Cari Tahu Perbedaan Samsung Galaxy A33 5G dan Galaxy M33 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

Samsung menyadari persaingan ponsel pintar di pasar kelas menengah ke atas sangatlah ketat. Maka dari itu, semenjak awal April 2022, Samsung Indonesia merilis upgrade terbaru varian Galaxy seri A dan M. Tidak tanggung-tanggung, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy A33 5G dan Samsung Galaxy M33 5G. Keduanya siap mencuri perhatian pengguna ponsel tanah air dengan sejumlah ubahan spesifikasi dan fitur terbarunya. 

Kedua ponsel terbaru Samsung ini memang dipersiapkan untuk anak muda yang mencari ponsel tangguh dengan fitur berkelas. Maka Galaxy A33 5G dan M33 5G ini dibekali sektor kamera yang cukup keren. Namun, apa saja hal yang menarik pada kedua ponsel Samsung ini? Apakah keduanya akan saling sikut untuk memperebutkan konsumen tanah air yang mencari produk berkualitas? Terlebih keduanya memiliki penamaan yang hampir mirip. 

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

Samsung Galaxy A33 5G
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy A33 5G dan Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy A33 5G dan Galaxy M33 5G.hadir dengan beberapa spesifikasi yang serupa namun harga yang berbeda. Hal ini dimaksudkan agar pengguna smartphone khususnya kaum muda bisa memilih gadget sesuai kebutuhan dan dana. Kedua ponsel Samsung ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan pasar saat ini. Tanpa berlama-lama, simak perbedana spesifikasi kedua ponsel tersebut

1. Layar

samsung galaxy m33 5g

Samsung Galaxy M33 5G dirilis dengan harga yang lebih murah memang bukan tanpa sebab. Pasalnya dalam smartphone ini masih terdapat sektor dengan spesifikasi rendah. Layar salah satunya. Ponsel Android Samsung ini menggunakan panel TFT LCD. Samsung menyebutnya demikian.

Hal yang perlu diketahui, TFT LCD di Samsung Galaxy M33 5G kemungkinan adalah PLS TFT. Panel layar ini merupakan panel buatan Samsung yang secara visual mirip dengan IPS LCD. Perbedaan soal layar di HP ini bisa disimak pada artikel "Jenis-jenis Layar di HP".

Layar Galaxy M33 5G menawarkan bentang 6,6 inci dengan refresh rate 120Hz dan Touch sampling 240 Hz. Ini tentu memberikan pengalaman navigasi game yang lancar. Untuk spesifikasi lainnya, layar ponsel ini sama dengan Galaxy A33 5G.

Samsung Galaxy A33 5G menggunakan panel super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz. Ini membuat perbedaan yang cukup banyak dibanding pendahulunya. Tentu panel super AMOLED mampu menghadirkan kualitas warna dan detail yang lebih tajam daripada panel TFT.

TIdak hanya sekadar berbeda panel, Samsung juga melakukan ubahan dari sisi resolusi layar. Ponsel terbaru ini menggunakan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel di layar berukuran 6,4 inci. Kedua layar juga sudah dilindungi anti gores Corning Gorilla Glass 5.

2. Baterai

galaxy a33 5g battery_

Perbedaan Samsung Galaxy A33 5G dan Galaxy M33 5G bisa dilihat juga dari sisi baterai. Memang kedua ponsel menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama yakni 5000 mAh. Samsung juga sudah menambahkan fast charging 25 W dalam seri Galaxy A33 5G maupun Galaxy M33 5G. Tentu ponsel Android 5G terbaru Samsung bisa mengisi daya baterai lebih cepat.

Bedanya, Galaxy M33 5G dibekali fitur Reverse Charging. Fitur ini membuat ponsel bisa dijadikan powerbank dan mengisi gadget lainnya.

3. Resolusi kamera

samsung galaxy m33 5g

Samsung terkenal sebagai produsen yang serius dalam menghadirkan sektor kamera perangkatnya. Hal ini terlihat pada hadirnya quad kamera pada Seri A33 maupun seri M33. Samsung Galaxy A33 5G sendiri masih mengandalkan 4 kamera utama di belakang dengan komposisi kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 5 MP dan kamera depth 2 MP.

Sementara itu, di bagian depan, Samsung masih menggunakan kamera selfie 13 MP.  Komposisi ini sudah cukup menghasilkan foto dan video yang tajam warnanya.

Sedikit berbeda dengan kamera pada Galaxy M33 5G, Samsung menghadirkan 4 kamera belakang dengan spesifikasi yang berbeda. Kameranya terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 5 MP, kamera makro 5 MP dan kamera depth 5 MP. Untuk kamera depan, Samsung masih mengandalkan kamera selfie 8 MP.

Kedua kamera belakang hp Samsung ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Samsung Galaxy A33 5G lebih unggul dalam urusan stabilisasi gambar dan video karena terdapat Fitur OIS. Namun, Samsung Galaxy M33 5G lebih unggul dalam urusan detail karena memiliki resolusi kamera yang besar.

4. Dapur Pacu

Exynos 1280

Menengok bagian mesin Samsung Galaxy A33 5G dan M33 5G, terdapat sejumlah persamaan maupun ubahan pada mesin yang membuat performa kedua smartphone ini lebih garang di pasar ponsel kelas menengah. Samsung mengandalkan chipset Exynos 1280. Prosesor Octa-core ini kian ngebut berkat dukungan RAM besar. Untuk grafis, Ponsel Android terbaru ini dilengkapi dengan GPU Mali G68.

Perbedaan Samsung Galaxy A33 5G dan Galaxy M33 5G selanjutnya terletak pada pilihan RAM. Samsung menghadirkan pilihan RAM 8 GB saja pada seri A33. Sedangkan pada seri M33, kamu akan mendapat pilihan RAM 6 GB dan 8 GB.

Pilihan RAM yang lebih rendah, membuat kamu bisa mendapat harga smartphone yang lebih murah. Walaupun demikian, performa kedua smartphone tetap tangguh dan cepat baik RAM 6 GB atau RAM 8 GB.

Untuk memori penyimpanan, Samsung masih mempercayakan memori internal 128 GB yang dirasa sudah luas untuk menampung file kerja hingga file video. Bila itu masih kurang, kamu bisa menambahkan microSD.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram