carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Apa yang ada di bayangan Anda saat memikirkan HP 7 jutaaan? Tentu Anda sudah memiliki harapan tersendiri untuk HP di kelas harga yang tidak bisa dikatakan murah ini. Samsung Galaxy A73 5G adalah salah satu kontestan yang bisa Anda pertimbangkan.

Berada pada harga rilis Rp7.799.000,-, Samsung Galaxy A73 5G yang sudah tersedia secara resmi di Indonesia ini memiliki beragam kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebagai penerus dari Galaxy A72 5G yang hadir pada setahun sebelumnya, mampukah Galaxy A73 5G bersaing dengan para HP 7 jutaan keluaran 2022 lainnya?

Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Samsung Galaxy A73 5G
Layar Super AMOLED+ 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G

Tertarik dengan HP ini? Ia sudah ahdir dengan sistem operasi Android 12 dari pabrikannya, lho. Jangan lewatkan berbagai poin kelebihan lainnya di bawah ini.

1. Layar Cerah Super AMOLED+ dan Balutan Refresh Rate 120 Hz

galaxy a73 5g layar_

Samsung Galaxy A73 5G merupakan salah satu varian tertinggi dari Galaxy A series yang meluncur di tahun 2022. Tidak heran, smartphone seharga 7 jutaan ini menampilkan display dengan kualitas layar terbaik di kelasnya.

Pengguna dapat merasakan indahnya menonton konten video di platform Netflix dengan panel Super AMOLED+ yang mampu tampilkan kualitas tampilan lebih baik dari Super AMOLED biasa, sekaligus dengan efisiensi daya yang lebih tinggi pula.

Sesuai dengan informasi yang dilansir dari PhoneArena.com, bahwa Super AMOLED Plus dianggap mampu tampilkan konten dengan lebih cerah, memiliki efisiensi daya yang 18% lebih baik, serta lapisan panel yang lebih tipis ketimbang Super AMOLED biasa.

Bukan itu saja yang membuatnya menarik. Diketahui, Galaxy A73 5G juga dilengkapi dengan resolusi tajam Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel serta tingkat kerapatan piksel yang begitu tinggi, yakni 393 ppi.

Rasio bodi-ke-layar yang ditawarkannya juga mencapai sekitar 87%, sehingga Anda benar-benar dapat merasakan pengalaman pengguna yang optimal berkat bezelnya yang tipis.

Tak lupa, untuk membuatnya tahan banting, kaca ini diliapisi pelindung Gorilla Glass 5. Dengan begini, layar tidak akan mudah tergores dan retak akibat terjatuh dari ketinggian 1,2 meter. Namun tentu saja akan lebih mantap lagi jika Anda menambahkan tempered glass sebagai perlindungan ekstra.

Samsung Galaxy A73 5G, seperti kebanyakan ponsel lain di harga yang sama, juga menyuguhkan refresh rate tinggi 120 Hz untuk membuat animasi terlihat lebih smooth serta licin. Baik saat scrolling di antarmuka, menjelajahi web, ataupun bermain game, layar akan terasa dua kali lipat lebih mulus ketibang 60 Hz biasa.

Layar yang berada pada ukuran 6,7 inci beraspek rasio 20:9 ini juga turut menawarkan touch sampling rate 240 Hz sehingga pengguna dapat menginputkan perintah pada game dan aplikasi dengan responsivitas yang lebih cepat.

Menurut HT Tech, layar ponsel ini merupakan salah satu yang tercerah dan paling besar di kelasnya. Dikatakan juga bahwa sensor sidik jari di dalam layar miliknya terbilang cepat untuk seukuran sensor optik. Hanya saja, karena tidak menyuguhkan opsi variable refresh rate, Anda hanya dapat menyetel mode 60 Hz dan 120 Hz.

Samsung Galaxy A73 5G sayangnya memiliki tingkat kecerahan cukup rendah saat ujikan oleh YouTuber NL Tech. Layar rupanya hanya meraih kecerahan rata-rata hingga 400 nit sehingga pengguna tampaknya harus berteduh dulu jika ingin melihat isi layar pada kondisi terik matahari yang cukup ekstrim.

Meski begitu, layar HP ini dinilai sanggup tampilkan akurasi warna yang optimal. Saat diujikan pada tingkat kecerahan 100 nit, layar sanggup tampilkan gamut warna 98,5% DCI-P3 dan 99,7% sRGB serta delta E rata-rata sebesar 0,161527.

2. Performa Chipset Snapdragon 778G 5G yang Menakjubkan

snapdragon 778g

Punya hasrat bermain game yang ingin disalurkan? Bosan dengan ponsel yang hadirkan performa segitu-gitu aja? Samsung Galaxy A73 5G akan menjadi daily driver yang cocok, mengandalkan SoC ternama Qualcomm Snapdragon 778G 5G yang sungguh tidak mengecewakan.

Sekadar informasi, ini adalah chipset yang mengotaki sejumlah ponsel keren lainnya seperti vivo T1 series dan Xiaomi 12 Lite. Kebetulan, kedua HP pesaingnya tersebut juga diluncurkan di waktu yang berdekatan dengan Galaxy A73 5G.

Snapdragon 778G berada pada konfigurasi prosesor delapan inti yang mencakup tiga klaster dalam formasi 1 + 3 + 4. Kedelapan inti tersebut adalah satu unit prima Kryo 670 Prime berbasiskan Cortex A78 dengan kekuatan 2.4 GHz, tiga unit performa Kryo 670 Gold berbasiskan Cortex A78 berfrekuensi 2.2 GHz, serta empat unit hemat daya Kryo 670 Silver berbasiskan Cortex A55 dengan frekuensi 1.9 GHz.

Berada pada segmen kelas menengah ke atas, chipset ini berada pada proses fabrikasi 6 nanometer yang berimbas pada efisiensi daya tinggi. Adapun untuk menunjang aktvitas yang membutuhkan daya grafis tinggi, tersedia GPU berupa Adreno 642L yang berlari pada frekuensi 490 MHz.

Untuk sisi memorinya, ponsel ini mengandalkan RAM pada opsi 6 GB dan 8 GB (Dual Channel) dengan tipe LPDDR4x. Sedangkan pada penyimpanan internal, Galaxy A73 5G sediakan kapasitas 128 GB dan 256 GB serta slot kartu memori terpisah yang mendukung hingga kapasitas 1 GB.

Jika menilik pada pengujian NanoReview, Snapdragon 778G ini dapat meraih skor AnTuTu v9 sebesar 524.005 poin, sekitar 24% lebih tinggi ketimbang pesaingnya Dimensity 900 dengan skor 422.144 poin. Selain itu, Samsung Galaxy A73 5G juga sanggup mencapai skor 636 poin (single core) dan 2889 poin (multi-core) pada Geekbench 5.

Menurut, HT Tech, ponsel ini sebenarnya bisa saja menggunakan SoC yang lebih bertenaga seperti Snapdragon 870 ataupun Dimensity 1200. Pasalnya, kedua chipset ini juga sempat digunakan oleh beberapa ponsel 7 jutaan lainnya.

Walau begitu, disebutkan kalau Snapdragon 778G juga bukanlah pilihan yang lemah di kelas harga segini. Ponsel dapat berikan pengalaman pengguna yang cukup nyaman saat membuka Chrome, Instagram, ataupun aktivitas harian lainnya. Walau bukan ponsel gaming, Anda dapat mengekspektasikan performa kencang saat mainkan COD Mobile dan Shadow Fight 4 Legends di pengaturan mentok kanan.

Lalu, bagaimana dengan game seberat Genshin Impact? Nah, sebuah video YouTube dari NL Tech mengungkapkan Galxay A73 5G sanggup memainkan game open-world tersebut. Saat mengaktifkan mode alternate game performance management, permainan dapat berjalan dengan frame rate 30 FPS pada pengaturan grafis tertinggi.

Tambahnya lagi, perangkat hanya meraih suhu tertinggi sebesar 42 derajat celsius setelah serangkaian pengujian gaming secara intens. Suhu ini menurutnya hanya menyebabkan bodi ponsel sedikit hangat saat disentuh.

Kesimpulannya? Samsung Galaxy A73 5G adalah kontestan yang masih terhitung cocok untuk gaming, sekalipun ia tidak dipasarkan sebagai ponsel gaming. Permainan ringan seperti Mobile Legends dan sekelasnya bisa diembat dengan optimal. Hanya saja, jangan ekspektasikan performa super kencang saat bermain Genshin Impact, kecuali jika Anda bersedia menurunkan setting hingga yang terendahnya.

3. Punya 108 MP Quad Camera + OIS dan Gyro-EIS

galaxy a73 5g kamera_

Ponsel di harga 7 jutaan memang kerap kali disebut dengan istilah flagship killer. Benar saja, Galaxy A73 5G tak hanya suguhkan kinerja berkelas namun juga kemampuan fotografi di atas rata-rata, bahkan membuatnya nyaris setara dengan HP di kelas yang lebih atas.

Bagaimana tidak? Tersemat lensa utama dengan resolusi super besar di smartphone ini, yakni 108 MP. Kamera ini memiliki diafragma f/1.8 dan mampu menghasilkan output gambar beresolusikan 12 MP melalui teknologi Nona Bayer alias 9-pixel-binning.

Teknologi ini menyerap cahaya lebih banyak dengan cara menggabungkan sembilan piksel yang berdekatan menjadi satu, sehingga hasil foto menjadi lebih jernih dan berkualitas secara keseluruhan.

Bukan hanya itu, kamera juga dibekali dengan fitur stabilisasi OIS sehingga pengguna bisa terhindar dari efek shaky yang dapat menyebabkan blur. Meski tangan pengguna goyang-goyang saat hendak memotret, atau sembari berjalan, OIS akan tetap berusaha menjaga pemotretan tetap stabil.

Selain kamera utama, tersedia pula sensor pendamping yaitu kamera 12 MP (f/2.2) ultrawide, sensor makro 5 MP (f/2.4), serta kamera 5 MP (f/2.4) sebagai sensor kedalaman (depth sensor).

Bukan hanya OIS, kemampuan video pada HP ini juga didukung dengan gyro-EIS untuk menjaga proses perekaman agar tetap stabil. Pengguna pun disuguhkan dukungan resolusi 4K pada 30 FPS agar bisa lebih leluasa saat hasil recording hendak diedit di aplikasi pengedit video.

Kekuatan kamera tidak berhenti di situ saja, Anda pun diharapkan dapat memotret dan merekam selfie dengan standar kualitas yang ditingkatkan berkat resolusi 32 MP (f/2.2). Meski tanpa OIS seperti yang disuguhkan kamera belakang, namun sensor selfie ini masih berikan fitur perekaman 4K yang sama, di kecepatan 30 FPS. Berikut ini beberapa hasil contoh fotonya.

4. Ketahanan Terhadap Air dan Debu yang Mantap

galaxy a73 5g tahan air_

Punya kualitas yang menyerupai HP flagship, Samsung Galaxy A73 5G ini dibekali dengan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air. Tidak tanggung-tangugng, sertifikasi IP67 ini mampu menjaganya dari kerusakan sekalipun sudah terjatuh ke air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Dengan begini, Anda setidaknya bisa merasa aman ketika harus mengoperasikan smartphone saat berada di kamar mandi atau di tepian kolam renang. Pun saat sedang hujan atau terkena tetesan air, Galaxy A73 5G disinyalir tidak akan mudah rusak berkat keberadaan sertifikasi antiair dan debu tersebut.

Sayangnya, bahan material di HP ini menggunakan plastik polikarbonat alih-alih logam ataupun kaca seperti ponsel premium pada umumnya. Pada boks pembelian pun tidak tersedia casing bawaan sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.

5. Desain Bodi yang Terlihat Awesome

galaxy a73 5g desain bodi_

Seri Galaxy A kerap kali digembor-gemborkan dengan slogan Awesome, dan klaim tersebut memang ada benarnya. Terlihat dari sisi desain bodi Galaxy A73 5G yang terlihat begitu aesthetic, menyuguhkan tone warna yang soft pada varian warna Mint. Selain Mint, ponsel juga tersedia dalam opsi warna hitam dan putih yang juga tidak kalah kecenya.

Di bagian camera bump-nya, Anda akan melihat semacam landaian yang mengelilingi pulau kamera. Menandakan bahwa HP ini mengusung desain unibodi yang semakin menambah sisi estetikanya. Hal ini membuat tampilan belakang terlihat lebih seamless, terlebih karena warna pulau kamera tidak berbeda dengan opsi warna yang dipilih.

Hindustan Times berkata bahwa meskipun grip di tangan tidak begitu terasa baik, namun rancang bangunnya tetap terasa kokoh dan stabil serta nyaman untuk digunakan. Selain itu, dengan ukurannya yang cukup besar (ukuran layar 6,7 inci pada dimensi bodi 163.7 x 76.1 x 7.6 mm), ponsel terasa kurang ideal saat digunakan pada satu tangan.

Namun menariknya, bobot ponsel diketahui hanya 181 gram yang masih terbilang ringan di kelasnya. Setidaknya, ia tak seperti HP 10 jutaan yang rata-rata memiliki bobot di atas 200 gram.

6. Mendukung Protokol WiFi 6

wifi 6Sumber: https://www.androidauthority.com/wi-fi-6e-1072589/

Betapa menyenangkannya jika ponsel dapat meraih kecepatan unduhan maksimal setiap saat. Ini bisa terjadi pada Galaxy A73 5G yang memang sudah mendukung protokol WiFi 6 alih-alih WiFi 5 Dual Band. Ya, dengan begini, smartphone akan lebih ideal lagi saat terhubung pada sebuah ekosistem Smart Home.

Protokol WiFi 802.11 ax miliknya sanggup meningkatkan jumlah stream menjadi sebanyak 12 buah antara jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz, sementara WiFi 5 alias 802.11 ac hanya terbatas pada 8 stream. Hal ini lantas menawarkan kecepatan koneksi yang lebih tinggi, dan perangkat memiliki jalan yang lebih banyak untuk berkomunikasi dengan router, seperti yang dilansir dari NetGear.

Lanjutnya lagi, WiFi 6 pun diyakini mendapatkan peningkatan kecepatan internet hingga 40% ketimbang WiFi 5. Kini Anda dapat beraih ke router WiFi 6 untuk merasakan jaringan internet lebih cepat tanpa harus menambah bandwidth di ISP yang memakan biaya lebih.

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Sepandai apapun tupai melompat ya akan jatuh juga. Seperti halnya Galaxy A73 5G yang meskipun punya banyak kelebihan, tetap punya sisi kekurangan yang mesti Anda ketahui sebelum beli yakni sebagai berikut.

1. Tidak Menyertakan Casan dalam Paket Penjualan

galaxy a73 5g tanpa casan_

Paket penjualan pada Samsung Galaxy A73 5G di Indonesia hanya menyediakan tiga hal: unit smartphone, kabel data, dan juga PIN ejector. Ya, pengguna benar-benar tidak akan menemukan casing bawaan, earphone, ataupun kepala charger di dalam boksnya.

Hal ini merupakan salah satu upaya Samsung dalam menjaga kelestarian lingkungan, yakni dengan membuat masing-masing boks penjualan semakin kecil agar mengurangi jejak karbon emisi. Juga, Samsung beranggapan kalau pengguna sudah memiliki casan dari ponsel sebelumnya.

Jika Anda tipe orang yang terbiasa menjual HP lama secara fullset saat membeli HP baru, atau apabila ini adalah ponsel perdana Anda, maka mau tidak mau harus membeli casan baru secara terpisah.

2. Tanpa Sensor Telefoto

galaxy a73 5g tanpa stereo speaker_

Ya, Samsung Galaxy A73 5G memang punya konfigurasi empat kamera yang impresif. Hasil fotonya pun tidak kalah dengan beberapa pesaingnya, bahkan bisa dibilang unggul. Hanya saja, ada satu yang menjadi kelemahannya yaitu tidak menghadirkan sensor telefoto.

Mengapa kamera telefoto ini penting? Ini berkaitan dengan harganya yang Rp7 jutaan. Di harga tersebut, beberapa pesaing umumnya sudah hadirkan sensor ini. Absennya lensa telefoto di HP ini diperparah dengan fakta bahwa predesornya (Galaxy A72 5G) rupanya sudah mengantongi kamera telefoto 8 MP + OIS.

Ini artinya, Galaxy A73 5G mengalami penurunan. Tanpa lensa telefoto, pengguna hanya dapat melakukan zoom hibrida yang tentunya tidak sebaik zoom optik 3x yang ditawarkan Galaxy A72 5G. Berikut ini perbandingannya.

3. Kemampuan Fast Charging Bukan yang Terbaik di Kelasnya

Galaxy A73 5G hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang cukup impresif untuk HP yang dilengkapi panel Super AMOLED+ serta chipset berefisiensi daya tinggi. Situs resmi Samsung sendiri mengklaim kalau ponsel ini dapat bertahan hingga 2 hari pemakaian, namun tentu dengan aktivitas yang normal, ya.

Saat YouTuber bernama NL Tech mengujikan ketahanan baterai ponsel ini di kondisi 100 nit, Galaxy A73 5G berhasil mencatat durasi 10 jam 42 menit saat menjalankan PC Mark 10. Menurutnya, ini bukanlah ketahanan baterai terbaik untuk kapasitas 5.000 mAh.

Kemudian pada kondisi pengisian daya, spesifikasi Galaxy A73 5G mengatakan HP ini mendukung hingga fast charging 25 W. Dalam hal ini, 25 W juga bukanlah daya terbaik di kelasnya. Anda sudah dapat menemukan HP 3 jutaan yang sudah tawarkan 33 W atau bahkan lebih. Yang jelas, selain harus beli casan secara terpisah, Anda pun hanya dapat merasakan durasi pengisian 90 menit dari 15% ke 100%.

4. Tidak Ada Lubang Audio Jack, Untung Masih Ada Stereo Speaker

Satu hal lagi yang menjadi kekurangan Galaxy A73 5G absennya lubang 3.5 mm jack audio port untuk mencolokkan kabel earphone. Hal ini bukan sesuatu yang baru tapi bagi sebagian orang, penggunaan earphone kabel masih menjadi pilihan menarik.

Untungnya, faktor yang satu ini bukan faktor yang terlalu penting. Terlebih ponsel sudah menyuguhkan stereo speaker Dolby Atmos. Sebagian pengguna di kelas harga segini juga kemungkinan bisa membeli TWS berkualitas.

Simpulan

Jadi, Samsung Galaxy A73 5G ini cocok untuk siapa? Cukup simpel sih jawabannya. Terlihat bahwa kamera 108 MP miliknya punya kemampuan yang bukan isapan jempol belaka. Adanya OIS dan gyro-EIS juga akan memudahkan pengguna untuk hasilkan konten menarik. Jadi, HP ini akan cocok bagi Anda yang mencintai fotografi ponsel atau seorang kreator konten profesional.

Performa chipsetnya juga cukup ampuh dalam hadirkan pengalaman gaming tinggi, walau mungkin tidak sekuat ponsel lain seperti Xiaomi 11T Pro dengan Snapdragon 888, ya. Tapi sudah cukup baik untuk game ringan.

Yang pasti, HP ini tidak akan cocok jika Anda berniat melakukan pemotretan suasana konser dari jarak jauh, karena memang tidak memiliki lensa telefoto seperti pendahulunya. Serta, jangan harap bisa mengecas dengan ngebut kalau pakai Galaxy A73 5G karena ia memang hanya punya fast charging 25 W, itupun setelah Anda membeli casan dari Samsung atau third party yang sesuai.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram