carisinyal web banner retina

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung A02s!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Di awal 2021, Indonesia menyambut kehadiran dari Samsung A02s. Sebenarnya, Samsung telah memperkenalkan seri A02s bersamaan dengan Samsung Galaxy A12 pada November 2020. Jelas, hal ini membuat para pengguna ponsel pintar penasaran dengan tampilan dan fitur dari Samsung A02s.

Dipatok dengan harga kurang dari Rp2 juta, seri ini dibekali spesifikasi khas entry-level. Kendati masuk pada tingkatan entry-level, Samsung jenis ini tidak kalah ciamik dengan ponsel pintar keluaran terbaru lainnya.

Ponsel pintar satu ini didukung dengan multi-kamera yang memungkinkan para penggunanya menciptakan foto kreatif. Tidak hanya itu, daya baterai berkapasitas besar juga ditanam pada Samsung A02s yang mampu mengisi daya baterai secara cepat.

Buat Anda yang berencana untuk men-checkout Samsung A02s, alangkah bagusnya untuk menilik terlebih dulu kelebihan beserta kekurangan dari ponsel pintar ciptaan Samsung di bawah ini!

Spesifikasi Samsung A02s

Spesifikasi Samsung A02s
  • Layar: PLS TFT LCD, 6.5 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal:32/3 GB, 64/4 GB | eMMC 5.1
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan:5 MP, f/2.2
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung A02s

Ada berbagai kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan oleh Samsung A02s. Apa sajakah kelebihan tersebut? Berikut pemaparannya untuk Anda, baca sampai tuntas yah!

1. Layar Bermodel Bezel-Less

Layar Samsung A02s

Samsung A02s menggunakan layar dengan jenis PLS TFT LCD dengan ukuran 6,1 inci yang mengusung desain Infinity-V display atau waterdrop notch. Meski tidak mengaplikasikan layar dengan panel AMOLED seperti yang sering kali digunakan di banyak produk Samsung lainnya, model ini memiliki tampilan jernih, tajam, dan detail.

Smartphone ini memiliki resolusi sebesar 720 x 1600 pixel, rasio screen-to-body sebesar 81,8 persen, tingkat density sebesar 270 ppi. Samsung A02s seakan seperti sebuah produk premium, hal ini berkat model bezel less dan bentukan sleek yang diusung pada perangkat ini.

Bagi Anda yang suka menonton video ataupun game ponsel ini cocok dimiliki karena memiliki layar yang lebar dan luas. Gimana tertarik untuk memiliki Samsung A02s ini?

2. Daya Baterai yang Tahan Lama

Daya Baterai Samsung A02s

Membahas soal daya baterai, Samsung A02s patut diacungi jempol. Ponsel pintar ini memiliki kapasitas baterai lebih besar dibanding pendahulunya, Samsung A01. Dengan menanamkan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer berkapasitas 5000 mAh, Samsung A02s dapat dipakai selama satu hari penuh alias tahan lama.

Tidak hanya itu, Samsung juga masih konsisten menggunakan teknologi fast charging atau pengisian cepat 15W pada model ponsel terbaru ini. Maka tidak heran, dengan teknologi yang dimilikinya saat Anda mengisi daya Samsung A02s tidak perlu memakan waktu yang lama atau hingga berjam-jam, jika dibanding dengan A01.

GSMArena mecatatkan hasil pengujian baterai Samsung Galaxy A02s dengan nilai 114h. Skor tersebut didapatkan berdasarkan akumulasi tes seperti waktu bicara yang mencapai 34 jam, internetan yang mencapai 16 jam, dan pemutaran video yang mencapai 16 jam.

3. Desain yang Nyaman dan Kekinian

Desain Samsung A02s

Menurut ulasan dari saluran Taufik Nobo, bahwa tampilan desain dari Samsung ini naik kelas dari seri sebelumnya, punya berat dan rasa solid di tangan. Tebal dari ponselnya sendiri tidak terlalu terasa karena ada detail lekukan dekat di bagian belakang.

Jenis Samsung ini tersedia dalam tiga warna pilihan, yakni Hitam, Putih, dan Biru. Uniknya, Sim Card Slot juga memiliki warna yang sama menyesuaikan dengan warna tubuh si ponsel. Untuk bagian sudutnya dibuat tumpul bak model Samsung pendahulunya, sehingga membuat nyaman saat digenggam.

Sementara desain untuk bagian belakang Samsung A02s ini terbuat dari plastik dan bertekstur, sehingga memiliki sentuhan yang estetik dan elegan. Adapun ukiran micro halus yang menggambarkan huruf X, yang biasanya sering ditemukan di model Samsung dengan seri yang lumayan tinggi.

Untuk di sisi atas ponsel hanya terdapat satu lubang yaitu speaker out. Sedangkan, bagian bawahnya ada port yang digunakan sebagai lubang USB, lubang speaker-in, dan lubang earphone jack 3.5mm. Di samping kiri ada slot yang memuat untuk menyimpan microSD dan dua SIM Card, serta sisi kanan tertempel tombol volume dan power.

4. OneUI dan Dukungan Keamanan

OneUI

Samsung Galaxy A02s ini menawarkan kenyamanan penggunaan yang baik berkat antarmuka OneUI. Adapun, bawaan ponsel menawarkan OneUI versi 2.5 berbasis Android 10. Ponsel terjangkau Samsung biasanya tidak mendapat perhatian untuk pembaruan sistem. Namun, setidaknya harusnya ada pembaruan untuk Android 11.

Sistem operasi OneUI ini masih mampu beroperasi dengan hardware/sistem lain secara elok. Dilengkapi dengan RAM 3GB dan 4GB, juga ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB, ponsel ini dapat ditambah hingga 1TB dengan memakai microSD.

OneUI di ponsel ini juga jelas punya beberapa fitur menarik untuk kelas harganya. Tentu OneUI yang ditawarkan berbeda dengan OneUI di ponsel kelas menengah sampai atas. Namun, beberapa fitur memberikan pengalaman penggunaan yang menarik. Hal yang justru patut diapresiasi adalah fakta bahwa ponsel ini masuk daftar ponsel yang bakal mendapatkan pembaruan keamanan setidaknya sampai 4 tahun.

5. Di Kondisi Normal, Hasil Jepretan Kamera Oke

Kamera Belakang Samsung A02s

Untuk sebagai orang kamera selalu menjadi poin penting saat membeli sebuah ponsel pintar. Beruntungnya bagi Anda yang akan membeli atau telah menggenggam Samsung A02s, karena ponsel pintar ini memiliki hasil jepretan bak fotografer andal.

Ponsel pintar ini mempunyai empat buah lensa kamera yang menempel di tubuhnya, tiga buah di belakang dan satu buah menjadi kamera depan. Kamera utama dari Samsung A02s ini menaruh resolusi sebesar 13MP yang mampu membidik foto dan merekam video. Sisanya memiliki resolusi yang sama 2MP berfungsi untuk depth lens dan macro.

Kekurangan Samsung A02s

Salanjutnya, kita akan bahas kekurangan yang terdapat pada Samsung A02s. Penasaran apa saja? Yuk, langsung pembahasannya berikut ini!

1. Resolusi Kamera Depan Hanya 5 MP

Kamera Samsung A02s

Di bagian depan, ada kamera selfie yang bertengger di bagian tengah atas ponsel. Lensa kamera yang memiliki resolusi 5MP ini selain dipakai untuk selfie juga dapat digunakan sebagai fitur face unlock dan videocall. Walau ukuran resolusinya kecil, tetapi setara sesuai dengan kelas dan kategori ponsel entry level. 

Berdasarkan ulasan dari saluran GontaGantiHape, hasil dari kamera depan Samsung A02s cukup natural, tetapi ketajamannya tidak terlalu tinggi karena hanya memiliki 5MP. Meski demikian, kemera depan ponsel ini punya fitur white selfie yang jika dicoba hasilnya tidak terlalu berlebihan. Untuk shutterspead-nya tidak terlalu cepat, sehingga membutuhkan keseimbangan saat memegang ponsel.

2. Pengisian Tidak Cepat

Port USB Type C

Salah satu kebiasaan yang ada di ponsel kelas harga terjangkau adalah soal pengisian daya. Pengisian daya yang ditawarkan di kelas harga ini cenderung punya waktu yang lambat. Berbalik dengan daya tahan baterainya yang tergolong cepat.

GSMArena sendiri menyatakan jika Galaxy A02s ini punya waktu pengisian daya yang lambat. Charger yang dihadirkan adalah charger 15W Samsung Adaptive Fast Charging adapter. Namun, charger tersebut hanya dapat mengisi daya 30% selama 30 menit dari daya 0%. Sementara untuk terisi penuh, dibutuhkan waktu mencapai 2 jam 36 menit.

Terlepas dari daya tahan baterainya yang lambat, hal yang patut diapresiasi dari Samsung Galaxy A02s adalah hadirnya port USB Type-C. Sesuatu yang mulai jadi umum untuk kelas harga terjangkau.

3. Chipset Lama

Samsung Galaxy A02S

Sebenarnya dapat dikatakan jika Samsung Galaxy A02s ini anti lemot. Berkat Qualcomm Snapdragon 450 SoC beserta prosesor Octa-core dan GPU Adreno 506 membuat performa ponsel ini cukup kencang di kelas harganya. Sayangnya, ponsel ini sudah ketinggalan zaman dan kurang kompetitif di era Galaxy A02s rilis. Tampaknya, Samsung masih cukup banyak stock Snapdragon 450.

4. Tidak Dilapisi Proteksi Pelindung Kaca

Proteksi Pelindung Layar
*Sumber: https://www.xda-developers.com/

Buat Anda yang sering teledor, mungkin sebaiknya harus lebih berhati-hati saat menyimpan atau menggenggam Samsung A02s. Hal ini karena ponsel tersebut tidak dilapisi dengan proteksi pelindung kaca. Jadi, sangat rentan bila jatuh yang mengakibatkan retak atau tergores.

Mungkin salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menyiapkan anggaran lebih untuk membeli pelindung kaca/layar. Namun, bila sudah nyaman atau sudah terbiasa dengan kondisi tanpa proteksi pelindung kaca, it's ok!

5. Tidak Ada Fingerprint Sensor

Fingerprint Sensor
*Sumber: https://wccftech.com/

Beberapa vendor ponsel pintar kini mulai berlomba-lomba untuk membubuhkan fingerprint sensor sekarang. Sistem pendukung ini biasanya diletakan di depan atau di belakang, tepat di bawah. Sayang seribu sayang, Samsung A02s ini tidak memiliki sistem fingerprint sensor.

Meski bagi sebagian kalangan penggunaan sistem ini rentan dalam meninggalkan bekas sidik jari, tetapi terlepas dari hal tersebut untuk ponsel sekelas entry-level seharusnya memasangkan sistem ini pada badanya.

Simpulan

Dengan harga di bawah Rp2 jutaan, Samsung A02s memiliki kelebihan dan kekurangan. Ponsel pintar ini didesain dengan elegan dan nyaman saat digenggam. Dilengkapi dengan konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, dan USB, Samsung A02s membawa dirinya untuk siap saing dengan para pendahulunya maupun vendor lain.

Walaupun masih ada kekurangan dalam beberapa aspek, mendengar nama brand dari produk ini tidak jarang ada orang yang tidak terlalu memperhatikan mengenai spesifikasinya. Kehadiran setiap produk baru dari Samsung tatkala selalu ditunggu banyak orang, tanpa terkecuali Samsung A02s yang harganya lumayan terjangkau. Tertarik dengan Samsung A02s?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram