carisinyal web banner retina

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Galaxy M12

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Keberhasilan Samsung dalam memasarkan Galaxy M11 berujung dengan peluncuran kembali sebuah inovasi produk termutkahir di seri M yakni Samsung Galaxy M12. Bila ditelisik lebih dalam, kedua ponsel ini membawa beberapa persamaan dan perbedaan dalam beberapa aspek.

Seperti pada konfigurasi kamera depan, keduanya ditempelkan lensa berukuran 8 MP, akan tetapi dengan diafragma yang sedikit berbeda. Untuk bukaan kamera depan Galaxy M11 lebih kecil yaitu f/2.0, sedangkan aperture yang disematkan pada kamera depan milik Galaxy M12 berukuran f/2.2. Pada bagian fitur kamera depan, keduanya dilengkapi dengan HDR.

Baik Samsung Galaxy M11 maupun Samsung Galaxy M12 telah disuntikan dengan daya baterai yang sama besarnya yaitu 5.000 mAh, namun keduanya mengangkat jenis baterai berbeda. Untuk Samsung Galaxy M11 memasangkan baterai Li-Ion yang perawatannya lebih mudah, sedangkan Samsung Galaxy M12 diberkati dengan baterai Li-Po yang lebih ringan dan ramah lingkungan.

Kedua ponsel ini juga dibekali dengan teknologi pengisian cepat 15W, mendorong proses pasokan daya baterai semakin ngebut. Penasaran soal jeroan dan teknologi apa saja yang dihadirkan dari kedua perangkat Samsung ini? Carisinyal telah meramunya lewat spesifikasi di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11
  • Rilis: Mei, 2020
  • Layar: PLS TFT, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU: Adreno 506
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Ion 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Layar M12
  • Rilis: Februari, 2021
  • Layar: Layar sentuh PLS TFT LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Exynos 850 (8nm)
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12

Tentunya setelah membaca spesifikasi di atas kamu telah menemukan berbagai perbedaan antara Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12, kan? Namun, jangan khawatir bila kamu masih belum ada gambaran mengenai perbedaan dari kedua ponsel ini. Sebab kini Carisinyal akan membongkar perbedaan kedua ponsel tersebut berikut ini:

1. Perselisihan Ukuran Bodi dan Layar

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Galaxy M12 3

Walaupun kedua ponsel ini diracik memakai bahan yang sama mulai dari area depan oleh kaca, sisi samping menggunakan plastik, dan kawasan belakangnya terbuat plastik, nyatanya soal dimensi bodi dan bobot keduanya mengalami perbedaan yang cukup kentara.

Samsung Galaxy M11 dilahirkan dengan bobot 197 gram dengan panjang berukuran 161.4 mm, lebar seluas 76.3 mm dan ketebalan yang mencapai 9 mm. Sementara, Samsung Galaxy M12 mengalami penambahan berat badan hingga 214 gram dengan 164 mm untuk panjangnya, 75.9 mm pada lebarnya, dan ketebalan berukuran 9.7 mm.

Kompakan menggunakan panel berteknologi PLS IPS, kedua perangkat Samsung ini rupanya saling susul-menyusul mengenai ukuran layarnya. Samsung Galaxy M11 sedikit lebih kecil dengan ukuran 6.4 inci dan layar-ke-bodi 81.6%, sedangkan Samsung Galaxy M12 mendapatkan penambahan ukuran menjadi 6.5 inci dengan layar-ke-bodi 81.9%.

Untuk menyuguhkan tampilan layar yang berkualitas, kerapatan piksel milik Samsung Galaxy M12 sedikit lebih tinggi yakni di angka 270 ppi. Berbeda dengan Samsung Galaxy A12 yang mentok pada ukuran 268 ppi untuk ketajaman layarnya. Berbicara resolusi layar, Samsung Galaxy A12 meraih 720 x 1560 piksel dan Samsung Galaxy M12 beresolusi 720 x 1600 piksel.

2. Pertarungan di Dapur Pacu

3. Samsung Exynos 850

Berbicara tentang dapur pacu dari kedua model di lini Galaxy M ini dapat dikatakan menarik untuk dikupas. Pasalnya kedua ponsel ini diotaki oleh prosesor yang berbeda. Pada Samsung Galaxy M11 menggandeng prosesor dari Qualcomm SDM450 dengan chipset-nya bernama Snapdragon 450 berfabrikasi 14 nanometer.

Untuk CPU-nya, Samsung Galaxy M11 terbuat dari Octa-core berjenis Cortex-A53 yang memiliki clock speed atau kecepatan mencapai 1.8 GHz. Sedangkan, guna menyuguhkan tampilan visual yang memukau Samsung Galaxy M11 memutuskan untuk memakai GPU bernama Adreno 506.

Berbeda dengan Samsung Galaxy M12 yang ditunggangi oleh prosesor garapan Samsung sendiri yakni Exynos 850 bermanufaktur 8 nanometer.

Lalu, HP ini juga bermodalkan CPU Octa-core terdiri dari empat buah Cortex-A55 bertenaga 2.0 GHz dan empat inti Cortex-A55 yang melaju hingga 2.0 GHz. Untuk menghasilkan grafis yang fantastik, Samsung Galaxy M12 menyematkan Mali-G52 pada GPU-nya.

Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy M11 masih dijalankan oleh Android 10 dengan One UI 2.0. Sedangkan, Samsung Galaxy M12 mendapatkan pembaruan ke tingkat yang lebih tinggi yaitu Andoid 11 dengan One UI Core 3.1, pastinya beberapa fitur terbaru dan menu menarik dapat ditemukan pada perangkat satu ini.

Kedua model yang kompakan menggunakan teknologi eMMC 5.1 pada ruang penyimpanannya tersebut, ternyata menyuguhkan ukuran RAM dan memori internal berbeda.

Pada Samsung Galaxy M11 tersedia dalam dua kombinasi ruang penyimpanan meliputi 3/32 GB dan 4/64 GB. Sedangkan, Samsung Galaxy M12 harus puas dengan kepemilikan satu kombinasi saja yaitu 4/64 GB.

3. Sistem Kamera yang Berbeda

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Galaxy M12 6

Sebelumnya sudah disinggung kalau sistem kamera depan kedua ponsel dari Samsung ini memiliki kemiripan dalam ukuran resolusi lensanya. Nah, untuk konfigurasi kamera utamanya ternyata Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12 punya perbedaan ukuran. Kendati demikian untuk fitur keduanya sama-sama dibekali oleh LED Flash, panorama, dan HDR.

Pengguna Samsung Galaxy M11 akan disuguhkan dengan sistem kamera triple sensor yang terdiri dari 13 MP ber-aperture f/1.8 untuk sensor wide, 5 MP berdiafragma f/2.2 pada sensor ultrawide, dan 2 MP dengan bukaan f/2.4 disematkan pada sensor kedalaman. Pada sistem videonya dibekali resolusi berukuran 1080p berkecepatan bingkai hingga 30fps.

Selanjutnya, untuk Samsung Galaxy M12 mendapatkan tambahan sensor dan peningkatan resolusi yakni si kembar 2 MP berdiafragma f/2.4 untuk sensor kedalaman dan makro, 5 MP yang aperture-nya f/2.2 tersemat di sensor ultrawide.

Lalu, ada kamera 48 MP yang memiliki bukaan f/2.0 digunakan untuk sensor wide. Sedangkan, untuk konfigurasi videonya memakai resolusi 1080p pada frame rate 30fps

4. Gap pada Sektor Konektivitas dan Sensor

sensor sidik jari di samping

Nyatanya disimilaritas juga tampak di sektor konektivitas dan sensor. Diawali dengan teknologi Bluetooth dari Samsung Galaxy M11 yang memasangkan Bluetooth versi 4.2. menjanjikan kecepatan unduh 2.6 kali lebih cepat. Sedangkan, Samsung Galaxy M12 menggunakan versi 5.0 yang jangkauannya lebih luas dan transfer data yang lebih kencang.

Selanjutnya, kedua perangkat ini juga menghadirkan konektivitas radio, tentunya fitur ini bisa menjadi temanmu saat ingin mendengarkan ocehan para announcer. Hanya saja pada Samsung Galaxy M12 tidak disebutkan jenis fitur radio-nya, tidak seperti Samsung Galaxy M11 yang dibenamkan fitur FM radio.

Serasi memasangkan sensor proksimiti dan akselerometer, kedua ponsel Galaxy M ini rupanya memiliki diferensiasi pada tata letak sensor sidik jarinya. Untuk Galaxy M11, sidik jarinya nangkring di bagian cangkang yang tidak mengganggu implementasi layar tetapi perlu diangkat. Sementara, fingerprint dari Galaxy M12 berada di sisi bingkai sehingga lebih gampang diakses.

5. Harga dan Warna

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Galaxy M12 9

Bagi kamu yang berencana membeli Samsung Galaxy M11 atau Samsung Galaxy M12, kedua perangkat ini hadir dalam beragam warna. Samsung Galaxy M11 menyajikan warna mulai dari Black, Metallic Blue, hingga Violet, sedangkan Samsung Galaxy M12 menyediakan tiga corak meliputi Black, Blue, Green.

Beralih pada kategori harga, setidaknya kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp1,5 jutaan untuk membungkus seperangkat Samsung Galaxy M11 dengan ukuran ruang penyimpanan 3/32 GB. Sedangkan, Samsung Galaxy M12 akan dipasarkan dengan harga sebesar Rp1.7 jutaan per unitnya untuk tipe 3/32 GB.

Simpulan

Dari pembahasan artikel di atas bisa disimpulkan kalau Samsung Galaxy M11 punya bodi yang lebih ringan, aperture kamera depan yang lebih tajam, dua tipe ruang penyimpanan, dan dapur pacu dari Qualcomm. Sementara, Samsung Galaxy M12 memiliki layar yang lebih besar, sistem operasi terbaru, empat sensor kamera utama, Bluetooth 5.0, dan jeroan dari Exynos.

Demikianlah pemaparan mengenai perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12, semoga bisa memberikan pencerahan bagi kamu yang sedang bingung memilih salah satu dari kedua ponsel Samsung tersebut. Ikuti terus Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan mendapatkan informasi seputar perkembangan teknologi dan gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram