10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy M32

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Perhatian Samsung pada pasar smartphone tidak terkonsentrasi ke produk kelas atas saja. Ada banyak produk mereka yang cukup menarik di kelas menengah dengan harga terjangkau. Contohnya adalah Samsung Galaxy M31 yang pada 2020 menjadi HP termurah dengan layar berpanel Super AMOLED.

Ponsel value for money serupa kembali diluncurkan oleh Samsung pada Juni 2021. Adalah Samsung Galaxy M32 smartphone yang dimaksud. Penerus titah Galaxy M31 ini pun membawa teknologi layar Super AMOLED. Tidak lupa baterai berkapasitas jumbo yang menjadi ciri khas Samsung Galaxy M Series.

Kendati demikian, sisi menarik yang dipunyai Galaxy M32 tentu bukan cuma layar dan baterai. Ada banyak hal mengenai kelebihan si ponsel yang bisa mencuri hati konsumen untuk meminangnya. Nah, kelebihan-kelebihan itu bakal Carisinyal uraikan dalam artikel ini.

Tidak hanya itu, kami juga akan coba merangkum beberapa catatan penting, bisa disebut kekurangan, yang mesti Anda ketahui. Kami berharap Anda dapat memberi penilaian secara bijaksana dengan melihat kelebihan dan kekurangan Galaxy M32 secara menyeluruh. Sebagai pembuka, Anda dapat menyimak spesifikasi umum si ponsel seperti di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy M32

Beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy M32 mungkin sudah Anda dapati dengan membaca spesifikasi di atas. Namun, tidak semua kelebihan itu dapat diketahui dengan hanya membaca spesifikasi. Karena itu, simak dengan saksama penjelasan berikut.

1. Desain

Sumber: samsung.com

Sudahkah Anda membaca artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62? Jika sudah, Anda akan menyadari bahwa Galaxy M32 punya bahasa desain yang serupa dengan saudaranya itu. Ya, ponsel ini punya penutup belakang bergaris dengan polesan glossy. Baik itu untuk varian warna Black maupun Light Blue.

Kemudian, kamera belakangnya ditata dengan formasi 2-2 di dalam modul yang tidak menonjol. Lampu flash dibiarkan sendirian di luar modul. Kemiripan dengan Galaxy M62 berlanjut pada material bodi berbahan plastik, frame melengkung, sensor sidik jari menyatu dengan tombol power, dan adanya jack audio 3,5 mm.

Yang terlihat berbeda hanyalah kamera depan yang kini bergaya infinity u di sisi atas layar flat si HP. Meski begitu, kesan elegan tetap terpancar dari Galaxy M32. Bahkan material plastik sama sekali tidak membuatnya terlihat murahan. Penguji Smartprix, Deepak Rajawat, menilai bahwa HP ini masih cukup kompak.

Menurut Rajawat, Galaxy M32 cukup nyaman digenggam dan punya manajemen berat yang seimbang. Samsung pandai membagi bobot 196 gram ke dalam dimensi 159,3 x 74 x 9,3 mm yang dimiliki si ponsel. Alhasil, smartphone ini punya kesan tidak berat ketika dipegang.

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Prateek Pandey dari 91 Mobiles. Namun, Pandey juga memuji sensasi mulus yang dirasakan saat menggenggam Galaxy M32. Lalu, ia juga menemukan sisi menarik dari penutup belakang si ponsel.

Yakni efek kilauan dari garis-garis yang timbul saat cahaya mengenainya. Warna yang tampak bisa berbeda-beda tergantung dari sudut pandang. Meski begitu, kilauannya tidak mencolok. Adapun menurut Pandey, sisi depan HP ini diproteksi kaca Gorilla Glass 5.

2. Tampilan

Sumber: samsung.com

Seperti dijelaskan di paragraf pembuka, Galaxy M32 dibekali layar berpanel Super AMOLED untuk mengisi sektor tampilannya. Ukurannya 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan kerapatan piksel 411 ppi.

Anda tentu sudah kenal betul seperti apa kualitas layar dengan panel Super AMOLED. Terutama soal reproduksi warnanya yang ngejreng, dengan hitam dan putih yang pekat. Penguji Digit, Sushant Talwar, pun mengakui bahwa sisi tampilan Galaxy M32 memang bagus.

Menurut Talwar, layar HP ini bagus karena bisa menampilkan gambar yang tajam dan punya akurasi warna yang baik. Kualitas gambar yang ditampilkan tidak berkurang kendati layar dilihat dari berbagai sudut.

Hal yang menarik dari layar HP ini tidak berhenti pada jenis panel yang dipakai. Sebab, ia juga mampu meraih level kecerahan puncak 800 nit, naik nyaris dua kali lipat ketimbang Galaxy M31. Keterbacaan layar di bawah terik mentari bukan masalah buat HP ini.

Kemudian, Galaxy M32 juga mendukung laju penyegaran tinggi 90 Hz yang dinamis. Arti dinamis di sini yaitu si ponsel dapat menyesuaikan dengan kebutuhan secara otomatis. Ada kalanya mode 90 Hz dipakai untuk mempermulus animasi, ada kalanya diturunkan untuk menghemat konsumsi baterai.

Terakhir, Samsung menyematkan layar Galaxy M32 dengan teknologi Eye comfort shield yang dapat aktif ketika pengguna melakukan penyetelan temperatur warna. Teknologi ini diklaim dapat mengurangi kelelahan mata dengan meminimalkan radiasi biru yang dipancarkan si ponsel.

Secara keseluruhan Khalid Anzar dari Business Standard menilai, layar HP ini responsif, memperlihatkan tampilan mulus, dan mampu bekerja dengan baik dalam pemakaian sehari-hari.

3. Kemampuan Gaming Oke

Sumber: samsung.com

Samsung Galaxy M32 ditenagai oleh SoC 12 nm MediaTek Helio G80. Chipset ini sama dengan yang dipakai Samsung Galaxy A32. Karena itu, kemampuan Galaxy M32 tentu setali tiga uang dengan saudara kandungnya itu. Khususnya soal keandalan saat dipakai untuk main gim.

Hal itu wajar karena Helio G80 dibekali GPU yang cukup mumpuni. Yakni Mali-G52 MC2 yang punya kecepatan 950 MHz. GPU yang sip didukung oleh CPU delapan inti, terdiri atas dua core Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz).

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram