10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada 11 Agustus 2021, Samsung telah meluncurkan kedua ponsel lipat terbaru pada acara Galaxy Unpacked 2021, yakni Samsung Galaxy Z Flip3 5G dan Galaxy Z Fold3 5G. Inovasi adalah daya jual utama pada kedua ponsel lipat ini, menyuguhkan cara-cara baru sebuah ponsel dapat digunakan untuk memperkaya hidup pengguna dalam kesehariannya.

Pada Galaxy Z Flip3, pengguna dapat melipat ponsel menjadi lebih kecil lagi. Berbeda dengan Fold3 yang lebih bisa dianggap sebagai "tablet lipat". Kehadiran keduanya pun turut memancing antusiasme konsumen yang sudah bosan dengan model ponsel reguler dan ingin melihat apa saja hal baru yang ditawarkan konsep ponsel lipat khas Samsung.

Kali ini, Carisinyal akan beberkan harga, spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy Z Flip3 5G sebagai bahan referensi. Cukup banyak peningkatan kualitas dan fitur dibanding generasi sebelumnya yang wajib Anda ketahui sebelum membeli. Tanpa menunggu lama lagi, simak spesifikasi secara singkat di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G
  • Rilis: Agustus 2021
  • Layar: Foldable Dynamic AMOLED 2X | Cover: Super AMOLED, 6,7 inci | Cover: 1,9 inci, 1080 x 2640 piksel (~426 ppi) | Cover: 260 x 512 piksel
  • Chipset: Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Li-Po 3300 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Setelah melihat spesifikasi di atas, tentunya Anda sudah tak sabar ingin menguak kelebihan Galaxy Z Flip3 5G, bukan? Setidaknya ada 7 poin kelebihan yang harus Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

1. Inovasi Ponsel Lipat Mengalami Peningkatan

Jika Anda terpukau dengan teknologi ponsel lipat Z Flip generasi pertama, tunggu sampai Anda merasakan canggihnya Z Flip3. Yap, sejatinya tidak banyak yang berubah dibandingkan generasi sebelumnya. Namun, user experience yang dirasakan pada Z Flip3 berlipat-lipat lebih menyenangkan dibanding Z Flip.

Sebelumnya, layar cover Z Flip hanya dapat memunculkan sebaris tulisan saja karena ukuran layar yang kecil. Kali ini, layar cover pada Z Flip3 memiliki fungsionalitas yang lebih beragam. Contohnya, Anda dapat melihat notifikasi yang muncul, membaca pesan, dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai viewfinder saat pemotretan selfie!

Otomatis layar cover juga bisa Anda "sulap" menjadi cermin. Dan jika ingin melakukan pemotretan atau shutter, tinggal tekan tombol volume pada samping bodi. Fitur Flex Mode juga memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan panggilan video tanpa harus memegang ponsel dengan kedua tangan.

Tinggal simpan perangkat di atas meja dan tekuk layar ponsel pada sudut 90 derajat, maka ponsel pun bisa "berdiri" tanpa harus menggunakan stand. Sekilas, Flex Mode mengingatkan penulis akan Nintendo 3DS.

Pengalaman pengguna bukan satu-satunya yang ditingkatkan. Perangkat juga hadir dengan durabilitas yang diperkuat pada bagian engsel, layar, dan bingkai aluminiumnya. Sungguh, Galaxy Z Flip3 benar-benar menghilangkan concern yang sebelumnya hadir pada Z Flip di tahun 2020.

2. Bodi yang Ringan, Kuat, dan Tahan Air

Yang membuat Galaxy Z Flip3 kali ini layak diminati adalah rancang bangun bodinya yang jauh lebih kokoh dan ergonomis dibanding Galaxy Z Flip. Jika sebelumnya Galaxy Z Flip dihadirkan dengan lapisan pelindung Gorilla Glass 6 di belakangnya, kini Galaxy Z Flip3 menawarkan Gorilla Glass Victus di bagian depan dan belakang.

Ponsel lipat ini juga dihadirkan dengan bingkai berbahan aluminium dan material plastik polikarbonat pada bagian depan. Secara dimensi, generasi kedua pada seri Z Flip ini punya ketebalan bodi yang lebih ringkas ketimbang sebelumnya, yakni 6,9 mm saja (tanpa dilipat).

Begitu pun saat ponsel dalam kondisi terlipat, Z Flip3 punya ketebalan sebesar 15,9 hingga 17,1 mm. Lebih tipis dibanding Z Flip dengan ketebalan 7,2 mm (tanpa dilipat) dan 17,3 mm (dilipat).

Dari segi keringkasan bodi, Galaxy Z Flip3 jelas alami peningkatan. Namun rupanya ponsel ini masih sama-sama hadirkan bobot 186 gram seperti generasi pertamanya.

Tidak hanya hadirkan bodi yang ringkas dan kuat, Galaxy Z Flip3 juga merupakan ponsel lipat pertama Samsung yang sudah tersertifikasi IPX8. Sehingga, perangkat ini disinyalir dapat bertahan meski sudah terjatuh ke air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Mengingat form factor ponsel yang terbilang sangat kompleks, kami pun cukup terkejut saat mengetahui Galaxy Z Flip3 hadir dengan ketahanan bodi yang baik terhadap air. Semakin membuat konsumen yakin kalau Galaxy Z Flip3 merupakan upgrade yang layak ditunggu dari Galaxy Z Flip Series.

3. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Panel layar Dynamic AMOLED 2X yang digunakan Galaxy Z Flip3 ini awalnya diperkenalkan pada Samsung Galaxy S20 Series. Angka 2X menunjukkan kalau panel layar tersebut juga mendukung refresh rate dua kali lipat dari normal, yakni 120 Hz.

Dibanding refresh rate 60 Hz, pengguna dapat merasakan pergerakkan layar yang jauh lebih licin dan mulus. Terlebih saat sedang lakukan scrolling di Instagram, membaca artikel, dan memainkan game-game yang mendukung refresh rate tinggi.

Ukuran layar saat tidak dilipat tidak berubah dibanding generasi sebelumnya, yakni 6,7 inci pada resolusi 1080 x 2640 piksel. Menyoal kualitas layarnya, Galaxy Z Flip3 tidak jauh berbeda juga dengan ponsel-ponsel flagship Samsung yang selama ini sudah dirilis. Anda dapat mengekspektasikan tampilan yang cerah dan penuh dengan keberagaman warna.

Layar memberikan tampilan yang luar biasa cerah meski dilihat pada siang hari di bawah terik matahari, mengusung teknologi HDR10+ dan peak brightness yang mencapai 1200 nit. Di baliknya, telah tersedia sertifikasi Widevine L1 untuk menikmati konten Netflix dan Amazon Prime secara HD. Pokoknya benar-benar kualitas layar flagship sejati.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram