carisinyal web banner retina

10 HP Samsung dengan Kamera Terbaik di Dunia (Mei 2022)

Ada banyak ponsel di pasaran yang menawarkan kamera dengan kualitas terbaik. Ada yang benar-benar menawarkan kamera terbaik, ada juga yang memang hanya sekadar klaim dari vendor atau produsen ponselnya. Ponsel dengan kamera terbaik umumnya memiliki harga kelas atas, meski ada beberapa juga tipe HP dengan kamera terbaik di kelas menengah.

Samsung, vendor asal Korea Selatan, adalah salah satu vendor yang juga sering menghadirkan ponsel dengan kamera terbaik. Tapi biasanya ponsel Samsung dengan kamera terbaik umumnya adalah HP Samsung kelas atas. Seperti contohnya, 10 HP yang jadi rekomendasi Carisinyal berikut ini jika Anda mencari HP merek Samsung dengan kualitas kamera terbaik.

Oh iya, sebagai catatan, ponsel-ponsel flagship keluaran Samsung umumnya hadir dengan dua varian chipset yang berbeda, yakni versi Exynos dan Snapdragon. Umumnya yang masuk ke pasar Indonesia adalah yang pakai Exynos, tapi kami juga tetap akan menyertakan beberapa versi Snapdragon yang biasanya dirilis untuk pasar USA dan Cina. Yuk disimak!

1. Samsung Galaxy S22 Ultra (Exynos) 

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan satu-satunya varian yang hadir sebagai pengganti bagi Galaxy Note series. Hal ini tercermin dari desain bodinya yang berbeda dibandingkan varian lainnya, dengan ujung-ujung yang lancip serta menyuguhkan S Pen dari paket penjualannya.

Untuk versi yang hadir di Tanah Air, menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 sebagai salah satu SoC Qualcomm paling kuat di dunia. Akan tetapi, yang punya kemampuan fotografi unggul adalah model yang gunakan Exynos 2200 dengan fabrikasi 4 nm.

Sebagai versi S22 tertinggi, Ultra turut suguhkan kemampuan kamera terbaik. Dengan kamera utama beresolusikan 108 MP ISOCELL HM3 yang dilengkapi dengan Laser AF, PDAF dan OIS, ponsel menggunakan teknologi Nano Bayer untuk hasilkan output 12 MP dengan kualitas menakjubkan.

Adapun pada kamera-kamera pendampingnya, Galaxy S22 Ultra suguhkan dua buah lensa telefoto beresolusi 10 MP dan satu kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP, sanggup memotret pada bidang keluasan 120 derajat serta menawarkan fitur Super Steady Video.

Situs DxOMark memberikan skor 131 poin pada kemampuan kameranya, disebutkan bahwa kamera Galaxy S22 Ultra mampu mencetak white balance dan warna yang menyenangkan pada setiap kondisi. HP flagship ini juga sangat menunjang untuk pemotretan minim cahaya, mampu hadirkan exposure yang baik pada kebanyakan adegan dengan rentang dinamis yang luas.

HP ini juga disebutkan memiliki kemampuan stabilisasi yang unggul ketika merekam video sambil berjalan, dan mampu menghasilkan efek bokeh yang natural. Pada semua aspek baik yang HP ini miliki, Galaxy S22 Ultra meraih skor tertinggi pada bagian reproduksi warna dan kemampuan bokehnya.

Tak hanya unggul di sisi kamera, Galaxy S22 Ultra juga menyuguhkan sensor UWB yang jarang dimiliki ponsel flagship lainnya, hadirkan kemampuan melacak benda yang hilang dengan akurasi tinggi. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra untuk info selengkapnya!

2. Samsung Galaxy S22 (Exynos) 

Galaxy S22 Pink Gold
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 11.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel Samsung berikutnya yang punya kemampuan fotografi paling baik adalah Galaxy S22 5G pada varian Exynos 2200. Konfigurasi kamera yang dibawakannya adalah Triple Camera dengan sensor utama 50 MP (f/1.8) berukuran 1/1.56 inci, dilengkapi dengan fitur OIS dan Dual Pixel PDAF.

Sebagai lensa kedua, Anda disuguhkan dengan sensor telefoto 10 MP (f/2.4) dengan OIS dan kemampuan zoom optik hingga 3x. Tidak seperti varian Ultra, Galaxy S22 reguler ini hanya tampilkan satu sensor telefoto alih-alih dua.

Adapun pada sensor ketiganya, pengguna ditawarkan dengan kamera 12 MP ultrawide pada sudut keluasan 120 derajat. Sensor ultrawide tersebut memiliki fitur Super Steady Video yang akan membuat Anda lebih mudah dalam merekam pemandangan lanskap, sekalipun saat berada di kendaraan ataupun ketika berjalan kaki.

Ponsel varian reguler ini memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 8K pada frame rate 24 FPS, dan memungkinkan pengguna untuk hasilkan video rekaman berkualitas HDR 10+ dengan suara stereo sound.

Saking dianggap memiliki kualitas kamera terbaik, bahkan Samsung Galaxy S22 varian Exynos ini mendapatkan skor 126 poin pada situs DxOMark. Menurutnya, perangkat premium ini sanggup meminimalisir noise pada pemotretan minim cahaya. Ia juga dipuji karena mampu hasilkan warna kulit yang natural pada foto.


Selain punya keunggulan di sisi kamera, Galaxy S22 reguler punya kelebihan pada bodinya yang begitu ringan, hanya berbobot 167 gram. Meski ringan, hal ini tidak mengurangi ketahanan bodinya yang dilapisi dengan Gorilla Glass Victus+ di panel depan dan belakangnya, serta tersertifikasi IP68 agar tahan di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

3. Samsung Galaxy S22+ (Exynos)

Samsung Galaxy S22+ 5G Phantom White_
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sama seperti varian reguler, Samsung Galaxy S22+ juga termasuk ke dalam daftar ponsel Samsung dengan kamera terbaik. Bahkan ia pun meraih skor DXoMark yang sama dengan reguler yaitu 126 poin.

Galaxy S22+ disebut memiliki kemampuan zoom terbaik di segmen harganya, mampu tonjolkan warna yang menyala pada setiap foto di segala kondisi pencahayaan, serta hadirkan warna yang cerah dan kaya pada perekaman video di dalam dan luar ruangan.

Cukup wajar versi Plus ini hadirkan skor yang sama dengan reguler. Pasalnya, ia masih gunakan konfigurasi kamera yang sama, menggunakan kamera utama beresolusi 50 MP (f/1.8) dengan Dual Pixel PDAF dan OIS.

Pada kedua lensa pendamping, perangkat dilengkapi dengan sensor telefoto 10 MP (f/2.4) dengan PDAF dan OIS, serta mampu melakukan zoom optik hingga 3x. Lensa ketiga merupakan kamera 12 MP ultrawide dengan FOV 120 derajat, juga dengan fitur Super Steady Video sebagai fitur stabilisasinya.

Sebagai kamera depan, ponsel dikemas dengan sensor 10 MP (f/2.2) dengan Dual Pixel PDAF dan kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K pada frame rate 30 dan 60 FPS.

Kendati tidak hadirkan S Pen seperti Ultra, namun Anda tetap ditawarkan segudang kelebihan yang menarik, terlebih dari segi konektivitasnya.

Ya, varian Plus ini juga masih dibekali dengan fitur UWB (Ultrawide Band) yang dapat mengomunikasikan dua perangkat pada jarak pendek dengan bandwidth tinggi. Saat dikombinasikan dengan aksesoris Galaxy Tag+, ponsel dapat memberitahukan lokasi suatu penda pada presisi tingkat tinggi.

Terlebih lagi, perangkat ini juga suguhkan layar dengan ukuran yang layak di angka 6,6 inci pada resolusi Full HD+, serta memiliki ketahanan bodi super kuat dengan frame armour aluminium, sertifikasi IP68, serta Gorilla Glass Victus+ di panel depan dan belakang.

Seluruh varian Galaxy S22 series, termasuk Plus, juga menyediakan fitur Samsung DeX yang dapat berikan pengalaman desktop saat dihubungkan ke monitor atau Smart TV, baik secara wireless maupun kabel.

4. Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos)

Samsung Galaxy S20 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.9 inci
Chipset Exynos 990 (7 nm+)
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 48 MP (periscope telephoto) 12 MP (ultrawide) 0.3 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel flagship unggulan Samsung ini juga dilengkapi dengan pengaturan kamera yang hebat di belakang. Pun dengan kamera depannya yang hebat untuk swafoto. DxOMark memberikan nilai keseluruhan 126 untuk kinerja kamera belakang dan 100 untuk kamera depan.

Kamera belakang HP ini terdiri dari empat modul, dengan kamera utama beresolusi 108 MP untuk hasil foto yang lebih kaya. Selanjutnya ada kamera periskop telefoto 48 MP yang menawarkan zoom hingga 100x yang berbasis AI dan multi-image processing untuk mengurangi penurunan kualitas gambar pada zoom tingkat tinggi.

Sejumlah fitur unggulan juga ditambahkan pada kameranya sehingga Anda dapat menghasilkan foto maupun video berkualitas tinggi hingga kualitas 8K!

Pun dengan kamera depannya yang berupa unit 48 MP yang dapat diandalkan dengan baik untuk selfie maupun video selfie hingga kualitas 4K. Rupanya, varian yang pakai Exynos ini mampu memberikan kemampuan kamera lebih baik daripada yang Snapdragon.

5. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Harga Saat Rilis Rp 24.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung telah merilis generasi ketiga dari seri ponsel lipat andalannya yaitu Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Ini sungguh merupakan ponsel lipat revolusioner yang sulit ditandingi siapapun, terlebih setelah mengetahui fakta bahwa ia mengantongi sertifikasi IPX8 yang membuatnya tahan air.

Mengingat ia hadir dengan desain bodi yang kompleks, sertifikasi ketahanan air tersebut terlihat seperti suatu hal yang mustahil. Ketahanan layarnya pun kini dibuat dengan lebih kokoh ketimbang generasi pendahulunya, telah melalui serangkaian pengujian buka-tutup beberapa kali sehingga mekanisme ponsel lipat di HP ini akan cenderung lebih awet dalam waktu lama.

Secara konfigurasi fisik kameranya, nyatanya Galaxy Z Fold3 5G tidak berbeda dengan Z Fold2 5G, alias sama-sama hadirkan tiga kamera dengan masing-masingnya beresolusikan 12 MP.

Lensa pertama berada pada fungsi wide-angle (disertai OIS), lensa kedua merupakan sensor telefoto untuk melakukan zoom optik hingga 2x (juga disertai dengan OIS), dan lensa ketiganya adalah kamera ultrawide dengan FOV 123 derajat.

Anda pun dapat merekam video dengan resolusi hingga 4K pada HP ini, dan bisa mendapatkan hasil optimal meskipun merekam sambil berjalan berkat adanya gyro-EIS.

Uniknya lagi, ia hadir dengan dua kamera selfie - satu lensa terletak di cover dalam bentuk punch hole, dan satunya lagi di layar utama dalam bentuk UDC (under display camera).

Kualitas hasil foto dan videonya sendiri menempatkan ponsel lipat ini di skor 124 poin pada situs DxOMark. Lebih rinci lagi, skor yang didapatkan adalah 134 poin untuk kinerja foto, 66 poin untuk zoom, dan 103 poin untuk video.

Dengan menggunakan Galaxy Z Fold3 5G sebagai sarana fotografi, Anda akan merasakan kualitas exposure yang akurat pada foto, reproduksi warna yang cerah dan white balance pada foto kondisi luar dan dalam ruangan, serta noise yang minim.

Ketika menggunakan lensa telefoto, disebutkan pula bahwa ia mampu tampilkan detil yang tajam pada jarak dekat dan medium. Warna-warna yang ditampilkan pada hasil rekaman videonya juga cukup luas dan jelas, serta hadirkan autofokus yang sungguh akurat. Untuk cari tahu info selengkapnya tentang HP ini, kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G.

6. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Snapdragon)

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Dari segi spesifikasinya, tidak ada perbedaan yang begitu berarti antara Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang pakai SoC Snapdragon maupun yang menggunakan Exynos. Keduanya masih sama-sama menawarkan konfigurasi kamera yang sama baik itu untuk kamera depan maupun belakangnya.

Sebagai produk teratas pada seri Galaxy S21, ponsel yang gunakan chipset dari Qualcomm ini dibesut dengan Snapdragon 888 5G yang sungguh punya performa tak terkalahkan.

Selain dari performanya yang gahar, versi Snapdragon ini juga memiliki kemampuan fotografi lebih baik dibandingkan yang Exynos.

Begitulah kira-kira yang tertera pada tangga nilai DxOMark yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Snapdragon) meraih skor 123 di bagian kemampuan kamera belakang, sedangkan versi Exynos hanya dapat skor 121 saja.

Skor yang lebih tinggi ini disebabkan kemampuan versi Snapdragon dalam hal tekstur, pengurangan noise, dan juga hasil foto yang lebih bagus saat di-zoom.

7. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Exynos 2100
RAM 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 16.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy S21 Ultra dibekali spesifikasi paling keren sebagai penghuni kasta teratas Galaxy S21 Series. Hal yang paling mencolok tentu saja disematkannya sensor 108MP Samsung ISOCELL HM3 yang berukuran 1/1.33 inci pada kamera utamanya.

Sensor dengan hasil sebiji piksel berukuran 0.8µm itu ditemani oleh lensa 26 mm yang dilengkapi sistem penstabil optik (OIS). Menurut GSM Arena, sensor HM3 menghadirkan beberapa peningkatan dibanding dengan sensor HM1 yang dipakai oleh Galaxy Note20 Ultra. Peningkatan itu di antaranya adalah kemampuan HDR, low light, dan autofocus.

Selain kamera utama 108 MP, modul kamera belakang punya lensa ultrawide 12 MP f/2.2, lensa telefoto periskop 10 MP f/4.9, dan lensa telefoto 10 MP f/2.4. Secara umum, kualitas kamera belakang ponsel ini bagus.

Dynamic range-nya luar biasa, white balance jempolan, detailnya dapat, dan kontrasnya oke. Kemampuan menjepret pada malam hari pun sangat baik, sedikit sekali noise yang muncul dengan mengaktifkan night mode.

Hal sama terjadi pada kamera selfie-nya yang mampu menghasilkan gambar dengan detail, dynamic range, dan warna bagus. Adapun seluruh kamera ponsel ini bisa merekam video hingga resolusi 4K di 60 fps.

Berdasarkan yang tertera pada ranking DxOMark, ponsel varian Exynos ini berhasil meraih skor 121 untuk kemampuan kamera belakangnya, serta meraih poin 100 untuk kamera swafoto alias selfie.

8. Samsung Galaxy S21  FE 5G

Galaxy S21 FE 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.4 inci
Chipset Exynos 2100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy S21 FE 5G (Fan Edition) merupakan seri yang berada pada segmen harga lebih terjangkau dari seri regulernya. Kendati speknya lebih sederhana, namun tetap disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Misalnya saja untuk dapur pacunya, masih tetap disuguhkan dengan Snapdragon 888 terlepas harganya yang lebih murah. Pengurangan hanya terjadi pada resolusi kamera telefoto yang semula 64 MP menjadi 8 MP. Kamera utamanya masih sama-sama suguhkan resolusi 12 MP yang disertai OIS, begitupun dengan sensor ultrawide-nya dengan resolusi 12 MP pada FOV 123 derajat.

Uniknya, seri Fan Edition ini justru malah memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih tinggi, di angka 32 MP alih-alih 10 MP. Bukan itu saja, baterai Fan Edition ini juga ditingkatkan menjadi 4.500 mAh yang semula 4.000 mAh pada S21 reguler. Layar HP ini juga diketahui memiliki peningkatan dari sisi ukuran yakni 6,4 inci FHD+ pada panel Dynamic AMOLED 2X.

Secara garis besar, Anda bisa hasilkan foto selfie lebih baik, menikmati immersion lebih mendalam saat menonton film berkat layarnya yang besar, juga merasakan ketahanan baterai yang lebih awet pada Galaxy S21 FE ini.

Perangkat ini mencapai skor kamera sebesar 120 poin pada pengujian DXoMark, dengan skor 126 poin pada kemampuan fotografi, 63 poin pada kemampuan zoom, dan 104 poin pada videografi.

Beberapa hal yang dipuji pada kamera HP ini adalah kemampuannya dalam hadirkan tekstur memukau saat kondisi cahaya terang. Ia pun sanggup menampilkan exposure yang baik pada video dengan kontras rendah, dan menyuguhkan isolasi subjek yang akurat pada mode bokeh.

9. Samsung Galaxy Note20 (Exynos)

Samsung Galaxy Note20
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Exynos 990
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 64 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak hanya seri Galaxy S, Samsung juga mengelurkan seri flagship yang mereka namakan Galaxy Note. Umumnya seri ini hadir dengan tambahan fitur S Pen, sebuah stylus yang punya kenyamanan tinggi saat digunakan serta responsivitas yang begitu cepat.

Galaxy Note20 inipun hadir dengan kamera yang begitu bisa diandalkan. Walau hanya gunakan konfigurasi Triple Camera, tapi nyatanya ponsel yang pakai varian Exynos 990 ini mampu mencatat skor DxOMark yang baik.

Yakni, di kamera belakangnya mendapatkan poin 120 untuk kamera belakang dan poin 100 untuk kamera depan. Fitur-fitur kameranya memang begitu menggiurkan, seperti Single Take yang bisa membuatkan hasil foto/video berdasarkan perekaman 15 detik, resolusi 8K, dan masih banyak lagi.

10. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G (Exynos)

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.9 inci
Chipset Exynos 990
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 12 MP (periscope telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G varian Exynos dibekali tiga kamera belakang canggih. Salah satunya adalah kamera telefoto periskop dengan OIS, PDAF, dan mampu melakukan perbesaran optik hingga 5 kali. Sementara itu, kamera selfie HP ini diperkuat dengan kemampuan autofokus (dual pixel PDAF).

Tak heran bila DxOMark memberi nilai 120 terhadap kemampuan kamera belakang si ponsel, dan 100 untuk kemampuan kamera selfie-nya. DxoMark menilai, kamera si ponsel mampu menghasilkan warna yang hidup baik foto dan video.

Rentang dinamisnya pun luas dengan akurasi eksposur target yang sip. Hal tersebut juga berlaku pada foto yang diambil melalui kamera telefotonya. Sementara itu, DxoMark turut mengapresiasi kamera si ponsel yang dapat menghasilkan video yang minim noise, serta stabil kendati direkam sambil berjalan.

Itulah rekomendasi HP Samsung dengan kamera terbaik yang bisa Anda pilih di tahun ini. Bagi Anda penggemar HP keluaran Samsung dan membutuhkan kualitas foto terbaik, maka pilihlah salah satu smartphone yang kami ulas di atas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram