Carisinyal / Samsung 2020 / Yuk Cari Tahu 10 Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A11

Yuk Cari Tahu 10 Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A11

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samsung sudah menjadi merk HP yang sungguh merajai pasar. Produk-produk rilisannya selalu laris manis, terutama pada seri flagship Galaxy S yang senantiasa menghadirkan inovasi baru.

Nah, selain seri flagship, Samsung juga memiliki seri Galaxy A yang lebih ditujukan pada Generasi Z dengan harga terjangkau. Salah satu produk yang telah dirilisnya adalah Samsung Galaxy A11 yang dibanderol harga Rp2.099.000,-.

Dengan harganya yang cukup murah, pastinya penggemar Samsung bertanya-tanya – apakah Samsung Galaxy A11 worth it? Untuk menjawabnya, Carisinyal telah menyajikan 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 yang hadir pada Juni 2020 ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11
  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: TFT, 6,4 inci
  • Chipset: –
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC hingga 512 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy A11

Murah bukan berarti murahan. Walau seri Galaxy A lekat dengan stigma murah, Samsung Galaxy A11 hadir dengan fitur dan spek yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah 5 poin kelebihan Samsung Galaxy A11 yang perlu diketahui.

1. Layar Lega dengan Panel PLS TFT

layar samsung galaxy a11

Dengan menghadirkan layar yang mengusung desain Infinity-O Display, Samsung Galaxy A11 berhasil terlihat lega dengan layarnya yang memenuhi hampir keseluruhan ruang pada bodi depan. Ukurannya yang sebesar 6,4 inci ini memiliki resolusi HD+ 720 x 1560 piksel dengan kepadatan 268 ppi serta rasio 19,5:9.

Panel yang dihadirkannya bukanlah IPS LCD maupun OLED, melainkan PLS TFT yang memiliki kepanjangan Plane to Line Switching Thin Film Transistor. Panel PLS TFT ini merupakan panel besutan Samsung yang digadangkan mampu menyaingi IPS LCD.

Dibandingkan dengan IPS LCD, panel PLS TFT memiliki tingkat kecerahan 10% lebih besar serta sudut penglihatan yang lebih luas. Dengan menggunakan PLS TFT, Samsung Galaxy A11 mampu menghadirkan layar dengan biaya yang rendah namun dengan kualitas lebih baik dari IPS LCD.

2. Baterai Cukup Awet

baterai samsung galaxy a11

Samsung Galaxy A11 disertai baterai yang cukup awet di kelasnya, yakni sebesar 4000 mAh. Baterainya ini sudah mengusung kemampuan fast charging 15 W. Kira-kira baterai ini mampu bertahan berapa lama ya?

Berdasarkan video pengetesan baterai yang dilakukan oleh Wisnu Kumoro, Samsung Galaxy A11 masih menyisakan baterai sebanyak 20% setelah pemakaian maksimal selama 19 jam 4 menit. Hasil ini diketahui dari benchmark melalui PCMark 10. Jadi bagi Anda yang menginginkan HP dengan baterai yang awet, Samsung Galaxy A11 merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

3. Sudah Dibekali Port USB Tipe-C

Samsung-Galaxy-A11

* sumber: techlector.com

HP keluaran terbaru umumnya sudah mengusung port USB tipe-C seperti Samsung Galaxy A11 yang sedang dibahas ini. Selain karena bentuknya yang reversible, tipe port ini mampu melakukan transfer data lebih cepat ketimbang microUSB biasa.

Nyatanya di segmen harga HP murah masih ada beberapa yang hanya menghadirkan microUSB. Kehadiran USB tipe-C pada Samsung Galaxy A11 sungguh menambah value pada HP ini.

4. Dedicated Slot Hingga 512 GB

samsung galaxy a11 microsd 512gb

Apakah Anda memiliki koleksi film dan TV Series berukuran besar? Dengan dukungan memori eksternal, file-file tersebut dapat dinikmati pada HP tanpa sedikitpun mengganggu memori internal.

Samsung Galaxy A11 menghadirkan triple slot yang bisa dipasangkan dengan dua kartu SIM nano serta satu microSD hingga kapasitas 512 GB. Dengan begini, HP pun bisa menjelma menjadi flash disk dan data-data di dalamnya juga akan tetap terjaga sekalipun dilakukan factory reset.

5. Desain Bodi Stylish

desain bodi samsung galaxy a11

Samsung juga menghadirkan desain bodi belakang yang cukup trendy untuk Galaxy A11. Bagian belakang bodi ini memiliki empat varian warna yang beragam – hitam, putih, biru, dan merah. Walaupun tidak memiliki corak, warna soft yang dihadirkannya memberikan kesan elok dan enak dipandang.

Sementara itu, desainnya sungguh ramping dengan sisi yang melengkung sehingga membuat HP ini nyaman digenggam walau hanya dengan satu tangan.

Kekurangan Samsung Galaxy A11

Tak ada gading yang tak retak. Walau Samsung Galaxy A11 memiliki beberapa kelebihan yang menggiurkan, HP ini pun tidak luput dari kekurangan pada beberapa sektor. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 kekurangan Samsung Galaxy A11.

1. RAM dan Memori Internal Sungguh Terbatas

samsung galaxy a11

Di tahun 2020 ke atas, Anda setidaknya membutuhkan HP dengan ukuran RAM 4 GB. Di bawah itu, aplikasi-aplikasi yang ditutup tidak bisa dibuka kembali dan malah mengulang dari awal. Samsung Galaxy A11 ini hanya menghadirkan dua varian RAM yang sungguh kecil, yakni 2 GB dan 3 GB saja. RAM ini pun didampingi oleh memori internal 32 GB.


Hal ini sungguh menyulitkan pengguna yang ingin menginstal beragam aplikasi. Ditambah lagi, ketika Anda membuka banyak aplikasi, HP kemungkinan akan sering lemot. Tentunya ini mengganggu pengalaman Anda dalam mengoperasikan HP dan aktivitas harian pun bisa jadi terhambat.

2. Kamera Kurang Bagus

triple lens camera samsung galaxy a11'

Samsung Galaxy A11 ini juga disertai dengan kamera depan dan belakang. Di bagian belakangnya sudah tersedia konfigurasi tiga lensa dengan resolusi 13 MP, 5 MP, dan 2 MP. Sementara di bagian depannya terdapat lensa 8 MP.

Lensa 5 MP-nya merupakan sensor ultra lebar dengan field of view seluas 115 derajat, sementara itu lensa 2 MP-nya merupakan sensor kedalaman yang bisa digunakan untuk mode Live Focus. Tidak tersedia lensa makro pada HP ini, namun Anda masih bisa melakukan foto dalam jarak yang dekat.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy M11, terlihat bahwa Samsung Galaxy A11 kurang mampu memberikan hasil foto yang bagus. Saturasi warnanya kurang akurat, foto di luar ruangan terlihat lebih gelap, serta banyak detil yang hilang dari objek. Shade atau bayangan di beberapa titik juga tidak terlihat. Warnanya terkesan belel dan objek pun terlihat agar melebur dengan sekitarnya.

samsung galaxy a11 perbandingan kamera

Samsung Galaxy A11 vs M11. * sumber: www.youtube.com

samsung galaxy a11 perbandingan kamera (2)

Samsung Galaxy A11 vs M11. * sumber: www.youtube.com

samsung galaxy a11 perbandingan kamera (3)

Samsung Galaxy A11 vs M11. *

Pada contoh di atas terlihat adanya detil yang hilang pada objek bunga yang diambil. Samsung Galaxy M11 masih memperlihatkan garis-garis lekukan secara jelas, berbeda dengan Galaxy A11 yang tidak menampilkan tekstur dengan baik. Sebuah kekurangan yang disayangkan, padahal keduanya memiliki harga dan resolusi kamera yang serupa.

3. Chipset Kalah Saing

Qualcomm-Snapdragon-425

Samsung Galaxy A11 mengandalkan chipset Snapdragon 425 dengan pengolah grafis Adreno 506. Chipset ini masih mampu mengangkat game seperti PUBG Mobile, namun hanya pada grafis rendah hingga ke sedang.

Untuk seukuran HP seharga 2 jutaan, chipset Snapdragon 425 ini terasa inferior dibandingkan beberapa HP kompetitornya yang sudah dulu memasuki pasar. Contohnya seperti Redmi Note 8, OPPO A5 2020, atau Realme 5s yang sudah menghadirkan Snapdragon 665.

Snapdragon 425 hanya meraih skor 127 pada benchmark GeekBench 5 (single core). Sedangkan untuk multi-core, chipset ini meraih skor 410. Skor ini masih belum seberapa dibandingkan dengan SD 665 yang meraih skor 315 pada pengujian single core dan 1371 pada pengujian multi-core. Dengan kata lain, Samsung Galaxy A11 belum keluar sebagai pemenang pada deretan HP 2 jutaan tergahar.

4. Belum Menghadirkan Lapisan Gorilla Glass

samsung galaxy a11 (2)

* sumber: www.youtube.com

Dengan rentang harga yang dimiliki Samsung Galaxy A11, sungguh disayangkan HP ini tidak dihadirkan dengan kaca pelindung Gorilla Glass. Padahal HP 2 jutaan sudah banyak yang menghadirkan Gorilla Glass 5.

Absennya kaca pelindung ini membuat pengguna senantiasa khawatir ketika HP terjatuh. Padahal kalau pakai Gorilla Glass 5, layar akan terjaga dari goresan dan benturan.

5. Konektivitas Tidak Lengkap

samsung galaxy a11 no nfc

Selain dari spesifikasi mendasar seperti performa chipset dan kamera, konektivitas tentu menjadi salah satu faktor yang menentukan. Samsung Galaxy A11 ini sayangnya tidak menghadirkan IR blaster ataupun NFC.

Keberadaan sensor infrared memang cukup remeh. Di zaman sekarang, sensor ini hanya dibutuhkan saat kita ingin menjadikan HP sebagai remote TV dan AC.

Tapi, tidak adanya fitur NFC cukup menjadi deal-breaker bagi sebagian orang, terutama pengguna yang hidup di kota metropolitan. NFC umumnya digunakan untuk transfer data antar perangkat tanpa harus menyalakan Bluetooth, dan juga bisa dipakai untuk melakukan transaksi pada mesin pembayaran digital.

Simpulan

Dari penjabaran kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11 di atas, terlihat bahwa HP ini memang tidak memfokuskan sektor performa gaming sebagai daya tariknya. Keunggulan yang sangat menonjol adalah baterainya yang sungguh awet. Selain itu, dukungan microSD pada slot terpisah juga cukup menggiurkan, terlebih jika mengingat kapasitas maksimal yang didukungnya mencapai angka 512 GB.

Kameranya cukup layak untuk penggunaan sehari-hari. Tapi jika Anda mengharapkan detil dan kualitas foto yang extraordinary, Anda mungkin akan dikecewakan dengan Samsung Galaxy A11. Sekarang tinggal Anda yang menentukan apakah HP ini cocok dengan Anda.

Jika berminat, klik link ini untuk membawa pulang HP seharga Rp2.099.000,- ini. Anda pun bisa membandingkan HP ini dengan Samsung Galaxy A21s yang juga telah kami ulas kelebihan dan kekurangannya. Berminat?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *