carisinyal web banner retina

Yuk, Intip 3 Cara Screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4

Ditulis oleh Aris Wibowo

Samsung Galaxy Z Fold4 merupakan salah satu ponsel dengan desain layar lipat yang punya kesan unik, mewah dan elegan. Menariknya, ketika layar lipatnya dibuka, ponsel ini bisa digunakan mirip tablet, sehingga cocok digunakan untuk multitasking maupun main game.

Karena memiliki desain yang berbeda, tentu Anda akan menemukan sedikit penyesuaian ketika hendak melakukan screenshot di layar yang lebar ini.

Nah, kali ini tim Carisinyal akan menjelaskan sejumlah cara melakukan screenshot pada ponsel flagship Samsung ini. Berikut berbagai cara screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4 yang bisa Anda coba. 

Cara Umum Screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4. Salah satunya adalah cara umum dengan menekan tombol ponsel. Ini langkah-langkahnya.

1. Pilih Tampilan Layar yang Ingin Di-screenshot

Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Sebelum melakukan tangkapan layar atau screenshot, pastikan Anda sudah menentukan tampilan layar yang ingin disimpan. Tampilan layar yang bisa di-screenshot, dapat berupa artikel dan gambar dari halaman web, chat, dan lain sebagainya. 

2. Menekan Tombol Secara Bersamaan

Samsung Galaxy Z Fold4 SCREENSHOT__1Sumber: youtube.com

Untuk bisa melakukan screenshot, Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume bawah di sebelah kanan bodi secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol hingga layar berkedip. Layar berkedip menandakan screenshot sudah dilakukan. Beberapa HP biasanya akan menampilkan layar yang sekilas menjadi putih layaknya kilatan lampu.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, artinya, Anda menekan HP terlalu lama atau bisa jadi Anda menekan kedua tombol yang kurang pas atau kurang ditekan bersamaan.

Jika fitur ini tidak bekerja, masih ada banyak cara untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4.

3. Cek Hasil Screenshot

galaxy z fold4 screenshotSumber: youtube.com

Jika kedua langkah di atas sudah Anda coba, Anda dapat mengecek hasil screenshot dengan masuk ke Galeri HP. Di beberapa HP Samsung, hasil screenshot akan masuk ke album screenshot.

Jika menurut Anda cara menekan tombol dirasa rumit dan memakan waktu, mengingat dimensi HP ini yang besar, Anda bisa mencoba cara umum yang lebih mudah yakni menekan ikon screenshot yang ada di notification bar

Simak caranya berikut ini:

  • Tentukan hal yang ingin Anda screenshot di layar HP.
  • Buka notification bar dengan cara menarik layar dari atas ke bawah. Kemudian cari ikon screenshot. Beberapa HP Android menampilkan ikon berbeda. Ada yang berupa gunting, ada juga yang berupa lembaran kertas.
  • Saat ikon disentuh, otomatis proses screenshot akan berlangsung. Hasil screenshot pun akan tersimpan ke galeri HP Anda.  

Menurut saya, cara umum yang terakhir ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Fold4. Pasalnya, Anda cukup menekan ikon di layar melalui bar notifikasi. Cara ini tentu tidak akan membuat tombol fisik di HP tetap awet dan tak mudah aus.

Cara Khusus Screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4

Selain cara umum di atas, untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy Z Fold4, Anda juga bisa memakai cara khusus yang lebih praktis dan mudah. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Screenshot dengan Gestur

Anda juga bisa melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol. Namun, untuk bisa melakukan cara ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Gestur ini di menu pengaturan. Ini langkah-langkah untuk mengaktifkan gestur dan mengambil tangkapan layar dengan fitur tersebut.

1. Aktifkan Fitur Gestur

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, silakan masuk ke Pengaturan > Pengaturan lanjutan > Gerakan dan gestur. Dalam tampilan ini, Anda cukup mengaktifkan pilihan usapkan telapak tangan untuk mengambil, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan palm swipe to capture

Pastikan toggle sudah berada di sebelah kanan dengan warna latar biru, ya. Artinya, fitur ini sudah aktif dan bisa digunakan.

 2. Cara Screenshot

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, Anda hanya perlu melambaikan tangan di atas layar untuk melakukan screenshot dengan gestur. Pastikan tangan kanan berada di posisi terbuka seperti hendak bersalaman atau menampar.

Posisikan tangan di ujung kanan ponsel, lalu lambaikan tangan ke arah kiri. Anda juga bisa melakukan cara ini memakai tangan kiri tentu dengan arah yang berlawanan. Jika cara ini berhasil, layar akan menjadi putih dan hasil screenshot akan langsung tersimpan ke galeri.

Cara Screenshot dengan Menu Asisten

Galaxy a33 MENU ASISTEN 1-side_

Selain beberapa cara di atas, ada juga cara screenshot di HP Samsung yang lebih mudah dan cepat, yakni memakai Menu Asisten yang tak kalah simpel. Berikut langkah-langkahnya.

1. Mengaktifkan Menu Asisten

Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan Menu Asisten. Caranya masuk ke Pengaturan ponsel Samsung Galaxy Z Fold4. Pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan. Selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan Menu Asisten. 

Jika fitur Menu Asisten sudah aktif, akan muncul tombol melayang berupa ikon 4 kotak. Nah, jika tombol ini ditekan akan muncul beberapa tombol pintasan, yang salah satunya berguna untuk screenshot tampilan layar dengan cepat. 

2. Cara Screenshot

Tombol pintasan screenshot dalam Menu Asisten biasanya berupa gambar layar. Namun, jika ternyata tidak ada ikon untuk screenshot, Anda bisa menambahkan atau mengurangi tombol pintasan Menu Asisten dengan mudah.

Untuk memulai screenshot menggunakan Menu Asisten, Anda harus masuk ke tampilan layar yang diinginkan. Setelah itu, ketuk ikon kotak Menu Asisten. Kalau sudah, silakan ketuk ikon gambar layar untuk mengambil tangkapan layar.

Cara Screenshot dengan Voice Commands

bixby_

Anda juga bisa melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol dengan mengaktifkan aplikasi Bixby atau Google Assistant. Simak caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Bixby

  • Pergi ke halaman yang hendak Anda ambil gambarnya.
  • Silakan aktifkan Bixby dengan cara menekan tombol di sisi samping HP Samsung Galaxy Z Fold4, atau mengatakan “Hi, Bixby”.
  • Untuk melakukan screenshot, silakan katakan “Take a screenshot”.

2. Menggunakan Google Assistant

  • Pergi ke halaman yang hendak Anda screenshot.
  • Aktifkan Google Asistant dengan cara mengatakan “OK, Google”.
  • Untuk melakukan screenshot tinggal mengatakan “Take a screenshot”

Cara Screenshot dengan Flex Mode

Samsung Galaxy Z Fold4 hadir dengan desain layar lipat. Anda bisa menggunakan layar ketika posisi dilipat, atau menggunakan layar utama yang dapat dibuka. Nah, ini langkah-langkah untuk mengambil screenshot di layar Samsung Galaxy Z Fold4 yang terbuka.

1. Mengaktifkan Flex Mode

Untuk menggunakan Flex Mode, silakan masuk ke Settings > Advanced Feature. Lalu, tekan lab dan pilih Flex Mode. Setelahnya, nyalakan aplikasi yang Anda butuhkan.

2. Cara Screenshot

Nah, ketika Anda ingin mengambil screenshot di Galaxy Z Fold4 dengan posisi layar yang terbuka lebar, masuk ke halaman atau tampilan yang ingin di ambil gambarnya. Setelah itu, lipat layar sampai 90 derajat. Jika Mode Flex aktif, akan muncul beberapa pilihan dan alat di sisi layar yang bawah. Anda pun tinggal mencari ikon screenshot di toolbar ini. Tekan ikon tersebut hingga layar berkedip.

Rekomendasi Aplikasi Screenshot

Tak hanya menggunakan cara di atas, Anda dapat mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar. Berikut rekomendasi aplikasinya.

1. Screenshot by Splend Apps

7.-Screenshot-Splend-Apps_

Screenshot by Splend Apps menghadirkan pengalaman screenshot yang mudah dan memuaskan. Pasalnya, aplikasi ini menghadirkan tombol overlay yang posisinya dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda pun dapat mencoba pilihan shutter dari bar notifikasi hingga menekan tombol fisik seperti cara screenshot biasanya.

Salah satu kelebihan aplikasi screenshot ini ialah adanya fitur hitung mundur. Dalam aplikasi ini Anda dapat mengatur waktu hitung mundur sebelum tampilan layar di ambil screenshot-nya. 

Ketika selesai, hasil screenshot akan terpampang di galeri HP. Anda pun bisa sedikit meng-edit hasil screenshot atau membagikannya ke media sosial.

2. Screenshot Quick by DM Tech

Screenshot quick_

Screenshot Quick jadi salah satu aplikasi screenshot Android dengan ukuran kecil dan user interface yang sederhana. Sama seperti aplikasi sebelumya, untuk melakukan screenshot menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan tombol overlay, melakukan goyangan pada perangkat, melalui ikon di bar notifikasi hingga menggunakan tombol fisik.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur tingkat kualitas hasil screenshot. Setidaknya ada 6 tingkat kualitas yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan Anda. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung file format PNG dan JPG. Hasil screenshot pun terpisah dan tersimpan di album khusus. 

Keunggulan berikutnya adalah kemampuan aplikasi ini untuk mengambil screenshot secara bertubi-tubi. Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda hendak mengambil screenshot dari sebuah video.

Demikianlah cara umum dan cara khusus yang bisa dicoba untuk Anda pengguna Samsung Galaxy Z Fold4. Bagaimana, sangat mudah sekali, bukan?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram