10 HP Samsung dengan Kamera Terbaik di Dunia (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada banyak ponsel di pasaran yang menawarkan kamera dengan kualitas terbaik. Ada yang benar-benar menawarkan kamera terbaik, ada juga yang memang hanya sekadar klaim dari vendor atau produsen ponselnya. Ponsel dengan kamera terbaik umumnya memiliki harga kelas atas, meski ada beberapa juga tipe HP dengan kamera terbaik di kelas menengah.

Samsung, vendor asal Korea Selatan, adalah salah satu vendor yang juga sering menghadirkan ponsel dengan kamera terbaik. Tapi biasanya ponsel Samsung dengan kamera terbaik umumnya adalah HP Samsung kelas atas. Seperti contohnya, 10 HP yang jadi rekomendasi Carisinyal berikut ini jika Anda mencari HP merek Samsung dengan kualitas kamera terbaik.

Oh iya, sebagai catatan, ponsel-ponsel flagship keluaran Samsung umumnya hadir dengan dua varian chipset yang berbeda, yakni versi Exynos dan Snapdragon. Umumnya yang masuk ke pasar Indonesia adalah yang pakai Exynos, tapi kami juga tetap akan menyertakan beberapa versi Snapdragon yang biasanya dirilis untuk pasar USA dan Cina. Yuk disimak!

1. Samsung Galaxy S22 Ultra (Exynos) 

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan satu-satunya varian yang hadir sebagai pengganti bagi Galaxy Note series. Hal ini tercermin dari desain bodinya yang berbeda dibandingkan varian lainnya, dengan ujung-ujung yang lancip serta menyuguhkan S Pen dari paket penjualannya.

Untuk versi yang hadir di Tanah Air, menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 sebagai salah satu SoC Qualcomm paling kuat di dunia. Akan tetapi, yang punya kemampuan fotografi unggul adalah model yang gunakan Exynos 2200 dengan fabrikasi 4 nm.

Sebagai versi S22 tertinggi, Ultra turut suguhkan kemampuan kamera terbaik. Dengan kamera utama beresolusikan 108 MP ISOCELL HM3 yang dilengkapi dengan Laser AF, PDAF dan OIS, ponsel menggunakan teknologi Nano Bayer untuk hasilkan output 12 MP dengan kualitas menakjubkan.

Adapun pada kamera-kamera pendampingnya, Galaxy S22 Ultra suguhkan dua buah lensa telefoto beresolusi 10 MP dan satu kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP, sanggup memotret pada bidang keluasan 120 derajat serta menawarkan fitur Super Steady Video.

Situs DxOMark memberikan skor 131 poin pada kemampuan kameranya, disebutkan bahwa kamera Galaxy S22 Ultra mampu mencetak white balance dan warna yang menyenangkan pada setiap kondisi. HP flagship ini juga sangat menunjang untuk pemotretan minim cahaya, mampu hadirkan exposure yang baik pada kebanyakan adegan dengan rentang dinamis yang luas.

HP ini juga disebutkan memiliki kemampuan stabilisasi yang unggul ketika merekam video sambil berjalan, dan mampu menghasilkan efek bokeh yang natural. Pada semua aspek baik yang HP ini miliki, Galaxy S22 Ultra meraih skor tertinggi pada bagian reproduksi warna dan kemampuan bokehnya.

Tak hanya unggul di sisi kamera, Galaxy S22 Ultra juga menyuguhkan sensor UWB yang jarang dimiliki ponsel flagship lainnya, hadirkan kemampuan melacak benda yang hilang dengan akurasi tinggi. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra untuk info selengkapnya!

2. Samsung Galaxy S22 (Exynos) 

Galaxy S22 Pink Gold
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel Samsung berikutnya yang punya kemampuan fotografi paling baik adalah Galaxy S22 5G pada varian Exynos 2200. Konfigurasi kamera yang dibawakannya adalah Triple Camera dengan sensor utama 50 MP (f/1.8) berukuran 1/1.56 inci, dilengkapi dengan fitur OIS dan Dual Pixel PDAF.

Sebagai lensa kedua, Anda disuguhkan dengan sensor telefoto 10 MP (f/2.4) dengan OIS dan kemampuan zoom optik hingga 3x. Tidak seperti varian Ultra, Galaxy S22 reguler ini hanya tampilkan satu sensor telefoto alih-alih dua.

Adapun pada sensor ketiganya, pengguna ditawarkan dengan kamera 12 MP ultrawide pada sudut keluasan 120 derajat. Sensor ultrawide tersebut memiliki fitur Super Steady Video yang akan membuat Anda lebih mudah dalam merekam pemandangan lanskap, sekalipun saat berada di kendaraan ataupun ketika berjalan kaki.

Ponsel varian reguler ini memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 8K pada frame rate 24 FPS, dan memungkinkan pengguna untuk hasilkan video rekaman berkualitas HDR 10+ dengan suara stereo sound.

Saking dianggap memiliki kualitas kamera terbaik, bahkan Samsung Galaxy S22 varian Exynos ini mendapatkan skor 126 poin pada situs DxOMark. Menurutnya, perangkat premium ini sanggup meminimalisir noise pada pemotretan minim cahaya. Ia juga dipuji karena mampu hasilkan warna kulit yang natural pada foto.

Selain punya keunggulan di sisi kamera, Galaxy S22 reguler punya kelebihan pada bodinya yang begitu ringan, hanya berbobot 167 gram. Meski ringan, hal ini tidak mengurangi ketahanan bodinya yang dilapisi dengan Gorilla Glass Victus+ di panel depan dan belakangnya, serta tersertifikasi IP68 agar tahan di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

3. Samsung Galaxy S22+ (Exynos)

Samsung Galaxy S22+ 5G Phantom White_
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sama seperti varian reguler, Samsung Galaxy S22+ juga termasuk ke dalam daftar ponsel Samsung dengan kamera terbaik. Bahkan ia pun meraih skor DXoMark yang sama dengan reguler yaitu 126 poin.

Galaxy S22+ disebut memiliki kemampuan zoom terbaik di segmen harganya, mampu tonjolkan warna yang menyala pada setiap foto di segala kondisi pencahayaan, serta hadirkan warna yang cerah dan kaya pada perekaman video di dalam dan luar ruangan.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram