Menyingkap Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Galaxy M02

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Selain selalu menciptakan inovasi baru, Samsung juga ternyata hobi membuat para penggemarnya kebingungan sekaligus penasaran. Pasalnya setelah kelahiran anak baru di seri A yakni Samsung Galaxy A02 di akhir Januari 2021, Samsung kembali mengumumkan anak baru lainnya di kelas M yaitu Samsung Galaxy M02 yang direncanakan rilis pada Februari di tahun yang sama.

Kendati Samsung Galaxy Mo2 masih dalam proses penantian kelahirannya ke muka publik, tetapi spesifikasinya telah diprediksi dan bertebaran di jagat maya. Hal mengejutkan sontak datang saat mengetahui kalau spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy M02 hampir sama dengan Samsung Galaxy A02. Mau bukti?

Dimulai dari aspek bodi keduanya dilahirkan dengan dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm dan bobot 206 gram, layarnya bertipe layar sentuh kapasitif PLS IPS dengan diagonal 6,5  inci, beroperasikan Android 10 dengan chipset Mediatek MT6739W, kamera depan berkonfigurasi 5 MP dengan aparture 2,0 dan kamera belakang yang beresolusi 13 MP + 2 MP. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca spesifikasi dari kedua ponsel Samsung tersebut di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

A02
  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS IPS, 6,5  inci
  • Chipset: Mediatek MT6739W
  • GPU: PowerVR GE8100
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Samsung Galaxy M02

Samsung Galaxy M02
  • Rilis: Februari, 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS IPS, 6,5  inci
  • Chipset: Mediatek MT6739W
  • GPU: PowerVR GE8100
  • RAM: 2/3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02

Carisinyal pastikan kalau spesifikasi di atas bukanlah sebuah kesalahan tapi memang benar seperti demikian. Bisa dikatakan hampir tidak ada celah untuk mencari divergensi antara Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy M02.

Lalu, yang jadi pertanyaan ialah apakah kedua ponsel ini benar-benar tidak memiliki perbedaan sama sekali? Supaya kamu tidak tambah bingung dan penasaran, Carisinyal sudah punya rangkuman mengenai perbedaan antara Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy M02. Apa saja perbedaannya? Langsung saja simak sampai tuntas pemaparannya berikut ini:

1. Identitas Seri Berbeda

Samsung-Galaxy-A02

Poin ini bisa dibilang menjadi salah satu yang mencolok dalam membedakan Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy M02, tidak lain kalau mereka dilahirkan dari ibu yang berbeda. Samsung Galaxy A02 masuk dalam rangkulan seri A, sedangkan Samsung Galaxy M02 berada di bawah naungan seri M.

Kedua seri tersebut rupanya memiliki target yang berbeda, Samsung Galaxy Seri A sering kali sebagai representasi dari anak muda. Perangkat yang berada di seri A ini bisa dikatakan masuk ke jajaran ponsel pintar kelas menengah dari Samsung.

Walau masuk ke kelas menengah tetapi harga yang dipatok masih ramah di saku anak muda. Selain menyuguhkan tampilan yang menarik, Seri A juga menawarkan spesifikasi yang cocok dalam memenuhi kebutuhan aktivitas kekinian muda-mudi.

Untuk perangkat yang berada di seri M memiliki sasaran berbeda, dapat dikatakan seri ini masuk ke kelas murah namun didukung dengan spesifikasi mumpuni. Seri ini dicetuskan sebagai alternatif dari Samsung Galaxy Seri A. Adapun fokus dari seri M yaitu untuk pengguna dengan banyak aktivitas.

Intinya kalau Galaxy A memang menyasar untuk generasi Live atau generasi muda, sedangkan Galaxy M merupakan lini yang ditujukan untuk pengguna. Jadi, apabila kamu memiliki intensitas pekerjaan yang tinggi dan banyak maka seri M seperti Samsung Galaxy M02 cocok untuk kamu bawa pulang.

2. Ragam Ruang Penyimpanan

1. Memory Internal

Perbedaan seri rupanya berimbas pada RAM dan ruang penyimpanan internal khususnya pada Samsung Galaxy M02. Seperti yang kita tahu kalau sasaran pasar dari seri M yakni pengguna yang memiliki aktivitas yang banyak, hal ini pun sejalan dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan internal yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M02.

Pada Samsung Galaxy M02 menawarkan dua kombinasi yakni ruang penyimpanan internal dengan ukuran 32 GB dengan RAM 2 GB dan memori internal berkapasitas 32 GB bersama RAM yang berjumlah 3 GB. Samsung satu ini baik sekali memberikan pilihan kepada calon penggunanya berdasarkan preferensi dan kegunaan perangkat kelak.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A02 yang hanya mempunyai satu kombinasi yaitu ruang penyimpanan internal berkapasitas 32 GB dan RAM yang berukuran 3 GB. Tampaknya, dalam hal ini Samsung Galaxy A02 tidak mempunyai stok RAM yang kapasitasnya 2 GB. Calon pembeli Samsung ini tidak diberikan pilihan, tidak seperti Samsung Galaxy M02.

3. Teknologi Bluetooth Beda Versi

2. Bluetooth 5

Sama-sama telah mendapatkan restu dari organisasi Bluetooth Special Interest Group (SIG), bukan berarti Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02 telah mengikuti ujian dengan versi yang sama. Nyatanya Samsung Galaxy A02 dinyatakan lolos ujian sertifikasi Bluetooth pada tingkat 5,1, sementara Samsung Galaxy M02 hanya mampu berhasil di tingkat 5,0. 

Jelas, dalam teknologi Bluetooth kalau Samsung Galaxy A02 berada di paling atas dibandingkan dengan Samsung Galaxy M02. Berkat teknologi Bluetooth 5,1 maka memungkinkan pengguna dari Samsung Galaxy A02 dapat menentukan lokasi dan akurasi hanya beberapa sentimeter.

Selain mampu mengirim transmisi dengan kecepatan lebih tinggi, versi 5,1 juga dilengkapi Generic Attributes (GATT) yang dimaksimalkan untuk menggapai pemasangan lebih kencang dan Random Channel Index yang ditingkatkan sebagai bentuk prevensi paket data mengalami usikan selama transmisi, sehingga terputusnya sambungan.

Untuk versi 5,0 pada Samsung Galaxy M02 sebenarnya sudah mumpuni dengan konsumsi daya yang lebih rendah, proses transfer yang cepat, kemampuan memasang dua perangkat audio dengan perangkat lain, hingga jangkauan transmisi yang luas. Namun, bagaimana pun teknologi Bluetooth yang dimiliki Samsung Galaxy M02 kalah telak oleh versi Bluetooth punya Samsung Galaxy A02.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram