10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk memiliki ponsel flagship dengan fitur premium. Alasan terbesar yang membuat orang enggan beli ponsel flagship adalah harganya. Sebab kebanyakan ponsel flagship punya banderol harga Rp10 juta ke atas, cukup mahal buat sebagian orang.

Namun, produsen ponsel seperti Samsung tahu akan hal itu. Mereka pun menyiasatinya dengan meluncurkan ponsel mid-end dari seri Galaxy A. Contohnya adalah Samsung Galaxy A33 5G yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Dibanding pendahulunya, Galaxy A32, ponsel 5G ini sudah lebih condong ke arah premium. Setidaknya hal itu bisa Anda lihat dari adanya sertifikasi IP67 dan OIS. Walau demikian, jati diri Galaxy A33 5G sebagai ponsel kelas menengah tidaklah luntur, berkat banderol harganya yang hanya setengah dari HP flagship.

Dalam artikel ini, Carisinyal akan coba memaparkan apa saja hal menarik yang dimiliki Galaxy A33. Kami juga akan menjelaskan sisi lain dari si ponsel yang mungkin saja menjadi sebuah kekurangan.

Sneak-peak tentang plus minus HP ini bisa disimak pada tabel di bawah ini. Setelah itu, ada info spesifikasi utama Samsung Galaxy A33 5G yang dilanjut dengan pembahasan kelebihan dan kekurangan lebih dalam.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain Keren dan Punya Sertifikasi Tahan Air
Tidak Ada Jack Audio dan Slot SIM
Punya Kualitas Layar dan Suara yang Oke
Performa untuk Gaming Kurang Maksimal
Dapur Pacu yang Oke dan Bikin Performa Gegas
Paket Penjualan Minus Charger
Kualitas Kamera Cukup Baik
Daya Tahan Baterai yang Oke
Jaminan Update yang Lama
Harga yang Menarik

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

SAMSUNG GALAXY A33 5G
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Samsung Galaxy A33 5G

Samsung menciptakan beberapa perubahan yang membuat Galaxy A33 5G naik kelas. Kelebihan apa saja yang membuat HP ini naik kelas? Berikut penjelasannya.

1. Desain Keren dan Punya Sertifikasi Tahan Air

galaxy a33

Galaxy A33 5G dan A53 5G tampaknya mengikuti pedoman desain dari Galaxy S22 Series. Artinya, corak utama desain tidak mengalami perubahan besar dari generasi sebelumnya. Dalam kasus ini, Galaxy A33 membawa desain modul kamera Ambient Edge ala Galaxy A52.

Namun, HP ini tidak serta merta mencomot desain Galaxy A52. Pasalnya, bentuk penutup belakang datar (flat) dari Galaxy A32 tetap dipertahankan. Demikian pula dengan poni infinity-u sebagai rumah dari kamera depan.

Yang menarik dari desain Galaxy A33 adalah finishing matte-nya yang tercetak pada penutup belakang dan rangka. Finishing atau polesan ini membuat noda sidik jari tidak mudah menempel. Manfaat ini belum dapat ditemui pada Galaxy A32.

Selanjutnya, sebagaimana yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, Galaxy A33 sudah mendapat sertifikasi IP67. Bodi ini pun dijamin tahan debu di seluruh sisi, serta tahan air hingga kedalaman 1 m selama 30 menit. Fitur ketahanan ini merupakan yang pertama buat Galaxy A3x Series.

Secara konstruksi, Galaxy A33 memakai bahan polikarbonat untuk penutup belakang dan rangkanya. Sementara itu, bagian depan ponsel ini diproteksi oleh kaca Gorilla Glass 5 bikinan Corning.

Max Parker dari Trusted Reviews menilai HP ini punya build quality yang bagus kendati materialnya adalah polikarbonat. Selain memiliki build quality yang bagus, Galaxy A33 cukup enak digenggam menurut penguji Tech Radar, Tom Bedford.

Pengalaman genggam yang menyenangkan bisa diperoleh karena ukuran Galaxy A33 tergolong tidak besar. Benar, dimensi HP ini adalah 159.7 x 74 x 8.1 berikut bobot 186 g. HP ini pun cukup ringkas dan tidak berat.

Beberapa hal yang dapat Anda temukan pada rangka HP ini adalah tombol power dan pengatur volume di sisi kanan. Lalu ada mikrofon, speaker utama, port USB C di sisi bawah. Sisi kiri kosong, sedangkan sisi atas ditempati mikrofon kedua, slot dual-SIM hybrid, dan earpiece yang merangkap speaker sekunder.

2. Punya Kualitas Layar dan Suara yang Oke

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Spesifikasi sektor tampilan Galaxy A33 5G tidak mengalami perubahan dari pendahulunya. Panel layar yang dipakai tetap Super AMOLED dengan bentang 6,4 inci dan beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Layar tersebut pun masih didukung refresh rate hingga 90 Hz untuk menciptakan pengalaman usapan yang lebih mulus. Di dalam layar HP ini terdapat pula sensor pemindai sidik jari optik. Samsung mengeklaim, layar Galaxy A33 5G bisa meraih tingkat kecerahan puncak 800 nit.

Sejumlah penguji merasa puas melihat tampilan layar HP ini. Warna yang ditampilkan cukup ngejreng khas panel AMOLED. Kecerahan dan kontrasnya pun bagus, demikian seperti yang dituturkan Tom Bedford.

Pratima Adhikari dalam kanal YouTube GadgetByte menilai bahwa Samsung memiliki optimasi warna yang baik. Hal itu menurut Adhikari membuat tampilan layar Galaxy A33 bisa terlihat superior ketimbang layar AMOLED yang dipakai oleh jenama lain.

Layar yang bagus dari Galaxy A33 merupakan teman serasi buat speaker stereo-nya. Kombinasi kedua komponen itu mampu menciptakan pengalaman yang memuaskan tatkala Anda sedang menonton film.

Sebagai gambaran umum, Pratima Adhikari menyebut bahwa suara yang dikeluarkan speaker stereo Galaxy A33 5G terdengar renyah dan cukup lantang. Keluaran speaker HP ini bisa dioptimalkan melalui preset Dolby Atmos.

3. Dapur Pacu yang Oke dan Bikin Performa Gegas

Galaxy A33

Galaxy A33 5G mendapat jatah SoC bikinan Samsung sendiri, yaitu Exynos 1280. SoC dengan fabrikasi 5 nm ini juga dipakai oleh Galaxy A53 5G. Sebelum membahas soal performanya, kami perlu menjelaskan sedikit kepada Anda mengenai profil SoC yang baru ini.

Exynos 1280 memiliki delapan inti CPU dengan konfigurasi 2+6. Konfigurasi itu berarti ada dua inti CPU dengan mikroarsitektur Cortex A78 (2,4 GHz) dan enam inti CPU dengan mikroarsitektur Cortex A55 (2,0 GHz). Inti CPU yang pertama adalah untuk keperluan performa tinggi, sedangkan inti CPU yang kedua aktif saat ponsel menjalankan tugas-tugas ringan.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram