Cara Melakukan Screenshot pada Samsung Galaxy S22 Ultra

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setiap smartphone Android memiliki cara tersendiri untuk dapat melakukan tangkapan layar alias screenshot. Mayoritas memiliki cara yang cukup umum dengan cara menekan dua tombol fisik tertentu secara bersamaan.

Akan tetapi, ada juga cara khusus untuk mengambil screenshot yang lebih praktis, mudah, ataupun lebih fungsional. Nah, jika Anda adalah seorang pemilik Samsung Galaxy S22 Ultra dan ingin mengetahui seluruh metode yang ada untuk mengambil screenshot, Anda berada di tempat yang tepat.

Tim Carisinyal telah mengumpulkan keseluruhan cara mengambil screenshot yang lengkap pada ponsel yang dilengkapi Snapdragon 8 Gen 1 ini. Mulai dari cara paling umum hingga metode-metode "rahasia" lain yang mungkin belum semua orang tahu. Termasuk long screenshot hingga melakukan screen recording tanpa unduh aplikasi dari Play Store. Simak yang berikut ini.

Screenshot Umum Samsung Galaxy S22 Ultra

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Salah satu cara yang paling simpel adalah dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ini juga cara yang ampuh untuk menangkap layar pada mayroitas HP lainnya.

Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, berikut adalah tahapan-tahapan untuk melakukan tangkapan layar secara umum yang paling mudah dan simpel.

1. Siapkan Tampilan

Anda pertama-tama harus menuju lokasi tampilan yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Entah itu laman navigasi Home, artikel, isi chat di messenger, ataupun yang lainnya.

Jika ingin mengambil tangkapan dari isian chat, Anda perlu membuka aplikasi chat tersebut kemudian pilih ruang chat yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Jika sudah berada di tampilan yang tepat, tinggal lanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Tekan Tombol Volume Bawah + Power

Sudah berada di lokasi tampilan layar yang diinginkan? Sekarang, Anda hanya perlu lakukan screenshot dengan cara menekan tombol volume bawah dan Power di sebelah kanan bodi secara bersamaan.

Disarankan untuk lakukan hal ini dengan dua tangan agar HP tidak terjatuh. Anda pun bisa melakukannya sambil menaruh HP di atas meja. Tekan dan tahan kedua tombol sampai ada indikasi di layar bahwa screenshot telah diambil (keseluruhan layar akan menjadi putih secara sekilas).

Usahakan untuk tidak menekan kedua tombol terlalu lama. Soalnya, alih-alih mengambil tangkapan layar, ponsel malah akan memunculkan opsi untuk melakukan shutdown.

3. Screenshot telah Diambil

Jika Anda melihat ketiga opsi seperti gambar di atas, tandanya Anda sudah berhasil mengambil screenshot. Anda bisa memilih untuk melakukan pengeditan (menambahkan anotasi, crop, dan sebagainya), atau langsung membagikannya ke aplikasi lain.

Screenshot dengan Stylus

Cara mengambil screenshot di atas cukup ampuh jika Anda ingin mengambil keseluruhan layar. Lalu bagaimana jika ingin mengambil sebagian area saja? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan stylus yang tersedia dari dalam HP-nya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan Tampilan

Seperti sebelumnya, Anda juga perlu berada pada lokasi tampilan yang sesuai untuk mengambil tangkapan layar yang diinginkan. Dalam tutorial ini, lokasi yang dipilih adalah Home.

2. Tekan S Pen Overlay Menggunakan S Pen

Dengan S Pen yang telah dikeluarkan dari kompartmennya, Anda bisa gunakan S Pen tersebut untuk memilih tombol S Pen Overlay yang dilingkari di atas.

3. Pilih "Smart Select"

Setelah simbol S Pen dipilih, akan muncul sederat menu yang bisa Anda pilih. Untuk melakukan tangkapan layar, pilihlah menu Smart Select seperti gambar di atas.

4. Pilih Box Screenshot, Free Select atau Lingkaran

Setelah opsi Smart Select, Anda bisa memilih tiga jenis pengambilan screenshot yang berbeda. Pilihan pertama adalah Box Screenshot yang menampilkan select area dalam bentuk persegi.

Kemudian, Anda juga bisa memilih Free Select untuk melakukan penyeleksian secara bebas. Bentuk cropping-nya akan menyesuaikan dengan select area yang Anda gambarkan pada layar.

Yang ketiga adalah lingkaran atau oval, di mana bentuk area seleksinya merupakan lingkaran atau lonjong.

5. Gambar Select Area Sesuai Keinginan

Setelah memilih salah satu dari jenis seleksi area yang bisa digunakan, Anda tinggal perlu menyesuaikan luas dari seleksi area itu sendiri, seperti contoh di atas. Khusus untuk seleksi berbentuk boks dan lingkaran, tahan dan geser stylus untuk menyesuaikan luas, dan lepas ketika sudah sesuai.

Untuk free selection, Anda bisa menggambar bentuk apapun yang diinginkan dengan cara membuat outline start-nya bersentuhan dengan outline akhir.

6. Simpan di Galeri

Begitu stylus dilepas dari layar, akan muncul bar seperti gambar di atas yang menampilkan sejumlah opsi. Anda bisa memilih ikon paling kanan untuk menyimpan hasil tangkapan layar pada galeri. Setelah tersimpan, screenshot bisa dilihat pada aplikasi galeri/file dalam folder screenshot.

Screenshot dengan Palm Swipe Gesture

Selain dua cara tadi, Anda juga bisa melakukan penangkapan layar menggunakan gesture. Namun, cara ini bisa saja tidak langsung berfungsi dari pabrikannya. Anda mungkin perlu mekalukan penyetelan terlebih dahulu melalui menu pengaturan. Cek langkah-langkah di bawah ini.

1. Pergi ke menu Motions and Gestures

Sebelum dapat melakukan tangkapan layar melalui gesture, Anda perlu menuju ke menu Setting -> Advanced Features -> Motion and gestures.

2. Aktifkan Palm swipe to capture

Fitur ini bisa jadi sudah aktif dari sananya (secara default) atau bisa saja belum. Pastikan toggle untuk menu Palm swipe to capture telah diaktifkan. Jika toggle-nya sudah berada di sisi kanan dengan warna latar biru, berarti fitur ini sudah dalam keadaan menyala.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram