carisinyal web banner retina

Mari Cermati 6 Perbedaan Samsung Galaxy M22 dan Galaxy M32

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 19 November 2021

Samsung membuat sebuah ciri khas yang membuat Galaxy A Series dan Galaxy M Series rilisan 2021 gampang dibedakan. Perbedaan itu terletak pada corak penutup belakang. Galaxy A Series punya penutup belakang polos, sedangkan Galaxy M Series punya pola prisma berbentuk garis-garis lurus.

Hal itu pun membuat dua ponsel Galaxy M Series, Galaxy M22 dan Galaxy M32, punya desain bak anak kembar. Anda pun kemungkinan bakal sulit membedakan jika keduanya punya varian warna sama dan ditaruh bersandingan.

Namun, secara hierarki, Galaxy M32 diposisikan Samsung lebih tinggi ketimbang Galaxy M22. Perbedaan hierarki itu tentu saja didasari atas kelebihan yang dimiliki oleh ponsel dengan derajat lebih tinggi. Nah, hal itulah yang bakal kami bahas dalam artikel ini. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui perbedaan Galaxy M22 dan Galaxy M32!

Spesifikasi Samsung Galaxy M22

Galaxy M22
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Galaxy M32
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy M22 dan Galaxy M32

Terdapat enam perbedaan di antara kedua ponsel dengan tampang mirip ini. Sebagian besar perbedaan itu memang tidak dapat diketahui dari yang tampak saja. Apa saja yang membedakan Galaxy M22 dan M32? Berikut poin penjelasannya.

1. Dimensi

Desain Samsung Galaxy M32

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf pembuka, pada 2021 Samsung membuat satu corak yang sama pada Galaxy M. Corak tersebut berupa garis-garis pada penutup belakang, membuat Galaxy M Series berbeda dari Galaxy A Series.

Corak garis-garis ini tidak hanya membuat HP Galaxy M Series seperti Galaxy M22 dan Galaxy M32 menarik. Namun, corak tersebut juga dapat mengurangi fingerprint magnet alias berkas sidik jari. Imbasnya, kedua ponsel tidak gampang terlihat dekil.

Dalam tatapan sekilas, Anda mungkin bakal kesulitan membedakan yang mana Galaxy M22 dan mana Galaxy M32. Benar saja, ciri-ciri desain kedua ponsel sama persis. Mulai dari penutup belakangnya, modul kameranya, hingga gaya layarnya yang Infinity-U. Apalagi tiga pilihan warnanya juga sama: Light Blue, Hitam, dan Putih.

Akan tetapi, dimensi kedua ponsel ternyata berbeda tipis. Galaxy M32 punya bentuk yang lebih pendek dengan ukuran 159,3 x 74 x 8,4 mm. Galaxy M22 punya lebar dan ketebalan yang sama, tetapi panjangnya 159,9 mm.

Selain lebih pendek, Galaxy M32 juga lebih ringan. Bobotnya 6 gram lebih enteng ketimbang Galaxy M22 yang mencapai 186 gram. Berdasarkan data ini, bisa jadi Galaxy M32 lebih enak digenggam daripada saudara kandungnya itu.

2. Tampilan

Layar Samsung Galaxy M32

Samsung makin keren lantaran di kelas harga Rp2 jutaan berani memasang layar dengan panel Super AMOLED. Ya, baik Galaxy M22 maupun Galaxy M32 sudah mengusung layar Super AMOLED berbentang 6,4 inci.

Sektor tampilan kedua ponsel pun tak perlu dipertanyakan lagi. Panel Super AMOLED punya reputasi yang baik karena reproduksi warnanya yang sip. Warna hitam di panel ini bisa tampak benar-benar hitam. Selain itu, konsumsi daya panel ini terbukti lebih irit ketimbang panel LCD.

Menariknya lagi, refresh rate 90 Hz hadir pada layar kedua ponsel. Pengalaman menggulir layar hingga bermain gim pun jadi makin menyenangkan karena tampilannya mulus. Lantas, apa yang membedakan layar Galaxy M32 dan Galaxy M22. Yang pertama adalah resolusinya.

Galaxy M32 bisa menampilkan konten lebih tajam karena mengusung resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), sedangkan Galaxy M22 sebatas HD+ (720 x 1600 piksel). Resolusi HD+ memang membuat detail tampilan layar tak setajam Full HD+. Namun, beban kerja SoC jadi lebih ringan.

Perbedaan kedua adalah level kecerahan. Menurut GSM Arena, Galaxy M32 bisa mencapai level kecerahan 800 nit ketika setelan high brightness mode (HBM) diaktifkan. GSM Arena tidak menjelaskan apakah setelan tersebut ada atau tidak di Galaxy M22.

Mereka hanya menyebut bahwa tingkat kecerahan maksimal yang bisa diraih Galaxy M22 adalah 600 nit. Level kecerahan tersebut bisa dicapai kala si ponsel dipakai untuk menyetel konten HDR.

Perbedaan ketiga adalah kaca proteksi yang disematkan ke permukaan layar. GSM Arena menyebut bahwa Gorilla Glass 5 menempel pada layar Galaxy M32. Sementara itu, tidak diketahui kaca proteksi apa yang digunakan Galaxy M22.

3. Kamera

Kamera Samsung Galaxy M32

Galaxy M22 dan Galaxy M32 dipasangi kamera dengan konfigurasi sama. Empat kamera untuk di sisi belakang dan satu kamera di sektor depan. Akan tetapi, resolusi yang dipakai tidaklah sama, khususnya kamera utama dan kamera depan.

Kamera utama Galaxy M32 memiliki resolusi lebih besar, yaitu 64 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara itu, Galaxy M22 punya kamera utama 48 MP berikut bukaan f/2.0. Kedua ponsel mungkin saja bisa menghasilkan gambar yang sama bagusnya di kondisi pencahayaan cukup.

Namun, di kondisi pencahayaan minim, Galaxy M32 secara teori lebih bisa diandalkan. Alasannya adalah bukaan yang dipakainya lebih besar. Bukaan besar menyebabkan sensor kamera mampu menangkap cahaya lebih banyak.

Untuk kamera depan, Galaxy M32 punya resolusi 20 MP, sedangkan Galaxy M22 13 MP. Bukaan yang disetel buat dua kamera depan masing-masing ponsel adalah f/2.2.

4. Konfigurasi Memori

Memori Samsung Galaxy M32

Kedua ponsel sudah sama-sama mumpuni dalam hal memori. RAM dan memori internalnya sudah terbilang besar untuk standar zaman sekarang. Galaxy M22 hadir dengan satu varian memori yakni 6/128 GB.

Varian tersebut juga dimiliki oleh Galaxy M32, tetapi ada juga opsi lain berupa 8/128 GB. RAM 8 GB tentu membuat Galaxy M32 lebih andal saat dipakai ber-multitasking. Beberapa gim modern masa kini juga membutuhkan resource dari RAM.

Adapun kedua HP juga dibekali slot microSD khusus. Kapasitas maksimum kartu microSD yang bisa dipasang adalah 1 TB.

5. Sistem Operasi dan Sensor

OneUI Core Galaxy M22

Sistem operasi Android terbaru, Android 11, sudah terpasang pada kedua smartphone. Namun, jenis antarmuka yang disematkan berbeda. Galaxy M22 memakai OneUI Core 3.1, sedangkan Galaxy M32 menggunakan OneUI 3.1.

Sederhananya, OneUI Core adalah versi ringan dari OneUI. Akibatnya beberapa fitur yang tidak terlalu esensial dihilangkan pada OneUI Core. Misalnya, secure folder dan edge panel.

Sementara itu, sensor-sensor yang dipakai kedua ponsel terbilang lengkap. Mulai dari akselerometer, proksimitas virtual, kompas, giroskop, dan pemindai sidik jari. Ada juga sensor cahaya, tetapi jenisnya berbeda.

Galaxy M32 memakai sensor cahaya fisik, Samsung menyebutnya dengan RGB light sensor. Sementara itu, Galaxy M22 pakai sensor cahaya virtual. Sensor cahaya fisik adalah sensor khusus yang bekerja untuk mendeteksi intensitas cahaya sekitar.

Jika cahaya di lingkungan redup, ponsel pun diperintahkan untuk mengurangi level kecerahan layar. Fungsi yang sama juga dimiliki sensor cahaya virtual. Namun, bentuk dan cara kerja sensor ini berbeda.

Sensor cahaya virtual memanfaatkan kamera depan untuk mengambil gambar ketika kunci ponsel dibuka. Gambar yang diambil tidak disimpan, tetapi langsung dihapus dan hanya diambil informasi kecerahannya. Informasi kecerahan yang didapat lalu diolah untuk menentukan level kecerahan layar.

6. Harga Rilis

Harga Rilis Galaxy M22

Galaxy M22 diposisikan sebagai ponsel yang lebih rendah ketimbang Galaxy M32. Maka tak heran bila harganya juga lebih miring. HP ini dirilis dengan harga SRP (Suggested Retail Price) Rp2.799.000. Satu-satunya varian memori yang tersedia adalah 6/128 GB.

Sementara itu, Galaxy M32 varian memori 6/128 GB dibanderol Rp2.999.000 pada saat perilisannya. Varian memori 8/128 GB dijual Rp3.299.000. Kedua HP bisa Anda dapatkan secara online, sesuai dengan ciri khas Galaxy M Series.

Simpulan

Dalam strategi pemasaran, sebuah produsen lazim menciptakan produk yang sengaja dibuat agar tidak terlalu laku. Strategi tersebut dikenal sebagai decoy marketing. Dalam hal ini, bisa jadi Galaxy M22 adalah smartphone yang sengaja dikorbankan.

Orang yang ingin naik kelas dari Galaxy M12 diberikan dua pilihan, Galaxy M22 atau Galaxy M32. Namun, dengan melihat selisih harga yang kecil, sisi psikologis manusia akan mendorongnya membeli HP terbaik agar mendapat keuntungan lebih.

Demikian jika dilihat dari sisi ekonomi. Namun, jika dilihat dari sisi teknis, Galaxy M22 tentu ditujukan buat pengguna yang kasual. Mereka adalah orang yang tidak terlalu mementingkan resolusi tinggi layar, kamera dengan bukaan besar, dan fitur-fitur ekstra pada sistem operasi. Sementara itu, Galaxy M32 hadir sebagai ponsel yang lebih lengkap.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram