Garis lurus yang ada di itel Pad 1 kini diganti dengan tampilan bar di tepi kiri.

Modul kamera yang digunakannya masih berbentuk persegi panjang dengan warna dasar hitam. Beda dari generasi sebelumnya, itel Pad 2 hanya dibekali satu lingkaran cukup besar yang diisi oleh kamera utamanya. Kemudian di bagian bawahnya ada lampu LED flash untuk membantu pencahayaan saat kondisi gelap.

Hal yang cukup disayangkan dari itel Pad 2 ini adalah keterbatasan varian warnanya. Kali ini itel hanya menawarkan satu varian warna saja yaitu Deep Grey. Namun, warna ini cukup elegan untuk sebuah tablet dan tidak terlihat murahan.

Meski dijual dengan harga Rp1 jutaan saja, itel Pad 2 ini memiliki build quality yang sudah cukup baik. Bodi bagian belakang dan frame-nya sudah menggunakan aluminium sehingga kesan saat menggenggamnya terasa lebih nyaman. Selain itu, bodinya juga jadi lebih kokoh dan tahan goresan.

Sedangkan untuk dimensinya, itel Pad 2 ini tampaknya hadir dengan ukuran bodi lebih tebal. Dimensi dan ketebalan yang dimilikinya yaitu 243,5 x 159,5 x 9,05 mm. Ukuran dimensinya tentu tidak memungkinkan untuk digenggam dengan hanya satu tangan.

2. Layar Lebar dengan Dual Speaker

itel pad 2

Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu itel Pad 1, itel Pad 2 ini memiliki spesifikasi layar yang tidak jauh berbeda. Ukurannya cukup luas yaitu 10,1 inci menggunakan panel IPS LCD. Ukurannya ini sudah cukup oke untuk sebuah tablet. Mengingat penggunaannya yang lebih sering untuk nonton atau scrolling media sosial.

Sayangnya, tampilan bezel-nya ini terlihat masih cukup tebal di tiap sisinya. Hal ini mungkin akan sedikit mengganggu karena layar jadi leih kecil. Namun, bisa juga malah membantu mengurangi kesalahan sentuhan saat sedang scrolling atau melakukan aktivitas lainnya.

Panel IPS yang digunakannya juga cukup baik untuk tablet di harga Rp1 jutaan. Namun, resolusinya masih berada di angka HD+ atau 1280 x 800 piksel. Hal ini mungkin akan memengaruhi tingkat ketajaman gambar dan warna yang dihasilkan. Kerapatan piksel yang dimilikinya yaitu 149 ppi.

Salah satu hal menarik lainnya adalah keberadaan double speakers atau Double Super Speaker yang mampu menghasilkan suara yang lantang.

Tidak hanya itu, speaker yang digunakannya ini sudah menggunakan Smart PA yang mampu membuat suara terdengar nyata atau secara 3D. Pengalaman menonton film jadi terasa lebih imersif berkat kombinasi layar dan suara yang menyenangkan.

3. Chipset UNISOC Tiger T606, Oke Untuk Penggunaan Harian

unisoc-t606_

Performa menjadi salah satu sektor yang mengalami peningkatan menarik. Meski masih dari keluarga UNISOC, itel Pad 2 sudah cukup baik dengan menggunakan UNISOC Tiger T606 (atau bisa ditulis UNISOC T606 saja). Berbeda dengan itel Pad 1 yang hanya menggunakan UNISOC SC9863A1.

Meski peningkatannya tidak terlalu signifikan, setidaknya chipset ini memiliki tingkat efisiensi daya yang jauh lebih baik karena menggunakan proses fabrikasi 12 nm. Selain itu, performanya juga sudah bisa diandalkan untuk aktivitas ringan harian karena sudah menggunakan CPU dari Cortex A75.

Prosesor atau CPU yang dimiliki UNISOC T606 ini berjumlah delapan inti CPU. Terdiri dari dua core Cortex A75 (1,6 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (1,6 GHz) untuk efisiensi dayanya. Selain itu, chipset ini juga sudah didukung kartu pengolah grafis atau GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz.

Dengan arsitektur tersebut, tidak hanya aktivitas harian biasa saja yang bisa dilakukannya, Anda juga bisa memainkan game kasual dengan cukup lancar. Merujuk pada data Nanoreview untuk hasil pengujian sintesisnya, UNISOC T606 ini mendapatkan skor 244.702 poin untuk AnTuTu v10.

Kemudian untuk GeekBench 6, skornya yaitu 371 poin untuk single-core dan 1391 poin untuk multi-core-nya. Chipset ini juga mendapatkan skor 420 poin untuk hasil pengujian ketahanannya menggunakan 3DMark Wild Life Performance.

Performa yang didapatkan oleh itel Pad 2 ini tentu bukan semata-mata karena chipset yang digunakan. Kapasitas memori yang lega juga bisa membantu mengoptimalkan performa yang dihasilkan.

4. Menyediakan Slot MicroSD dan Port Audio Jack

itel pad 2

itel Pad 2 hanya memiliki satu varian memori saja yaitu RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Untuk harga Rp1 jutaan, memori tersebut sudah cukup baik sebenarnya, apalagi masih ada slot microSD agar kapasitasnya bisa diperluas.

itel memberikan kesempatan bagi penggunanya yang masih merasa kurang untuk meningkatkan memorinya hingga 256 GB menggunakan microSD. Hal ini akan membuat Anda memiliki ruang lebih banyak untuk menyimpan berbagai file, mulai dari foto, video, atau berkas lainnya.

Selain itu, itel Pad 2 juga masih menyediakan port audio jack 3,5 mm. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi jika ingin menyambungkan earphone kabel ke tablet.

5. Keberadaan Konektivitas 4G dan WiFi

itel pad 2

Kelebihan lain yang tidak kalah menarik dari itel Pad 2 adalah keberadaan konektivitas 4G dan WiFi. Cukup jarang untuk sebuah tablet di kelas harganya yang menawarkan jaringan 4G di dalamnya. Ingat, itel hanya menjual tabletnya ini dengan harga Rp1,6 jutaan saja, loh.

Hal ini tentu sangat menarik terutama Anda yang tidak memiliki akses WiFi di rumah. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir ketika harus beraktivitas di luar ruangan yang mungkin tidak menyediakan jaringan WiFi. Anda tetap bisa terhubung ke internet menggunakan jaringan seluler kapan saja dan di mana saja.

itel Pad 2 menawarkan penggunaan satu kartu SIM saja. Namun, itu sudah lebih dari cukup daripada tidak ada sama sekali, bukan?

Selain jaringan 4G, terdapat beberapa konektivitas dan sensor lain yang disematkan. Mulai dari Bluetooth 4.2, GPS, hingga USB Type-C dengan dukungan OTG. Sedangkan untuk sensornya cukup sederhana saja yaitu akselerometer dan cahaya.

6. Baterai 6000 mAh yang Awet

itel pad 2

itel menyematkan baterai yang cukup besar pada itel Pad 2 yaitu dengan kapasitas hingga 6000 mAh. Kapasitas ini sangat cukup untuk membuatnya bertahan selama seharian. Menurut klaimnya, tablet ini mampu bertahan hingga 13,2 jam untuk mendengarkan musik, 5 jam browsing, 4,2 jam untuk menonton, dan 3,2 jam untuk bermain game.

Sedangkan jika tablet dalam keadaan standby atau tidak digunakan, itel Pad 2 diklaim mampu bertahan sampai 504 jam lamanya. Hal ini memang wajar mengingat kapasitasnya yang berada di atas standar.

Selain itu, ketahanannya juga didukung oleh sektor lain yang tidak memakan daya terlalu banyak. Misalnya sektor layar yang hanya dibekali refresh rate 60 Hz saja, chipset dengan tingkat efisiensi daya yang sudah lebih baik, hingga penggunaan sistem operasi yang ringan.

Anda bisa menggunakan itel Pad 2 dalam waktu lama untuk berbagai aktivitas, seperti menonton, browsing, atau sekadar scrolling saja. Sayangnya, ketahanannya ini tidak diimbangi oleh proses pengisian daya yang cepat.

itel Pad 2 hanya dibekali fitur pengisian daya 10 W saja. Untuk mengisi baterai berkapasitas 6000 mAh, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, Anda harus sedikit bersabar selama proses pengisian dayanya sampai Anda bisa menggunakannya lagi.

7. Menawarkan Fitur Google Kids Space

itel pad 2

Beda dari generasi pertamanya, itel menyematkan fitur Google Kids Space ke dalam itel Pad 2. Keberadaan fitur ini membuatnya cocok untuk semua kalangan, mau itu orang dewasa maupun anak-anak.

Fitur Google Kids Space ini akan membantu menampilkan konten edukasi untuk membantu pertumbuhan sang Anak. Aktivitas seperti belajar hingga bermain game sambil belajar bisa dinikmati dalam fitur ini dengan menyenangkan.

Tenang saja, fitur ini akan memfilter atau memilih mana saja konten yang cocok untuk dinikmati oleh anak atau tidak. Jadi, itel akan membantu mengawasi anak Anda saat Anda harus bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Kekurangan itel Pad 2

Meski dibekali beberapa kelebihan yang menarik, harganya yang murah membuatnya tidak bisa lepas dari kekurangan. Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa kekurangan dari itel Pad 2.

1. Hanya Menggunakan Kamera Wide

itel pad 2

Keterbatasan yang dimiliki oleh itel Pad 2 juga hadir pada sektor kameranya. Tablet ini hadir dengan satu kamera di bagian belakang dan satu di depan. Sayangnya, kedua kamera tersebut hanya menggunakan sensor kamera wide saja, bukan ultrawide.

Di bagian belakangnya, itel Pad 2 hadir dengan kamera 8 MP menggunakan sensor wide. Kamera ini hanya didukung oleh fitur autofocus dan LED flash saja.

Kemudian untuk kamera bagian depannya pun hanya dibekali kamera wide 8 MP. Padahal, beberapa HP lain di kelasnya seperti Redmi Pad SE sudah dibekali kamera depan dengan ultrawide. Namun, itel Pad 2 mengeklaim bahwa kamera depannya ini memiliki FoV hingga 80 derajat.

Keluasan pandangannya tersebut membuatnya mampu menangkap objek yang lebih banyak dalam satu frame. Misalnya untuk aktivitas seperti video call, meeting online, atau belajar online. Apalagi kamera depan dan belakangnya mampu merekam video hingga 1080p dengan 30 fps.

2. Fitur Pengisian Daya Lambat

itel pad 2

Kekurangan lainnya dari itel Pad 2 ada pada sektor baterai. Bukan soal ketahanannya, justru ketahanan baterai 6000 mAh yang dimilikinya ini jadi salah satu nilai jual yang ditawarkan. Tablet ini menawarkan penggunaan harian yang cukup lama untuk berbagai jenis aktivitas.

Kekurangannya justru terletak pada fitur pengisian dayanya yang masih terbilang lambat. itel Pad 2 hanya dibekali fitur pengisian daya 10 W saja. Akan memakan waktu yang cukup banyak untuk mengisi sampai baterai terisi penuh. Apalagi kapasitasnya yang memang berada di atas standar.

3. Bodi Lebih Tebal

itel pad 2

Kekurangan lainnya dari itel Pad 2 ini adalah ukuran bodinya yang jadi lebih tebal dari generasi pertamanya. Sebelumnya, itel Pad 1 masih cukup oke dengan ketebalan bodi hanya 8,2 mm serta berat 344 gram.

Untuk generasi terbarunya ini, itel menambah ketebalan pada itel Pad 2 menjadi 9,05 mm. Perbedaannya memang tidak terlalu jauh, tapi kesan yang dirasakan mungkin akan sedikit berbeda.

Selain itu, itel Pad 2 juga masih memiliki ukuran bezel yang tebal, sama seperti pada itel Pad 1. Ketebalannya ini bisa jadi hal yang bagus untuk meminimalisir salah sentuh saat sedang bermain media sosial, apalagi bermain game. Namun, Anda mungkin akan terasa terganggu karena ukuran layarnya jadi lebih sempit dan kurang memuaskan.

Simpulan

Tidak cukup jika hanya satu saja, itel melanjutkan pekerjaannya di segmen tablet dengan merilis itel Pad 2. Tablet ini masih berada di kelas entry dengan rentang harga yang sama yaitu Rp1,6 jutaan saja. Tablet ini jadi salah satu pilihan untuk Anda yang mencari tablet murah dengan performa oke.

Pasalnya, itel kali ini menyematkan chipset UNISOC T606 yang sudah cukup baik di kelasnya. Kapasitas memori yang cukup serta slot microSD yang masih ada membuatnya bisa memiliki memori hingga 256 GB. Tenang saja, itel Pad 2 masih menggunakan baterai 6000 mAh untuk penggunaan yang lama setiap harinya.

Itel Pad 2 juga cocok untuk Anda yang mencari tablet sebagai hadiah untuk sang Anak. Tablet ini sudah dibekali fitur Google Kids Space. Fitur ini akan membantu menemani aktivitas belajar sambil bermain yang menyenangkan. Perkembangannya pun diperhatikan dengan filter yang bisa memilih konten yang cocok untuk pertumbuhan anak.

Sayangnya, itel Pad 2 ini masih memiliki beberapa kekurangan yang sebelumnya ada di itel Pad 1. Misalnya hanya mengandalkan kamera wide saja, pengisian daya yang lambat, atau desain bodi dan bezel yang masih tebal.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang mesti Anda tahu soal itel Pad 2 ini. Lantas, apakah tablet dengan harga murah ini masuk ke dalam kriteria tablet incaran Anda? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori: ,
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram