carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G merupakan ponsel kelas mid-range yang dirilis pada April 2022. Ini merupakan penerus bagi Galaxy M32 yang dirils setahun sebelumnya.

Dengan harga rilis mulai dari Rp3.999.000,- Anda sudah mendapatkan ponsel berkualitas dengan chipset gahar, kamera mumpuni, baterai super awet, serta tampilan layar yang memukau.

Posisi ponsel ini berada di bawah Samsung Galaxy A33 5G yang dibanderol dengan harga rilis Rp4.699.000,-. Jika Anda sering membandingkan seri Galaxy A dan Galaxy M, mungkin Anda sudah tahu ciri perbedaan keduanya.

Seri Galaxy M lebih sering hadirkan sensor sidik jari di samping dan mengunggulkan kemampuan baterai, dan Galaxy A dengan fitur yang sangat dibutuhkan oleh anak muda. Selain itu, Galaxy M merupakan seri yang hanya khusus dijual secara daring alias online.

Mau tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M33 5G? Siapa tahu, mungkin ini adalah HP kelas menengah yang selama ini Anda cari. Yuk, simak spesifikasi dan poin-poin di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy M33 5G

Kira-kira apa saja ya fitur-fitur menarik yang bisa Anda nikmati pada Samsung Galaxy M33 5G ini? Berikut adalah penjabaran poin-poin kelebihannya.

1. Baterai Besar 5.000 mAh

galaxy m33 5g baterai_

Galaxy M series seringkali dikenal akan kapasitas baterainya yang bukan main besar. Masih terngiang di benak kami betapa Galaxy M51 mampu tawarkan kapasitas raksasa 7.000 mAh.

Sayangnya, Samsung memutuskan untuk kembali ke kapasitas normal di angka 5.000 mAh untuk seri-seri selanjutnya, termasuk Galaxy M33 5G ini.

Sekadar informasi, Galaxy M33 5G sebenarnya memiliki versi yang gunakan baterai 6.000 mAh. Namun versi tersbut hanya terbatas untuk pasar India. Sedangkan untuk yang hadir secara resmi di Indonesia, menggunakan baterai 5.000 mAh.

Video pengujian yang diunggah Jagat Review mengungkapkan hal menarik mengenai ketahanan baterai Galaxy M33 5G ini. Menurut pengujian mereka, baterai ponsel ini dapat menunjang aktivitas pemutaran video playback 1080p secara lokal selama 20 jam. Wow, ini sungguh ketahanan yang tidak bisa dianggap remeh.

Selain itu, aktivitas stream video YouTube Full HD selama 30 menit hanya memakan baterai sebesar 2% saja. Untuk aktivitas TikTok selama 30 menit, mengurangi baterai sebanyak 4%. Adapun saat memainkan gim berat Genshin Impact selama 30 menit pada pengaturan Lowest - 60 FPS, baterai hanya berkurang 11%.

Jadi, meski tidak memiliki kapasitas 6.000 mAh seperti varian India, atau 7.000 mAh seperti Galaxy M51, kemampuan baterai Galaxy M33 5G tetap tidak bisa dianggap remeh. Wajar saja smartphone ini dijuluki Monster Baterai.

2. Performa Chipset Exynos 1280 yang Dapat Diandalkan

Exynos 1280

Exynos 1280 yang mengotaki Galaxy M33 5G hadir dengan noda fabrikasi 5 nm yang lebih unggul di sisi efisiensi daya, ketimbang Dimensity 900 dengan fabrikasi 6 nm pada Galaxy M53 5G.

Spesifikasi umum pada chipset besutan Samsung ini cukup menjanjikan. Exynos 1280 mengantongi prososor octa-core yang mencakup dua inti berkinerja tinggi Cortex A78 (2.4 GHz) serta enam unit hemat daya Cortex A55 (2 GHz).

Dan seperti yang kita tahu, chipset yang punya prosesor unggul tetap tidak akan berkutik jika tidak dihadirkan dengan GPU yang menunjang pula. Untuk itu, Samsung menyematkan kartu pengolah grafis Mali G68 yang beroperasi pada frekuensi 1000 MHz.

Samsung Galaxy M33 5G sendiri menawarkan dua opsi RAM berjenis LPDDR4x yakni kapasitas 6 GB dan 8 GB pada penyimpanan internal 128 GB UFS 2.2. Tersedia juga fitur penambah RAM secara virtual hingga kapasitas 16 GB, jika Anda menggunakan varian 8 GB.

Dilansir dari Smartprix.com, Galaxy M33 5G meraih skor Geekbench 5 sebanyak 695 poin (single core) serta 1869 poin (multi-core). Pada pengujian CPU Throttling, performa perangkat hanya menurun sekitar 20% setelah penggunaan panjang.

Kendati terbilang cukup powerful, namun Galaxy M33 5G tetap struggling saat memainkan gim Genshin Impact di pengaturan Low - 60 FPS, dilansir dari video YouTube yang diunggah lctfix.net. Cukup sering terlihat grafis patah-patah di hampir sepanjang permainan.

Sedangkan saat dimainkan PUBG Mobile, perangkat ini mampu mendukung pengaturan grafis maksimal di HD - High. Hal tersebut berdasarkan pengujian yang terlihat di kanal YouTube Infofull. Tidak ada yang dapat dikeluhkan sepanjang permainan berlangsung. Dari sisi frame rate, gyro, dan juga tampilan grafisnya sungguh memberikan pengalaman yang baik.

Galaxy M33 5G dengan kata lain memberikan performa yang cukup memuaskan di kelas harganya. Untuk melakukan navigasi, membuka aplikasi, dan bermain gim, ponsel ini secara overall tidak mengecewakan. Namun jika Anda pemain gim hard core, opsi lain yang bisa dipilih adalah Redmi Note 11 Pro 5G dengan Snapdragon 695 5G.

3. Layar Dilapisi Gorilla Glass 5 dan Mengusung Refresh Rate 120 Hz

galaxy m33 5g layar 120 hz_

Jika dibandingkan dengan Galaxy M53 5G, HP ini memang memiliki ukuran layar yang lebih sedikit yakni 6,6 inci. Layar di HP inipun dirancang untuk menampilkan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan aspek rasio 20:9. Sementara untuk kerapatan pikselnya, berada di angka 400 ppi. Ini menandakan, layar mampu berikan ketajaman yang baik.

Panel yang digunakan adalah TFT (Thin Film Transistor), yang kemungkinan besar adalah PLS TFT. Untuk menjaga layar dari kerusakan akibat tergores dan juga terjatuh, layar dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Pelindung tersebut disinyalir mampu mencegah keretakkan walau sudah terjatuh dari ketinggian mencapai 1 meter ke permukaan keras.

Galaxy M33 5G memiliki layar dengan tingkat kecerahan yang nyaman, sekalipun digunakan untuk menonton video di Netflix dan YouTube pada kondisi siang hari, dilansir dari Indian Express. Layar juga diketahui mendukung refresh rate 120 Hz adaptif agar dapat menyesuaikan laju penyegaran dengan aktivitas yang ditampilkan.

Ulasan dari Smartprix.com mengatakan layar perangkat ini menawarkan kualitas visual yang cukup baik, dengan warna-warna yang terlihat cerah dan menyala, serta adegan-adegan yang tampil secara tajam dan detil. Bahkan, disebutkan pula kondisi layar ponsel ini di atas rata-rata untuk di kelas harganya.

Seolah tidak cukup, kanal YouTube JagatReview menyebutkan bahwa layar smartphone hadirkan sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya eligibel dalam mengakses konten Full HD di Netflix dan Amazon Prime Video. Tapi cukup disayangkan, layar ponsel tidak mendukung HDR10.

4. 50 MP Quad Camera, Mendukung Perekaman 4K

galaxy m33 5g kamera_

Mengikuti tren smartphone kelas menengah di tahun 2022, jelas saja Samsung Galaxy M33 5G tidak mau ketinggalan menyuguhkan kamera utama 50 MP. Kamera tersebut menggunakan teknologi Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu, sehingga menghasilkan output 12,5 MP yang lebih detil, cerah, dan tajam.

Setup kamera di ponsel ini tawarkan sebanyak empat buah lensa belakang, dengan tiga lensa pendampingnya yaitu kamera 5 MP (f/2.2) pada fungsi ultrawide untuk hasilkan foto dengan FOV 123 derajat, kamera makro 2 MP (f/2.4), serta kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Yang benar-benar fungsional sebenarnya hanya kamera 50 MP dan kamera ultrawide 5 MP, sedangkan dua lensa lainnya hadir hanya untuk sekadar "meramaikan". Beralih ke bagian depan, smartphone ini dibekali kamera selfie 8 MP (f/2.2) yang dirancang dalam desain Infinity-U Display.

Daya tarik utama pada kamera Galaxy M33 5G terletak pada kemampuan perekaman videonya. Soalnya, ia sudah mendukung hingga resolusi 4K dengan kecepatan 30 FPS. Bagi Anda yang menyukai aktivitas content editing, video 4K akan membantu Anda agar lebih leluasa saat mengeditnya ketimbang 1080p.

Kemampuan fotografi pada Samsung Galaxy M33 5G mendapatkan approval dari laman ulasan India Today, yang menjelaskan bahwa lensa utamanya sanggup hasilkan detil dan reproduksi warna yang bagus. Dijelaskan pula bahwa hasil fotonya tidak pernah terlihat oversaturasi.

Kondisi pemotretan rendah cahayanya pun terbilang bagus di kelas harganya. Anda disuguhkan dengan Night Mode yang dapat meningkatkan tingkat exposure dan meminimalisir noise di malam hari. Di bawah ini merupakan beberapa contoh hasil sampelnya.

galaxy m33 5g hasil kamera siang hari_Sumber: Smartprix
galaxy m33 5g hasil kamera pemotretan malam hari_Sumber: India Today

Menurut kami, kondisi pencahayaan, warna, dan detail di setiap foto masih layak diunggah ke media sosial. Bagaimana menurut Anda soal kualitas hasil foto di atas? Apakah sudah sesuai untuk ponsel kelas harga 4 jutaan? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar, ya.

5. Konektivitas Lengkap + Dirilis dengan Android 12

NFC

Samsung mengatakan bahwa masa update sistem operasi yang diberikan pada Galaxy M33 5G adalah dua tahun. Ini berarti, perangkat yang dirilis dengan Android 12 berantarmuka One UI 4.1 ini bisa di-upgrade hingga Android 14.

Ini tentu sebuah hal yang patut diapresiasi, karena hingga artikel ini ditulis, masih ada sejumlah ponsel yang dirilis menggunakan Android 11 saja.

Selain keunggulan di sisi software, perangkat juga diketahui menghadirkan beragam konektivitas seperti NFC, Bluetooth 5.1 dengan fitur AD2P dan LE, USB Type-C 2.0 yang mendukung OTG, reverse charging, serta slot microSDXC terpisah.

Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Kelas mid-range merupakan rentang harga yang persaingannya cukup ketat. Maka dari itu, berikut kami sajikan poin-poin kekurangan yang mungkin bisa menjadi deal-breaker untuk Anda.

1. Hanya Gunakan Panel Layar TFT

samsung galaxy m33 5g

Sebagai ponsel yang hadir di tahun 2022, PR ponsel ini memang agak berat. Pasalnya, Galaxy M33 5G harus bersaing dengan para rival di segmennya yang sudah gunakan panel OLED.

Ya, kualitas tampilan layar PLS TFT di HP ini memang termasuk baik. Namun, tetap saja masih bisa lebih baik jika gunakan panel OLED seperti Redmi Note 11 Pro 5G, vivo V21 5G, atau bahkan saudaranya sendiri, Samsung Galaxy A33 5G. PLS TFT ini secara visual tergolong mirip dengan IPS LCD.

2. Fast Charging Terbilang Lambat + Casan Dijual Terpisah

samsung galaxy m33 5g

Di saat para pesaingnya sudah tawarkan fast charging 33 W atau bahkan 67 W, Samsung Galaxy M33 5G sayangnya hanya dilengkapi dengan fast charging 25 W saja.

Ya, fitur pengisian daya cepat memang selalu jadi kelemahan ponsel Samsung di kelas menengah. Mungkin ini bertujuan agar umur baterai bisa tetap awet selama pemakaian bertahun-tahun.

Tidak hanya lambat, paket penjualan HP ini pun juga tidak menghadirkan kepala charger sama sekali. Ini mengharuskan Anda mengorek kantong lebih dalam untuk membeli casan secara terpisah, termasuk jika casan Anda yang sebelumnya belum mendukung 25 W.

Menurut pengujian Jagat Review, baterai smartphone dapat dicas hingga 50% dalam waktu 32 menit. Sedangkan jika dilanjutkan sampai ke kondisi full battery, memakan waktu sekitar 1 jam 21 menit.

3. Tanpa Stabilisasi OIS

galaxy m33 5g tanpa stabilisasi_

Laman produk resmi Samsung Galaxy M33 5G di Indonesia mengungkapkan sebuah fakta yang cukup disayangkan: ponsel ini tidak dibekali dengan OIS, baik itu di kamera belakang maupun di depannya.

Padahal seperti yang kita tahu, OIS yang merupakan singkatan dari Optical Image Stabilizer ini sangat berguna di kala memotret pada kondisi berjalan ataupun berlari. Ini bertujuan agar hasil pemotretan tidak ngeblur yang diakibatkan pemotretan tidak stabil.

4. Hanya Mono Speaker

samsung galaxy m33 5g

Punya hobi menonton Netflix atau mendengarkan lagu tanpa earphone? Pastinya membutuhkan suara speaker mumpuni agar pengalaman yang dirasakan bisa lebih optimal dan menyenangkan.

Dalam hal ini, sayangnya Samsung Galaxy M33 5G akan terasa kurang cocok karena hanya menyuguhkan satu speaker saja di bawah bodi (bottom firing speaker) alih-alih seperti beberapa rivalnya yang sudah suguhkan dual stereo speaker. Tampaknya harus beralih ke Samsung Galaxy A33 5G kalau memang stereo speaker adalah fitur wajib bagi Anda.

Untungnya saja, ponsel ini masih sediakan 3.5 mm port audio jack yang terletak di bawah bodi, bersebalahan dengan mikrofon dan juga port pengisian USB Type-C.

5. Tanpa IP Rating

samsung galaxy m33 5g

Apabila Anda memiliki jiwa petualang yang kuat dan sering mengunjungi tempat-tempat dengan perairan, ponsel dengan fitur Ingress Protection tampaknya akan menjadi barang wajib.

Di kelas harga 4 jutaan, tidak sulit menemukan ponse yang sudah hadirkan IP Rating. Beberapa di antaranya adalah Redmi Note 11 Pro 5G dengan IP53 (aman dari percikan air) dan juga Galaxy A33 5G dengan IP67 (aman dari kerusakan akibat terendam di air pada kedalaman mencapai 1 meter selama 30 menit).

Simpulan

Tidak menghadirkan OIS, tanpa stereo speaker, dan tidak memiliki ketahanan air sama sekali adalah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli Samsung Galaxy M33 5G.

Kendati begitu, perangkat mid-range ini juga menyuguhkan sejumlah kelebihan yang sayang dilewatkan, seperti kondisi layarnya yang memukau, kemampuan fotografi yang layak, baterai yang unggul, serta performa yang cukup solid.

Dengan hanya keluarkan 4 juta saja, Galaxy M33 5G sudah bisa Anda bawa pulang. Ponsel ini sangat cocok untuk menunjang aktivitas hiburan seperti scrolling feed Instagram, bermain gim, hingga maraton drakor semalaman suntuk tanpa harus bergantung pada stop kontak. Tertarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram