carisinyal web banner retina

Melihat 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Indonesia melewatkan kesempatan merilis Galaxy A52 5G yang memakai SoC Snapdragon 750G. Setelah merilis Galaxy A52, mereka langsung memperkenalkan Galaxy A52s 5G sebagai versi penyegarnya. Padahal, ponsel dengan chipset Snapdragon 750G tergolong dinantikan di Indonesia.

Namun, Samsung akhirnya memiliki sebuah ponsel yang ditenagai oleh Snapdragon 750G. Ponsel yang dimaksud adalah Samsung Galaxy M23 5G. HP terbaru Samsung yang dirilis pada April 2022 ini merupakan penerus langsung dari Galaxy M22.

Salah satu keuntungan yang didapat ketika sebuah smartphone memakai SoC Snapdragon 750G adalah dukungan jaringan 5G. Maka dari itu, Galaxy M23 jelas mengalami peningkatan dalam hal konektivitas dibanding Galaxy M22 yang masih 4G.

Akan tetapi, tidak cuma itu benefit yang didapat Galaxy M23. Melalui artikel ini, Carisinyal akan membabar apa saja potensi HP ini dengan Snapdragon 750G-nya. Kami juga akan menyertakan poin-poin yang mungkin saja menjadi kekurangan si ponsel supaya Anda memperoleh gambaran menyeluruh.

Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 3.549.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G merupakan salah satu opsi terjangkau bagi Anda yang tak sabar merasakan kecepatan jaringan 5G. Lalu, apa cuma dukungan 5G yang jadi kelebihan HP ini? Tentu saja tidak. Baca penjelasan di bawah ini untuk ketahui semua kelebihannya

1. Desain

galaxy m23 5g

Jika dilihat dengan saksama, bagian depan Galaxy M23 memang tidak berubah dari M22. Alasannya karena kamera depan masih memakai gaya ala tetesan air yang disebut Samsung dengan layar Infinity-V. Namun, bagian belakangnya tak lagi sama.

Tidak ada lagi tekstur garis-garis pada penutup belakangnya seperti pada Galaxy M22. Praktis, penutup belakangnya polos saja dengan finishing matte.

Kemudian, modul kamera belakang Galaxy M23 kini mengacu pada Galaxy M52 5G. Di dalam modul berbentuk elips tersebut terdapat tiga lensa kamera yang berbaris serta satu lampu flash kecil.

Adapun Galaxy M23 tak mengikuti tren ponsel keluaran 2022 yang banyak memakai rangka datar. Ya, rangka Galaxy M23 berbentuk melengkung dengan konsekuensi meningkatkan level kenyamanan pengguna.

Samsung tak menyebut nama desain yang digunakan untuk Galaxy M23. Mereka hanya menjelaskan bahwa desain HP ini minimalis.

Galaxy M23 5G tersedia dalam tiga pilihan warna, meliputi Deep Green, Light Blue, dan Orange Copper. Namun, pilihan warna yang disebut pertama adalah yang paling keren menurut kami. Deep Green (hijau) memberi kesan yang premium.

Beberapa komponen yang dapat Anda temui di bagian rangka HP ini adalah tombol power merangkap pemindai sidik jari dan tombol volume. Keduanya berada di sisi kanan. Di sisi bawah ada jack audio 3,5 mm, mikrofon, port USB C, dan lubang speaker.

Beralih ke sisi kiri, ada laci untuk dua kartu SIM plus satu kartu microSD (triple slot). Sementara itu, sisi atas HP ini diisi oleh mikrofon kedua. Adapun microSD yang bisa ditambahkan maksimal 1 TB.

2. Tampilan

galaxy m23 5g

Galaxy M23 dibekali layar 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel). Panel yang digunakan adalah PLS TFT yang setara dengan IPS LCD. Layar ponsel ini memiliki kerapatan piksel 400 ppi dan mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Menurut Papassorn Amornprasit dari Siam Phone, tampilan layar HP ini sangat jelas dan mulus. Saat ponsel dipakai di luar ruangan pun masih terlihat dengan baik.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Jagat Review, layar Galaxy M23 tembus memiliki gamut warna 97,2% DCI-P3. Artinya, ragam warna yang ditampilkan sangat luas, hampir menyamai AMOLED.

Hal menarik selanjutnya dari layar Galaxy M23 adalah sudah mengantongi sertifikat Widevine L1, sehingga bisa memutar film dari Netflix pada resolusi Full HD. Layar HP ini juga mampu menampilkan video YouTube hingga resolusi 2K (2160p) 60 fps dengan format HDR.

Adapun layar HP ini sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 5 agar terhindar dari insiden goresan.

3. Dapur Pacu

galaxy m23 5g

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka, SoC Snapdragon 750G memperkuat dapur pacu Galaxy M23 5G. SoC tersebut didukung dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Jika RAM-nya kurang, Anda bisa menambahnya via fitur RAM Plus hingga 6 GB.

Mengenai Snapdragon 750G, SoC bikinan Qualcomm ini memiliki delapan core CPU. Dua core di antaranya merupakan core performa Kryo 570 Gold dengan clockspeed hingga 2,2 GHz. Sementara itu, enam core lainnya adalah core efisiensi Kryo 570 Silver yang punya clockspeed hingga 1,8 GHz.

Kryo 570 Gold merupakan modifikasi dari Cortex A77, sedangkan Kryo 570 Silver dirancang berdasarkan mikroarsitektur asli Cortex A55. Selain delapan core CPU itu, terdapat beberapa komponen pada Snapdragon 750G yang disatukan melalui proses manufaktur 8 nm.

Beberapa komponen itu di antaranya adalah GPU Adreno 619 (825 MHz), DSP Hexagon 694, ISP Spectra 355L, dan tentu saja modem internal 5G. Lantas, bagaimana laju performa Galaxy M23 5G dengan SoC Snapdragon 750G?

Berdasarkan tes yang dilakukan Jagat Review, skor AnTuTu 9 HP ini mencapai 386 ribuan. Sementara itu, skor GeekBench 5 yang diraih adalah 647 untuk single-core dan 1924 untuk multi-core. Adapun skor grafik (GPU) ponsel ini adalah 2766 pada 3D Mark Sling Shot Extreme (OpenGL ES 3.1).

Skor-skor itu menandakan bahwa kemampuan CPU HP ini ada di atas MediaTek Dimensity 800U dan Helio G96, tetapi berada di bawah Snapdragon 695. Untuk kemampuan GPU-nya, Snapdragon 750G lebih tinggi daripada Helio G96, tetapi tertinggal dari Snapdragon 695 dan Dimensity 800U.

Hasil pengujian tersebut sudah cukup bagus buat sebuah ponsel kelas menengah. Untuk penggunaan sehari-hari, ponsel dipastikan tidak akan mengalami kendala. Untuk kemampuan gaming, Galaxy M23 pun cukup mumpuni.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube FlashGadget, gim Mobile Legends bisa dimainkan pada setelan grafik "ultra" dan frame rate "high". Frame rate rata-rata yang diperoleh adalah 50 fps.

Sementara itu, PUBG Mobile nyaman dimainkan pada setelan grafik "smooth" dengan frame rate "ultra". Rerata frame rate yang dihasilkan adalah 39 fps.

Lalu gim super berat Genshin Impact ternyata masih bisa dimainkan. Pada setelan lowest 60 fps, gim ini bisa berjalan dengan rata-rata frame rate 25 fps. Frame rate sesekali turun hingga 12 fps ketika berada dalam situasi pertarungan hebat.

Rerata frame rate yang diperoleh pada gim Genshin Impact tampak rendah karena sistem membatasi kemampuan SoC agar temperatur ponsel tidak terlalu panas. Protokol pembatasan ini masuk dalam fitur GOS (Game Optimizing Service).

Namun, bila Anda ingin memaksimalkan kemampuannya, Samsung memberi jalan. Caranya dengan mengaktifkan fitur alternate game performance management yang ada pada Game Booster. Mengaktifkan fitur ini sama dengan mematikan GOS.

Imbasnya, performa jadi lebih kencang, tetapi suhu bodi ponsel juga ikut meningkat. Ada baiknya Anda memasang fan grip (kipas) saat alternate game performance management aktif.

4. Kamera

galaxy m23 5g

Ada tiga kamera belakang yang terpasang pada Galaxy M23 5G. Rinciannya adalah kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8; kamera ultrawide 8 MP, f/2.2; serta kamera makro 2 MP, f/2.4.

Kamera utama si ponsel dilengkapi autofokus dan sudut pandang 80°. Sementara itu, kamera ultrawide-nya fixed focus dan memiliki sudut pandang 123°. Bersama dengan kamera makro, kedua kamera tersebut ditemani satu lampu flash.

Beralih ke sisi muka, ada kamera depan 8 MP fixed focus dengan aperture f/2.2. Kamera depan tersebut bisa merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps.

Sementara itu, kamera utama HP ini bisa merekam video sampai resolusi 4K 30fps. Hanya, sampai artikel ini ditulis, opsi perekaman 1080p 60 fps belum tersedia untuk kamera depan maupun kamera utama.

Hasil jepretan kamera Galaxy M23 cukup menarik. Detailnya tinggi dengan karakter warna yang natural. Foto tangkapan malam hari pada kondisi low light pun masih enak dilihat dengan noise yang cukup minim. Berikut contoh jepretan kamera Galaxy M23 5G yang diambil oleh Siam Phone.

galaxy m23 5gSumber: Siam Phone
Kamera utama
galaxy m23 5gSumber: Siam Phone
Kamera utama - low light
Galaxy M23 5gSumber: Siam Phone
Kamera depan - mode potret

5. Baterai

galaxy m23 5g

Samsung menyuntikkan baterai berkapasitas 5000 mAh pada Galaxy M23 5G. Kapasitas baterai ini memang sudah besar, tetapi tidak luar biasa. Baterai dengan kapasitas 5000 mAh sudah mulai marak dipakai di berbagai HP masa kini.

Meski begitu, kapasitas baterai dengan kapasitas yang sama bisa jadi memiliki daya tahan berbeda. Faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi adalah sistem manajemen daya. Dalam hal ini, Samsung telah menciptakan sistem manajemen daya yang apik buat Galaxy M23.

Pasalnya, menurut pengujian yang dilakukan Jagat Review, HP ini bisa bertahan sampai 24 jam 20 menit. Pengujian itu dilakukan dengan metode pemutaran video lokal yang resolusinya Full HD. Ketahanan baterai Galaxy M23 pun masuk kategori sangat baik.

Selain punya ketahanan yang baik, baterai HP ini didukung teknologi pengisian cepat 25W. Dengan charger yang sesuai, mengecas dari kapasitas 8% ke 50% hanya butuh waktu sekitar 30 menit. Sementara dari 8% ke 100% memakan waktu 1 jam. Demikian seperti yang dipaparkan di kanal YouTube Pizza Gadget.

6. Sensor dan Konektivitas

galaxy m23 5g

Sensor adalah komponen yang berada di luar SoC. Karena itu, dua ponsel dengan SoC sama bisa jadi punya kelengkapan sensor yang berbeda. Untuk sensor yang ada pada Galaxy M23, jenisnya sudah cukup lengkap.

Ada akselerometer, proksimitas (virtual), cahaya (virtual), fingerprint, kompas, dan giroskop. Keberadaan sensor giroskop menambah kenyamanan saat Anda bermain gim. Misalnya, di gim PUBG Mobile, Anda bisa mengarahkan karakter dengan hanya menggoyangkan HP.

Sementara itu, soal konektivitas, Galaxy M23 juga lengkap. Ada dukungan jaringan 5G, Bluetooth 5.0, WiFi 5, dan NFC. Jangan lupa pula bahwa HP ini masih memiliki jack audio 3,5 mm. Namun, port USB C yang dimilikinya belum mendukung video out.

Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G merupakan salah satu pilihan menarik di kelas Rp3 jutaan. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang "dipangkas" demi harga terjangkau. Beberapa hal itu mungkin saja menjadi sebuah kekurangan bagi Anda.

1. Bobot dan IP Rating

galaxy m23 5g

Galaxy M23 5G memiliki dimensi 165.5 x 77 x 8.4 mm. Sebetulnya ia tidak terlalu besar dan tidak terlalu tebal. Hanya saja, bobotnya sudah mencapai 198 gram, sehingga akan terasa agak berat. Buat Anda yang biasa memakai ponsel berbobot 170 sampai 180-an gram, Anda mesti beradaptasi terhadap hal ini.

Selain itu, hal yang perlu Anda perhatikan dari desain bodi HP ini adalah tidak adanya IP Rating. Maka dari itu, jangan coba-coba menenggelamkan si ponsel ke dalam air. Tidak ada jaminan bahwa Galaxy M23 5G tahan air, cipratan saja pun tidak.

2. Sisi Minor Kamera

galaxy m23 5g

Menurut pengujian Jagat Review, kamera Galaxy M23 5G mampu menghasilkan rekaman video yang stabil pada resolusi 1080p 30 fps. Baik itu dari kamera depan, kamera utama, maupun kamera ultrawide. Suaranya pun jelas dengan mikrofon bawaannya.

Samsung juga masih menyediakan fitur Super Steady bagi pengguna ingin memperoleh hasil rekaman video lebih stabil. Hanya, fitur ini membuat rekaman video pada malam hari jadi tampak lebih gelap. Oleh sebab itu, Super Steady sebaiknya tidak diaktifkan saat merekam video pada malam hari.

3. Speaker

galaxy m23 5g

Laman resmi Samsung menulis bahwa Galaxy M23 5G memiliki kemampuan untuk memutar video dengan resolusi sampai 4K. Hal ini membuat ponsel juga bisa memutar video 2K 60 fps yang ada di YouTube. Sertifikasi Widevine L1 pun sudah dikantongi si ponsel.

Dengan begitu, pemutaran video di HP ini sudah sip. Kendati demikian, pengalaman menonton film atau video masih kurang mantap karena speaker-nya belum stereo alias masih mono.

Pengalaman audio yang lebih seru bisa Anda dapatkan jika memakai headset kabel maupun nonkabel (Bluetooth). Sebab, teknologi Dolby Atmos bisa Anda manfaatkan saat memakai headset.

Adapun soal keluaran suara speaker, David Brendi dalam kanal YouTube Gadgetin menilai bahwa keluaran suara speaker Galaxy M23 5G sudah kencang (lantang). Terutama bila level volumenya disetel minimal di level 60%.

4. Paket Penjualan

Paket penjualan Galaxy M23 5G minimalis. Pasalnya, hanya ada ejektor kartu SIM, kabel USB C ke C, paket kartu perdana XL, dan sejumlah dokumen yang disertakan dalam boksnya. Tidak ada screen protector, softcase, juga kepala charger.

Dengan kondisi tersebut, peminat HP ini tentu harus menyediakan dana ekstra jika belum memiliki charger 25W. Dana yang perlu disediakan adalah sekitar Rp300 ribu untuk membeli charger asli Samsung dengan output 25W.

Sementara itu, ada dua alasan yang mungkin mendasari keputusan Samsung merilis Galaxy M23 5G dengan paket penjualan minimalis. Pertama, untuk mendukung kampanye ramah lingkungan. Kedua, untuk menekan serendah mungkin harga jual produk.

Simpulan

Samsung Galaxy M23 5G dirilis pada April 2022 dengan harga Rp3.699.000. Dengan harga tersebut, ponsel ini sudah menawarkan hal-hal yang bisa memuaskan konsumen. Mulai dari layar, performa, kualitas tangkapan kamera, hingga ketahanan baterai.

Konektivitas yang didukung HP ini pun lengkap. Ia punya NFC untuk melakukan pembayaran non tunai serta mendukung konektivitas 5G yang future proof. Jika dicermati lagi, hal-hal yang esensial sudah dipenuhi Samsung dengan baik melalui ponsel ini.

Namun, fitur-fitur non-esensial yang tujuannya untuk menambah pengalaman memang belum ada. Hal itu seperti IP Rating dan speaker stereo. Satu lagi, Galaxy M23 5G dijual tanpa kepala charger.

Apabila ketiadaan IP Rating, speaker stereo, dan kepala charger bukan masalah berarti, Galaxy M23 5G tentu merupakan salah satu HP 3 jutaan yang patut Anda lirik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram