carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 10 November 2021

Generasi terbaru HP Samsung Galaxy M3x series meluncur pada Juni 2021. Ponsel baru yang dimaksud itu adalah Samsung Galaxy M32. Samsung memosisikan HP tersebut sebagai suksesor Samsung Galaxy M31 yang menjadi andalan untuk segmen HP value for money pada 2020.

Di sisi lain, Samsung Galaxy M32 mempunyai rentang harga yang beririsan dengan Samsung Galaxy A32. HP yang terakhir disebut lebih dahulu muncul ke hadapan publik pada Februari 2021. Kemudian, kedua ponsel hadir dengan layar 6,4 inci Full HD+ berpanel Super AMOLED, serta ditenagai SoC (System on Chip) MediaTek Helio G80.

Lantas, mengapa Samsung mengeluarkan dua produk untuk rentang harga yang mirip? Apakah kedua ponsel memiliki perbedaan, sehingga konsumen bisa memilih salah satunya berdasarkan preferensi? Dua pertanyaan itu akan coba Carisinyal jawab dalam artikel ini.

Artikel ini bakal membabar secara menyeluruh sektor apa saja yang menjadi diferensiasi antara Galaxy A32 dan Galaxy M32. Sebelum menyimak bahasan utama, tengok dulu spesifikasi utam kedua ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A32

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 1
  • Rilis: Februari, 2021
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G80 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus) hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Ion 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Samsung Galaxy M32

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 3
  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6,4 inci, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G80
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Ion 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32

Tidak ada salahnya jika suatu produsen membikin lebih dari satu ponsel meski dengan rentang harga yang sama. Beragam pilihan produk memberi kesempatan buat konsumen untuk memilih gawai yang paling sesuai dengan kepribadiannya.

1. Desain dan Dimensi

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 5Sumber: samsung.com

Inilah faktor yang paling mudah Anda pakai untuk membedakan kedua ponsel. Ya, desain yang dipakai untuk membentuk fisik masing-masing ponsel memang tidak sama. Galaxy A32 menggunakan bahasa desain turunan dari Galaxy S series yang elegan dan minimalis.

Samsung menamai desain HP ini dengan judul: minimalist design with striking style and gloss finish. Judul tersebut memang tercermin jelas dari penutup belakang Galaxy A32 yang polos tanpa aksen neko-neko. Penutup belakang yang dipoles glossy itu tersedia dalam beragam pilihan warna bernada kalem.

Nah, kata striking (mencolok) kira-kira diwakili oleh jajaran lensa kamera belakangnya yang nongol apa adanya tanpa aling-aling modul. Jajaran lensa itu membentuk formasi 3-2 dengan tiga lingkaran di baris pertama berukuran lebih besar.

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 7Sumber: samsung.com

Sementara itu, Galaxy M32 mengadopsi bahasa desain Samsung Galaxy M62. Penutup belakang glossy-nya nyentrik dengan garis-garis vertikal. Di bagian pojok, ada modul kamera belakang berbentuk persegi yang sedikit timbul. Di dalamnya terisi empat lensa kamera dengan diameter persis. Adapun lampu flash dibiarkan sendirian di luar modul.

Balik ke bagian depan, baik Galaxy A32 dan M32 menganut aliran layar infinity-u. Artinya, ada cekungan seperti huruf "U" di ujung tengah atas layar yang jadi tempat lensa kamera depan.

Soal material, tidak ada perbedaan karena frame dan bodi kedua ponsel dibentuk dari bahan polikarbonat. Namun, soal dimensi, kedua ponsel ternyata tak sama meski sekilas tak jauh beda. Galaxy A32 sedikit lebih singset dengan ukuran 158,9 x 73,6 x 8,4 mm. Bobotnya terukur 184 gram.

Untuk Galaxy M32, dimensinya 159,3 x 74 x 9,3 mm dengan berat 193 gram. Karena Galaxy A32 punya ukuran yang sedikit lebih kecil, sedangkan bentang layar kedua HP sama (6,4 inci) rasio layar banding bodinya pun jadi lebih besar. Galaxy A32 punya rasio 84,6%, sedangkan Galaxy M32 83,9%.

2. Konfigurasi Memori

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 9Sumber: samsung.com

Samsung Galaxy A32 terlihat lebih unggul untuk urusan yang satu ini. Ia punya dua varian memori yang lapang dan berpotensi lebih lancar saat dipakai multitasking. Varian itu masing-masing 6 GB RAM plus memori internal 128 GB serta 8 GB RAM dengan storage 128 GB.

Galaxy M32 juga punya dua varian memori. Namun, tak seperti saudaranya itu. Di India, Galaxy M32 tersedia dalam varian RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB, dan RAM 4 GB plus penyimpanan 64 GB. Adapun Galaxy M32 versi Indonesia tersedia dalam dua varian: 6/128 GB dan 8/128 GB.

Galaxy M32 dan Galaxy A32 sama-sama dibekali slot microSD khusus. Slot ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ruang simpan hingga 1 TB.

3. Kamera

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 11Sumber: samsung.com

Jumlah lensa kamera dan fungsi yang dimiliki kedua ponsel sama. Mereka berdua punya lensa utama, lensa ultrawide, lensa makro, dan lensa sensor kedalaman di sektor kamera belakang. Lalu, apa yang menjadi pembeda? Adalah resolusi yang dimiliki, khususnya untuk makro dan sensor kedalaman.

Galaxy A32 punya lensa makro dan sensor kedalaman dengan resolusi 5 MP plus bukaan f/2.4. Sedangkan Galaxy M32 punya dua lensa sejenis dengan resolusi 2 MP yang bukaannya f/2.4. Di atas kertas, Galaxy A32 lebih bisa diandalkan untuk menjepret foto close-up dan bokeh.

4. Sensor

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 13

Samsung menghadirkan sensor-sensor yang lengkap untuk kedua HP. Akselerometer, giroskop, cahaya, proksimitas, kompas, dan pemindai sidik jari, semuanya ada. Seluruh sensor itu memang seharusnya ada untuk menunjang berbagai utilitas yang sifatnya esensial.

Namun, kalau berbicara soal pemindai sidik jari, punya Galaxy A32 lebih modern. Soalnya, HP ini sudah mengusung sensor pemindai sidik jari di bawah permukaan layar. Hal ini berarti Galaxy A32 benar-benar memaksimalkan potensi panel Super AMOLED.

Sementara itu, Galaxy M32 masih memakai sensor pemindai sidik jari fisik. Namun, posisinya sudah berada di samping, menyatu dengan tombol power. Sebagian orang suka dengan posisi samping karena sangat ergonomis. Karena itu, teknologi pemindai sidik jari kedua ponsel ini tidak ada yang lebih unggul, hanya masalah selera.

Adapun baik Galaxy A32 maupun Galaxy M32 versi Indonesia mendukung NFC. Galaxy M32 versi India dan Global tidak mendukung konektivitas tersebut menurut GSM Arena.

5. Baterai

Nah, di sektor daya inilah ciri khas HP Samsung Galaxy M series terlihat. Sebagaimana para pendahulunya, Galaxy M32 menggendong baterai dengan ukuran jumbo, 6000 mAh. Ukuran ini sama dengan yang dikandung Galaxy M31. Berkat kapasitas yang jumbo ini, Galaxy M32 mampu mengungguli Galaxy A32.

Soalnya, baterai Galaxy A32 selisih 1000 mAh lebih sedikit. Keunggulan Galaxy M32 tidak berhenti di situ. Ia pun dibekali teknologi pengisian yang lebih kencang: 25 Watt. Teknologi ini sama dengan yang digunakan flagship Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Bandingkan dengan Galaxy A32 yang masih mengandalkan teknologi pengisian 15 Watt. Meski demikian, kedua HP dijual dengan kepala charger dengan output yang sama: 15 Watt. Oleh sebab itu, pengguna Galaxy M32 mesti beli adaptor sendiri untuk bisa merasakan pengalaman mengecas yang lebih cepat.

Sebagai catatan, Galaxy M32 yang dirilis di Indonesia punya baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Samsung mengklaim daya tahan baterai Galaxy M32 versi Indonesia mampu mencapai 21 jam dalam skenario video playback.

6. Harga

6 Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy M32 17Sumber: samsung.com

Saat dirilis di Indonesia pada Maret 2021, Galaxy A32 dijual dengan harga SRP (Suggested Retail Price) Rp3,59 juta untuk varian 6/128 GB. Sedangkan varian 8/128 GB dibanderol Rp3,79 juta. Hingga artikel ini ditulis, sudah ada beberapa negara yang mengumumkan harga resmi Galaxy M32, salah satunya adalah India.

Adapun Galaxy M32 yang dirilis di Indonesia memiliki harga normal Rp2,99 juta untuk varian memori 6/128 GB dan Rp3,29 juta buat varian 8/128 GB. Dari sini terlihat bahwa Galaxy M32 memang memiliki harga sedikit lebih rendah, meskipun berada di rentang serupa dengan Galaxy A32.

Simpulan

Samsung Galaxy M32 hadir bukan untuk menggantikan atau menyaingi Galaxy A32. Ia dimunculkan sebagai alternatif, khususnya buat orang yang demen dengan desain nyentrik serta baterai lebih tahan lama.

Sedangkan Galaxy A32 adalah pilihan buat mereka yang suka desain elegan nan minimalis, butuh konektivitas NFC, serta kamera yang sedikit lebih mumpuni. Begitu juga dengan ruang simpan dan kemampuan multitasking yang lebih oke. Itulah mengapa Galaxy A32 jadi sedikit lebih mahal.

Tidak ada HP yang lebih unggul secara mutlak dalam bahasan ini. Soalnya, masing-masing punya keunggulan yang bakal cocok untuk konsumen tertentu. Kalau diminta memilih, Anda bakal ambil Galaxy A32 atau M32? Tuliskan alasannya di kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram