Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Samsung membuka lembaran kalender 2022 dengan meluncurkan satu smartphone spesial. Adalah Samsung Galaxy S21 FE 5G smartphone yang dimaksud. HP ini adalah kelanjutan dari seri FE (Fan Edition) yang dihadirkan Samsung sejak 2017.

Satu hal yang membuat ponsel seri ini terus eksis adalah harganya yang miring. Benar, Samsung selalu membanderol ponsel-ponsel FE Series di bawah Rp10 juta. Demikian halnya dengan Galaxy S21 FE yang dijual mulai dari Rp8.999.000.

Dengan harga yang tak sampai Rp10 juta, orang bisa merasakan pengalaman pakai sebuah HP flagship dari Samsung. Di sisi lain, benar bahwa teknologi yang diusung FE Series bukan yang paling baru. Namun, hal itu bukan sebuah masalah karena HP seri ini dirancang berdasarkan kemauan para penggemar.

Itulah mengapa nama seri ini adalah Fan Edition alias edisi para penggemar. Mengenai Galaxy S21 FE, ponsel ini mengambil garis besar dari ponsel flagship Samsung keluaran 2021. Akan tetapi, Samsung memberi beberapa pembenahan yang diklaim sesuai masukan penggemar.

Nah, apakah HP yang meluncur di Indonesia pada Januari 2021 ini cukup menarik untuk dipinang? Anda bisa menilainya dengan terlebih dahulu membaca ulasan kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 FE 5G ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Galaxy S21 FE 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.4 inci
Chipset Exynos 2100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Anda pastinya sudah tahu kelebihan apa saja yang wajib dimiliki sebuah smartphone flagship seperti Galaxy S21 FE 5G. Di segmen flagship, sebuah HP tidak boleh ada lagi kata kompromi pada sektor-sektor seperti di bawah ini.

1. Desain

desain s21 fe

Galaxy S21 FE 5G membawa bahasa desain yang sama dengan kakak kandungnya, Samsung Galaxy S21 5G, terutama di modul kamera belakang. Samsung menamainya dengan Contour-cut frame.

Bukan hanya itu yang sama, material yang dipakai pun serupa dengan Galaxy S21. Mulai dari penutup belakang polikarbonat, rangka aluminium membulat, dan layar punch-hole yang diproteksi kaca Gorilla Glass Victus.

Adapun penutup belakang Galaxy S21 FE punya polesan matte yang tidak licin dan tidak pula meninggalkan berkas sidik jari. Itulah alasan mengapa penguji Expert Reviews, Nathan Spendelow, bilang bahwa HP ini jauh dari kesan murahan.

Selain itu, menggengam juga sangat nyaman. Kata Debashis Sarkar dalam News 18, HP ini punya build quality yang kokoh dan terasa kompak. Wajar Sarkar berkata seperti itu, sebab dimensi HP ini tidak terlalu besar, 155.7 x 74.5 x 7.9, dengan bobot yang ringan di 177 g.

Senada dengan Sarkar soal build quality, Nicholas Sutrich dalam Android Central menilai bahwa kesan yang solid bisa dirasakan di seluruh bagian bodi S21 FE. Tidak ada suara-suara aneh yang muncul kendati Anda menekan seluruh bodinya dengan keras.

Yang beda dari desain S21 FE ini ada di pilihan warnanya. Anda bisa memilih Putih, Graphite (hitam), Lavender, atau Olive (hijau). Semuanya punya karakter kalem dan merupakan warna baru, beda dari opsi warna yang diberikan pada Galaxy S21.

Galaxy S21 FE juga memiliki sertifikasi IP68. Artinya, HP ini aman jika terkena hujan. Ia juga masih aman kendati tak sengaja terjebur di kolam selama 30 menit, pada kedalaman hingga 1,5 m.

Ciri-ciri lain pada desain HP ini masih sama dengan Galaxy S21. Seperti tombol daya dan pengatur volume di sisi kanan rangka; slot dua nanoSIM, port USB C, mikrofon, dan speaker utama di sisi bawah. Sementara itu, sisi atas rangka terdapat mikrofon kedua dan ada juga speaker sekunder yang merangkap sebagai earpiece.

Sensor pemindai sidik jari HP ini terdapat di bawah permukaan layar. Namun, menurut GSM Arena, jenisnya bukan ultrasonik sebagaimana Galaxy S21, melainkan optik.

2. Tampilan

layar s21 fe

Galaxy S21 FE mengalami peningkatan tinggi dan lebar dibanding Galaxy S21. Peningkatan ini bukan tanpa alasan. Sebab dimensi yang meningkat diiringi peningkatan bentang layar pula. Ya, layar yang mengisi sektor tampilan HP ini memiliki bentang 6,4 inci, naik 0,2 inci dari layar S21.

Panel yang dipakai layar HP ini adalah Dynamic AMOLED 2X. Panel ini sudah dipakai Samsung di jajaran produk tertingginya sejak Galaxy 20 Series (2020). Resolusinya Full HD+ (1080 x 2400), sedangkan refresh rate yang didukung sampai 120 Hz dan touch sampling rate-nya 240 Hz.

Layar dengan rasio 19.5:9 ini bisa menampilkan konten video HDR10+. Penguji Tech Radar, Tom Bedford, memberikan jempol atas kualitas tampilan layar S21 FE. Bagi dia, layar HP ini terang dan warnanya menyala. Bedford menambahkan, seluruhnya terlihat keren, baik itu warna, kontras, hingga kecerahan.

Philip Michael dari Tom's Guide juga mengakui bahwa layar S21 FE memang bagus. Rentang warnanya sedikit lebih luas ketimbang S21, yakni 119,8% melawan 109,2%, dalam spektrum warna sRGB. Akurasi warna HP ini juga sip karena nilai deltaE-nya (penyimpangan warna) hanya 0,29.

Adapun menurut pengujian Philip Michael, tingkat kecerahan puncak layar Galaxy S21 FE mencapai 700 nit. Angkanya memang kalah dari S21 (711 nit) dan iPhone 13 (795). Kendati demikian, kecerahan layar 700 nit sudah lebih dari cukup untuk pemakaian outdoor.

Sementara itu, seperti HP Samsung pada umumnya, S21 FE dilengkapi fitur Always-on display karena pakai panel keluarga AMOLED. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan notifikasi, jam, dan lain sebagainya.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram