carisinyal web banner retina

Simak, Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Februari 2023, Samsung kembali membuat ramai dalam segmen HP. Ia meluncurkan tiga model HP flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S23, Samsung Galaxy S23 Plus, dan Samsung Galaxy S23 Ultra. Ketiga HP ini diperkenalkan dalam ajang Galaxy Unpacked dengan spesifikasi menariknya masing-masing.

Samsung Galaxy S23 menjadi model reguler dan paling dasar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S23 Series. Meski begitu, HP ini memiliki keunikan dan keunggulannya sendiri. Berbeda dari dua model lainnya, HP ini memiliki ukuran yang lebih ringkas dan kecil. Hal ini membuatnya lebih nyaman ketika digenggam.

Samsung Galaxy S23 ini juga mengalami peningkatan di beberapa sektor dari pendahulunya yaitu Galaxy S22. Mulai dari kemampuan layar, chipset lebih mumpuni dan bertenaga, kualitas kamera, hingga kapasitas baterai yang lebih hemat daya.

Samsung Galaxy S23 ini menjadi salah satu HP flagship yang cukup menarik di kelasnya. Apalagi HP ini memiliki harga yang paling murah dan terjangkau di antara model lain di serinya. Lantas, apa saja spesifikasi yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S23 ini?

Sebagai ringkasan, Anda bisa menyimak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23 pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain lebih ringkas, kokoh, dan bersih
Penyimpanan 128 GB masih menggunakan UFS 3.1
Layar AMOLED yang cerah dan kencang
GPU cepat mengalami throttle
Performa kelas atas dengan chip khusus
Tidak ada charger di dalam kotak
Daya tahan baterai semakin baik
Speaker stereo yang lantang
Kualitas foto dan video cantik untuk lowlight
OneUI lebih fleksibel dan menarik

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail HP ini, Anda bisa membaca artikel ini sampai habis. Tampilan spesifikasi berikut ini menjadi awal dari pembahasan.

Spesifikasi Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S23
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 10 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion 3900 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy S23

Sebagai Penerus dari Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy S23 ini tentu mengalami berbagai peningkatan. Namun, beberapa kelebihan dari pendahulunya tetap ada yang dipertahankan. Silakan simak secara lengkap di bawah ini.

1. Desain lebih Ringkas, Kokoh, dan Bersih

Samsung Galaxy S23

Dibandingkan model lain di dalam serinya, Samsung Galaxy S23 ini memiliki bodi yang paling ringkas. Dimensinya yang dimilikinya hanya 146,3 x 70,9 x 7,6 mm dengan bobot 168 gram. Hal ini membuatnya lebih nyaman ketika digenggam dalam waktu yang lama.

Beberapa orang lebih menyukai bentuk HP ringkas karena mudah digunakan oleh satu tangan. Selain itu, Anda juga membawanya dengan lebih mudah dan praktis, seperti memasukkannya ke dalam dompet atau saku kemeja dan celana.

Soal ketahanan, HP ini tidak kalah kokoh dari model lain di serinya. Bahkan, HP ini diklaim memiliki tingkat durabilitas yang lebih tinggi dibanding pendahulunya. Hal itu berasal dari material yang digunakan yaitu armor aluminium untuk rangka dan Corning Gorilla Glass Victus 2 untuk penutup belakang serta lapisan layar.

Samsung Galaxy S23

Hal tersebut tentu saja membuat HP ini menjadi lebih tahan terhadap goresan atau benturan. Menariknya lagi, ketiga model di dalam serinya sudah dibekali sertifikasi IP68. Hal ini membuat HP menjadi tahan terhadap debu dan percikan air. Bahkan, ia juga tetap bertahan ketika dimasukkan ke dalam air hingga 1,5 m selama 30 menit.

Secara tampilan, Samsung Galaxy S23 ini terlihat identik dengan Samsung Galaxy S23 Plus di serinya. Yang menjadi sorotan adalah bagian belakangnya, tepatnya pada modul kamera, Galaxy S23 kini menghilangkan modul tersebut dan terlihat lebih bersih dibandingkan Galaxy S22.

Varian warna yang ditawarkan juga menarik. Samsung Galaxy S23 menawarkan warna yang terinspirasi dari alam yang bersifat natural. Anda bisa memilih warna Lavender, Cream, Phantom Black, dan Green.

2. Layar AMOLED yang Cerah dan Kencang

Samsung Galaxy S23

Galaxy S23 menggunakan panel yang sama seperti model lain di serinya atau Galaxy S22. Layar yang memiliki ukuran 6,1 inci ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X. Resolusi yang berhasil dicapainya juga masih sama seperti Galaxy S22 yaitu Full HD Plus atau 1080 x 2340 piksel.

Layar HP ini juga didukung oleh beberapa fitur yang membuatnya menjadi lebih cerah dan kencang. Layar dengan rasio 19.5:9 ini mampu mencapai tingkat kecerahan hingga 1200 nit. Tingkat kecerahan tersebut memang sudah lebih dari cukup untuk penggunaan di luar ruangan.

Namun, tingkat kecerahan layar dari Galaxy S23 ini masih bisa ditingkatkan hingga 1750 nit. Anda juga akan dimanjakan dengan dukungan konten HDR10+ yang lebih jernih dan tajam.

Kecerahan dari HP ini menjadi hal yang menarik. Bahkan, Philip Michaels dari Tom’s Guide mengatakan HP ini memiliki kecerahan yang paling terang selama pengujian.

Selain itu, Sanket Vijayasaranthy dari 91mobiles juga mengakui hal tersebut. Anda masih bisa melihat dengan jelas di bawah sinar matahari langsung meski bukan pada kecerahan maksimal. Hal ini tentu menarik untuk Anda yang selalu berada di luar ruangan.

Di sisi lain, Galaxy S23 ini juga memiliki tingkat refresh rate yang tinggi hingga 120 Hz. Bahkan, refresh rate ini memiliki sifat adaptif sehingga mampu menyesuaikan otomatis sesuai konten yang dibuka.

Sayangnya, menurut Philip Michaels dari Tom’s Guide, hanya Galaxy S23 Ultra saja yang mampu menurunkan tingkat refresh rate hingga 1 Hz. Galaxy S23 dan S23 Plus pun hanya memiliki refresh rate minimal di angka 48 Hz saja. Hal ini sedikit berpengaruh pada ketahanan daya dari HP.

Selain fitur-fitur tersebut, Galaxy S23 ini juga mampu menghasilkan warna yang ciamik. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena, Galaxy S23 ini memiliki dua mode warna yaitu Vivid dan Natural. HP ini memiliki keakuratan yang konsisten baik untuk DCI-P3 pada mode Vivid atau sRGB pada mode Natural.

3. Performa Kelas Atas dengan Chip Khusus

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for galaxy

Ketiga model dari Galaxy S23 Series kali ini menggunakan chipset yang sama yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Menariknya, Snapdragon 8 Gen 2 kali ini dirancang khusus untuk untuk Galaxy S23 Series. Selain itu, Samsung juga tidak menyediakan versi Exynos untuk seri terbarunya ini seperti yang dilakukan mereka di seri S sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen 2 yang ada di Samsung Galaxy S23 Series disebut Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Lantas, apa bedanya Snapdragon 8 Gen 2 ini dengan yang dipakai di HP lain? Bedanya terletak pada clock speed CPU dan GPU yang digunakan lebih tinggi. Bisa dibilang bahwa chipset ini sudah mampu melakukan overclock. Efeknya tentu saja Galaxy S23 ini memiliki performa yang lebih tinggi dan lebih optimal.

Snapdragon 8 Gen 2 yang disematkan ini memiliki konfigurasi 1+2+2+3 pada CPU. Terdiri dari satu Cortex X3 (3,36 GHz), dua Cortex-A715 (2,8 GHz), dua Cortex-A710 (2,8 GHz), dan tiga Cortex-A510 (2,0 GHz). Inti utama yang mengalami overclock adalah Cortex X3 dengan 3,36 GHz, lebih tinggi daripada 3,2 GHz pada Snapdragon 8 Gen 2 biasa.

Selain CPU, terdapat komponen lain yang mendukung performa dari chipset yaitu GPU. Galaxy S23 Series menggunakan GPU Adreno 740 yang juga mengalami overclock hingga 719 MHz. Sedangkan GPU dari Snapdragon 8 Gen 2 di HP lain hanya 680 MHz.

Chipset yang memiliki fabrikasi 4 nm ini juga memiliki komponen lainnya seperti ISP Spectra, prosesor AI Hexagon, dan modem internal 5G. Demi menghasilkan performa terbaik, Galaxy S23 ini dibekali RAM LPDDR5X berkapasitas 8 GB.

Sementara itu, penyimpanan internal Galaxy S23 ini memiliki dua jenis varian yang berbeda. Untuk kapasitas 256 GB dan 512 GB sudah menggunakan UFS 4.0. Namun, untuk kapasitas 128 GB masih menggunakan jenis yang lebih lama yaitu UFS 3.1. Pemilihan varian UFS 4.0 jelas sangat direkomendasikan untuk hasil performa terbaik.

Setelah mengetahui berbagai komponen dan kemampuannya, mari simak hasil nyata dari performa Galaxy S23 ini. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena menggunakan berbagai uji benchmark sintetis, performa yang dihasilkan cukup menarik.

Pada AnTuTu 9, Galaxy S23 mampu meraih skor 1.231.075. Skor yang dihasilkan tentu menjadi yang terbaik, HP ini hanya berada di bawah nubia Red Magic 8 Pro saja (1.288.866).

samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena

Sebenarnya, Galaxy S23 ini memiliki prosesor paling kuat, hanya saja Red Magic 8 Pro lebih unggul berkat sistem pendinginnya yang lebih mumpuni. Alhasil Galaxy S23 mendapatkan skor 4950 untuk multi-core dan menempati posisi kedua.

Keunggulan prosesor yang dimiliki oleh Snapdragon 8 Gen 2 dari Galaxy S23 ini dibuktikan pada pengujian kali ini. Berkat Cortex-X3 yang di-overclock, Galaxy S23 mampu menempati posisi pertama dengan skor 1550 untuk single-core. Sedangkan skor Red Magic 8 Pro hanya 1486.

samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena
samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena

Untuk pengujian di GFX Bench, Galaxy S23 ini masih kejar-kejaran skor dengan Red Magic 8 Pro dan OnePlus 11. Hal itu cukup wajar karena keduanya ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 2.

Misalnya, dalam pengujian GFX Car Chase ES 3.1 (onscreen), Galaxy S23 memperoleh 110 fps di urutan pertama. Sedangkan Red Magic 8 Pro memperoleh 97 fps di urutan kedua.

Sedangkan dalam pengujian menggunakan GFX Manhattan ES 3.0 (offscreen 1080p), Galaxy S23 ini hanya memperoleh 320 fps di urutan kedua. Berada di bawah Red Magic 8 Pro dengan 328 fps dan OnePlus 11 327 fps.

Namun, Galaxy S23 kembali mengungguli dalam pengujian pada Benchmark 3DMark. Tepatnya 3DMark Wild Life Extreme (offscreen 1440p), Galaxy S23 unggul dengan memperoleh skor kemampuan grafis hingga 3852.

samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena
samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena
samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena

Berdasarkan berbagai referensi tersebut, jelas kalau dari sisi performa, Samsung Galaxy S23 merupakan salah satu HP dengan performa kencang. Sangat layak untuk sebuah HP dengan desain yang kompak punya performa yang tergolong menakjubkan, setidaknya jika mengacu pada hasil benchmark sintetis.

4. Daya Tahan Baterai Semakin Baik

Samsung Galaxy S23

Meski dibekali baterai dengan kapasitas yang berada di bawah standarnya yaitu 5000 mAh, Galaxy S23 ini memiliki ketahanan baterai yang baik. Ia mengalami peningkatan dari Galaxy S22, dari 3700 mAh menjadi 3900 mAh. Selain itu, terdapat fitur fast charging 25 W yang mampu mengisi daya 50 persen dalam waktu 30 menit saja.

Galaxy S23 ini tidak hanya meningkatkan kapasitasnya saja, tetapi juga ketahanannya. Daya tahan baterai yang dimilikinya sudah semakin baik, bahkan jauh di atas Galaxy S22. Berdasarkan pengujian dari GSM Arena, Galaxy S23 ini mendapatkan skor ketahanan baterai hingga 101 jam.

Berbeda dengan Galaxy S22 yang hanya mendapatkan skor ketahanan baterai 85 jam. Bahkan, Galaxy S21 yang memiliki kapasitas 400 mAh pun masih berada di bawahnya yaitu hanya 93 jam saja.

Jika lebih diperinci lagi, Galaxy S23 ini mampu bertahan selama 30 jam 52 menit untuk telepon (seluler). Selain itu, ia juga mampu bertahan selama 16 jam 20 menit untuk browsing dan 17 jam 5 menit untuk memutar video lokal.

5. Speaker Stereo yang Lantang

Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23+

Untuk keperluan multimedia seperti menonton, atau bahkan bermain game, speaker yang bagus menjadi hal yang penting. Untuk itu, Galaxy S23 ini menyediakan dua speaker atau stereo yang disimpan di bagian bawah dan atas.

Agar mampu menghasilkan suara yang lantang dan nyata, Galaxy S23 didukung oleh preset Dolby Atmos enhancement. Dengan mengaktifkannya, Anda bisa memilih berbagai mode suara mulai dari otomatis, musik, film, hingga game. Hanya saja, setelah diuji oleh GSM Arena, aktif atau tidaknya justru tidak terlalu berbeda.

GSM Arena juga melakukan pengujian terhadap speaker stereo yang dimiliki oleh Galaxy S23 ini. Hasilnya pun sudah bisa memenuhi ekspektasi banyak orang. Suara yang dihasilkan terdengar lantang, mulai dari bass, suara, dan hal lain yang memiliki kelas.

Skor kelantangan yang berhasil diraih oleh Galaxy S23 adalah -27,0 LUFS (Loudness Unit Full Scale). Skor tersebut masuk ke dalam kategori good yang berarti memiliki kualitas untuk kebutuhan musik, film, atau game.

6. Kualitas Foto dan Video Cantik untuk Lowlight

Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23+

Untuk sektor kamera, Galaxy S23 ini memiliki konfigurasi kamera yang mirip dengan Galaxy S23 Plus. Bahkan, dengan Galaxy S22 pun tidak jauh berbeda, hanya memiliki sedikit peningkatan seperti resolusi kamera depan hingga kemampuan fitur lowlight-nya.

Galaxy S23 dibekali tiga kamera di bagian belakang yang disimpan tanpa modul, berbeda dengan Galaxy S22. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama menggunakan sensor Samsung S5KGN3 dengan resolusi 50 MP. Sensor tersebut berukuran 1/1,56 inci dan mampu menghasilkan piksel berukuran 1.0 µm.

Sensor kamera dengan bukaan f/1.8 ini juga didukung oleh fitur tambahan stabilitas yaitu OIS dan PDAF dual-pixel.

Untuk menemani kamera utama, Galaxy S23 dibekali dua kamera lain. Terdapat kamera telefoto 10 MP yang menggunakan sensor Samsung S5K3K1. Sensor tersebut berukuran 1/3,94 inci dengan ukuran pikselnya 1.0µm. Sensor kamera dengan bukaan f/2.4 ini mampu melakukan 3x optical zoom yang juga didukung OIS dan PDAF.

Selanjutnya adalah kamera ultrawide 12 MP yang menggunakan sensor Sony IMX564. Sensor tersebut berukuran 1/2,55 inci dengan ukuran pikselnya 1.12µm. Sensor kamera ini memiliki bukaan f/2.2 dengan sudut pandang cukup luas hingga 120 derajat.

Beralih ke bagian depan, terdapat kamera selfie 12 MP dengan bukaan f/2.2. Resolusi tersebut merupakan peningkatan dari Galaxy S22 yang hanya 10 MP saja. Namun, resolusi bukanlah segalanya, maka dari itu Galaxy S23 juga turut meningkatkan kemampuannya.

Beralih ke perekaman video, seluruh kamera Galaxy S22 ini dapat merekam video dengan resolusi 4K 60 fps. Sedangkan khusus untuk kamera utamanya sudah mampu merekam dengan resolusi 8K 30 fps. Hal ini menjadi salah satu peningkatan dari Galaxy S22 yang hanya mampu mencapai resolusi 8K 24 fps.

Nah, bagi Anda yang gemar mengedit foto, Galaxy S23 ini menyediakan mode Pro dan Expert RAW. Menariknya, kali ini Expert RAW sudah dibuat sebagai mode di dalam kamera utama, bukan sebuah aplikasi terpisah. Anda bisa membuka kontrol manual penuh dengan kemampuan menarik.

Secara keseluruhan, Galaxy S23 ini mampu menghasilkan gambar yang mengesankan. Bahkan, menurut Sanket Vijayasaranthy dari 91mobiles, meski konfigurasinya sama dengan Galaxy S22, hasilnya jelas jauh lebih baik. Ia juga menambahkan bahwa kamera Galaxy S23 ini bisa menjadi HP andalan untuk menghasilkan foto terbaik.

Sebagai kamera utama, tentu hasil tangkapan gambarnya memiliki warna dan detail yang cukup baik. Apalagi jika didukung oleh pencahayaan yang pas, detail dan ketajaman menjadi lebih meningkat.

samsung galaxy s23Sumber: 91mobiles

Kamera telefoto yang menangkap zoom optik 3x juga mampu menghasilkan gambar yang oke. Bahkan, hasil yang didapat memiliki retensi detail yang cukup baik. Dengan dukungan pencahayaan yang baik, tepi yang ditampilkan menjadi lebih halus dan detail.

samsung galaxy s23Sumber: 91mobiles

Seperti yang sudah disebut di awal, Galaxy S23 ini memiliki kemampuan kamera nightography yang cukup baik. Menariknya, kemampuannya ini dimiliki oleh semua kamera yang ada, baik untuk foto atau video. AI yang digunakannya telah disempurnakan agar tetap menjaga detail, cerah, dan penuh warna meski dalam keadaan minim cahaya.

samsung galaxy s23Sumber: 91mobiles
samsung galaxy s23Sumber: 91mobiles

7. OneUI Lebih Fleksibel dan Menarik

samsung galaxy s23 series oneui

Galaxy S23 Series, termasuk Galaxy S23 hadir dengan sistem operasi Android 13 yang dilapisi antarmuka OneUI 5.1. Antarmuka ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari antarmuka sebelumnya yaitu OneUI 4.1, terutama secara tampilan.

Meski begitu, OneUI 5.1 ini tentu saja hadir dengan beberapa peningkatan atau pembaruan di dalamnya. Misalnya ukuran ikon yang sedikit lebih besar, efek animasi pada transisi menjadi lebih mulus, dan sebagainya. Bahkan, Anda sudah bisa menyalin teks dari sebuah gambar dan ditempel ke catatan, email, dan sebagainya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menikmati mode Expert RAW pada aplikasi kamera bawaan. Hal ini merupakan salah satu peningkatan dari antarmuka sebelumnya yang memisahkan Expert RAW dengan aplikasi kamera bawaan. Anda bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi tanpa pemrosesan untuk diedit secara manual.

Selain itu, terdapat satu fitur baru lain yang cukup menarik yaitu fitur SOS. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol power lima kali secara berkala. Setelah itu, sistem akan menghubungi layanan darurat sebagai tanda peringatan atau darurat.

Kekurangan Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S23 Series menjadi salah satu HP yang banyak diperbincangkan, termasuk Galaxy S23. Setelah menjabarkan berbagai kelebihan, Galaxy S23 juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa catatan di bawah ini bisa menjadi kekurangan yang mesti diperhatikan ketika ingin membelinya.

1. Penyimpanan 128 GB Masih Menggunakan UFS 3.1

samsung galaxy s23
samsung galaxy s23

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai penyimpanan internal. Galaxy S23 ini memiliki dua opsi jenis penyimpanan internal yang ditawarkan. Pertama adalah UFS 4.0 untuk kapasitas 256 GB dan 512 GB. Kemudian UFS 3.1 untuk kapasitas 128 GB sebagai hal yang disayangkan.

Sebagai HP flagship yang dirilis pada tahun 2023, penggunaan UFS 3.1 ini cukup disayangkan. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa UFS 3.1 ini sudah harus diganti dengan UFS 4.0. Hal ini tentu agar menghasilkan performa lebih cepat dan kenyamanan lebih baik.

Adapun keunggulan dari UFS 4.0 ini di antaranya mampu membuka aplikasi lebih cepat, proses data kencang, ukuran chip lebih kecil, dan lebih hemat daya. UFS 4.0 ini juga cocok untuk disandingkan dengan jaringan 5G. Kecepatan yang dimilikinya bahkan mencapai dua kali lipat dari UFS 3.1.

Dengan pertimbangan tersebut, ada baiknya Anda memilih kapasitas 256 GB atau 512 GB. Selain karena sudah menggunakan jenis UFS 4.0, rentang harga yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda.

2. GPU Cepat Mengalami Throttle

samsung galaxy s23Sumber: Tomsguide

Performa yang dimiliki Galaxy S23 ini memang tidak usah diragukan lagi. Sebab HP ini sudah dibekali Snapdragon 8 Gen 2 yang dirancang khusus. Dengan kata lain, CPU dan GPU yang dimilikinya sudah mampu melakukan overclock dan menghasilkan clock speed lebih tinggi.

Merujuk kembali pada pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena, Galaxy S23 ini memiliki performa CPU yang lebih tinggi. Hanya saja, terdapat tes pengujian yang masih tidak lebih baik dari pesaingnya.

Salah satu masalah atau hal yang perlu diperhatikan dari HP ini adalah kestabilan performa. Berdasarkan hasil pengujiannya, Galaxy S23 ini mencetak stabilitas CPU pada 68 persen. Bahkan, performanya langsung turun ke 70 persen setelah 15 menit pemakaian, dan bertahan di angka tersebut.

Di sisi lain, performa GPU juga menjadi hal yang mesti diperhatikan. Performanya langsung turun hanya setalah 6 menit dan stabil di angka 60 persen. Skor ini memang bukan hasil yang buruk, tetapi bukan hasil yang mengesankan.

samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena
samsung galaxy s23Sumber: GSM Arena

Hal ini juga sebenarnya bisa diwajarkan. Sebab dengan CPU dan GPU yang memiliki clock speed lebih tinggi dari Snapdragon 8 Gen 2 biasa. Maka chipset tersebut tentu saja memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami thottling dan fluktuasi performa. Apalagi tidak didukung oleh sistem pendingin yang mumpuni.

3. Tidak Ada Charger di Dalam Kotak

Samsung Galaxy S23

Sudah menjadi hal biasa bagi Samsung perihal tidak menyertakan charger di kotak pemesanan. Alasan yang sering diberikan adalah masalah keberlangsungan atau sustainability lingkungan sekitar. Hal inilah yang membuat Samsung berkomitmen untuk tidak menyertakan charger hingga earphone di dalam kotak.

Dengan begitu, Anda harus membeli adaptor untuk charger 25 W Samsung secara terpisah. Berbicara soal charger, Galaxy S23 ini menjadi satu-satunya model yang dibekali fast charging 25 W. Menurut klaimnya, HP ini bisa terisi hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. 

Kecepatan ini memang bukan menjadi yang terbaik di kelasnya. Pasalnya sudah banyak HP Android yang lebih terjangkau dengan pengisian daya lebih cepat. Sementara model Galaxy S23 Series lainnya dibekali fast charging 45 W.

Simpulan

Samsung Galaxy S23 Series, termasuk Galaxy S23 menjadi salah satu HP yang merubah tren HP flagship. Tidak ada hal yang benar-benar baru pada HP flagship ini. Tepatnya, Samsung hanya menawarkan hal-hal esensial yang lebih bersifat spesifik. Hal itu tentu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan.

Galaxy S23 ini tetap hadir dengan berbagai peningkatan dibanding Galaxy S22 sebagai pendahulunya. Mulai dari performa chipset khusus, desain lebih sederhana, speaker, kemampuan kamera, daya tahan baterai, dan sebagainya.

Salah satu kekurangan yang paling terasa adalah pemilihan jenis UFS yang masih ketinggalan. Selain itu, dengan clock speed pada CPU dan GPU yang lebih tinggi, HP ini berisiko trottling lebih tinggi. Apalagi sistem pendingin yang disematkan bukanlah yang terbaik di kelasnya.

Meski begitu, HP ini benar-benar bisa menjalankan setiap aktivitas harian Anda. Mulai dari multimedia, produktivitas, atau sekadar hiburan. Samsung Galaxy S23 ini bisa menjadi salah satu HP flagship terbaik di tahun 2023 yang bisa Anda miliki.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram