Carisinyal / Samsung 2020 / Sebelum Beli, Ketahui 5 Perbedaan Galaxy A11 & Galaxy M11 Ini

Sebelum Beli, Ketahui 5 Perbedaan Galaxy A11 & Galaxy M11 Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah Anda bahwa Samsung sempat gencar-gencarnya merilis ponsel seri Galaxy A dan Galaxy M di tahun 2020? Di antaranya adalah Samsung Galaxy A11 dan Samsung Galaxy M11. Masalahnya, jarang ada orang yang bisa melihat perbedaan antara keduanya.

Hal ini disebabkan oleh harganya yang sama, layar yang berukuran sama, resolusi kamera yang sama, bahkan sampai chipsetnya pun sama. Lantas apakah benar Galaxy A11 dan M11 adalah dua HP Samsung yang berbeda? Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya simak perbedaan Samsung Galaxy A11 dan M11 yang telah Carisinyal sajikan untuk Anda.

Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11
  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: TFT, 6,4 inci
  • Chipset: –
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC hingga 512 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11

  • Rilis: Mei, 2020
  • Layar: PLS TFT, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy A11 dan M11

Setelah Anda membaca sekilas spesifikasi dari kedua ponsel ini, apakah Anda sudah bisa menebak perbedaan keduanya? Jika belum, berikut kami sajikan poin-poin perbedaan dari Galaxy A11 dan M11.

1. Bobot dan Dimensi

Samsung-Galaxy-A11

* sumber: techlector.com

Walau dari segi tampilan dan banyak speknya sama, Galaxy A11 dan M11 memiliki dimensi dan bobot yang agak sedikit berbeda. Ponsel Galaxy A11 memiliki bobot sebesar 177 gram sedangkan Galaxy M11 terbilang lebih berat di angka 197 gram.

Dimensi dari kedua smartphone ini juga hampir sama. Panjang, lebar, dan ketebalan Galaxy A11 adalah 161,4 x 76,3 x 8 mm. Sementara, Galaxy M11 hadir dengan dimensi 161,4 x 76,3 x 9 mm. M11 hanya 1 mm lebih tebal dari A11. Alhasil saat Anda memegang kedua ponsel ini, A11 memang terasa lebih ramping ketimbang M11.

2. Kapasitas Baterai

galaxy m11 (2)

* sumber: thedesignernews.com

Rupanya di balik kemiripannya, terdapat perbedaan yang amat mencolok di sektor ketahanan baterai. Samsung Galaxy A11 memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh. Angka yang sebenarnya sudah cukup menunjang aktivitas sehari-hari. Tapi kalau Anda masih merasa belum puas dengan kapasitas tersebut, sudah ada Galaxy M11 yang lebih unggul.

Ya, Samsung Galaxy M11 mampu menawarkan kapasitas yang lebih, yakni sebesar 5000 mAh. Dan, seperti yang cukup umum ditemukan pada ponsel-ponsel di seri Galaxy A dan Galaxy M, kedua smartphone ini hanya mentok di pengecasan maksimal 15 W. Jadi jangan harap bisa mengisi daya baterai secepat kilat.

3. Varian Warna

samsung galaxy m11 no nfc

Meski memiliki tampilan desain yang serupa dari segi layar dan tampilan punch-hole sebagai kamera depan, Samsung Galaxy A11 menawarkan pilihan warna yang berbeda dengan Samsung Galaxy M11.

Jika Anda coba menjelajahi katalog di laman resmi Samsung Indonesia, Samsung Galaxy A11 menampilkan dua varian warna yang berbeda, yakni Black (hitam) dan White (putih).

Dua pilihan warna ini memang terlihat monoton karena tidak ada corak apapun, tapi warna putih susu yang ditampilkannya cukup stylish dan memberikan kesan bersih. Jika Anda ingin  ke Samsung Galaxy M11 karena ponsel ini sudah menghadirkan warna Metallic Blue (biru) selain varian warna hitam.

4. Tekstur Bodi Belakang

desain bodi samsung galaxy a11

Selain membicarakan perbedaan warna, kedua ponsel Samsung ini rupanya juga memiliki tekstur yang berbeda pada bagian belakangnya. Samsung Galaxy A11 memiliki tekstur yang memberikan kesan mengkilap atau glossy sehingga terasa lebih licin.

Berbeda dengan Samsung Galaxy M11 yang teksturnya lebih terasa seperti matte sehingga tidak terlihat mengkilau. Perbedaan ini mungkin tidak begitu memengaruhi keputusan Anda dalam membeli, namun nyatanya kedua ponsel ini memang menghadirkan build quality dan tekstur yang berbeda.

5. Hasil Jepretan Kamera

triple lens camera samsung galaxy a11'

Bagi Anda yang hobi fotografi tentunya ingin memiliki ponsel yang kualitas jepretannya lebih bagus. Jika dilihat dari spesifikasi di atas kertas, baik Samsung Galaxy A11 maupun Galaxy M11 sama-sama menghadirkan kombinasi tiga lensa di belakang. Bahkan, resolusinya pun sama. yakni kamera utama berkekuatan 13 MP, lensa 5 MP sebagai ultra lebar, serta lensa kedalaman 2 MP.

Tapi siapa sangka, rupanya saat dipakaikan memotret objek yang sama, keduanya menampilkan kualitas gambar yang berbeda. Anda bisa mengetahui hal ini lebih lanjut pada artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11. Perhatikan contoh sampel yang kami ambil dari video perbandingan di YouTube.samsung galaxy a11 perbandingan kamera (3)

Samsung Galaxy A11 vs M11. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=yRhVVSnweVY (Navid Tech)Dari kedua hasil dari foto bunga di atas, Galaxy M11 lebih mampu menangkap detil guratan-guratan pada bunga, sementara A11 menghilangkan tekstur tersebut. Di sini kita bisa menyimpulkan bahwa walau spek kameranya sama, hasil kualitas dari kedua ponsel ini rupanya berbeda.

Simpulan

Akhirnya, misteri di balik perbedaan Samsung Galaxy A11 dan M11 sudah terpecahkan. Jika dilihat dari spesifikasi dasarnya saja, sungguh sulit mencari perbedaan dari kedua ponsel ini kecuali dari segi kapasitas baterai dan bobot.

Namun jika Anda bertanya mana yang lebih unggul dari keduanya, bisa dipastikan Samsung Galaxy M11 adalah jawabannya. Mengapa? Karena dua-duanya memiliki harga yang sama, yakni Rp1.999.000,-. Tapi, Anda akan mendapatkan value yang lebih dari M11 karena kapasitas baterainya sudah 5000 mAh ketimbang A11 yang masih 4000 mAh.

Jangan lupa untuk baca juga artikel kelebihan dan kekurangan Sasmung Galaxy A11, dan juga artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11. Jadi Anda tertarik yang mana? Untuk membawa pulang Samsung Galaxy A11, Anda bisa mengklik link ini. Sedangkan bagi Anda yang tertarik dengan kapasitas baterai lebih besar, Anda bisa membeli Samsung Galaxy M11 di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *