carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy M14 5G dan Galaxy M15 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

amsung Galaxy M15 5G di sempat hadir di pasar India terlebih dahulu pada April 2024. Dilihat dari penamaannya, jelas Samsung Galaxy M15 5G ini jadi penerus dari Galaxy M14 5G yang dirilis sejak Maret 2023 di Indonesia.

Saat artikel ini tayang, Galaxy M15 5G belum diumumkan secara resmi di Indonesia.

Sebagai penerus, Samsung Galaxy M15 5G ini menawarkan beberapa peningkatan di beberapa sektornya. Mulai dari layar, performa, hingga kamera yang lebih lengkap. Lebih lengkap, Anda bisa melihat beberapa perbedaan antara Samsung Galaxy M14 5G dan Galaxy M15 5G setelah informasi spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G

Samsung Galaxy M14 5G
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Exynos 1330
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy M15 5G

Samsung Galaxy M15 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6100+
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy M14 5G dan Galaxy M15 5G

Berada di kelas harga yang tidak jauh berbeda, Samsung Galaxy M15 5G terlihat menarik dengan beberapa peningkatannya. Sebelum memutuskan untuk membelinya, berikut beberapa perbedaan dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy M14 5G.

1. PLS LCD vs Super AMOLED

samsung galaxy m15 5g

Sektor layar menjadi salah satu yang mengalami peningkatan cukup menarik. Pendahulunya yaitu Samsung Galaxy M14 5G masih menggunakan panel PLS LCD. Panel ini memang sering digunakan untuk serinya seperti Galaxy M13 5G ataupun Galaxy M12.

Namun, Samsung membuat perbedaan dengan menggunakan panel Super AMOLED pada Samsung Galaxy M15 5G. Panel ini tentu saja lebih unggul dibandingkan panel PLS atau IPS LCD. Kedalaman warna yang ditampilkan jauh lebih baik dengan warna hitam pekat atau warna lain yang lebih terang.

Jenis panel yang digunakannya ini meningkatkan kenyamanan penggunaan untuk berbagai aktivitas. Seperti menonton, scrolling, atau bermain game. Ukuran layarnya juga oke yaitu 6,5 inci, berbeda satu inci dari Samsung Galaxy M14 5G yang punya ukuran layar 6,6 inci.

Untuk resolusinya, keduanya bisa sampai Full HD+ sehingga tampilan layarnya cukup tajam. Hanya saja, Samsung Galaxy M15 5G tampaknya lebih cocok untuk digunakan di luar ruangan. Sebab layarnya sudah mendukung kecerahan layar puncak hingga 800 nit. Meski keadaan cuaca sedang terik, Anda tetap bisa membaca teks yang ada di layar HP ini.

Tidak ada perbedaan lain dari sektor layarnya ini. Baik Samsung Galaxy M14 5G atau Galaxy M15 5G, keduanya menawarkan kenyamanan penggunaan cukup baik. Keduanya kompak menggunakan refresh rate 90 Hz yang masih terbilang oke di kelas harganya. Setidaknya, aktivitas seperti scrolling media sosial atau bermain game jadi lebih nyaman.

Tampilan layar keduanya juga masih sama saja. Agaknya Samsung harus lebih memerhatikan soal desainnya. Sebab desain notch waterdrop sudah ketinggalan zaman. Selain itu, notch-nya jadi lebih menghalangi tampilan layar. Sama halnya dengan desain bezel yang masih terlihat tebal, terutama di bagian dagu atau tepi bawahnya.

2. Exynos 1330 vs Dimensity 6100+

exynos 1330 vs dimensity 6100+

Sebagai penerus, kali ini Samsung Galaxy M15 5G menggunakan chipset buatan MediaTek yaitu Dimensity 6100+. Padahal, Samsung Galaxy M14 5G masih menggunakan chipset buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 1330. Lantas, apakah ini merupakan upgrade atau justru downgrade?

Mari kita bahas dari Exynos 1330. Chipset yang digunakan Samsung Galaxy M14 5G ini menggunakan teknologi manufaktur 5 nm. Ukuran transistor yang semungil ini membuatnya mampu menghadirkan efisiensi daya tinggi pada setiap aktivitas yang dilakukan di ponsel.

Exynos 1330 juga dinilai memiliki performa yang kencang untuk seukuran chipset di kelas lower mid-range. Chipset ini menggunakan prosesor delapan inti (octa-core) yang mencakup formasi 2+6 dengan konfigurasi big.LITTLE.

Klaster "big" alias high performance terdiri atas dua core Cortex A78 dengan clock speed 2.4 GHz. Sementara itu, klaster "LITTLE" mengandalkan enam core hemat daya Cortex A55 di frekuensi 2 GHz. Penanganan grafisnya diserahkan pada Mali G68 MP2 berbasiskan arsitektur Valhall 2nd Gen dengan frekuensi 950 MHz.

Sementara itu, Dimensity 6100+ sudah terintegrasi dengan modem 5G dengan koneksi 5G sub-6. Koneksi tersebut juga sudah didukung oleh teknologi UltraSave 3.0. Hal ini membuat penggunaan daya 5G-nya diklaim lebih rendah 20 persen dibandingkan chipset lain di kelasnya.

Chipset dengan fabrikasi 6 nm ini ditenagai oleh delapan inti prosesor atau CPU di dalamnya. Terdiri dari dua core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensi dayanya. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya menggunakan Mali G57 MP2 berbasiskan arsitektur Valhall 1st Gen dengan frekuensi 950 MHz.

Untuk hasil uji Benchmark-nya, tampaknya Exynos 1330 sedikit lebih unggul. Merujuk pada database dari Nanoreview, skor AnTuTu v10 yang diraih Exynos 1330 yaitu 429.652 poin. Sedangkan Dimensity 6100+ mendapatkan skor sekitar 410.348 poin.

Sementara itu untuk GeekBench 6, skor dari Exynos 1330 adalah 929 poin untuk single-core dan 2128 poin untuk multi-core. Dimensity 6100+ masih berada sedikit di bawahnya yaitu 728 poin untuk single-core dan 1938 poin untuk multi-core-nya.

Sebagai informasi, skor data yang ditampilkan Nanoreview ini bukan skor sebenarnya dari dari HP tertentu. Ia hanya menulis rata-rata skor yang didapat chipset tertentu di beberapa HP yang menggunakannya. Jadi, mari kita lihat skor chipset tersebut menggunakan HP-nya langsung dari sumber lain.

Misalnya merujuk pada Dharmesh Review dalam videonya yang menguji Exynos 1330 langsung menggunakan Samsung Galaxy M14 5G. Skor AnTuTu v10 yang diraihnya yaitu 460.835 poin. Sedangkan Dimensity 6100+ yang digunakan Samsung Galaxy M15 5G hanya mendapatkan skor 373.694 poin saja menurut Infofull dalam videonya.

Hal ini cukup wajar jika Exynos 1330 lebih unggul dibandingkan Dimensity 6100+. Apalagi dilihat dari spesifikasinya, Exynos 1330 memiliki clock speed lebih tinggi dengan manufaktur lebih sempit. Artinya baik performa atau efisiensi daya, Samsung Galaxy M14 5G lebih baik ketimbang Galaxy M15 5G sebagai penerusnya.

3. Konfigurasi Kamera Lebih Lengkap

samsung galaxy m15 5g

Samsung Galaxy M15 5G hadir dengan konfigurasi kamera lebih lengkap. HP ini menawarkan tiga kamera di belakangnya yaitu kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) sebagai pelengkapnya.

Sementara itu, Samsung Galaxy M14 5G memang dibekali konfigurasi tiga kamera di bagian belakangnya. Namun, kamera tersebut hanya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4) yang dipilih sebagai pelengkapnya.

Keduanya memang sama-sama memiliki kemampuan kamera utama yang sudah cukup baik. Hasilnya mampu menampilkan warna yang tajam dengan detail yang baik. Apalagi, kamera utama 50 MP hasil dari pixel binning ini mampu menyerap cahaya lebih banyak. Sehingga kemampuannya saat memotret di minim cahaya pun terbilang baik.

Bedanya, Samsung Galaxy M15 5G mampu memotret dengan FoV lebih luas berkat kamera ultrawide-nya. Kamera ini biasanya digunakan untuk memotret pemandangan yang luas, bangunan, atau objek yang banyak. Anda juga bisa melakukan selfie menggunakan kamera ultrawide dengan membalikkan HP sehingga lebih banyak orang dalam satu frame.

Selain itu, Samsung Galax M15 5G juga dibekali fitur gyro-EIS untuk perekaman video kamera belakangnya. Hal ini membuatnya sedikit lebih stabil karena guncangannya bisa diredam. Sedangkan Samsung Galaxy M14 5G tidak memiliki fitur stabilisasi ini.

Meski begitu, kedua HP ini hanya mampu merekam video di 1080p dengan 30 fps saja. Kualitas ini berlaku untuk perekaman video di kamera belakang dan depannya.

4. Dibekali Perlindungan Knox Vault

samsung galaxy m15 5g

Samsung Galaxy M15 5G hadir dengan sistem Android 14 dan antarmuka One UI 6.0. Sedangkan Samsung Galaxy M14 5G rilis dengan sistem Android 13 dan antarmuka One UI Core 5.

Terdapat banyak fitur menarik yang dibawa One UI 6.0 di Samsung Galaxy M15 5G. Salah satunya adalah Knox Vault yang hadir pertama kali di Samsung Galaxy A Series. Dengan begitu, HP ini menjadi salah satu HP Samsung Galaxy M Series pertama yang dibekali fitur keamanan ini.

Knox Vault adalah fitur yang berfungsi untuk mengamankan data-data penting Anda, seperti password dan PIN. Fitur ini memiliki sertifikasi EAL5+ yang mampu melindungi perangkat lunak dan keras yang melibatkan voltase, glitch, suhu tinggi, hingga laser.

Knox Vault ini berbeda dari Knox biasa. Ia memiliki prosesor dan penyimpanannya sendiri, terpisah dari sistem operasi HP. Hal ini membuat data-data penting yang bersifat rahasia seperti password dan PIN bisa tersimpan secara aman. Risiko peretasan pun jadi kecil, karena data-data penting terisolasi. Knox Vault terintegrasi dengan aplikasi Secure Folder.

5. Jaminan Update yang Lebih Lama

samsung galaxy m15 5g

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh kedua HP Samsung di kelas menengah ini adalah jaminan update yang lama. Hal ini membuat keduanya cocok bagi Anda yang mencari HP untuk penggunaan jangka waktu yang panjang.

Rata-rata, smartphone dengan harga menengah atau entry-level hanya diberi masa update selama dua tahun setelah tanggal peluncuran. Kecuali HP flagship yang biasanya memberikan jaminan update lebih lama karena harga yang dipatok juga cukup tinggi.

Namun, Samsung Galaxy M14 5G jadi salah satu HP Samsung yang memberikan jaminan update OS hingga 2 generasi ke depan. Jadi, saat HP ini rilis dengan Android 13, Anda bisa mendapatkan update OS dan menggunakannya hingga Android 15.

Sedangkan untuk update patch keamanannya jauh lebih lama yaitu hingga 4 tahun. Hal ini membuat pengalaman penggunaan Samsung Galaxy M14 5G makin baik setidaknya sampai 4 tahun ke depan.

Sementara itu, Samsung Galaxy M15 5G bahkan menawarkan jaminan update yang lebih lama. Berdasarkan website-nya, Samsung menawarkan pembaruan OS hingga 4 generasi ke depan. Jadi, saat HP ini rilis dengan Android 14, Anda bisa menggunakannya hingga Android 18 nanti.

Selain pembaruan OS, Samsung juga menawarkan pembaruan atau update patch security sangat lama yaitu hingga 5 tahun ke depan. Hal ini makin menjamin penggunaan Samsung Galaxy M15 5G karena tidak akan merasa tertinggal setidaknya sampai 5 tahun ke depan.

6. Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy M14 5G

Samsung Galaxy M14 5G hadir terlebih dahulu di Indonesia yaitu pada Maret 2023. HP ini hadir dengan tiga varian warna yang bisa dipilih yaitu Blue, Dark Blue, dan Silver. Sedangkan Samsung Galaxy M15 5G kabarnya akan hadir pada Mei atau Juni 2024 di pasar Indonesia. HP ini juga hadir dengan tiga varian warna yaitu Dark Blue, Light Blue, dan Gray.

Untuk harganya, Samsung Galaxy M14 5G memiliki tiga varian memori yang bisa Anda beli. Mulai dari varian 4/64 GB yang dijual dengan harga Rp2,1 jutaan saja. Kemudian varian 4/128 GB yang dijual dengan harga Rp2,5 jutaan. Terakhir adalah varian 6/128 GB yang paling tinggi yaitu dijual dengan harga Rp2,8 jutaan saja.

Sedangkan Samsung Galaxy M15 5G hanya menawarkan satu varian memori saja. Varian memori tersebut yaitu RAM 6 GB dan internal 128 GB yang dijual sekitar Rp2,9 jutaan saja.

Simpulan

Samsung Galaxy M15 5G menjadi salah satu HP Samsung dengan harga terjangkau yang punya konfigurasi kamera lengkap. Berbeda dengan Galaxy M14 5G yang hanya mengandalkan kamera utama saja, Galaxy M15 5G sudah dibekali kamera ultrawide untuk pemotretan dengan FoV lebih luas.

Kemampuan layar Samsung Galaxy M15 5G juga sudah lebih baik dengan panel Super AMOLED. Kualitas warna dan kejernihan layarnya lebih baik dari Galaxy M14 5G yang menggunakan panel PLS LCD. Galaxy M15 5G juga lebih cocok digunakan di luar ruangan berkat kecerahan layarnya yang mencapai 800 nit.

Meski begitu, Samsung Galaxy M14 5G tampaknya tetap lebih unggul soal performa. HP ini menggunakan chipset buatan Samsung yaitu Exynos 1330 dengan clock speed mencapai 2,4 GHz. Sedangkan Galaxy M15 5G menggunakan Dimensity 6100+ yang memiliki clock speed sampai 2,2 GHz saja.

Jika Anda mencari HP untuk penggunaan jangka panjang, Samsung Galaxy M15 5G ini cocok untuk Anda. Samsung memberikan jaminan update OS hingga 4 generasi ke depan dengan patch keamanan sampai 5 tahun lamanya. Sedangkan Galaxy M14 5G hanya mendapatkan update OS hingga 2 generasi ke depan dengan patch keamanan sampai 4 tahun saja.

Nah, itulah beberapa perbedaan yang mesti Anda tahu. Lantas, mana yang lebih menarik perhatian Anda, apakah Samsung Galaxy M14 5G atau Galaxy M15 5G? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram