carisinyal web banner retina

Unfold Your World, HP Samsung Galaxy Z Fold3 5G & Z Flip3 5G

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 22 September 2021

Resmi dirilis di Indonesia, Samsung selalu giat berinovasi untuk menampilkan smartphone canggih yang elegan dan modern. Kali ini, mereka melanjutkan seri terdahulunya dengan sebutan Samsung Galaxy Z Fold3 dan Samsung Galaxy Z Flip3. Banyak perbedaan dan kelebihan yang ditawarkan dari kedua HP-nya, termasuk menyematkan 5G ke dalamnya.

Pihak Samsung berpendapat bahwa Z Fold3 ditargetkan untuk pengguna yang mengandalkan produktivitas dan hiburan secara immersive. Dengan begitu, HP tersebut dilengkapi oleh performa yang mumpuni sehingga bisa melakukan multitasking secara lancar.

Sedangkan untuk Z Flip3 lebih menargetkan pada konsumen yang senang memperhatikan gaya serta fungsionalitas. Desainnya lebih sleek, compact, dan pocketable. Bahkan, berbagai fiturnya juga sangat mendukung gaya sehari-hari para konsumennya.

Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics. Beliau berpendapat, “Dengan Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Samsung sekali lagi mendefinisikan ulang kemampuan yang dapat ditawarkan smartphone foldable bagi pengguna untuk menghadapi dunia yang serba cepat dengan fleksibilitas dan keserbagunaan yang dibutuhkan."

Lanjutnya, “sebagai pionir dan pemimpin industri di kategori perangkat foldable, kami bangga dapat memperkuat warisan inovasi kami melalui Z Fold3 dan Z Flip3. Kedua perangkat ini membekali konsumen dengan teknologi yang mampu melakukan cara-cara baru untuk memaksimalkan dan menikmati setiap momen, lengkap dengan ekosistem yang dibangun berdasarkan keterbukaan dan inovasi.”

Lebih Tahan Banting , Bergaya, dan Cocok untuk Produktivitas

Galaxy Z Fold3, Z Flip3_

Baik Z Fold3 dan Z Flip3 memang lebih unggul dibandingkan dengan pendahulunya. Kedua HP ini lebih tahan banting berkat adanya IPX84. Dengan sertifikasi tersebut, Samsung mengklaim HP terbarunya kali ini lebih kuat tahan terhadap air, apalagi kondisi saat kehujanan.

Selain sertifikasi tadi, Samsung menyebutkan ada juga bahan yang kuat untuk membalut bodi HP tersebut, yaitu bahan dari aluminium. Belum selesai, di bagian layar, kedua HP-nya berbekal Corning® Gorilla® Glass VictusTM. Dengan begitu, layarnya diklaim bisa tahan goresan bahkan saat HP terjatuh.

Hal unik lainnya adalah kehadiran film pelindung dengan bahan PET5. Bahan tersebut dinyatakan dapat meregang, lalu panel layar utamanya bisa lebih optimal. Dengan kata lain, layarnya ini bisa lebih tahan lama sekitar 80% dibandingkan pendahulunya.

Ketahanan tersebut bukan hanya soal layar, Samsung memang sengaja membuat desain ponsel yang bisa tahan dalam jangka waktu panjang. Ada Hideaway Hinge sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman penggunaan yang inovatif dari Flex Mode6.

Fyi, fitur Flex Mode ini memang sudah lama tersedia di HP Samsung foldable lainnya, dan hal tersebut memang memudahkan pengguna saat menonton video atau pun mengedit video. Nah, fitur tersebut diperbaharui lagi sehingga pengguna lebih nyaman saat menggunakan HP-nya.

Selain kenyamanan, Samsung juga memikirkan teknologi terbaru lainnya agar HP tetap bersih dari debu dan partikel. Maka dari itu, muncul sebuah teknologi yang disebut Sweeper dimana berfungsi sebagai bulu pembersih di dalam Hinge-nya. Memang ini bukan teknologi baru, tapi teknologinya diperbaharui dengan lebih efektif dan efisien.

Galaxy Z Fold3 Cocok untuk Produktivitas dan Hiburan

fold3_

Dengan layarnya yang luas, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Z Fold3 memang terbilang cukup nyaman untuk menonton berbagai konten. Adanya Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci membuat pengguna lebih leluas dan bisa menonton dengan gambar yang lebih detail.

Uniknya, pengguna juga tidak akan terganggu dengan kehadiran punch hole. Pasalnya, kehadiran kamera Under Display bisa menyembunyikan punch hole yang ada di bagian layar. Lebih lanjut, pengguna bisa menikmati layar eco2 terbaru dimana tingkat kecerahannya naik sebesar 29% tanpa banyak menghabiskan daya!

Selain itu, Galaxy Z Fold3 juga sudah berbekal Super Smooth 120Hz sehingga kamu bisa scrolling secara lancar tanpa kendala. Uniknya, refresh rate tersebut bukan hanya dinikmati di layar utama, tapi juga di layar depan alias cover screen.

Oh iya, karena ini ditargetkan untuk produktivitas sehingga Samsung memberikan S Pen yang memudahkan setiap pekerjaan. Asyiknya lagi, ada dua pilihan S Pen yang tersedia untuk Z Fold3, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro 11. Keduanya punya kesamaan dengan teknologi force limit dengan tingkat latensi yang lebih rendah.


Beralih ke fitur lainnya, di sini juga ada Multi-Active Window12 dimana semua kegiatan bisa diatur sedemikian rupa dalam kalender. Bahkan ada juga fitur App Pair, Taskbar13, dan lainnya. Semua fitur yang dihadirkan tentu memudahkan kegiatan dan produktivitas penggunanya.

Galaxy Z Flip3 untuk Gaya dan Fungsi yang Maksimal

flip3_

Jika Z Fold3 menghadirkan ponsel untuk memudahkan produktivitas dengan layarnya yang lebar maka kali ini ada Galaxy Z Flip3 yang lebih mengutamakan gaya serta fungsi untuk bergaya lebih trendi. Di sini ada banyak fitur kamera yang menakjubkan, khususnya untuk yang doyan melakukan selfie unik secara hands-free dengan Flex Mode.

Meski dalam kondisi HP yang tertutup, pengguna masih bisa mengambil gambar dan video dengan cepat melalui layar yang ada di cover screen. Ada fitur quick shoot sehingga pengguna bisa menangkap gambar dan merekam video lebih mudah tanpa harus membuka HP-nya.

Meski tidak memiliki layar yang super lebar seperti Z Fold3, tapi di Z Flip3 juga masih bisa menikmati pengalaman menonton video secara hands-free. Bahkan, Samsung memberikan kenyamanan tambahan pada bagian audionya yang dipercayakan pada Dolby Atmos. Suara yang dihasilkan tentu saja lebih immersive dan jernih.

Bukan hal aneh jika Samsung menawarkan HP foldable karena sebelumnya mereka sudah pernah merilis HP serupa. Namun, hal yang perlu diantisipasi dari kedua ponsel terbaru dari Samsung ini adalah kehadiran performa yang lebih kencang, fitur lebih lengkap, dan pastinya tingkat kenyamanan yang sesuai target penggunanya yang lebih terarah.

Yang paling serunya lagi adalah, kedua ponsel Samsung ini lebih asyik jika disandingkan dengan perangkat Samsung lainnya, seperti Buds dan Smartwatch dari Samsung. Oh iya, Samsung Z Fold3 dan Z Flip3 juga tersedia dalam Edisi Thom Browne.

thom bwone_

Dalam satu kotak edisi tadi, kamu tidak hanya mendapatkan ponsel tapi juga Galaxy Watch4 bertema Thom Browne yang dibekali dengan tiga strap sekaligus dan wireless charger. Lalu ada juga Galaxy Buds2 yang juga mengusung warna Thom Browne White, lengkap dengan case berwarna senada. Masih ada lagi? Tentu saja!

Samsung juga memberikan case smartphone berbahan kulit dengan detail jahitan yang begitu halus serta wireless charger untuk melengkapi penampilan dan kegunaan perangkat yang dipilih.

Khusus untuk Galaxy Z Fold3, Samsung turut menyertakan S Pen Pro di dalam kemasan, memungkinkan pelanggan untuk langsung merasakan pengalaman menulis yang istimewa dari S Pen pertama bagi perangkat foldable Samsung. Asyik banget ya?

Ini edisi terbatas yang dijual dengan harga Rp51.999.000,- untuk Z Fold3, dan harga Rp35.999.000,- untuk Z Flip3. Namun kalau kamu lebih tertarik dengan edisi standar, bisa bawa pulang Galaxy Z Fold3 dengan harga mulai dari Rp24.999.000, sedangkan Galaxy Z Flip3 bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp14.999.000. Kalau berminat, langsung kunjungi link ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram