carisinyal web banner retina

Menyibak Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Galaxy A02s

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Pasca kelahiran Samsung Galaxy A02s di awal Januari 2021, rupanya Samsung masih terus ingin memanjakan para penggemarnya dengan menyuguhkan sebuah produk barunya bernama Samsung Galaxy A02. Dilihat dari kedua nama perangkat Samsung ini, sudah dapat ditebak kalau Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy A02s masuk ke jajaran seri Galaxy A yang menawarkan harga terjangkau.

Baik Samsung Galaxy A02 maupun Samsung Galaxy A02s dibalutkan dengan layar sentuh kapasitif PLS IPS berdiagonal 6,5 inci. Kedua ponsel ini juga mempunyai resolusi layar yang sama yakni 720 x 1600 piksel dengan ketajaman layar ~270 ppi. Untuk tampilannya juga terbilang mirip dengan keberadaan notch tetesan air di tengah layar atas sebagai tempat kamera selfie 5 MP bermukim.

Masih mengenai tampilan, Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy A02s memiliki selimut untuk bodinya terbuat kaca pada bagian depannya serta area samping dan belakang terbuat dari bahan plastik. Kedua ponsel yang sama-sama tidak disematkan fitur sidik jari ini, disuplai oleh daya baterai 5000 mAh yang dapat diisi lewat jalur microUSB. Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi kedua ponsel besutan Samsung ini bisa melihat di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

A02
  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS IPS, 6,5  inci
  • Chipset: Mediatek MT6739W
  • GPU: PowerVR GE8100
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Samsung Galaxy A02s

Menyibak Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Galaxy A02s 2
  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS TFT LCD, 6,1 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU: Adreno 506
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy A02s

Selepas membaca spesifikasi singkat dari Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy A02s, mungkin sudah tampak beberapa perbedaan dari kedua ponsel ini misalnya di segi ukuran bodi dan chipset. Namun, Carisinyal akan mengajakmu untuk menyibak perbedaan lainnya lebih lanjut, berikut pemaparannya untuk kamu:

1. Berat Kecil vs Ringan Besar

RAM Samsung A02s

Di segi dimensi dan bobot bodi mungkin akan membuatmu dilema, bukan tanpa sebab kedua ponsel ini memiliki penawaran berbeda dan cukup menarik untuk diulik. Di mulai dari Samsung Galaxy A02 yang berdimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm, sedangkan Samsung Galaxy A02s memiliki ukuran 164.2 x 75.9 x 9.1 mm. Selisihnya memang sangat tipis sekali, tapi tetap saja Samsung Galaxy A02s menjuarai dalam segi dimensi.

Berlanjut ke sisi bobot bodi, Samsung Galaxy A02s dilahirkan dengan berat 196 gram lebih ringan disandingkan dengan Samsung Galaxy A02 yang bila ditimbang memiliki berat 206 gram. Dengan perbedaan bobot yang cukup signifikan yakni 10 gram, membuat Samsung Galaxy A02 mempunyai bodi yang kecil dan berat. Sementara, Samsung Galaxy A02s berbadan besar nan ringan.

2. Kehadiran Disimilaritas Prosesor

Qualcomm vs Mediatek

Kedua ponsel ini dijalankan oleh sistem operasi Android 10, namun berbeda dengan Samsung Galaxy A02 yang juga ditopang dengan sistem One UI 2.0, sebuah User Interface atau antarmuka dari Samsung yang didesain supaya lebih nyaman dipandang, dapat digunakan untuk satu tangan, dan memberikan pengalaman yang lebih baik.

Untuk dapur pacu Samsung Galaxy A02 dibumbui Mediatek MT639W dengan Quad-core berukuran 1,5 GHz Cortex-A53, sedangkan Samsung Galaxy A02s diracik oleh perusahaan prosesor Qualcomm dengan Snapdragon 45 lengkap dengan Octa-core berukuran 1,8 GHz Cortex-A53.

Sementara untuk Unit Pemprosesan Grafik, kedua ponsel ini menyesuaikan dengan prosesornya yakni Samsung Galaxy A02 dengan PowerVR GE8100 dan GPU dari Samsung Galaxy A02s, Adreno 506.

Berkat prosesor yang dimiliki, Samsung Galaxy A02s menyuguhkan kecepatan CPU 2,4 kali lebih kencang, kecepatan mengunduh dan mengunggah 2 kali lebih melesat, jika disandingkan dengan prosesor yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A02.

3. Selisih Aperture Kamera

Samsung Galaxy A02 Camera

Di aspek fotografi sebenarnya tidak ada perbedaan yang luas, hanya saja kamera utama yang ada di Samsung Galaxy A02 terdiri dari dua lensa yaitu lensa wide 13 MP dengan aperture f/1.9 dan lensa makro beresolusi 2 MP bersama aperture f/2.4.

Sementara, Samsung Galaxy A02s pada kamera belakangnya ada tiga lensa antara lain adalah lensa wide berkonfigurasi 13 MP dengan aperture f/2.2, lensa makro dan kedalaman yang sama-sama memiliki resolusi 2 MP dengan aperture f/2.4.

Untuk kamera depannya, kedua ponsel ini tidak memiliki perbedaan alias kompakan mempunyai lensa yang berukuran 5 MP akan tetapi untuk soal aperture rupanya ada selisih. Samsung Galaxy A02 menawarkan aperture f/2.0, sedangkan Samsung Galaxy A02s dengan f/2.2.

Dari perbedaan tersebut, memang jumlah lensa kamera yang dimiliki Samsung Galaxy A02 tidak sebanyak Samsung Galaxy A02s tetapi ponsel ini memiliki aperture yang lebih kecil yang berarti dapat menciptakan efek blur latar belakang yang lebih tajam.

4. Renggangnya Edisi Bluetooth

Bluetooth

Berbicara soal teknologi Bluetooth, Samsung Galaxy A02 menjuarai akan hal ini dibandingkan dengan Samsung Galaxy A02s. Sebab, jika Samsung Galaxy A02s mentok di Bluetooth 4.2 maka Samsung Galaxy A02 mengalami peningkatan dengan mengusung Bluetooth yang memiliki jangan lebih jauh, yakni versi 5.1.

Berkat teknologi Bluetooth terbaru memungkinkan pengguna dari perangkat Samsung Galaxy A02 akan mendapatkan banyak kemudahan mulai dari kecepatan transmisi data yang lebih ngebut, konsumsi daya lebih rendah, hingga menawarkan beberapa fitur lainnya.

Salah satu fitur lain yang mungkin dapat dirasakan saat mengaktifkan Bluetooth 5.1 pada Samsung Galaxy A02, kehadiran fitur Random Channel Index yang dioptimalkan untuk mencegah paket data bermasalah saat proses transmisi, yang dapat membuat pemutusan hubungan.

Bagaimana pun Samsung Galaxy A02s dengan Bluetooth 412 juga memiliki kemampuan pengiriman transmisi juga cepat dengan kecepatan komunikasi maksimum 1 Mbps, tapi harus diakui tidak secepat versi 5.1 yang dimiliki Samsung Galaxy A02.

5. Konektivitas

Menyibak Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Galaxy A02s 8

Adapun perbedaan minor yang harus kamu ketahui antara Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy A02s dari segi ukuran layar-ke-bodi, USB, ruang penyimpanan internal dan RAM, warna, dan tidak ketinggalan tentunya harga.

Pada ukuran layar-ke-bodi, seperti pemenang dari nominasi ini jatuh kepada Samsung Galaxy A02 dengan ukuran ~81,9%, Samsung Galaxy Ao2s harus menerima kekalahannya bersama ~81,8% layar-ke-bodi. Hal ini berarti layar milik Samsung Galaxy A02 lebih luas 0,1%.

Konektor USB tentunya tidak bisa lepas dari perangkat ponsel pintar yang berguna sebagai penghubung koneksi data atau pengisian daya baterai. Jika dilihat kalau Samsung Galaxy A02s memiliki konektor USB dengan Tipe-C 2.0, sementara Samsung Galaxy A02 dengan microUSB 2.0.

Ruang penyimpanan internal dan RAM pada Samsung Galaxy A02 hanya terdiri dari satu kombinasi yakni 32/3 GB, sedangkan Samsung Galaxy A02s ada peningkatan dan penambahan kapasitas yaitu 32/3 GB dan 64/4 GB.

Lanjut dengan pilihan warna, Samsung Galaxy A02 mempersembahkan perangkat dalam balutan warna hitam dan biru. Di sisi lain Samsung Galaxy A02s hadir dengan satu warna tambahan, sehingga warnanya ada hitam, putih, dan biru.

Berikutnya perihal perbedaan harga, Samsung Galaxy A02 yang hanya memiliki versi 32/2 GB dipatok Rp1,4 juta.  Sedangkan, dikarenakan memiliki dua varian maka Samsung Galaxy A02s ada dua opsi yaitu Rp1,75 juta untuk varian 32/3 GB dan Rp1,95 juta untuk varian 64/4 GB.

Simpulan

Melihat dari hasil pembahasan mengenai perbedaan Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy A02s, maka dapat disimpulkan kalau Samsung Galaxy A02 ulung dalam layar yang lebih luas, aperture kamera yang lebih tajam saat menghasilkan efek bokeh, teknologi Bluetooth yang lebih kencang, dan tawaran harga yang lebih murah.

Sementara, Samsung Galaxy A02s memenangkan nominasi di bidang dimensi bodi yang lebar dan berat yang lebih enteng, kinerja prosesor yang lebih mumpuni, jumlah lensa kamera lebih banyak, memiliki USB tipe C-2.0, variasi warna, RAM, dan ruang penyimpanan yang lebih beragam.

Gimana, sudah ada banyangankan mengenai perbedaan dari Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy A02s? Menurutmu mana yang memiliki spesifikasi lebih oke? Boleh banget beri alasannya di kolom komentar! Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang perkembangan dunia perponselan, wajib banget untuk pantau terus Carisinyal!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram