carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk memiliki ponsel flagship dengan fitur premium. Alasan terbesar yang membuat orang enggan beli ponsel flagship adalah harganya. Sebab kebanyakan ponsel flagship punya banderol harga Rp10 juta ke atas, cukup mahal buat sebagian orang.

Namun, produsen ponsel seperti Samsung tahu akan hal itu. Mereka pun menyiasatinya dengan meluncurkan ponsel mid-end dari seri Galaxy A. Contohnya adalah Samsung Galaxy A33 5G yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Dibanding pendahulunya, Galaxy A32, ponsel 5G ini sudah lebih condong ke arah premium. Setidaknya hal itu bisa Anda lihat dari adanya sertifikasi IP67 dan OIS. Walau demikian, jati diri Galaxy A33 5G sebagai ponsel kelas menengah tidaklah luntur, berkat banderol harganya yang hanya setengah dari HP flagship.

Dalam artikel ini, Carisinyal akan coba memaparkan apa saja hal menarik yang dimiliki Galaxy A33. Kami juga akan menjelaskan sisi lain dari si ponsel yang mungkin saja menjadi sebuah kekurangan.

Sneak-peak tentang plus minus HP ini bisa disimak pada tabel di bawah ini. Setelah itu, ada info spesifikasi utama Samsung Galaxy A33 5G yang dilanjut dengan pembahasan kelebihan dan kekurangan lebih dalam.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain Keren dan Punya Sertifikasi Tahan Air
Tidak Ada Jack Audio dan Slot SIM
Punya Kualitas Layar dan Suara yang Oke
Performa untuk Gaming Kurang Maksimal
Dapur Pacu yang Oke dan Bikin Performa Gegas
Paket Penjualan Minus Charger
Kualitas Kamera Cukup Baik
Daya Tahan Baterai yang Oke
Jaminan Update yang Lama
Harga yang Menarik

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

SAMSUNG GALAXY A33 5G
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy A33 5G

Samsung menciptakan beberapa perubahan yang membuat Galaxy A33 5G naik kelas. Kelebihan apa saja yang membuat HP ini naik kelas? Berikut penjelasannya.

1. Desain Keren dan Punya Sertifikasi Tahan Air

galaxy a33

Galaxy A33 5G dan A53 5G tampaknya mengikuti pedoman desain dari Galaxy S22 Series. Artinya, corak utama desain tidak mengalami perubahan besar dari generasi sebelumnya. Dalam kasus ini, Galaxy A33 membawa desain modul kamera Ambient Edge ala Galaxy A52.

Namun, HP ini tidak serta merta mencomot desain Galaxy A52. Pasalnya, bentuk penutup belakang datar (flat) dari Galaxy A32 tetap dipertahankan. Demikian pula dengan poni infinity-u sebagai rumah dari kamera depan.

Yang menarik dari desain Galaxy A33 adalah finishing matte-nya yang tercetak pada penutup belakang dan rangka. Finishing atau polesan ini membuat noda sidik jari tidak mudah menempel. Manfaat ini belum dapat ditemui pada Galaxy A32.

Selanjutnya, sebagaimana yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, Galaxy A33 sudah mendapat sertifikasi IP67. Bodi ini pun dijamin tahan debu di seluruh sisi, serta tahan air hingga kedalaman 1 m selama 30 menit. Fitur ketahanan ini merupakan yang pertama buat Galaxy A3x Series.

Secara konstruksi, Galaxy A33 memakai bahan polikarbonat untuk penutup belakang dan rangkanya. Sementara itu, bagian depan ponsel ini diproteksi oleh kaca Gorilla Glass 5 bikinan Corning.

Max Parker dari Trusted Reviews menilai HP ini punya build quality yang bagus kendati materialnya adalah polikarbonat. Selain memiliki build quality yang bagus, Galaxy A33 cukup enak digenggam menurut penguji Tech Radar, Tom Bedford.

Pengalaman genggam yang menyenangkan bisa diperoleh karena ukuran Galaxy A33 tergolong tidak besar. Benar, dimensi HP ini adalah 159.7 x 74 x 8.1 berikut bobot 186 g. HP ini pun cukup ringkas dan tidak berat.

Beberapa hal yang dapat Anda temukan pada rangka HP ini adalah tombol power dan pengatur volume di sisi kanan. Lalu ada mikrofon, speaker utama, port USB C di sisi bawah. Sisi kiri kosong, sedangkan sisi atas ditempati mikrofon kedua, slot dual-SIM hybrid, dan earpiece yang merangkap speaker sekunder.

2. Punya Kualitas Layar dan Suara yang Oke

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Spesifikasi sektor tampilan Galaxy A33 5G tidak mengalami perubahan dari pendahulunya. Panel layar yang dipakai tetap Super AMOLED dengan bentang 6,4 inci dan beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Layar tersebut pun masih didukung refresh rate hingga 90 Hz untuk menciptakan pengalaman usapan yang lebih mulus. Di dalam layar HP ini terdapat pula sensor pemindai sidik jari optik. Samsung mengeklaim, layar Galaxy A33 5G bisa meraih tingkat kecerahan puncak 800 nit.

Sejumlah penguji merasa puas melihat tampilan layar HP ini. Warna yang ditampilkan cukup ngejreng khas panel AMOLED. Kecerahan dan kontrasnya pun bagus, demikian seperti yang dituturkan Tom Bedford.

Pratima Adhikari dalam kanal YouTube GadgetByte menilai bahwa Samsung memiliki optimasi warna yang baik. Hal itu menurut Adhikari membuat tampilan layar Galaxy A33 bisa terlihat superior ketimbang layar AMOLED yang dipakai oleh jenama lain.

Layar yang bagus dari Galaxy A33 merupakan teman serasi buat speaker stereo-nya. Kombinasi kedua komponen itu mampu menciptakan pengalaman yang memuaskan tatkala Anda sedang menonton film.

Sebagai gambaran umum, Pratima Adhikari menyebut bahwa suara yang dikeluarkan speaker stereo Galaxy A33 5G terdengar renyah dan cukup lantang. Keluaran speaker HP ini bisa dioptimalkan melalui preset Dolby Atmos.

3. Dapur Pacu yang Oke dan Bikin Performa Gegas

Galaxy A33

Galaxy A33 5G mendapat jatah SoC bikinan Samsung sendiri, yaitu Exynos 1280. SoC dengan fabrikasi 5 nm ini juga dipakai oleh Galaxy A53 5G. Sebelum membahas soal performanya, kami perlu menjelaskan sedikit kepada Anda mengenai profil SoC yang baru ini.

Exynos 1280 memiliki delapan inti CPU dengan konfigurasi 2+6. Konfigurasi itu berarti ada dua inti CPU dengan mikroarsitektur Cortex A78 (2,4 GHz) dan enam inti CPU dengan mikroarsitektur Cortex A55 (2,0 GHz). Inti CPU yang pertama adalah untuk keperluan performa tinggi, sedangkan inti CPU yang kedua aktif saat ponsel menjalankan tugas-tugas ringan.

Selain itu, Exynos 1280 juga mengandung berbagai komponen, salah satunya adalah GPU empat core Mali-G68 dengan frekuensi 1 GHz. Pada dapur pacu Galaxy A33, Exynos 1280 didukung oleh memori internal UFS 3.1 (128 atau 256 GB) dan RAM 6 atau 8 GB.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Pratima Adhikari, skor AnTuTu 9 keseluruhan yang diraih Galaxy A33 mencapai 396.823. Skor tersebut cukup bagus buat HP kelas menengah. Meski demikian, Adhikari tidak menjelaskan Galaxy A33 dengan varian memori mana yang diuji.

Skor 396 ribuan juga mengindikasikan bahwa Exynos 1280 memiliki level setara dengan Snapdragon 765G, tetapi masih jauh dari Snapdragon 778G. Menurut nanoreview, Snapdragon 765G memiliki skor AnTuTu 9 di kisaran 386 ribu, sedangkan Snapdragon 778G sekitar 526 ribu.

Sementara itu, dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube Lim Reviews, Galaxy A33 5G meraih skor singlecore 742 dan multicore 1911 pada GeekBench 5. Adapun pada 3D Mark Wild Stress Test, HP ini memperlihatkan stabilitas performa 99,4% dalam 20 kali ulangan yang berarti bagus.

Performa sehari-hari ponsel ini dinilai Pratima Adhikari sudah cukup gegas. Hal ini terlihat baik ketika membuka aplikasi, maupun saat berpindah dari suatu aplikasi ke aplikasi lain (multitasking).

Performa Galaxy A33 saat menjalankan game juga sudah baik. Adhikari pun mengetes si ponsel dengan gim PUBG Mobile pada setelen grafik "HD" dan frame rate "High". Hasilnya gim berjalan dengan lancar. Hasil yang sama juga dirasakan Adhikari kala memainkan gim Call of Duty Mobile pada setelan grafik "Medium" dan frame rate "High".

4. Kualitas Kamera Cukup Baik

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Terdapat empat kamera yang menghiasi penutup belakang Galaxy A33. Pertama ada kamera utama 48 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera aufofokus ini memiliki sensor dengan ukuran 1/2 inci dan didukung OIS (Optical Image Stabilization).

Kedua ada kamera ultrawide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.2 dengan ruang pandang 123˚. Selanjutnya ada kamera makro 5 MP, f/2.4 dan sensor kedalaman 2 MP, f/2.4 sebagai bonus. Seluruh kamera belakang tersebut ditemani satu lampu flash.

Di sisi muka, ada kamera depan 13 MP yang punya bukaan f/2.2. Kamera utama dan kamera depan HP ini bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps, sedangkan kamera ultrawide-nya sampai resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Hingga artikel ini ditulis, perekaman video 1080p pada 60 fps hanya bisa dilakukan oleh kamera utamanya. Kemampuan perekaman 1080p 60 fps kemungkinan bisa meluas ke kamera ultrawide dan kamera depan, asalkan Samsung memberikan update software pada waktu yang akan datang.

Adapun kualitas jepretan kamera Galaxy A33 pada umumnya sudah baik pada kondisi pencahayaan cukup. Kondisi itu seperti pada siang hari di lingkungan outdoor.

Menurut pengamatan kami dari foto yang diambil sejumlah penguji, elemen seperti detail, kontras, dan rentang dinamis terlihat pas. Warnanya pun natural, walaupun kadang-kadang sedikit oversaturated.

Foto bokeh juga bisa diproduksi dengan baik. Separasi antara objek utama dan background-nya tampak rapi. Yang paling menarik perhatian dari kamera HP ini adalah kemampuan fotografi malam harinya.

Jika mode malam tidak diaktifkan, noise cukup banyak dan detailnya kurang. Namun, saat mode malam diaktifkan, kualitas foto meningkat secara drastis. Noise jadi berkurang, eksposur terjaga, dan detail meningkat.

Foto malam hari yang bagus pun tidak lepas dari keberadaan OIS. Fitur yang satu ini mampu mengurangi getaran saat kamera mengambil gambar dengan mode malam.

Sekadar informasi, memotret dengan mode malam memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Sebab mode tersebut membuat kamera berusaha mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin.

Berikut contoh jepretan kamera Galaxy A33 5G yang diambil oleh kanal YouTube Camera Test Comparison:

galaxy a33Sumber: Camera Test Comparison
Kamera utama
Galaxy A33Sumber: Camera Test Comparison
Kamera ultrawide
Galaxy A33Sumber: Camera Test Comparison
Kamera makro
Galaxy A33Sumber: Camera Test Comparison
Kamera depan
Galaxy A33Sumber: Camera Test Comparison
Kamera utama - mode malam

5. Daya Tahan Baterai yang Oke

SAMSUNG GALAXY A33 5G cover

Samsung membekali sektor daya Galaxy A33 5G dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini tidak mengalami peningkatan dibanding Galaxy A32. Meskipun begitu, 5000 mAh memang sudah besar untuk standar masa kini.

Samsung mengeklaim baterai tersebut mampu membuat Galaxy A33 5G bertahan hingga dua hari pemakaian. Dalam pengujian di kondisi nyata yang dilakukan oleh kanal YouTube Lim Reviews, HP ini bisa menemani aktivitas sampai sehari penuh.

Bahkan sisa baterai masih 20%. Aktivitas yang dilakukan selama pengujian di antaranya adalah menonton video dan bermain game.

Di sisi lain, kini Samsung memberi dukungan pengisian cepat 25W terhadap si ponsel. Hal ini merupakan sebuah peningkatan mengingat Galaxy A32 hanya didukung pengisian cepat 15W.

Menurut pengujian yang dilakukan Pratima Adhikari dan tim GadgetByte, pengisian dari 0-100% hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih 10 menit. Durasi pengecasan tersebut terbilang cukup cepat. Adapun pengujian dilakukan dengan charger asli Samsung dengan output 25W.

6. Jaminan Update yang Lama

UI samsung galaxy a33 5g

Salah satu alasan mengapa siklus pakai ponsel Android tak sepanjang ponsel iPhone adalah karena jaminan update software-nya. Pada ponsel Android, kebanyakan produsen hanya memberi peningkatan versi software sebanyak dua kali dengan pembarian patch keamanan hingga tiga tahun.

Android jelas kalah dari iPhone karena Apple menjamin peningkatan software produknya hingga lima kali bahkan lebih. Namun, dalam beberapa tahun belakangan Samsung telah membuat gebrakan terkait update software.

Hingga pada Februari 2022, Samsung menciptakan standar baru dengan memberikan peningkatan sistem operasi hingga empat kali, serta pembaruan patch keamanan selama lima tahun. Yang menarik, standar baru ini tidak hanya berlaku buat ponsel flagship seperti Galaxy S dan Galaxy Z Series.

Namun, standar baru tersebut juga berlaku buat ponsel-ponsel kelas menengah atas termasuk Galaxy A33 5G. Pada saat dirilis, Galaxy A33 dibekali dengan Android 12 berlapis OneUI 4.1. Dengan begitu, HP ini berpotensi memperoleh peningkatan sistem operasi hingga Android 16 serta update patch keamanan sampai 2027.

7. Harga yang Menarik

galaxy a33

Poin harga adalah pembahasan yang paling subjektif. Anda bisa setuju, bisa juga tidak. Namun, dengan melihat geliat harga smartphone kelas menengah atas yang meluncur hingga April 2022, rasa-rasanya harga Galaxy A33 masuk kategori terjangkau.

Utamanya bila Anda memboyong varian memori 6/128 GB yang dibanderol Rp4.699.000. Dengan dana kurang dari 5 juta, Anda tidak hanya memperoleh HP dengan desain menarik, tapi juga aneka fitur fungsional. Termasuk fitur mahal seperti sertifikasi IP67, OIS, dan jaminan software jangka panjang.

Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Fakta bahwa Galaxy A33 adalah ponsel yang menarik tak terbantahkan. Meski demikian, HP ini tak luput dari beberapa hal yang mungkin saja akan mengganjal bagi sebagian konsumen. Jika hal tersebut tidak dapat ditoleransi, kemungkinan konsumen bakal menganggapnya sebagai poin kekurangan.

1. Tidak Ada Jack Audio dan Slot SIM-nya Hybrid

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Sebagaimana yang kami jelaskan pada paragraf awal, Galaxy A33 5G semakin condong ke arah premium dengan hadirnya fitur seperti OIS dan IP67 rating. Namun, tak disangka-sangka hal ini juga berdampak pada hilangnya jack audio 3,5 mm.

Menghilangkan jack audio 3,5 mm sebetulnya bukanlah hal urgen. Pasalnya, banyak HP lain dengan ketebalan yang lebih tipis ketimbang Galaxy A33 masih menyertakannya. Kami pun memandang hilangnya jack audio 3,5 mm merupakan sebuah tren yang telah diawali oleh smartphone kelas atas.

Sementara itu, soal slot dual-SIM hybrid bisa dinilai sebagai kelebihan ataupun kekurangan. Slot dual-SIM hybrid bisa dinilai sebagai kelebihan karena dapat menampung kartu microSD. Hal ini tidak sama seperti slot dual-SIM tanpa microSD yang umum dipasang di HP-HP flagship.

Di sisi lain, slot dual-SIM hybrid merupakan sebuah kekurangan jika Anda memerlukan kartu microSD untuk meningkatkan ruang simpan ponsel. Padahal pada waktu yang sama, Anda mesti menggunakan dua kartu SIM aktif. Anda pun terjebak dalam dua pilihan, merelakan microSD atau satu kartu SIM.

2. Performa Gaming

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Exynos 1280 yang digunakan Galaxy A33 5G tampaknya dirancang sebagai SoC untuk produktivitas. Pasalnya, SoC ini memperlihatkan performa yang mumpuni dalam hal pemrosesan foto dan video. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan perekaman video 4K yang merata, serta kemampuan fotografi malam hari yang apik.

Selain itu, karena Exynos 1280 menggunakan litografi 5 nm, transistor yang bisa dijejalkan ke dalam sebuah bidang jadi makin banyak. Dengan begitu, jarak antar transistor pun menjadi kian rapat.

Imbasnya, energi yang dibutuhkan untuk memproses suatu perintah makin kecil, panas yang ditimbulkan jadi rendah, dan kecepatan memproses perintah lebih singkat. Itulah makna sebenarnya mengenai efisiensi yang tinggi dari sebuah SoC.

Hanya saja, Exynos 1280 bukanlah lawan setara bagi Snapdragon 778G di kelas menengah. Pasalnya, kemampuan SoC ini dalam menangani gim berat belum cukup bagus.

Kanal YouTube Lim Reviews membuktikan hal itu dengan cara memainkan gim Genshin Impact pada Galaxy A33. HP ini menunjukkan sedikit kepayahan saat memainkan gim tersebut. Suhu bodinya pun segera meningkat ke 41 atau 42°C.

3. Paket Penjualan Minus Charger

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Melalui kampanye bertajuk Galaxy for The Planet, Samsung ingin merancang Galaxy A33 agar lebih ramah lingkungan. Upaya mereka diawali dengan memakai bahan daur ulang pada tombol power, tombol volume, dan slot SIM ponsel ini.

Kotak penjualan HP ini pun diklaim Samsung menggunakan kertas yang ramah lingkungan. Implementasi kampanye Galaxy for The Planet ternyata juga berimbas pada pemangkasan paket penjualan Galaxy A33.

Benar saja, yang akan Anda temui saat melakukan unboxing HP ini hanyalah kabel USB C, ejektor kartu SIM, dan buku panduan pemakaian. Tidak ada lagi kepala charger dalam paket penjualannya. JIka Anda sudah punya charger yang mendukung fast charging 25W tentu bukan sebuah masalah.

Namun, jika belum punya, Anda harus kembali merogoh kocek untuk membeli sebuah charger yang sesuai. Di toko online, charger asli Samsung dengan output 25W dijual dengan harga Rp400 ribuan. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mencari charger sejenis dari pihak ketiga.

Simpulan

Samsung berhasil membuat Galaxy A33 5G naik kelas. Status HP ini pun bukan sekadar ponsel kelas menengah yang mendukung konektivitas 5G. Namun, HP ini menjelma menjadi salah satu pilihan menarik dengan fitur-fitur berkelas.

Seluruh sektor Galaxy A33 5G bisa dikatakan memuaskan. Mulai dari desain, layar, kemampuan kamera, hingga ketahanan baterai. Bahkan HP ini juga punya sertifikasi IP67, OIS, dan jaminan update software jangka panjang. Tiga hal itu tidak dimiliiki oleh smartphone lain di kelas yang sama.

Soal performa, HP ini sebetulnya sudah oke selama game yang dimainkan bukanlah game kelas kakap. Oleh sebab itu, Galaxy A33 5G kurang cocok jika Anda adalah seorang gamer kompetitif, khususnya yang memainkan game seperti Genshin Impact.

Galaxy A33 5G akan lebih cocok buat pengguna kasual yang akan memakai ponselnya dalam jangka waktu lama. Nah, bagaimana pendapat Anda mengenai ponsel yang satu ini, apakah menarik untuk dimiliki?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram