carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy M33 5G dan Galaxy M53 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

Samsung sejatinya bukanlah produsen smartphone yang fokus untuk mengembangkan ponsel kamera berkualitas. Namun, seiring meningkatnya permintaan produk dengan kamera berkualitas, Samsung pun ikut terjun ke pasar tersebut. Seperti dalam seri Galaxy M, Samsung menghadirkan ponsel dengan kamera terbaik dari kelas menengah ke bawah dan menengah ke atas.

Samsung Galaxy M33 5G merupakan ponsel dengan kamera oke untuk bersaing di pasar kelas menengah ke bawah. Dalam perangkat ini, Samsung memasang Quad Camera yang diklaim lebih baik dibanding seri M sebelumnya. Menariknya, Samsung juga memiliki Samsung Galaxy M53 5G yang juga mengusung Quad Camera teknologi kekinian.

Kedua ponsel ini disiapkan untuk menjadi pesaing ponsel kamera di pasar kelas menengah ke atas. Lalu, mana yang layak dipilih di antara kedua ponsel seri Galaxy M ini? Simak beberapa perbedaannya dalam artikel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy M53 5G

Samsung Galaxy M53 5G
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy M33 5G dan Galaxy M53 5G

Sebenarnya, kedua ponsel Samsung ini memang hadir untuk saling melengkapi bukan untuk bersaing satu sama lain. Pasalnya, spesifikasi yang dihadirkan kedua HP ini memang berada di kelas yang berbeda. Perbedaan spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G dan Galaxy M53 5G ini diharapkan dapat membuat pembeli smartphone tanah air memilih sesuai kebutuhan mereka.

Lalu seperti apa perbedaan Samsung Galaxy M33 5G dan Galaxy M53 5G? lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Layar PLS TFT vs AMOLED

galaxy m53 5g layar_

Samsung mencoba menguasai berbagai segmen pasar ponsel tanah air dengan spesifikasi yang unik dan berbeda. Seperti varian Samsung Galaxy M33 5G ini. Ponsel Android ini hadir dengan spesifikasi layar yang lebih rendah. Mengusung layar yang cukup lebar berukuran 6,6 inci, Samsung hanya menggunakan panel PLS TFT pada layarnya.

Meski begitu, layar ponsel ini sudah menggunakan resolusi Full HD+ sehingga tampilan yang dihadirkan tetap jelas dan nampak mewah. Bisa dibilang panel PLS TFT ini mirip dengan panel IPS yang banyak digunakan HP kelas menengah.

Digunakan untuk aktivitas seperti menonton, scrolling, atau bermain game pun sudah cukup oke di kelasnya.

Sementara itu, Samsung Galaxy M53 5G menggunakan layar berukuran 6,7 inci. Layar ini sudah mendukung teknologi panel Super AMOLED Plus dengan Refresh Rate 120 Hz. Layarnya kian mumpuni untuk digunakan bermain game atau menonton video karena dibekali resolusi tinggi yaitu Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel.

Layar HP Samsung kian gahar dengan Super AMOLED plus, padahal kebanyakan ponsel masih menggunakan panel IPS di kelas harganya. Layar ini diklaim mampu menampilkan detail yang lebih halus dan terang dibanding panel layar lain. Dengan tambahan layar yang lebar akan membuat pengguna lebih nyaman mengetik maupun bermain game.

Untuk melindungi layar mewah ini, kedua ponsel Samsung sudah dilapisi pelindung Corning Gorila Glass 5. Jadi, tidak usah khawatir soal ketahanan. Kedua HP ini mampu bertahan dari goresan benda-benda tajam atau kuku selama penggunaannya.

2. Perbedaan Fitur Baterai

galaxy m33 5g baterai_

Mencoba mengimbangi layar HP yang besar, Samsung juga memasang baterai berkapasitas besar untuk membuat ponsel lebih lama digunakan. Tidak tanggung-tanggung, kedua HP ini ditanami baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai ini diklaim dapat digunakan lebih lama hingga dua hari dalam pemakaian normal.

Samsung juga sudah menambahkan fitur fast charging 25W dalam seri Galaxy M33 5G atau Galaxy M53 5G. Tentu ponsel Android 5G ini bisa mengisi daya baterai lebih cepat.

Perbedaan Samsung Galaxy M33G dan Samsung Galaxy M53 5G justru terdapat pada fitur reverse charging. Pasalnya, di Galaxy M33 5G, terdapat fitur reverse charging yang membuat ponsel bisa mengisi daya perangkat lain layaknya powerbank. Sedangkan Galaxy M53 5G justru tidak memiliki fitur tersebut.

3. Resolusi Kamera

galaxy m53 5g kamera_

Samsung Galaxy M33 5G dilengkapi empat kamera di bagian belakang dengan komposisi kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan dukungan PDAF, ultrawide 5 MP (f/2.2), depth 2 MP (f/2.4), dan makro 2 MP (f/2.4). Keempat kamera ini cukup responsif dan tajam dalam menghasilkan foto atau video.

Spesifikasi berbeda dihadirkan pada Galaxy M53 5G, meski dengan konfigurasi empat kamera, spesifikasi yang ditawarkan tampak berbeda. Kameranya terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8) dengan PDAF, ultra-wide 8 MP (f/2.2), makro 2 MP (f/2.4), dan depth 2 MP (f/2.4). 

Untuk kamera depan, Samsung hanya mengandalkan sensor beresolusi 8 MP (f/2.2) saja untuk Galaxy M33 5G. Sedangkan untuk Galaxy M53 5G, Samsung masih mempercayakan kamera selfie 32 MP (f/2.2) yang mampu menghasilkan gambar selfie yang lebih detail.

4. Exynos 1280 vs Dimensity 900

dimensity 900

Samsung menyadari pengguna ponsel Indonesia saat ini banyak yang mencari smartphone dengan performa tangguh untuk harian. Maka, Samsung menghadirkan perbedaan spesifikasi mesin untuk menyesuaikan kebutuhan dan budget pengguna. 

Dalam bodi Galaxy M33 5G terpasang chipset Exynos 1280. Chipset ini terdiri dari prosesor Octa-core yang disokong GPU mali G68. Kedelapan core tersebut terdiri dari dua buah Cortex A78 berfrekuensi 2,4 Ghz dan 6 buah Cortex A55 berfrekuensi 2 Ghz. Spesifikasi mesin ini dirasa sudah pas untuk mengakomodir kebutuhan harian seperti browsing atau bermain game karena sudah dibekali RAM 8 GB.

Sementara itu, Samsung mengandalkan Chipset Mediatek Dimensity 900 dalam Samsung Galaxy M53 5G. Chipset ini juga terdiri dari delapan core dengan konfigurasi dua core Cortex A78 berkecepatan 2,4 Ghz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 2 Ghz. Performa chipset ini kian ngebut dengan RAM 8 GB. Sedangkan sektor grafis dilengkapi dengan GPU Mali G68 MC4. 

Selain itu, persamaan Samsung Galaxy M33 5G dan Samsung Galaxy M53 5G juga tampak pada fitur RAM tambahan. Samsung M33 5G dan Samsung M53 5G dilengkapi fitur RAM tambahan mencapai 8 GB. Untuk memori penyimpanan, Samsung Galaxy M33 5G hanya dibekali memori internal 128 GB, sedangkan Samsung Galaxy M53 5G dibekali memori internal 256 GB. Bila kurang, Anda masih bisa menggunakan microSD sebagai memori tambahan. 

Berdasarkan tes AnTuTu, Samsung Galaxy M33 5G menghasilkan skor 318373 poin. Sedangkan Samsung Galaxy M53 5G mampu menghasilkan skor 458663 poin.

5. Desain Cenderung Mirip

galaxy m53 5g desain_

Bicara soal desain, kedua HP Samsung ini memang terlihat sangat mirip. Dari bodi belakang, ponsel Samsung ini menggunakan desain quad camera layaknya iPhone Series. Perbedaannya hanya tampak pada bagian kamera selfie. Samsung Galaxy M33 5G menggunakan desain layar poni, sedangkan Galaxy M53 5G mengusung model Infinity-O yang diposisikan di tengah atas layar.

Untuk dimensi, Samsung Galaxy M33 5G hadir dengan bodi yang lebih kompak dengan tebal 9,4 mm dan berat 198 gram. Sementara itu, Galaxy M53 5G menggunakan desain lebih tipis dengan tebal 7,4mm dan berat 176 gram.

6. Harga

galaxy m53 5g baterai_

Samsung Galaxy M33 5G sudah dipasarkan di Indonesia dalam versi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dengan harga Rp3 jutaan. Sementara Samsung Galaxy M53 5G dipasarkan dengan harga Rp4,9 jutaan untuk RAM 8GB dan memori internal 256 GB.

Simpulan

Samsung Galaxy M33 5G dan Samsung Galaxy M53 5G memang dihadirkan untuk menguasai pasar yang berbeda. Walaupun demikian, kedua ponsel sudah dibekali RAM yang sama besar dan Quad Camera yang berkualitas. 

Untuk Anda yang punya budget lebih, tentu Galaxy M53 menjadi pilihan yang tepat. Layar yang tajam, dapur pacu yang bertenaga serta kamera resolusi tinggi membuat ponsel ini menjadi smartphone harian yang pas.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari Samsung Galaxy M33 5G dan Galaxy M53 5G. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan di antara kedua HP ini. Lantas, mana kira-kira HP yang lebih menarik perhatian Anda, apakah Samsung Galaxy M33 5G atau Galaxy M53 5G? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram