carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 23 September 2021

Kabar gembira bagi yang ngebet ingin beli ponsel gaming tapi terkendala biaya. Anda sudah dapat mencicipi chipset bertenaga Snapdragon 888 pada ponsel mid range bernama realme GT 5G. Sayangnya HP ini hanya tersedia di China saat artikel ini ditulis dan tidak tahu apakah akan menyambangi pasar Tanah Air atau tidak.

Ponsel yang dirilis pada bulan Maret 2021 ini dijamin membuat Anda pangling. Pasalnya, ponsel ini sungguh dilengkapi dengan spesifikasi yang sekelas dengan flagship. Padahal, realme GT 5G hanya dibanderol dengan harga Rp6,1 juta untuk varian terendahnya.

Ini memang sudah jadi ciri khas realme yang merupakan sub-brand dari OPPO, menyuguhkan value for money yang tinggi dan menekankan emphasis pada performa, gaming, dan kenyamanan pengguna secara keseluruhan. Untuk mengetahui selengkapnya soal HP ini, kami sediakan beberapa poin kelebihan dan kekurangan realme GT 5G berikut ini.

Spesifikasi realme GT 5G

Realme GT 5G
  • Layar: Super AMOLED 6,43 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 680 & 3x2,42 GHz Kryo 680 & 4x1,80 GHz Kryo 680
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 dan 12 GB LPDDR5
  • Memori Internal: 128 dan 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh non-removable

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme GT 5G

Banyak yang menganggap realme GT 5G sebagai ponsel flagship killer terbaik sedunia, bahkan lebih worth it dibanding Xiaomi Mi 10T yang juga sempat menduduki reputasi flagship killer paling solid. Memangnya apa saja sih kelebihan HP ini? Simak saja beberapa kelebihan berikut.

1. Hadirkan Chipset Snapdragon 888 yang Bertenaga

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 2

realme GT nampaknya serius dalam menghadirkan value for money yang tinggi. Hal ini sungguh tercermin dari penggunaan chipset sekelas flagship, yakni Snapdragon 888. Padahal seperti yang kita ketahui, chipset ini umumnya hanya ditemukan pada HP sekelas harga Rp10 jutaan.

Sehingga, realme GT 5G yang banderol harganya dimulai dari Rp6,1 juta punya performa sebaik HP di kelas yang lebih atas. Sungguh mengagumkan, bukan? Snapdragon 888 ini sungguh punya performa terbaik di dunia, bisa mencapai skor AnTuTu yang menembus angka 700K.

Kehebatan dari Snapdragon 888 ini berkat penggunaan konfigurasi octa core berupa 1 buah 2.84 GHz Kryo 680 Prime (berbasiskan ARM Cortex X1), 3 buah 2.42 GHz Kryo 680 Gold (berbasiskan ARM Cortex A78) serta 4 inti 1.80 GHz Kryo 680 Silver (berbasiskan ARM Cortex A55).

Tidak hanya itu, realme GT 5G yang dipadukan dengan realme UI 2.0 berbasiskan Android 11 ini juga dilengkapi dengan RAM tipe LPDDR5 (8/12 GB) dan juga memori internal UFS 3.1 (128/256 GB). Alhasil ponsel pun punya kinerja baik saat meng-handle pembukaan banyak aplikasi serta waktu loading yang cepat.

Berdasarkan informasi dari Gizmochina, realme GT 5G ini mencapai skor AnTuTu v8 di atas 740.000, sedangkan skor Geekbench-nya mendapatkan nilai 1142 (single core) dan 3703 (multi-core). Gizmochina juga mengatakan kalau performa Snapdragon 888 pada realme GT 5G ini betul-betul teroptimasi dengan baik.

Malahan, HP ini juga setara (atau bahkan mengalahkan) kebanyakan ponsel lain yang juga menggunakan Snapdragon 888. Saat dimainkan beberapa game, realme GT 5G juga mampu meraih frame rate tinggi sekalipun pada pengaturan grafis terbaik.

Misalnya saja saat dicoba memainkan Genshin Impact, perangkat berhasil menjaga kestabilan frame rate di angka 55.03 FPS dengan suhu paling panas mencapai 51 derajat Celcius.

2. Super AMOLED Display dengan 120 Hz

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 4

realme GT 5G juga sudah dihadirkan dengan layar yang unggul dari segi brightness dan kualitas ketajaman, menghadirkan panel Super AMOLED yang awet baterai dengan kontras rasio yang tinggi. Seolah tidak cukup, realme juga membekalinya dengan laju penyegaran 120 Hz dan sampling rate 360 Hz.

Besarnya laju penyegaran ini berperngaruh pada seberapa sering layar melakukan refresh setaip detiknya. realme GT 5G yang punya refresh rate 120 Hz ini artinya mampu menawarkan perpindahan layar yang dua kali lipat lebih smooth. Sementara itu, sampling rate yang tinggi pada realme GT 5G memudahkan pengguna untuk memberikan input lebih cepat pada layar.

3. Baterai Awet dengan Fast Charging Unggul

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 6

Bagi Anda yang tidak ingin ponsel yang cepat habis baterai, realme GT 5G sungguh cocok dijadikan pertimbangan. Sekalipun ia hanya hadir dengan kapasitas 4500 mAh, realme GT 5G nyatanya punya ketahanan yang unggul. Hal ini berkat pemakaian panel OLED yang lebih efisien daya dibandingkan panel IPS.

Gizmochina turut mengiyakan ketahanan baterai tersebut. Saat diujicobakan, realme GT 5G hanya berkurang 19% setelah dipakai bermain Genshin Impact selama 30 menit. Sedangkan saat dipakai bermain Nimian Legend selama 20 menit, baterai hanya berkurang 16%.

Seorang YouTuber bernama MySmartPrice ini juga punya pendapat yang serupa, kalau realme GT 5G tergolong baik dalam mempertahankan daya baterainya.

Saat dites dalam perbandingan battery drain, realme GT 5G mampu bertahan selama 5 jam 25 menit setelah digunakan beragam aktivitas yakni bermain game PUBG M, Asphalt 9, membuka Instagram, merekam video, dll. (menggunakan laju penyegaran 120 Hz)

Dan apabila baterai Anda habis, realme GT 5G juga sungguh dipercaya untuk bisa dicas ke 100% dalam waktu cepat. Ini berkat fitur fast charging 65 W. Meskipun bukan yang tercepat di dunia, namun setidaknya masih lebih unggul dari Redmi K40 Pro yang punya fast charging 33W.

Masih dari sumber Gizmochina, situs tersebut mengatakan kalau realme GT 5G bisa terisi hingga full dalam waktu 31 menit saja. Hasil serupa juga dibuktikan oleh MySmartPrice yang menyebutkan kalau realme GT 5G mencapai 100% dalam waktu 32 menit. Jauh lebih cepat dari Redmi K40 Pro yang baru mencapai 100% ketika dicas 59 menit.

4. Desain Compact Bikin Nyaman Digenggam

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 8

Dari segi tampilan, kami harus bilang kalau realme GT 5G ini punya modul kamera yang condong terlihat biasa saja. Modul kamera persegi panjang seperti ini sudah banyak ditemukan pada ponsel keluaran tahun 2020, termasuk pada HP yang dirilis realme sebelum-sebelumnya.

Kendati demikian, tetap harus diapresiasi bahwa HP ini memang lebih nyaman digenggam berkat bobotnya yang ringan, yakni 186 gram. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh ukuran layarnya yang tidak begitu lebar.

5. Triple Camera 64 MP dengan Hasil Jepretan Memukau

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 10

Dilihat sekilas, realme GT 5G memang lebih difokuskan pada performa dan gaming, namun bukan berarti ponsel ini punya kinerja kamera yang buruk.

Dikemas dengan kamera utama 64 MP beserta dua lensa pendamping 8 MP (ultra lebar) dan 2 MP (makro), realme GT 5G jadi pilihan yang cocok untuk mengambil foto sudut lebar dan close up. Berikut adalah beberapa contoh sampel foto dari realme GT 5G.

realme gt kamera utama
realme GT Main Camera. *
Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 13
realme GT Main Camera. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=fKnECAY8W8o (Frankie Tech)
Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 15
realme GT Night Mode. *
Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 17
realme GT Night Mode. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5k6rZ0TPV0A (Technical 6)

Terlihat pada contoh sampel kamera utamanya kalau kontras warna dan ketajaman detil sungguh terjaga dengan baik. Warnanya cukup menyala dan tidak belel alias pucat, seperti yang bisa diekspektasikan dari kualitas ponsel realme. Begitu juga pada foto malam harinya, kami bisa rekomendasikan realme GT untuk sesi fotografi malam hari yang andal.

6. Menyuguhkan 3,5mm Jack Audio Port

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 19

Sekarang, hampir semua produsen HP juga telah merambah ke pasar earphone nirkabel alias Bluetooth. Salah satu trik untuk memperkenalkan penggunaan wireless earphone adalah dengan meniadakan port 3,5 mm di smartphone. Alhasil inilah yang terjadi pada HP flagship, di mana sudah jarang sekali smartphone mewah yang menyuguhkan port berguna ini.

Malahan Redmi K40 Pro sebagai HP di segmen flagship killer pun tidak memilikinya. Di sinilah realme GT 5G bersinar karena masih mempertahankan port untuk dicolokkan kabel earphone. Tidak perlu repot lagi membawa adapter ke mana-mana.

7. Dual Stereo Speaker dengan Dolby Atmos

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 21

Speaker menjadi hal yang menarik untuk dibahas, terutama kalau pengguna tidak ingin menggunakan earphone setiap saat. Nah, Anda dapat mengandalkan kualitas suara yang dihasilkan speaker realme GT 5G berkat keberadaan dual stereo speaker.

Bukan sembarang speaker, realme GT 5G juga membubuhinya dengan penyetelan atau tuning dari Dolby Atmos. Sehingga, penikmat film ataupun musik tidak perlu khawatir saat ketinggalan earphone di rumah.

Kekurangan realme GT 5G

Sekalipun terbilang murah untuk spek yang ditawarkannya, tetap saja realme GT 5G tidak luput dari beberapa kekurangan, yakni yang sebagai berikut.

1. Tanpa Perlindungan Gorilla Glass dan IP Rating

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 23

Seiring zaman berkembang, pengguna tentu mencari suatu hal yang lebih praktis. Tidak ingin repot-repot memasangkan tempered glass pada smartphone, sebagian produsen HP membekali produknya dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass agar layar tidak mudah retak.

realme GT 5G ini sayangnya tidak dihadirkan dengan lapisan Corning Gorilla Glass versi apapun, sehingga Anda tentu harus lebih berjaga-jaga lagi jangan sampai membiarkan ponsel terjatuh. Atau, solusinya ya dengan menambahkan tempered glass dan casing anti-pecah.

Pertimbangan lain dari realme GT 5G adalah absennya sertifikasi IP yang dapat membuatnya lebih tahan dari air dan debu. Mengingat sang pesaing Redmi K40 Pro sudah dirilis dengan IP53, ini tentu jadi serangan cukup fatal bagi realme GT 5G.

2. Tidak Terdapat Slot MicroSD

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 25

Bukan fenomena yang mengejutkan saat produsen HP menghilangkan slot memori eksternal pada jajaran HP flagship ataupun flagship killer. Soalnya, HP-HP di segmen ini memang sudah menyuguhkan memori internal yang super besar.

Akan tetapi, keputusan menghilangkan slot memori eksternal ini dirasa kurang ideal bagi sebagian pengguna. Bisa saja Anda sudah terbiasa menyimpan file di microSD agar dapat dioper-oper ke orang lain dengan praktis.

Juga, kalau punya niatan untuk melakukan factory reset, seluruh data yang tersimpan pada memori internal akan hilang. Seandainya realme GT 5G dibekali dengan slot microSD, pengguna bisa bebas melakukan factory reset dan tetap menjaga file pada memori eksternal.

3. Ukuran Layar Terbilang Kurang Lebar

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 5G! 27

Kami menganggap kalau sebuah smartphone baru bisa dibilang punya layar lebar kalau sudah di atas 6,5 inci. Itu mengapa kami jadikan ukuran 6,5 inci ini sebagai acuan pada artikel HP dengan layar terlebar. realme GT 5G hanya punya ukuran layar 6,43 inci saja.

Itulah yang membuat kami berpikir, mungkin sebagian orang akan kecewa dengan ukuran layarnya yang terbilang "sempit", mengingat HP entry level seperti Infinix Note 8 saja sudah menghadirkan layar yang mendekati 7 inci. Ukuran layar yang kecil tidak dapat memberikan immersion sebaik layar berukuran lebar saat dipakai menonton film.

Dan apabila ingin perbandingan yang lebih apple to apple, Redmi K40 Pro yang jadi saingannya di segmen harga sama lebih unggul karena menawarkan ukuran layar 6,67 inci.

Simpulan

Petarungan antara realme dan sub-brand Xiaomi bernama Redmi memang selalu berlangsung dengan sengit. Sejarah mengajarkan kita bahwa ponsel Redmi selalu terkesan lebih unggul ketimbang brand realme. Namun, untuk kali ini, kami harus acungkan jempol pada realme GT 5G karena menyuguhkan kelebihan lebih banyak dibanding Redmi K40 Pro.

Mulai dari kehadiran WiFi 6 dan NFC, serta masih mempertahankan port audio 3,5 mm jack, menjadikan ponsel ini unggul dari segi konektivitas dan kebutuhan multimedia. Belum lagi, kinerja gaming-nya teramat unggul jika dibandingkan dengan ponsel Rp6 jutaan lainnya. Malahan, tidak berlebihan jika dianggap sebagai yang terbaik.

Sayangnya, HP ini kalah dengan Redmi K40 Pro dalam hal ketahanan bodi. Soalnya, Anda tidak akan menemukan lapisan Corning Gorilla Glass ataupun IP Rating di HP ini. beda dengan Redmi K40 Pro yang sudah pakai GG5 dan IP54.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram