carisinyal web banner retina

20 HP Samsung Terbaru di Indonesia (Januari 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 15 Januari 2022

Dulu Nokia berada di masa kejayaannya. Kini di era ponsel pintar, Samsung yang jadi rajanya, setidaknya untuk ekosistem Android. Jenama asal Korea Selatan ini merupakan produsen ponsel Android nomor 1 yang sudah diakui kebolehannya secara global.

Meski begitu, Samsung tidak boleh tinggal diam karena dalam top 5 vendor berbagai survey atau analis, posisi Samsung tidak selalu nomor satu. Seringkali berada di posisi 2 atau malah di bawahnya. Terlepas dari itu, apapun poisisinya, Samsung boleh dikatakan sebagai brand elektronik yang kuat, termasuk di dunia ponsel.

Selain punya branding yang kuat, Samsung juga punya berbagai kelebihan sebagai berikut.

  • Ekosistem yang kuat berkat berbagai produk selain ponsel (tablet, IoT, TV, dan lainnya)
  • Tampilan antarmuka yang ramah dan memberi pengalaman menyenangkan untuk semua kalangan
  • Kualitas produk yang unggul
  • Banyak dicari
  • Punya banyak lini produk ponsel

Untuk soal lini produk ponsel, bisa dibilang, Samsung punya banyak seri, terutama di beberapa region. Khusus Indonesia, Samsung hanya fokus pada empat seri. Keempat seri tersebut sebagai berikut.

  • Samsung Galaxy S Series 

Samsung Galaxy S adalah seri Samsung Galaxy kelas atas. HP Samsung di series ini menghadirkan tipe HP dengan berbagai teknologi dan fitur terbaru. Seri ini merupakan seri andalan Samsung. Produk kelas atas Samsung diperkenalkan di seri ini. Karena hal ini, Samsung Galaxy S series selalu dijual dengan harga yang mahal. Rata-rata di atas Rp10 jutaan, kecuali untuk seri S spesial seperti FE atau Lite

  • Samsung Galaxy Note Series

Samsung Galaxy Note Series adalah produk Samsung Galaxy kelas atas selain Samsung Galaxy S series. HP yang satu ini bisa dibilang sebagai penyempurnaan dari Samsung Galaxy S series. Misalnya, peningkatan di sektor chipset dan kamera. Selain itu, seri ini dilengkapi S-Pen. Jika seri S diperkenalkan di awal tahun, Seri Note biasanya diperkenalkan di tengah tahun.

  • Samsung Galaxy A Series

Samsung Galaxy A series adalah HP Samsung Galaxy dengan jangkauan yang lebih luas. Jangkauan yang lebih luas dalam hal ini maksudnya HP Samsung Galaxy A tersedia dari mulai harga termurah sampai termahal. Fitur-fitur yang dihadirkan HP ini biasanya adalah fitur yang umum yang mendukung para penggunanya dalam membuat konten.

  • Samsung Galaxy M Series

Samsung Galaxy M series dihadirkan sebagai alternatif dari Samsung Galaxy A series. Seri ini menawarkan ponsel dengan layar yang lebih besar dan juga kapasitas baterai yang juga besar. Target ponsel ini lebih ke anak muda yang butuh ponsel menarik, teurtama dari sisi daya tahan baterai. Selain itu, seri M khusus dijual secara online saja.

  • Samsung Galaxy Z (Fold dan Flip) Series

Samsung Galaxy Notes series dan Galaxy S series bukan hanya smartphone Samsung seri kelas atas. Samsung juga memiliki seri lain yang disebut Z series. Samsung Galaxy Z series ini hadir sebagai smartphone dengan inovasi terbaru, yakni fokus pada layar lipat.

Setelah mengenal berbagai kelebihan dan seri dari Samsung, selanjutnya, mari mengenal berbagai produk HP terbaru. Samsung Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas 20 HP Samsung terbaru yang bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih HP baru. Berikut daftar HP terbaru Samsung yang diurut berdasarkan yang terbaru masuk resmi ke Indonesia.

1. Samsung Galaxy A03 Core

samsung galaxy a03 core photo_
Layar TFT 6.5 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung memang tahu bahwa pasar smartphone Indonesia tidak cuma kelas menengah dan kelas atas. Ada juga pasar terjangkau yang ada di kisaran "satu juta kecil". Kesadaran akan hal itu membuat Samsung konsisten menghadirkan HP seri Galaxy A0x Core. Terbaru, mereka meluncurkan Samsung Galaxy A03 Core.

Benar bahwa HP ini punya spesifikasi rendah. Hal itu terlihat dari SoC Unisoc SC9863A yang disematkan tidak memiliki inti CPU dengan arsitektur Cortex A7x. Namun, untuk pemakaian kasual seperti berkirim pesan dan menonton video, ponsel ini sudah memadai.

Apalagi sistem operasi yang dipakai adalah Android 11 Go yang ringan, dibalut antarmuka OneUI ala Samsung yang bersih. Yang menarik lagi, Galaxy A03 Core dibekali baterai 5000 mAh yang menjamin pemakaian sehari penuh. Anda tak perlu khawatir karena baterainya memang awet.

2. Samsung Galaxy M52 5G

Samsung Galaxy M52 5G
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy M52 5G hadir sebagai alternatif dari Galaxy A52s 5G. Jika Anda tidak terlalu butuh kemampuan kamera yang luar biasa, HP ini sepertinya cocok. Toh harganya lebih miring, harga ritel saat rilis dipatok Rp5 jutaan. Namun, Galaxy M52 punya performa yang sama bagusnya dengan Galaxy A52s.

Hal itu karena ia menggunakan SoC yang sama dengan sang saudara kandung, yakni Snapdragon 778G. SoC ini dipuji oleh banyak pengulas karena kemampuannya sudah mendekati SoC flagship. Yang menarik lagi dari Galaxy M52 adalah desainnya.

Kali ini Samsung memberi pendekatan yang berbeda karena Galaxy M52 punya bentuk yang tipis dan cukup ringan. Tidak seperti Galaxy M pada umumnya yang bodinya cukup tebal mengingat kapasitas baterai yang dibawanya masuk kategori jumbo. Meski begitu, kapasitas baterai milik Galaxy M52 sudah cukup besar untuk standar zaman sekarang.

3. Samsung Galaxy M22

Samsung Galaxy M22
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda ingin punya HP Samsung yang keren dengan harga Rp2 jutaan? Kini saatnya Anda melirik Samsung Galaxy M22. HP ini menawarkan hal keren yang tidak Anda temukan pada Galaxy M32 dan Galaxy A32. Apa hal keren itu? Adalah racikan SoC dan resolusi yang pas.


SoC MediaTek Helio G80 tentu mumpuni. Namun, jika resolusi layar yang dipasang adalah Full HD+, beban kerja jadi meningkat dan kelancaran performa sepanjang waktu mustahil terjadi. Beruntung resolusi layar Super AMOLED yang dipakai Galaxy M22 hanya HD+.

Resolusi HD+ pun membuat daya tahan baterai 5000 mAh HP ini bisa makin panjang. Kerennya, Galaxy M22 mendukung pengisian cepat hingga 25W. Di luar itu, HP yang dirilis dengan harga ritel Rp2,8 juta ini memiliki kelebihan pada konfigurasi kamera yang lengkap, memori besar, dan keberadaan NFC. Ulasan HP ini dapat Anda baca dalam artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22.

4. Samsung Galaxy A52s 5G

Samsung Galaxy A52s 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy A52 varian 5G memang tidak hadir di Indonesia. Namun demikian, ponsel lain dengan konektivitas 5G datang sebagai pengganti. Adalah Samsung Galaxy A52s 5G yang dibanderol Rp6 jutaan. Ponsel ini pada dasarnya sama dengan Galaxy A52 baik yang 4G maupun yang 5G.

Pembeda paling kentara dari dua saudaranya yang ada pada Galaxy A52s 5G ini adalah SoC yang dipakainya, yaitu Snapdragon 778G. Dibanding dengan Snapdragon 720G yang digunakan Galaxy A52, SoC ini diklaim punya performa 60% lebih kencang.

Selain itu, di Galaxy A52s 5G ini, Anda akan menemukan fitur RAM plus sebagai opsi untuk menambah kapasitas RAM. Fitur ini memanfaatkan ruang kosong di memori internal si HP. Selebihnya, fitur-fitur keren yang ada pada Galaxy A52 diturunkan ke HP ini.

Di antaranya, sertifikasi IP67 dan OIS pada kamera utama. Penasaran dengan kemampuan keren lain yang dimiliki ponsel ini? Baca artikel keunggulan Samsung Galaxy A52s 5G.

5. Samsung Galaxy A03s

Samsung Galaxy A03s
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy A03s adalah sebuah ponsel di kelas harga entry-level yang harganya masih berada di rentang 2 juta. Untuk itu, Anda pun akan mendapatkan beragam spesifikasi yang sederhana namun tetap layak untuk kelas harganya. Kendati hanya gunakan Helio P35, tapi SoC tersebut merupakan peningkatan dibanding Galaxy A02s yang hanya menawarkan Snapdragon 450.

Ini juga merupakan segelintir ponsel seri Galaxy A0x yang sudah menyuguhkan sensor sidik jari. Untungnya juga, sensor ini terletak pada bagian samping alih-alih di belakang. Hal ini berimbas baik pada estetika desain bodi belakang yang lebih clean dan minimalis.

Galaxy A03s sayangnya memiliki kekurangan di bagian layar. Meski hadirkan bentang layar berukuran 6,5 inci yang tergolong besar, resolusinya hanya HD+ alias 720 x 1600 piksel. Ketajamannya tentu tidak sebagus layar dengan Full HD+ yang sudah banyak dimiliki oleh HP 2 jutaan lainnya.

Saat entri ini dimasukkan ke daftar, harga Galaxy A03s adalah sebesar 12.499 Rupee atau sekitar Rp2,4 jutaan. Ini adalah harga versi India, versi yang masuk ke Indonesia bisa jadi berbeda. Jika tertarik selami lebih jauh soal HP ini, Anda bisa menyimak perbedaan Samsung Galaxy A02s dan Galaxy A03s.

6. Samsung Galaxy A12 2021

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12 2021 1
Layar PLS IPS 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Meski sudah pernah dirilis di tahun 2020, Samsung memutuskan untuk hadirkan kembali Samsung Galaxy A12 pada Agustus 2021. Kini, ponsel tersebut mendapatkan sebutan baru, yakni Galaxy A12 Nacho. Meski pada nama yang berbeda, varian 2021 ini tak banyak hadirkan perbedaan kecuali pada bagian chipset.

Tak lagi menggunakan Helio P35, Galaxy A12 Nacho kini mengunggulkan SoC besutan Samsung bernama Exynos 850. Ditilik dari clock speed-nya, Helio P35 lebih unggul namun menawarkan GPU dengan frekuensi lebih rendah.

Yang pasti, Exynos 850 bukanlah chipset gaming, sehingga Anda memang tidak diekspektasikan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang maksimal.

Lemah di gaming, Galaxy A12 Nacho pun berusaha mengompensasikannya dengan tawarkan kamera berkualitas. Sensor utamanya memiliki resolusi 48 MP, dengan sensor 5 MP sebagai ultrawide dan dua sensor 2 MP pada fungsi makro dan kedalaman.

Galaxy A12 Nacho juga menyuguhkan memori internal besar di kelasnya, yakni 64 GB dan 128 GB. Anda pun masih bisa kembangkan storage dengan menyelipkan microSD pada slot memori eksternal terpisah hingga kapasitas 512 GB.

Menggunakan layar PLS TFT, kami sebenarnya berharap HP ini hadir dengan refresh rate tinggi seperti beberapa ponsel 2 jutaan lainnya. Tapi naas, Anda hanya dapat menikmati laju penyegaran 60 Hz konvesional di sini. Baca artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12 2021 juga ya!

7. Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Cover: Super AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Z Flip3 5G merupakan generasi kedua dari seri Galaxy Z Flip, melewati angka "2" agar penamaannya lebih selaras dengan Z Fold3 5G yang dirilis bersamaan. Ponsel lipat ini menawarkan peningkatan dibanding sebelumnya, yakni dengan membuat layar di cover lebih besar dan punya fungsionalitas lebih beragam.

Tidak hanya tampilkan sebaris tulisan saja seperti generasi pertama, kini Anda bisa gunakan layar cover untuk tampilkan viewfinder saat lakukan pemotretan selfie saat kondisi ponsel terlipat, juga untuk menampilkan notifikasi serta media control untuk Spotify.

Ponsel lipat ini juga menghadirkan tampilan bodi yang lebih elegan serta 7 opsi warna yang variatif, dengan bodi yang lebih kokoh dan dukungan IPX8 yang membuatnya tahan di air kedalaman hingga 2 meter.

Selain 7 opsi warna yang tersedia, Galaxy Z Flip3 5G juga bekerja sama dengan seorang desainer Amerika Serikat terkenal bernama Thom Browne, menghasilkan desain khas dengan kombinasi warna merah, putih, dan biru yang jadi karakteristik sang desainer.

Menggabungkan fashion dengan teknologi, Galaxy Z Flip3 5G akan memberikan Anda sebuah look yang elegan sekaligus mempermudah hidup Anda dengan penggunaan praktis ponsel lipat.

Dibanding Galaxy Z Flip, generasi keduanya ini punya harga yang lebih murah. Versi terendahnya dijual seharga Rp14.999.000,- yang terbilang cukup terjangkau ketimbang Galaxy Z Flip yang punya harga rilis Rp21 jutaan.

Meski demikian, disayangkan kameranya sama sekali tidak mengalami peningkatan dari generasi pertama. Dan kualitas fotonya pun masih tidak sebanding dengan ponsel flagship lainnya (seperti Galaxy S21 series).

Dan juga, baterainya hanya sebesar 3.300 mAh saja dengan fitur pengisian daya 15 W yang terhitung lambat. Ketahui selengkapnya pada artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

8. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Harga Saat Rilis Rp 24.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sudah siap menyambut HP Samsung paling inovatif dan futuristik di dunia? Inilah Samsung Galaxy Z Fold3 5G, sang ponsel lipat yang dapat dibuka agar menyerupai tablet dalam penggunaannya. Hadirkan beragam fitur seperti Flex Mode, aktivitas multitasking dapat berlangsung dengan lebih lancar.

Flex Mode memungkinkan ponsel untuk berada pada sudut 90 derajat dan ditaruh di atas meja, sehingga pengguna pun dapat menikmati konten di ponsel tanpa harus menggenggam perangkat sama sekali.

Hadirnya layar Dynamic AMOLED 2X juga membuatnya mampu memberikan sensasi pergerakkan layar yang dua kali lebih mulus, menggunakan laju penyegaran 120 Hz. Tidak hanya pada layar utama, layar cover juga telah dibekali refresh rate tinggi tersebut.

Di saat Anda sedang melakukan aktivitas pada layar utama, Anda pun tidak akan terganggu oleh penampakkan sensor selfie. Ini disebabkan teknologi UDC (under-display camera) yang membuat sensor tertanam dalam layar. Hanya saja, resolusi kamera UDC ini hanya 4 MP dan tidak sejernih kualitas sensor selfie di cover (10 MP).

Galaxy Z Fold3 5G juga mendukung support terhadap penggunaan S Pen. Akan tetapi, Anda harus membeli stylus tersebut secara terpisah. Fold3 5G juga dirilis bersamaan dengan Flip3 5G, namun opsi warnanya memang tidak sebanyak Flip3 5G yang tawarkan hingga 7 varian warna.

Meskipun begitu, Galaxy Z Fold3 5G juga turut hadir pada edisi Special hasil kolaborasi dengan Thome Brown, untuk memberikan sense of fashion ke dalam teknologi ponsel lipat. Tertarik cari tahu lebih lanjut? Kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G!

9. Samsung Galaxy M32

Samsung Galaxy M32
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung tak pernah mengesampingkan ponsel dengan segmen value for money. Buktinya mereka meluncurkan penerus Samsung Galaxy M31, yakni Samsung Galaxy M32. Secara spesifikasi, HP ini mirip dengan Samsung Galaxy A32.

Keduanya memakai SoC Mediatek Helio G80, layar Super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz, dan kamera utama 64 MP. Hanya saja, Galaxy M32 punya keunggulan yang menjadikan ciri khas Galaxy M Series-nya terlihat. Keunggulan itu terletak pada sektor daya.

Ya, HP ini dibekali teknologi pengisian cepat 25 W seperti HP-HP flagship Samsung. Alhasil, mengecas baterai 5000 mAh yang dimilikinya bisa berlangsung cepat. Penasaran dengan HP yang dirilis seharga Rp3 jutaan ini? Baca artikel Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M32.

10. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

Samsung Galaxy Note20 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.9 inci
Chipset Exynos 990
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 12 MP (periscope telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Pada Juli 2021, Samsung Indonesia merilis Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G. HP ini adalah muka lama yang diluncurkan kembali, tapi dengan beberapa peningkatan. Peningkatan pertama adalah dukungan konektivitas 5G yang langsung hadir sejak HP ini masih dalam kardusnya.

Peningkatan kedua adalah kapasitas RAM yang kini jadi 12 GB. Galaxy Note20 Ultra yang meluncur pada 2020 hanya dibekali RAM 8 GB. Peningkatan RAM ini diklaim membuat kegiatan multitasking semakin lancar, mempercepat transfer data, serta menghemat konsumsi daya. Selebihnya, fitur-fitur HP ini mirip dengan Galaxy Note20 Ultra.

Seperti Samsung Dex, S Pen, dan Link to Window. Galaxy Note Ultra20 5G juga memiliki sertifikasi IP68, kamera telefoto 12 MP yang bisa melakukan 5 kali optical zoom, serta NFC. Anda bisa membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra untuk melihat fitur-fitur selengkapnya.

11. Samsung Galaxy A22 5G

Samsung Galaxy A22 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700 5G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda kini tak perlu lagi bermimpi panjang untuk bisa memiliki smarpthone 5G dengan merek sementereng Samsung. Pasalnya, dengan merogoh kocek Rp3 jutaan saja, Anda sudah bisa memiliki Samsung Galaxy A22 5G. Ya, karena mengusung chipset MediaTek Dimensity 700 5G, HP ini mampu menangkap sinyal 5G.

Memiliki HP ini sama dengan menyiapkan masa depan. Keunggulan Galaxy A22 5G bukan cuma itu. Performa HP ini juga terbilang mumpuni di kelasnya. Dimensity 700 5G lagi-lagi menjadi alasan. Soalnya, SoC ini cukup kencang karena mengandung core performa dengan arsitektur modern, Cortex A76. Cocok untuk bermedia sosial dan main gim HD.

Apalagi SoC ini juga sudah dibikin dengan proses fabrikasi 7 nm. Hal menarik lagi dari Galaxy A22 5G adalah layarnya yang mulus lantaran mendukung refresh rate 90 Hz, konfigurasi kamera lengkap dengan lensa ultrawide, serta baterai besar 5000 mAh. Simak artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A22 5G untuk mengenal secara mendalam.

12. Samsung Galaxy A22 LTE

Samsung Galaxy A22
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak perlu buru-buru untuk memiliki HP 5G karena teknologi ini butuh waktu untuk merata di seluruh wilayah Indonesia. Apalagi, 5G yang dikembangkan di Indonesia adalah tipe non-standalone (NSA). Artinya, ia memakai BTS 4G agar bisa beroperasi. Hal ini bermakna bahwa umur 4G di Indonesia masih akan sangat panjang.

Memburu HP 4G seperti Samsung Galaxy A22 LTE (4G) pun tidak membuat Anda merugi. Bahkan Anda bisa 'menang banyak' bila menebus HP yang dirilis dengan harga Rp2 jutaan ini. Beberapa benefit yang Anda dapatkan di antaranya bodi kompak, layar berpanel Super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz, dan baterai besar 5000 mAh.

Selain itu, memori HP ini lapang untuk standar masa kini, baik itu RAM-nya maupun ruang simpan internalnya. Terakhir, Galaxy A22 4G juga memiliki konfigurasi kamera dan sensor yang lengkap. Lensa ultrawide ada, sensor giroskop dan kompas pun ada. Baca kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A22 untuk ketahui selengkapnya.

13. Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selain punya versi Exynos, pihak Samsung juga menggarap Galaxy S20 FE 5G edisi Snapdragon. Tepatnya ponsel terbaru ini dikudai oleh chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G yang bermanufaktur 7 nanometer plus dengan prosesor pengolahan grafis Adreno 650. Dengan chipset ini, seharusnya ponsel ini mendukung jaringan 5G. Namun, tampaknya Samsung mengunci jaringan 5G di ponsel ini, setidaknya untuk saat ini.

Perangkat ini menghadirkan berbagai sensor mulai dari kompas, gyro, akseleromter, proksimiti, pemindai sidik jari di bawah layar, dan optik. Selain itu, adapun sensor perintah dan dikte bahasa alami Bixby serta Samsung pay yang terintegrasi dengan jaringan Visa dan MasterCard.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini hadir dalam beberapa pilihan warna antara lain Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, Cloud White, Cloud Red, dan Cloud Orange. Menyajikan baterai berdaya Li-Ion 4500 mAh yang disertai teknologi pengisian cepat 25W, perangkat ini dijajakan pada kisaran Rp8,9 jutaan.

14. Samsung Galaxy M62

Samsung Galaxy M62
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Exynos 9825
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 2 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Masuk ke jajaran ponsel terbaru dari Samsung, Galaxy M62 menunjuk chipset bernama Exynos 9825 (7 nm) dan GPU Mali-G76 MP12. Sedangkan, pada CPU-nya memiliki arsitektur Octa-core yang diracik dari dua inti Exynos M4 berkecepatan tinggi 2.73 GHz, dua inti Cortex-A75 dengan laju medium, dan empat inti Cortex-A55 berkekuatan 1.95 GHz.

Menyoal keahlian membidik, ponsel ini siap memberikan kualitas terbaik dengan konfigurasi kamera utama 64 MP untuk lensa wide, 12 MP untuk lensa ultrawide, dan sepasang 5 MP untuk lensa makro juga kedalaman. Sedangkian, untuk kamera selfienya membawa resolusi 32 MP, terbilang besar dan hasilnya sudah pasti jelas serta tajam.

Ponsel berteknologi NFC ini rupanya telah mendapatkan subsidi yang melimpah pada baterainya dengan kapasitas 7.000 mAh, ditambahkan teknologi fast charging 25W dan pengisian balik. Muncul dengan varian warna Laser Green, Laser Gray, dan Laser Blue, ponsel ini dipatok pada harga Rp5,9 jutaan. Baca juga artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62.

15. Samsung Galaxy A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G
Layar TFT 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 720 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Siapkah kamu menghadapi era teknologi seluler generasi kelima? Jika iya, Sudah banyak beredar ponsel 5G di dalam negeri yang hadir. Namun, kebanyakan adalah ponsel kelas atas yang harganya selangit. Nah, Samsung kini punya solusi buat kamu yang ingin punya HP berkonektivitas 5G dengan harga terjangkau.

Inilah Samsung Galaxy A32 5G yang dirilis dengan harga ritel Rp3.999.000 pada Mei 2021. Ponsel dengan chipset MediaTek Dimensity 720 5G ini mendukung band n40 alias frekuensi 2400 MHz. Frekuensi inilah yang dikonfirmasi Kementerian Kominfo bakal dipakai untuk menyelenggarakan layanan 5G yang pertama di Indonesia, dengan operator Telkomsel.

Dengan ponsel Galaxy A32 5G ini, kamu bisa menjadi orang pertama yang merasakan layanan 5G di Indonesia. Adapun Galaxy A32 5G punya bentuk serupa dengan Galaxy A32 4G. Hanya saja, ukuran layarnya meningkat jadi 6,5 inci dan memakai gaya infinity-U. Beberapa perbedaan lain hadir yang di antaranya adalah konfigurasi kamera dan pemindai sidik jari.

16. Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada


Setelah puas dengan kesuksesan Galaxy M11, Samsung akhirnya merilis produk baru bernama Galaxy M12. Perangkat ini siap menggemparkan industri perponselan berkat spesifikasi canggihnya seperti baterai badak yang berkapasitas 5.000 mAh, dengan dukungan teknologi pengisian cepat 15W.

Samsung Galaxy M12 mengutus chipset Exynos 850 yang ber-fabrikasi 8 nanometer dan Mali-G52 sebagai kartu grafisnya. Sistem operasi yang dipasangnya sudah Android 11 dengan sistem antarmuka One UI Core 3.1. Perangkat ini juga tersedia dalam beberapa kombinasi ruang penyimpanan mulai dari 3/32 GB dan 4/32 GB.

Ponsel Galaxy ini menghadirkan kamera utama profesional yang terdiri dari sensor primer 48 MP, ultrawide 5 MP, serta lensa makro dan kedalaman yang kompakan memiliki resolusi 2 MP. Sedangkan, untuk kamera depannya diselipkan sensor berukuran 8 MP yang disertai dengan fitur HDR. Ingin mengetahui seluk-beluk perangkat ini? Pelajari di artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12.

17. Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A72
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy A72 ialah perangkat terbaru dari kelas menengah atas di seri A yang hadir dengan spesifikasi menggiurkan. Seperti bodinya yang berbobot 203 gram telah mengantongi sertifikat IP67, berarti Samsung Galaxy A72 mampu bertahan dari debu dan air.

Menyoal layar pula tidak kalah hebat, berpanel Super AMOLED dengan ukuran membentang 6,7 inci berasio layar-ke-bodi 84,9 persen. Tingkat kecerahan melambung hingga 800 nits, diiringi laju penyegaran berkecepatan 90Hz yang mampu menggulirkan konten dengan mulus.

Ponsel berkombinasi penyimpanan 8/128 GB dan 8/256 GB ini ditenagai oleh Snapdragon 720 berchip 8 nm dari Qualcomm. Untuk medukung aktivitas yang lama, ponsel ini menanamkan baterai Li-Ion 5.000 mAh. Berteknologi NFC dan berfitur sidik jari layar bawah, Samsung Galaxy A72 siap meramaikan industri ponsel diharga Rp5,9 - 6,3 jutaan.

18. Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel terbaru yang satu ini tidak kalah meberikan penawaran harga menarik, Samsung Galaxy A52 bertipe 8/128 GB dipatok sekitar Rp4,9 juta dan untuk tipe 8/256 GB dibanderol sebesar Rp5,39 juta di pasaran Indonesia. Dengan harga tersebut, pengguna bisa merasakan sensasi ponsel kelas menengah bercita rasa flagship.

Pasalnya, ponsel ini bermodalkan Snapdragon 720G berfabrikasi 8 nm sebagai prosesor dan Adreno 610 untuk GPU yang siap menunjang aktivitas multiguna para penggunanya. Kamera utama milik A52 membungkus empat sensor yang beresolusi 64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP, sementara kamera swafotonya berkonfigurasi 32 MP dengan bukaan f/2.2 yang bisa memberikan efek bokeh di belakang objek.

Perangkat dengan layar Super AMOLED 6,5 inci ini, mendapatkan injeksi daya sebanyak 4.500 mAh yang dilengkapi oleh pengisian cepat 25W. Samsung Galaxy A52 mengundang banyak fitur dan sensor mulai dari NFC, Bluetooth, pemindai sidik jari, gyro, akselerometer, gyro, hingga proksimiti. Gimana ada rencana membelinya?

19. Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Setelah keberhasilan Samsung Galaxy A31, Samsung kembali menggarap produk penerusnya itu yakni Samsung Galaxy A32. Produk terbaru ini dirancang dengan layar Super AMOLED 6,4 inci yang laju penyegarannya mencapai 90Hz. Layar ponsel pintar ini pun enak dan aman dipandang karena tingkat kecerahannya tembus 800 nits.

Digulirkan oleh Android 11 dengan sistem antarmuka One UI 3.1, dapur pacu Samsung Galaxy A32 berasal dari MediaTek Helio G80 (12 nm) dan Mali-G52 MC2 untuk pengolahan grafisnya. Diperkuat oleh kombinasi ruang penyimpanan yang luas dan cukup menyimpan banyak data dan aplikasi antara lain 6/128 GB dan 8/128 GB.

Pengguna juga tidak perlu khawatir tentang sumber daya karena baterai Li-Ion punya A32 berkapasitas 5.000 dengan teknologi pengisian cepat 15W. Berteknologi NFC, ponsel ini tersedia dalam warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Violet. Untuk mendapatkan satu unit Samsung Galaxy A32, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp3,59 juta hingga Rp3,79 juta.

20. Samsung Galaxy M02

Samsung Galaxy M02
Layar PLS IPS 6.5 inci
Chipset Mediatek MT6739W
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.349.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung kembali mengumumkan anak baru lainnya di kelas M yaitu Samsung Galaxy M02 yang rilis pada Februari 2021, masuk sebagai perangkat entry level, per unit Samsung Galaxy M02 dibanderol Rp1,37 jutaan di pasaran.

Pada Samsung Galaxy M02 menawarkan dua kombinasi yakni ruang penyimpanan internal dengan ukuran 32 GB dengan RAM 2 GB dan memori internal berkapasitas 32 GB bersama RAM yang berjumlah 3 GB. Samsung satu ini baik sekali memberikan pilihan kepada calon penggunanya berdasarkan preferensi dan kegunaan perangkat kelak.

Samsung ini dilahirkan dengan dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm dan bobot 206 gram, layarnya bertipe layar sentuh kapasitif PLS IPS dengan diagonal 6,5  inci, beroperasikan Android 10 dengan chipset Mediatek MT6739W, kamera depan berkonfigurasi 5 MP dengan aparture 2,0 dan kamera belakang yang beresolusi 13 MP + 2 MP. Sudah harganya murah dan spesifikasinya mumpuni, bagaimana tertarik membeli Samsung Galaxy M02? Baca juga kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M02.

Nah itulah beberapa HP Samsung terbaru yang bisa Anda dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Adakah HP Samsung di atas yang menarik perhatian Anda?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram