Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Banyak orang yang hanya akan memakai tablet untuk urusan pekerjaan. Di luar pekerjaan, mereka akan menghabiskan waktunya dengan smartphone saja. Sayangnya, membawa tablet sekaligus smartphone adalah hal yang merepotkan bagi sebagian orang, terlebih saat bepergian.

Lantas, mengapa tidak digabung saja? Maka muncullah sebuah ponsel dengan form factor layar lipat. Ponsel dengan form factor ini akan bertugas seperti smartphone biasa saat layarnya dilipat, lalu bakal berubah fungsi menjadi sebuah tablet ketika layarnya dibuka.

Contoh ponsel dengan form factor tersebut adalah Samsung Galaxy Z Fold4 5G yang akan Carisinyal bahas dalam artikel ini. HP ini merupakan generasi keempat dari Galaxy Z Fold Series dan dirilis secara resmi pada 10 Agustus 2022.

Jika dilihat dari desainnya, Galaxy Z Fold4 5G mirip dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold3 5G. Tampaknya Samsung memang sengaja melakukan hal itu demi mengejar pembenahan di sektor lain yang lebih krusial.

Apa saja pembenahan yang diberikan dan seberapa menarik Galaxy Z Fold4 5G? Jawaban dari dua pertanyaan itu akan segera Anda temukan dalam artikel ini. Oleh sebab itu, simak artikel ini sampai tuntas!

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G memang ditujukan untuk kalangan profesional demi meningkatkan produktivitas. Meski begitu, bukan berarti kalangan lain tidak bisa mencicipi smartphone ini. Berikut adalah alasan yang membuat Galaxy Z Fold4 5G patut dimiliki.

1. Desain Layar Lipat dengan Build Quality Mantap

Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, Samsung memang tidak melakukan perombakan desain besar-besaran pada Galaxy Z Fold4 5G. Oleh sebab itu, Anda mungkin akan melihat HP ini bak pendahulunya, Galaxy Z Fold3 5G.

Tahun 2022 sepertinya menjadi tahun ketika Samsung tak melakukan inovasi yang revolusioner buat smartphone flagship-nya. Pasalnya, deretan HP Samsung Galaxy S22 Series pun memiliki tampang yang mirip dengan Galaxy S21 Series.

Kendati demikian, Samsung tetap memberikan beberapa peningkatan pada sektor desain, khususnya untuk tujuan durabilitas. Mulai dari mengganti kaca proteksi pada layar sampul (cover) dan penutup belakang, dari yang sebelumnya Gorilla Glass Victus menjadi Gorilla Glass Victus+.

Kemudian, Samsung juga memakai material Ultra Thin Glass baru untuk layar utama Galaxy Z Fold4 5G. Konon, berkat kaca tersebut, kekuatannya meningkat 45%. Soal frame dan engsel, Samsung tetap memakai material Aluminium Armor. Hanya saja, ukurannya diperkecil.

Hal ini membuat HP punya bobot 263 gram. Ini berpengaruh pada bezel yang lebih tipis, ketebalan lebih minim, dan bobot lebih ringan ketimbang Galaxy Z Fold3 5G. Dimensi Galaxy Z Fold4 5G adalah 155.1 x 130.1 x 6.3 mm saat dilipat, dan 155.1 x 67.1 x 14.2 (sisi luar) - 15.8 (sisi dalam) mm ketika dibuka.

Para penguji pun mengakui bahwa build quality Galaxy Z Fold4 5G memang mantap. Misalnya, Lance Ulanoff dari Tech Radar yang mengapresiasi perubahan desain engsel pada HP ini. Menurut dia, engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 4 5G tak terlalu menonjol ketika dilipat.

Engsel yang baru ini juga dipuji Ryne Hager dari Android Police. Ia bilang bahwa Galaxy Z Fold4 5G kini bisa dibuka sampai penuh. Hal itu tidak pernah Hager lakukan saat memakai Galaxy Z Fold3. Menurut klaim Samsung, engsel ini sudah lolos uji bekukan 200 ribu kali lebih.

Adapun Galaxy Z Fold4 5G tetap memiliki sertifikasi IPX8 yang artinya tahan terhadap air. HP ini aman meski tercebur ke kolam dengan kedalaman hingga 1.5 m selama 30 menit.

Varian warna yang tersedia untuk si ponsel adalah Graygreen, Phantom Black, dan Beige. Varian Burgundy juga tersedia, tetapi hanya bisa dibeli melalui situs resmi Samsung.

2. Kualitas Layar Juara

Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung tidak mengubah diagonal layar Galaxy Z Fold4 5G. Layar utamanya tetap 7.6 inci dan layar sampul 6.2 inci. Jenis panel, fitur, dan tingkat kecerahan tidak berubah. Hal yang berubah adalah rasionya. Perubahan rasio terjadi karena mengecilnya dimensi bodi berikut ukuran bezel.

Mari kita bahas mulai dari layar utamanya. Layar utama Galaxy Z Fold4 5G kini memiliki rasio 21.6:18, dari yang semula 22.5:18 pada Galaxy Z Fold3 5G. Perubahan rasio berimbas pada perubahan resolusi dan persentase luas layar banding bodi (screen-to-body ratio).

Kini layar utama Galaxy Z Fold4 5G memakai resolusi 1812 x 2176 piksel dengan screen-to-body ratio 90.9%. Pendahulunya memiliki resolusi 1768 x 2208 piksel dengan screen-to-body ratio 88.8%.

Layar utama HP ini didukung panel Foldable Dynamic AMOLED 2X, refresh rate adaptif 1-120 Hz, dan kemampuan pemutaran konten HDR10+. Tingkat kecerahannya diklaim mampu mencapai 1200 nit.

Lanjut ke layar sampul, rasionya adalah 23.1:9 berikut resolusi 904 x 2316 piksel. Dulu layar sampul Galaxy Z Fold3 5G punya rasio 24.5:9 dengan resolusi 832 x 2268 piksel. Layar sampul Galaxy Z Fold4 5G menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dan mendukung refresh rate adaptif 48-120 Hz.

Satu hal yang dicermati Lance Ulanoff dari layar utama Galaxy Z Fold4 5G adalah keputusan Samsung untuk melepas pelat logam di bawah kaca fleksibel si layar utama. Pelat tersebut lalu diganti dengan komponen penguat seperti jaring-jaring.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram