carisinyal web banner retina

5 Perbedaan Samsung Galaxy A23 5G dan Samsung Galaxy M23 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Baru-baru ini Samsung kembali merilis HP terbarunya untuk kelas menengah, yaitu Samsung Galaxy A23 5G. Rilis pada September 2022, HP ini merupakan versi 5G dari Samsung Galaxy A23 yang telah dirilis lebih dulu pada Maret 2022.

Masih dalam waktu yang berdekatan, pada April 2022 lalu, Samsung juga merilis HP dengan konektivitas 5G lainnya yaitu Samsung Galaxy M23 5G. HP ini memiliki spesifikasi yang cukup menarik untuk bersaing di pasar Indonesia.

Samsung memang terkenal sering menghadirkan HP dengan kualitas yang bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Memiliki performa yang cukup tangguh, baterai awet, dan mendukung untuk aplikasi hiburan atau game menjadi patokan untuk HP terbaru dari Samsung.

Sama-sama berada di kelas menengah dan memiliki konektivitas 5G, Samsung Galaxy A23 5G dan Samsung Galaxy M23 5G memiliki spesifikasi yang cukup bersaing. Keduanya memiliki kemiripan dan perbedaan pada spesifikasi tertentu.

Penasaran apa saja perbedaan yang dimiliki Samsung Galaxy A23 5G dan Samsung Galaxy M23 5G? Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan yang ada ke dalam artikel ini. Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita lihat spesifikasi kedua HP tersebut di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy A23 5G dan Samsung Galaxy M23 5G

Karena dirilis di waktu yang terpaut jauh, Samsung Galaxy A23 5G mengalami peningkatan spesifikasi untuk beberapa sektor. Untuk lebih jelasnya, sila simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Desain Sederhana yang Berkualitas

samsung galaxy a23

Kedua HP ini memiliki desain dan tampilan yang mirip. Keduanya menampilkan desain yang sederhana dan simpel tetapi tetap memiliki kualitas. Pada bagian depan, keduanya sangat terlihat dengan layar yang lebar dan dihiasi notch berbentuk waterdrop atau tetesan air yang menampung sebuah kamera depan atau kamera selfie dari kedua HP.

Sementara itu, perbedaan kedua HP ini terlihat di bagian belakang tepatnya pada modul kameranya. Samsung Galaxy M23 5G hanya memiliki tiga susunan kamera yang diletakan pada modul da disusun secara vertikal sejajar. Sedangkan Samsung Galaxy A23 5G memiliki empat kamera yang disusun secara rapi bersama dengan flash.

Meskipun begitu, keduanya sama-sama menggunakan desain Ambient Edge yang menyatukan antara modul dengan lapisan matte pada bodi belakang HP. Hal tersebut membuat seolah keduanya menyatu dengan tampilan yang ikonik.

Samsung Galaxy A23 5G hadir dengan tiga varian warna yaitu Black, Light Blue, dan Peach. Sementara itu, Samsung Galaxy M23 5G juga memiliki tiga varian warna namun dengan susunan Light Blue, Deep Green, dan Orange Copper. Warna yang dihasilkan oleh setiap varian memiliki kesan klasik dan tenang dengan tidak terlalu mencolok.

2. Dimensi dan Layar 120 Hz

samsung galaxy m23 5G

Meskipun secara penampilan keduanya sangat mirip, tetapi dimensi dan bobot yang dimiliki kedua HP ini sedikit berbeda. Samsung Galaxy A23 5G memiliki dimensi 165,4 x 76,9 x 8,4 mm dengan bobot 197 g. Sedangkan Samsung Galaxy M23 5G memiliki dimensi 165,5 x 77 x 8,4 mm dan memiliki bobot sedikit lebih berat, yaitu 198 g.

Berbeda dengan Samsung Galaxy M23 5G, Samsung Galaxy A23 5G memiliki perlindungan layar kaca bagian depan oleh Gorilla Glass 5. Perlindungan tersebut mampu membuat Samsung Galaxy A23 5G lebih kuat dan tahan banting.

Beralih ke bagian layar, keduanya telah memiliki refresh rate yang cukup tinggi, yaitu 120 Hz. Dengan dukungan konektivitas 5G, maka beraktivitas menggunakan HP akan semakin cepat dan halus karena respon yang diberikan sangat cekatan dan tanpa adanya lag.

Samsung Galaxy A23 5G dibekali oleh layar dengan panel PLS LCD berukuran 6,6 inci, sedangkan Samsung Galaxy M23 5G memiliki layar dengan panel TFT LCD berukuran 6,6 inci juga. Kedua layar tersebut telah mampu mencapai resolusi Full HD+ dengan 1080 x 2408 piksel dengan kerapatan piksel mencapai angka 400 ppi.

3. Snapdragon 695 vs Snapdragon 750G

samsung galaxy a23 5g

Sama-sama menggunakan chipset buatan Qualcomm, kedua HP ini memiliki performa yang bisa dibilang tidak berbeda jauh. Samsung Galaxy A23 5G ditenagai oleh chipset Snapdragon 695 dengan fabrikasi 6 nm dengan kode SM6375.

Snapdragon 695 memiliki delapan inti CPU yang memiliki kinerja kuat dan cepat, yaitu empat inti performa memakai Kryo 265 Gold (2,4 GHz) dan empat inti lainnya menggunakan Kryo 265 Silver (1,9 GHz). Kemudian chipset ini didukung oleh kartu pengolah Grafis GPU Adreno 619.

Sementara itu, Samsung Galaxy M23 5G juga ditenagai oleh chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 750G dengan fabrikasi 8 nm dan kode SM7225. Chipset ini memiliki delapan inti CPU yang terdiri dari dua inti performa memakai Kryo 570 (2,2 GHz) dan enam inti lainnya menggunakan Kryo 570 (1,8 GHz)

Snapdragon 750G milik Samsung Galaxy M23 5G ini didukung oleh kartu pengolah grafis GPU yang sama yaitu Adreno 619.

4. Memori Penyimpanan dan Baterai

samsung galaxy m23 5G

Untuk meningkatkan performa yang dihasilkan oleh chipset masing-masing, maka harus dipadukan dengan penyimpanan memori yang mumpuni. Sayangnya, Samsung Galaxy M23 5G hanya memiliki dua pilihan penyimpanan memori, yaitu RAM 4 GB dengan memori internal 128 GB, dan RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB.

Sementara itu, Samsung Galaxy A23 5G hadir dengan lima pilihan penyimpanan memori, yaitu RAM 4 GB/6 GB, RAM 6 GB/64 GB, RAM 4 GB/128 GB, RAM 6 GB/128 GB, dan RAM 8 GB/128 GB. Dengan penyimpanan memori lebih luas, Anda bisa lebih bebas untuk menyimpan berbagai berkas dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan.

Meskipun Samsung Galaxy M23 5G hanya memiliki dua pilihan penyimpanan memori, kedua HP ini telah menyediakan slot khusus untuk microSD jika Anda masih merasa kurang. Slot microSD tersebut bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 1 TB.

Selain luasnya penyimpanan memori, kapasitas baterai juga cukup memengaruhi dalam hal performa pada sebuah HP. Semakin besar kapasitas baterai yang dimiliki, maka semakin lama juga performa HP tersebut akan bertahan dan stabil.

Untuk itu, baik Samsung Galaxy A23 5G atau Samsung Galaxy M23 5G, keduanya telah dibekali baterai dengan kapasitas cukup besar, yaitu mencapai 5000 mAh. Selain itu, terdapat juga fitur pendukung fast charging yang mencapai 25 W, sehingga tidak perlu waktu lama ketika melakukan pengisian daya.

5. Konfigurasi Kamera

samsung galaxy a23

Pada konfigurasi kamera ini, Samsung Galaxy M23 5G hanya dibekali tiga kamera saja di bagian belakang. Meskipun begitu, kedua HP ini memiliki spesifikasi kamera utama yang sama, yaitu 50 MP (f/1,8). Kamera ultra-wide 8 MP (f/2,2) dan kamera makro 2 MP (2,4).

Yang membedakan dari keduanya adalah fitur OIS atau Optical Image Stabilization yang dimiliki oleh kamera utama Samsung Galaxy A23 5G. Fitur tersebut mampu menangkap gambar dengan lebih stabil dan tajam bahkan di dalam cahaya yang redup sekalipun. Dilengkapi dengan kamera ultra-wide 5 MP (2,2), kamera makro dan depth 2 MP (f/2,4).

Meskipun tanpa didukung oleh OIS, Samsung Galaxy M23 5G ternyata lebih unggul dalam menghasilkan sebuah rekaman video. Pasalnya, ia mampu menghasilkan rekaman video mencapai kualitas 4K dengan 30 fps, sedangkan Samsung Galaxy A23 5G hanya mentok di kualitas 1080p dengan 30 fps saja.

Untuk kamera di bagian depannya, kedua HP ini sama-sama memiliki kamera selfie dengan resolusi 8 MP (f/2,2) dan mampu menghasilkan rekaman video mencapai kualitas 1080p dengan 30 fps.

Simpulan

Baik Samsung Galaxy A23 5G atau Samsung Galaxy M23 5G, keduanya merupakan HP dengan spesifikasi yang cukup baik dan mampu bersaing di kelasnya. Sektor paling bersaing dari kedua HP ini adalah kamera utama di bagian belakangnya yang cukup besar dan kapasitas baterai yang mampu membuat HP bertahan seharian.

Meskipun begitu, keamanan bodi dan fitur OIS pada kamera utama Samsung Galaxy A23 5G membuatnya lebih unggul di sektor tersebut. Sedangkan Samsung Galaxy M23 5G memiliki keunggulan pada hasil rekaman video yang berkualitas tinggi dan kamera ultra-wide yang lebih besar.

Untuk selebihnya tidak ada perbedaan antara kedua HP ini, hal itu disebabkan karena keduanya berada pada kisaran harga yang sama yaitu di angka 4 jutaan. Dengan mempertimbangkan harga yang sama dan spesifikasi dari kedua HP tersebut, kira-kira HP mana yang akan Anda pilih? Usahakan pilih HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram