Inilah 10 Perbedaan Samsung Galaxy A52 dan Galaxy M52 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Samsung mewarnai kalender 2021 dengan merilis berbagai smartphone menarik. Dua di antaranya adalah Samsung Galaxy A52 dan Samsung Galaxy M52 5G. Kedua smarpthone kelas menengah tersebut cukup menarik karena punya kemampuan merata di berbagai aspek.

Bahkan, beberapa sektor yang dimilikinya unggul ketimbang ponsel lain di kelas harga serupa. Namun demikan, seri A dan seri M tentu punya target pasar yang berbeda. Nah, dalam artikel ini Carisinyal mengajak Anda untuk menerka konsumen seperti apa yang cocok untuk masing-masing HP.

Caranya dengan membuat komparasi spesifikasi agar Anda dapat mengetahui perbedaan kedua ponsel. Kalau Anda belum kenal betul dengan dua smartphone Samsung ini, silakan baca spesifikasi singkatnya sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A52

Perbedaan Samsung Galaxy A52 dan Galaxy M52 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G

Perbedaan Samsung Galaxy A52 dan Galaxy M52 5G
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy A52 dan Galaxy M52

Ada cukup banyak perbedaan antara Samsung Galaxy A52 dan Galaxy M52 meskipun nama kedua ponsel mirip. Kami menemukan 10 perbedaan pada kedua ponsel. Anda sudah tahu apa saja perbedaannya? Mari kita cocokkan satu per satu!

1. Desain dan Dimensi

Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52 menganut desain seperti flagship Galaxy S20. Ciri-ciri utamanya adalah mulus, tidak ada hiasan aneh-aneh di penutup belakang. Samsung menyebut desain tersebut dengan seamless design.

Lebih lanjut, penutup belakang diberikan polesan matte sehingga meminimalkan bercak sidik jari. Masih di area buritan, ada modul kamera menonjol. Modul kamera tersebut punya warna yang selaras dengan penutup belakang.

Di dalam modul tersebut terdapat lima lingkaran. Tiga di antaranya adalah lensa dengan lingkaran besar, sedangkan dua sisanya adalah sensor kedalaman dan lampu flash.

Nah, kalau Galaxy M52, posisi modul kamera dan penataan lensa kameranya mirip seperti Galaxy A52. Warnanya pun selaras dengan penutup belakang. Meski begitu, karena punya jumlah kamera yang lebih sedikit, susunan kameranya pun jadi 3-1. Tiga lingkaran besar adalah kamera, sedangkan satu lingkaran kecil adalah lampu flash.

Bedanya lagi, penutup belakang Galaxy M52 mengusung desain seperti Galaxy M62, yakni streamlined design aesthetics. Artinya, penutup belakang HP ini punya corak garis-garis lurus vertikal dengan polesan glossy.

Samsung Galaxy M52

Lanjut ke sisi rangka, kedua ponsel punya beberapa perbedaan. Pertama, hanya Galaxy A52 yang masih memiliki jack audio 3,5 mm. Kedua, posisi slot dual SIM hybrid Galaxy A52 ada di sisi atas, sedangkan M52 ada di samping.

Ketiga, hanya Galaxy M52 yang memasang pemindai sidik jadi di tombol power. Galaxy A52 sudah menganut pemindai sidik jari di bawah permukaan layar. Mengenai desain, tidak ada hal yang berbeda lagi karena kedua ponsel sama-sama memakai gaya layar dengan lubang kamera di sisi tengah atas (punch hole).

Geser ke dimensi untuk melihat bentuk dan berat kedua ponsel. Pada sektor ini, Galaxy A52 lebih pendek dan lebih singset dibanding saudaranya itu. Ukuran si ponsel adalah 159.9 x 75.1 x 8.4 mm dengan bobot 189 gram.

Walau panjang, Galaxy M52 ternyata lebih tipis dan lebih ringan. Ia berdimensi 164.2 x 76.4 x 7.4 mm plus bobot 173 gram. HP ini diklaim 21% lebih tipis ketimbang Galaxy M51.

Namun demikian, ada satu hal lagi yang tak bisa disaingi oleh Galaxy M52 terhadap Galaxy A52. Satu hal itu adalah sertifikasi IP67 alias ketahanan debu dan air. Sertifikasi ini tidak dimiliki Galaxy M52.

2. Tampilan

Samsung Galaxy M52 5G

Ada beberapa perbedaan di bagian tampilan kedua ponsel. Mulai dari panelnya, Galaxy A52 memakai Super AMOLED, sedangkan M52 menggunakan Super AMOLED Plus. Pada dasarnya, kedua jenis panel sama. Yang membedakannya adalah matriks piksel yang dipakai.

Super AMOLED Plus disebut memakai matriks piksel real-stripe yang konon lebih tipis, lebih terang, dan lebih hemat energi ketimbang matriks pentile yang dipakai Super AMOLED. Inilah salah satu alasan kenapa bodi Galaxy M52 juga lebih tipis daripada Galaxy A52.

Perbedaan selanjutnya adalah soal ukuran layar, kepadatan piksel, dan refresh rate. Galaxy A52 tentu lebih ramah genggaman kerena punya layar 6,5 inci yang proporsional. Namun, jika Anda suka menonton film, layar 6,78 ini tentu bisa lebih memuaskan mata.

Ukuran layar yang kecil menyebabkan kepadatan piksel Galaxy A52 lebih tinggi ketimbang Galaxy M52, yakni 407 berbanding 393 ppi. Meski begitu, kedua ponsel sama-sama mengusung layar beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Kemudian, soal refresh rate, Galaxy M52 adalah juaranya karena sudah mendukung adaptive refresh rate 120 Hz. Pengalaman menggulir layar dan menikmati beragam animasi jadi lebih menyenangkan. Meski begitu, refresh rate 90 Hz pada Galaxy A52 juga masih oke.

Mengenai level kecerahan, Samsung tidak memberi informasi berapa nit yang bisa dicapai oleh Galaxy M52. Sementara kecerahan puncak Galaxy A52 adalah 800 nit. Adapun kedua layar ponsel sudah diproteksi Gorilla Glass 5.

3. Chipset

Qualcomm Snapdragon 778G

Sektor dapur pacu kedua ponsel dibekali oleh SoC atau chipset kelas menengah atas dari Qualcomm. Galaxy A52 memakai Snapdragon 720G, sedangkan Galaxy M52 menggunakan Snapdragon 778G.

Perbedaan kedua SoC yang paling utama adalah modem yang tersemat. Snapdragon 720G hanya disematkan modem 4G (X15 LTE), lain dengan 778G yang sudah punya modem 5G bernama X53 5G.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram