carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M15 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Samsung Galaxy M15 5G hadir di pasar India pada April 2024. Berdasarkan kabar yang beredar, HP kelas menengah ini akan hadir di pasar Indonesia pada Mei atau Juni 2024. HP ini menjadi penerus langsung dari Samsung Galaxy M14 5G yang hadir pada Maret 2023 di Indonesia.

Salah satu peningkatan yang paling menarik dari Samsung Galaxy M15 5G ini ada di sektor layarnya. Konfigurasi kamera yang digunakan juga sudah lebih lengkap dan bisa diandalkan. Jika Anda penasaran dengan HP ini, simak beberapa kelebihan dan kekurangannya dalam tabel serta pembahasan setelah informasi spesifikasinya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Layar Super AMOLED yang tajam
Perekaman video terbatas
Ada audio jack dan fitur Dolby Atmos
Bodi tebal dan desain layar jadul
Desain bersih dan unik
Konfigurasi kamera lengkap
Performa Dimensity 6100+ yang oke
Daya tahan baterai di atas rata-rata
Dibekali perlindungan Knox Vault
Ada jaminan update panjang sampai 5 tahun

Spesifikasi Samsung Galaxy M15 5G

Samsung Galaxy M15 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6100+
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy M15 5G

Saat masuk ke Indonesia, Samsung Galaxy M15 5G hanya memiliki satu varian memori yaitu 6/128 GB dengan harga sekitar Rp2,9 jutaan. Dengan harga tersebut, HP ini dibekali spesifikasi yang cukup menarik. Berikut beberapa kelebihannya.

1. Layar Super AMOLED yang Tajam

samsung galaxy m15 5g

Bukan lagi IPS atau PLS LCD, Samsung Galaxy M15 5G hadir dengan jenis panel Super AMOLED. Jenis panel ini tentu cukup menarik karena hadir di kelas harga terjangkau. Sebab kualitas yang ditawarkannya sangat imersif. Mulai dari kedalaman warna, kejernihan, hingga ketajamannya benar-benar membuat takjub.

Sistech Banna dalam videonya juga sangat terkesan dengan panel Super AMOLED yang kualitasnya jauh dari PLS atau IPS LCD ini. Aktivitas seperti menonton jadi terasa lebih menyenangkan dengan detail dan warna yang lebih kaya.

Ia juga menyebutkan HP ini sudah mendukung resolusi 2K pada YouTube dan sudah mendukung sertifikasi WideVine L1. Sehingga Anda bisa menikmati film di platform seperti Netflix dengan kualitas HD yang lebih tajam.

Samsung Galaxy M15 5G ini memiliki layar berukuran 6,5 inci yang tidak terlalu kecil atau besar. Hanya saja, desain layarnya ini masih terlihat jadul dengan bezel cukup tebal terutama di bagian dagu dan masih menggunakan notch waterdrop. Hal ini membuat rasio layar ke bodinya tidak terlalu besar hanya 84,3 persen saja.

Ketajaman pada layarnya ini disebabkan oleh resolusinya yang mencapai Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel. Tidak hanya saat digunakan di dalam ruangan, Samsung Galaxy M15 5G ini juga cocok digunakan di luar ruangan yang cerah. Lantaran kemampuan kecerahan layarnya bisa mencapai 800 nit.

Untuk meningkatkan tingkat kenyamanannya, Samsung Galaxy M15 5G ini sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Artinya, pergerakan animasi seperti di dalam game atau scrolling sudah cukup mulus. 

2. Ada Audio Jack dan Fitur Dolby Atmos

samsung galaxy m15 5g

Bagi Anda yang sering menonton, Samsung Galaxy M15 5G ini cukup bisa diandalkan. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan earphone kabel atau Bluetooth. Pasalnya, Samsung Galaxy M15 5G masih menyediakan port audio jack 3,5 mm agar penggunaan earphone jadi lebih mudah.

Menariknya, jika Anda menggunakan earphone, Anda bisa menikmati suara dengan kualitas dan efek dari Dolby Atmos, loh. Anda bisa merasakan pengalaman audio yang lebih menyenangkan dan terasa nyata, baik untuk mendengarkan musik dan video, atau bahkan bermain game.

Samsung Galaxy M15 5G ini juga dibekali dua buah mikrofon yang bisa menangkap suara Anda lebih jelas saat menelepon. Sayangnya, HP ini memang masih menggunakan mono speaker saja atau satu speaker yang disimpan di bagian bawah bodinya. Namun, fitur yang ditawarkan untuk menutupi kekurangan tersebut sudah cukup baik.

3. Desain Bersih dan Unik

samsung galaxy m15 5g

Tampilan desain Samsung Galaxy M15 5G ini jadi salah satu yang cukup menarik perhatian. Di bagian belakangnya, HP ini tetap menggunakan desain yang sama seperti HP Samsung lainnya. Terutama di bagian kameranya yang disimpan secara vertikal di bagian kiri.

Ketiga kamera ini disusun secara rapi dan langsung ditempelkan di atas bodi tanpa menggunakan modul kamera. Hal ini membuatnya terlihat lebih minimalis dan terasa seamless. Tampilannya ini juga terlihat mirip dengan HP Samsung lain di kelas harga yang lebih tinggi.

Samsung Galaxy M15 5G memiliki aksen visual yang unik di bagian belakangnya. Terdapat pola bergaris yang pasti akan menarik banyak perhatian saat dilihat. Namun, pola ini berada di dalam bodi yang mengkilap dengan akhiran glossy. Sehingga saat disentuh, tidak ada tekstur yang dirasakan dari pola garis-garis tersebut.

Warna yang dihadirkan juga memiliki gradasi yang khas dari terang ke gelap, tergantung intensitas cahaya yang diterima. Di pasar Indonesia, Samsung Galaxy M15 5G menawarkan tiga varian warna yang bisa dipilih yaitu Dark Blue, Light Blue, dan Gray.

Selain soal estetika, Samsung Galaxy M15 5G ini juga memiliki bodi yang nyaman untuk digenggam. Salah satu alasannya adalah karena bagian tepinya dibuat melengkung atau tidak tajam. Sedangkan bagian frame-nya dibuat rata dengan akhiran matte agar tidak mudah meninggalkan noda sidik jari.

Untuk ukurannya, Samsung Galaxy M15 5G ini bisa dibilang sedikit bongsor. Hal ini mungkin disebabkan oleh kapasitas baterainya yang memang berada di atas standar. Ketebalan bodi yang dimilikinya yaitu mencapai 9,3 mm dengan berat 217 gram. Anda mungkin akan sedikit merasa kurang nyaman saat sudah menggunakan HP dalam waktu lama.

Hal lain yang mungkin akan jadi bahan pertimbangan Anda adalah tidak adanya sertifikasi perlindungan pada bagian bodinya ini. Padahal, sudah banyak HP di kelas harganya atau lebih murah yang setidaknya sudah tahan dari percikan air.

4. Konfigurasi Kamera Lengkap

samsung galaxy m15 5g

Berbeda dari generasi-generasi sebelumnya, Samsung Galaxy M15 5G memiliki konfigurasi kamera yang lebih lengkap. Di bagian belakangnya terdapat tiga buah kamera. Terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan dukungan autofocus, ultrawide 5 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Untuk kualitasnya, Samsung selalu memberikan yang terbaik bahkan untuk HP dengan harga terjangkaunya. Ketajaman, detail, serta warna yang kaya bisa Anda dapatkan dari kamera dengan harga Rp2,9 jutaan ini.

Untuk kamera depannya, Samsung Galaxy M15 5G menggunakan resolusi 13 MP (f/2.0). Kamera ini sudah cukup untuk kebutuhan selfie Anda, apalagi dengan pencahayaan yang tepat. Sedangkan untuk perekaman videonya, Anda hanya bisa menikmati sampai 1080p 30 fps saja. Untungnya ada dukungan gyro-EIS di kamera belakang untuk membantu stabilisasinya.

Tech Brothers dalam videonya mengatakan bahwa Samsung Galaxy M15 5G ini memiliki kemampuan kamera yang sudah cukup bagus. Terutama kehadiran kamera ultrawide yang menjadi kamera favoritnya. Dalam mode default, kamera HP ini berada di resolusi 12 MP, Anda baru bisa menggunakan 50 MP saat mengubahnya ke mode tersebut.

sampel foto samsung galaxy m15 5g
Default Camera 12 MP
sampel foto samsung galaxy m15 5g
50 MP Camera

Jika diperhatikan, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara mode default dan mode 50 MP. Hanya saja, mode 50 MP jelas memiliki kemampuan lebih baik dalam menyerap cahaya sehingga warna yang ditampilkan lebih keluar. Ketajaman serta detail yang ditangkap juga sedikit lebih banyak.

Mode portrait yang dihasilkannya juga cukup menarik, terutama pemisahan antara objek dan latar belakangnya. Bisa dibilang mode ini terlihat cukup rapi, intensitas buram untuk latar belakangnya juga terlihat natural dan tidak berlebihan.

sampel foto samsung galaxy m15 5g
Portrait Mode

Sementara untuk kamera ultrawide-nya, tentu detail dan ketajaman yang dimilikinya tidak lebih baik dari mode default apalagi 50 MP. Namun, kestabilan warna yang dihasilkannya ini patut diapresiasi. Sebab saat dibandingkan dengan kamera utamanya, dynamic range yang dimilikinya tidak jauh berbeda.

sampel foto samsung galaxy m15 5g
5 MP Ultrawide Camera

Untuk pemotretan di malam hari, Samsung Galaxy M15 5G menawarkan fitur Night Mode untuk membantu meningkatkan pencahayaannya. Meski tidak jauh berbeda dari mode biasa, fitur ini mampu mengurangi flare dan noise yang ditimbulkan saat memotret di malam hari atau minim cahaya.

sampel foto samsung galaxy m15 5g
Night Mode

Beralih ke bagian depan, Samsung Galaxy M15 5G mengandalkan kamera selfie 13 MP saja. Meski begitu, warna yang ditampilkan terlihat natural terutama pada bagian kulit. Kamera ini juga menyediakan mode portrait. Namun kualitasnya tidak sebagus pada kamera belakang, terutama soal pemisahan objek dan latar belakangnya yang kurang rapi.

sampel foto samsung galaxy m15 5g
Selfie Camera 13 MP

5. Performa Dimensity 6100+ yang Oke

dimensity 6100 Plus

Samsung Galaxy M15 5G menggunakan chipset Dimensity 6100+ untuk sumber tenaganya. Chipset ini pertama kali diluncurkan pada Juli 2023 untuk menyasar HP atau tablet di kelas menengah yang cukup bertenaga.

Dimensity 6100+ sudah terintegrasi dengan modem 5G dengan koneksi 5G sub-6. Selain itu, koneksi tersebut sudah didukung oleh teknologi UltraSave 3.0. Dengan begitu, penggunaan daya 5G untuk SoC ini diklaim lebih rendah 20 persen dibandingkan SoC lain di kelasnya.

Chipset dengan fabrikasi 6 nm ini ditenagai oleh delapan inti prosesor atau CPU di dalamnya. Terdiri dari dua core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensi dayanya. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya menggunakan Mali G57 MP2 dengan frekuensi 950 MHz.

Berada di kelas menengah, chipset ini sudah kompatibel dengan jenis RAM LPDDR4x dan UFS 2.1. Sayangnya, Samsung Galaxy M15 5G hanya menawarkan satu varian memori saja yang masuk ke Indonesia yaitu RAM 6 GB dan internal 128 GB. Meski begitu, kapasitasnya sudah cukup untuk membuat performa tetap optimal selama digunakan.

Merujuk pada data Nanoreview, Dimensity 6100+ ini mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 410.348 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 728 poin untuk single-core dan 1938 poin untuk multi-core-nya.

Meski begitu, saat diuji langsung menggunakan HP oleh beberapa reviewer, skor AnTuTu yang diraih justru berada di bawahnya. Misalnya Infofull dalam videonya yang menggunakan Samsung Galaxy M15 5G langsung. Skor AnTuTu v10 yang diraihnya hanya 373.694 poin saja.

Tech Brothers dalam videonya juga melakukan pengujian secara langsung kepada Samsung Galaxy M15 5G. Hasilnya, Dimensity 6100+ yang dimilikinya hanya mendapatkan skor 370.348 poin saja. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 689 poin untuk single-core dan 1837 poin untuk multi-core-nya.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa skor tersebut sudah cukup baik untuk kelas harganya. Untuk mendapatkan hasil pengujian yang lebih jauh, ia melakukan pengujian langsung pada Samsung Galaxy M15 5G dengan memainkan beberapa game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, dan Call of Duty Mobile.

Untuk PUBG Mobile, setelan yang bisa digunakan di dalam game yaitu mencapai HD High. Setelan ini bisa dijalankan dengan cukup lancar. Bahkan, saat memainkan beberapa game lainnya pun tidak ditemukan masalah yang cukup berarti. Padahal, Samsung Galaxy M15 5G ini sebenarnya bukan HP gaming.

6. Daya Tahan Baterai di Atas Rata-Rata

samsung galaxy m15 5g

Samsung Galaxy M15 5G dibekali baterai dengan kapasitas di atas standar yaitu mencapai 6000 mAh. Kapasitasnya yang besar inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa bodi HP ini sedikit lebih tebal dan berat.

Dengan kapasitasnya yang besar, Samsung Galaxy M15 5G menawarkan durasi penggunaan yang lebih lama setiap harinya. Baik itu untuk penggunaan harian biasa seperti bermain media sosial, nonton, atau bahkan bermain game.

Galaxy M series memang dirancang untuk berikan performa dan ketahanan baterai maksimal. Jadi tidak heran kalau Galaxy M15 5G dihadirkan dengan baterai sebesar ini. Ketahanan baterai ini juga didukung oleh faktor lainnya, yakni penggunaan chipset berfabrikasi rendah yang membuatnya lebih hemat daya.

Sementara itu, untuk pengisian dayanya Samsung Galaxy M15 5G dibekali fast charging 25W saja. Kecepatannya memang bukan yang terbaik, apalagi harus mengisi daya yang berada di atas standar.

7. Dibekali Perlindungan Knox Vault

samsung galaxy m15 5g

Samsung Galaxy M15 5G hadir dengan sistem Android 14 dan antarmuka One UI 6.0. Terdapat banyak fitur menarik yang dibawa OneUi 6.0 di HP ini. Salah satunya adalah Knox Vault yang pertama kali hadir di Samsung Galaxy A Series. Dengan begitu, HP ini menjadi salah satu HP Samsung Galaxy M Series pertama yang dibekali fitur keamanan ini.

Knox Vault adalah fitur yang berfungsi untuk mengamankan data-data penting Anda, seperti password dan PIN. Fitur ini memiliki sertifikasi EAL5+ yang mampu melindungi perangkat lunak dan keras yang melibatkan voltase, glitch, suhu tinggi, hingga laser.

Knox Vault ini berbeda dari Knox biasa. Ia memiliki prosesor dan penyimpanannya sendiri, terpisah dari sistem operasi HP. Hal ini membuat data-data penting yang bersifat rahasia seperti password dan PIN bisa tersimpan secara aman. Risiko peretasan pun jadi kecil, karena data-data penting terisolasi. Knox Vault terintegrasi dengan aplikasi Secure Folder.

8. Ada Jaminan Update Panjang Sampai 5 Tahun

samsung galaxy m15 5g

Tidak sedikit konsumen yang hanya bisa pasrah menerima masa update versi Android yang pendek, apalagi HP non-flagship. Rata-rata, HP dengan harga terjangkau di kelas menengah atau entry hanya diberi masa update selama dua tahun setelah tanggal peluncurannya.

Namun berbeda dengan Samsung Galaxy M15 5G ini yang dilengkapi masa update versi OS lebih panjang. Berdasarkan website-nya, Samsung menawarkan pembaruan OS hingga 4 generasi ke depan. Jadi, saat HP ini rilis dengan Android 14, Anda bisa menggunakannya hingga Android 18 nanti.

Selain pembaruan OS, Samsung juga menawarkan pembaruan atau update patch security sangat lama yaitu hingga 5 tahun ke depan. Hal ini makin menjamin penggunaan Samsung Galaxy M15 5G karena tidak akan merasa tertinggal setidaknya sampai 5 tahun ke depan.

Kekurangan Samsung Galaxy M15 5G

Meski dibekali beberapa kelebihan yang menarik, Samsung Galaxy M15 5G tetap bukan HP sempurna. Masih ada beberapa catatan yang bisa dijadikan bahan pertimbangannya. Berikut beberapa kekurangannya yang mesti Anda tahu.

1. Perekaman Video Terbatas

samsung galaxy m15 5g

Samsung Galaxy M15 5G menjadi salah satu HP terjangkau dengan kemampuan kamera yang cukup baik. Apalagi HP ini dibekali konfigurasi kamera yang lengkap dengan kamera ultrawide di bagian belakangnya. Menariknya, hasil dari kamera utama dan ultrawide ini tidak jauh berbeda dan sama-sama baik dengan warna jernih dan tajam.

Sayangnya, kemampuan fotografi yang baik ini tidak diikuti kemampuan videografi yang baik juga. Kamera depan dan belakang Samsung Galaxy M15 5G ini hanya mampu mencapai kualitas 1080p 30 fps saja. Tidak ada opsi untuk meningkatkannya hingga 4K, bahkan 60 fps pun tidak tersedia.

Hal ini tentu menjadi salah satu kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Sebab kualitas tersebut biasanya akan terkena kompresi saat diunggah ke aplikasi media sosial seperti Instagram atau TikTok.

2. Bodi Tebal dan Desain Layar Jadul

Bodi Tebal dan Desain Layar Jadul

Kekurangan lainnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran bodinya yang sedikit lebih besar. Ketebalannya mencapai 9,3 mm dengan berat lebih dari 200 gram atau tepatnya 217 gram. Anda mungkin akan merasakan bobotnya yang lebih berat ini saat sudah menggunakan HP dalam waktu yang cukup lama.

Tidak hanya itu, jika Anda melihat ke bagian depannya, Samsung Galaxy M15 5G ini terlihat masih jadul. Pasalnya desain notch yang digunakan masih waterdrop, bukan punch hole. Padahal, banyak HP di kelasnya atau di bawahnya yang sudah menggunakan punch hole.

Selain itu, desain bezel di sekelilingnya pun terlihat masih cukup tebal. Apalagi di bagian dagu atau tepi bawahnya yang jadi paling tebal. Hal ini membuat rasio layarnya kecil yaitu hanya 84,3 persen saja.

Simpulan

Samsung Galaxy M15 5G menjadi salah satu HP terjangkau yang punya kemampuan foto yang cukup baik. Apalagi memiliki konfigurasi kamera lengkap dengan kamera ultrawide di belakangnya. Sayangnya, hanya kemampuan fotografi yang bisa diandalkan, tidak dengan videografinya.

HP dengan ukuran layar 6,5 inci ini juga cocok untuk aktivitas seperti menonton atau bermmain game. Jenis panel layarnya sudah menggunakan Super AMOLED Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz. HP ini juga punya layar cerah dan tetap terlihat jelas di luar ruangan yang terik. Sayangnya, desainnya ini masih terlihat jadulk dengan notch waterdrop dan bezel tebal.

Performanya mengandalkan Dimensity 6100+ yang cukup tangguh dengan tingkat efisiensi baik. Anda juga bisa menggunakan HP dengan durasi yang lebih lama berkat kapasitas baterainya yang mencapai 6000 mAh. Sayangnya pengisian dayanya ini masih bukan yang terbaik yaitu hanya 25W saja.

Samsung Galaxy M15 5G juga cocok bagi yang mencari HP untuk penggunaan jangka panjang. Pasalnya, HP ini dibekali jaminan update OS atau Android hingga 4 generasi ke depan. Sedangkan untuk patch keamanannya bisa sampai 5 tahun ke depan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M15 5G yang mesti Anda tahu. HP ini jadi salah satu yang cukup menarik di kelas harganya. Bagaimana menurut Anda, apakah tertarik untuk memilikinya? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram