carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22

2021 adalah tahunnya Samsung seri entry level. Sudah tidak terbayang ada berapa jumlah ponsel Galaxy seri M dan seri A yang diluncurkan pada tahun tersebut. Salah satunya adalah Samsung Galaxy M22 yang hanya dibanderol 2 jutaan ini.

Perangkat yang dikemas dengan RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB ini adalah pilihan yang solid bagi penggemar kegiatan fotografi. Hadir dengan kualitas kamera yang mantap, serta kinerja dapur pacu yang cukup bertenaga di kelasnya, wajar saja jika orang menilai Galaxy M22 sebagai ponsel ber-value tinggi di segmen HP terjangkau.

Namun tetap saja ponsel ini bukan untuk semua orang. Selain beberapa kelebihan yang disuguhkannya, tetap ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli HP ini. Berikut ini Carisinyal beberkan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Samsung Galaxy M22 sebagai sumber referensi Anda.

Spesifikasi Samsung Galaxy M22

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 1
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy M22

Dengan begitu banyaknya ponsel entry level di pasaran, tentu wajar jika calon konsumen kebingungan dalam mencari pilihan yang tepat. Nah, dengan mengetahui poin-poin kelebihan Samsung Galaxy M22, Anda jadi bisa menentukan apakah ponsel ini memiliki yang Anda cari atau tidak. Yuk, disimak!

1. Chipset Helio G80 yang Cocok untuk Gaming

helio g80

Samsung Galaxy M22 menghadirkan chipset khusus gaming dari MediaTek, yakni Helio G80. Ini merupakan System-on-Chip khusus ponsel di kelas harga entry level yang menawarkan performa cukup menawan untuk keperluan hal-hal berat ataupun bermain game.

Helio G80 ini memiliki konfigurasi octa core yang mencakup dua inti Cortex A75 sebagai unit berperforma tinggi, berlarikan frekuensi 2 GHz, serta enam inti Cortex A55 sebagai unit hemat daya berkekuatan 1.8 GHz. Bersamaan dengan itu, chipset turut menggunakan kartu pengolah grafis Mali G52 MC2.

Ini merupakan sebuah kemajuan dibandingkan generasi sebelumnya yang masih menggunakan Exynos 9611. Dilansir dari nanoreview.net, setidaknya Helio G80 menawarkan 9% skor benchmark AnTuTu v9 yang lebih baik dibanding Exynos 9611 (218.639 vs. 201.137).

Oke, jadi seberapa baik ponsel ini dalam menjalankan game-game terkini? Percaya tidak percaya, HP 2 jutaan dari Samsung tersebut sudah bisa mengangkat Genshin Impact dengan baik, lho! Hanya saja, Anda nampaknya perlu menurunkan pengaturan grafis ke Medium alih-alih High dan Highest.

Pengaturan Highest membuatnya tidak playable karena frame rate-nya yang patah-patah, dan hal ini cukup berkurang pada High. Tapi kalau mau rasakan pengalaman paling oke dengan grafis yang tidak buruk-buruk amat, ya Medium lah solusinya. Sebuah warning: akan ada frame drop yang cukup parah saat layar menampilkan efek visual api yang cukup banyak.

Jika bisa dimainkan untuk Genshin Impact, tentu memainkan game-game lainnya juga akan sangat lancar, contohnya seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan juga Pokemon Unite. Game-game tersebut pun sudah dikonfirmasikan dapat berjalan mulus, seperti yang bisa dilihat pada video YouTube dari Main Lagi.

2. Layar AMOLED Memukau dengan 90 Hz

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 4

Layar Samsung Galaxy M22 mendukung panel Super AMOLED yang berukuran 6,4 inci. Tidak begitu besar untuk memberikan immersion yang mendalam, namun ini membuatnya cukup nyaman untuk dimasukkan ke saku. Layar tersebut mengusung aspek rasio 20:9 pada desain poni tetesan air (waterdrop notch).

Layar Infinity V Screen tersebut juga mendukung laju penyegaran (refresh rate) 90 Hz yang notabene menghadirkan kemulusan layar saat di-scroll, 50 persen lebih mulus dibandingkan 60 Hz biasa. Untuk memberikan keterbacaan yang lebih baik saat di luar ruangan, layar ini disinyalir memiliki tingkat kecerahan HBM hingga 600 nit.

3. Menawarkan Fitur NFC

NFC
*

Near Field Communication atau yang biasa disingkat NFC merupakan sebuah cara bertransfer data antar perangkat, sama seperti Bluetooth. Bedanya, NFC ini bekerja tanpa harus melakukan pairing terlebih dahulu yang umum dilakukan pengguna Bluetooth.

Selain itu, NFC juga bekerja dengan range yang lebih sempit, namun di sisi lain menawarkan penggunaan yang lebih beragam. Contohnya saja, Anda bisa emlakukan pengecekan saldo kartu eMoney ataupun eToll dengan hanya menempelkan kartu ke bodi HP. Juga, ponsel dengan NFC bisa membantu Anda melakukan transaksi pada mesin penjualan yang memang mendukung NFC.

Hadirnya fitur ini pada Samsung Galaxy M22 adalah sebuah angin segar yang layak diapresiasi. Bagaimana pun, tidak semua produsen smartphone memutuskan untuk membekali NFC pada produknya, terlebih melihat dari permintaan konsumen Indonesia yang belum semarak negara-negara lain.

4. Punya Baterai 5.000 mAh

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 7

HP Anda sering kehabisan baterai? Mungkin saatnya mengganti ponsel dengan Samsung Galaxy M22 yang hadir dengan baterai besar 5.000 mAh. Kemampuan baterainya ini terbilang awet untuk menjalani berbagai kebutuhan hingga seharian penuh.

Keawetan baterainya ini didukung oleh layar Super AMOLED yang memang menawarkan warna hitam pekat sesungguhnya, ketimbang IPS LCD yang masih menyala walau menampilkan warna hitam.

5. Konfigurasi Kamera yang Lengkap

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 9

Samsung Galaxy M22 dibekali dengan konfigurasi kamera yang cukup lengkap di kelas harganya. Bagaimana tidak? Terdapat empat jumlah kamera belakang yang siap membuat pengalaman fotografi menjadi lebih menyenangkan. Lensa utamanya merupakan sensor 48 MP (wide) dengan fitur PDAF (phase detection autofocus), dengan bukaan f/2.0.

Dan yang menyenangkannya lagi, lensa kedua pada HP ini mengusung fungsi ultrawide berkekuatan 8 MP yang memiliki bidang keluasan 123 derajat. Adanya lensa ultrawide memungkinkan pengguna untuk memuat lebih banyak subjek dalam satu frame tanpa harus gunakan mode panorama.

Barulah pada dua lensa terakhirnya, merupakan sensor 2 MP dengan fungsi makro untuk mengambil gambar berukuran kecil seperti serangga dan tanaman, serta sensor kedalaman 2 MP untuk menghadirkan efek bokeh (background blur) pada mode potret.

6. Desain Bodi yang Estetik

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 11

Samsung Galaxy M22 dirilis dengan desain bodi yang membuatnya nyaman untuk digenggam. Bahkan dinilai dari segi visual, bagian belakangnya pun terlihat begitu estetik karena tidak memperlihatkan sensor sidik jari sama sekali. Alih-alih di belakang, sensor pemindai tersebut dipasangkan di samping, menyatu dengan tombol power.

Bodinya terbuat dari bahan material plasik polikarbonat yang memang sangat umum di kalangan ponsel murah. Meski ia tidak tampak glossy dan premium seperti ponsel kelas atas pada umumnya, namun bahan plastik ini membuatnya sangat kokoh dan lebih aman dari kerusakan saat terjatuh.

Terdapat corak bergaris di bodi belakangnya, sehingga pengguna pun tidak perlu sering-sering mengelap ponsel untuk membersihkan bekas noda sidik jari. Bobotnya pun terbilang cukup ringan di angka 186 gram dengan ketebalan 8,4 mm.

Meski bukan yang teringkas dan teringan di kelasnya, setidaknya Anda tidak akan merasakan terlalu pegal saat mengoperasikan ponsel dalam waktu yang lama. Samsung Galaxy M22 pun tersdia pada tiga varian warna yakni Black, White, dan juga Light Blue.

Kekurangan Samsung Galaxy M22

Meski Samsung Galaxy M22 memiliki beragam fitur lengkap dan menarik, nyatanya ponsel ini juga hadir dengan beberapa kekurangannya tersendiri. Simak beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di bawah ini.

1. Layar Masih Resolusi HD+

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 13

Secara tingkat kecerahan dan tampilan warna, layar Samsung Galaxy M22 ini sudah tidak perlu diragukan kualitasnya. Ini berkat penggunaan panel Super AMOLED yang memang lebih enak dilihat dibandingkan IPS LCD. Akan tetapi jika bicara soal ketajaman, layar ponsel ini bukan yang terbaik.

Pasalnya ia hanya dibekali dengan resolusi layar HD Plus 720p yang notabene tidak sebaik resolusi Full HD Plus dalam menampilkan ketajaman layar. Anda kemungkinan akan melihat bagian-bagian yang pixelated pada layar, terutama di sudut-sudut ikon dan teks berukuran kecil.

2. Fast Charging 25W yang Kalah Saing

Di dalam boks pembelian, Samsung hanya menyuguhkan casan dengan daya 15W. Ya, ini bukanlah daya tertinggi yang bisa diterima oleh Galaxy M22. Pasalnya, HP 2 jutaan tersebut sebenarnya mendukung pengisian daya cepat 25W pada port USB Type-C.

Daya 25W ini pun merupakan besaran daya yang kalah saing jika dihadapkan dengan berbagai rivalnya. Contohnya saja Redmi Note 11 dengan fast charging 33W. Meskipun memang daya 25W sudah cukup bagi Anda, tetap saja merupakan sebuah kekurangan bahwa pengguna harus membeli casan 25W secara terpisah.

Setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengisikan baterai hingga full jika gunakan casan bawaan. Sedangkan jika gunakan casan daya 25W, waktu yang diperlukan sedikit lebih cepat yakni sekitar satu setengah jam.

3. Tanpa Proteksi Gorilla Glass

tanpa-gorilla-glass

Sisi ketahanan layar dan bodi adalah aspek penting yang kerap kali luput dari perhatian produsen smartphone. Beberapa brand seperti Xiaomi sudah mulai memprioritaskan hal ini, terlihat dari penggunaan Gorilla Glass Victus pada salah satu ponsel mid-range-nya yakni POCO X3 GT.

Di sisi lain, Samsung justru terbilang kurang "rajin" dalam menghadirkan lapisan pelindung Gorilla Glass, seperti pada Galaxy M22 ini contohnya.

Jika Anda sebegitu concerned atau khawatir mengenai ketahanan layarnya, bisa gunakan tempered glass untuk meminimalisir kemungkinan layar retak saat tidak sengaja terjatuh, atau sekadar menjaga layar dari bekas goresan.

4. Tidak Mendukung Fitur Gyro-EIS

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22 18

Ada dua jenis fitur penstabilan pada kamera, yakni OIS dan juga EIS. Secara penggunaannya, OIS berfungsi untuk menjaga agar foto tidak buram sekalipun tangan pemotret mengalami guncangan. Sedangkan, EIS memiliki dampak lebih besar pada perekaman video ketimbang pemotretan foto, agar hasil rekaman tidak goyang-goyang.

Samsung Galaxy M22 sendiri tidak dibekali dengan gyro-EIS (EIS yang menggunakan sensor gyroscope untuk penstabilannya). Ini artinya, Anda harus lebih berusaha membuat tangan stabil saat merekam video. Atau jika memang diperlukan, Anda bisa menggunakan aksesoris gimbal.

Simpulan

Samsung Galaxy M22 hadir dengan beragam fitur menarik, seperti keberadaan NFC di harga yang murah, serta kamera berkekuatan 48 MP Quad Camera yang turut sertakan lensa ultrawide.

Kendati begitu, tanpa hadirnya lapisan Gorilla Glass, calon konsumen mungkin jadi harus direpotkan dengan melapisi kaca dengan tempered glass. Belum lagi, hadirnya casan 15W akan membuat perangkat tidak dapat dicas dengan waktu singkat.

Akan tetapi, jika Anda mencari ponsel dengan layar AMOLED yang cerah dan sudah mengusung 90 Hz serta desain yang cukup menarik, tanpa mengharuskan Anda mengeluarkan kocek besar, Samsung Galaxy M22 seharga Rp2.799.00,- ini akan menjadi sebuah opsi yang ideal.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram