10 HP dengan Layar Lebar & Besar Termurah (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Tren saat ini, orang-orang tidak hanya mencari HP dengan performa kencang, HP dengan kamera terbaik, ataupun HP dengan daya tahan baterai yang awet. Orang-orang juga kini mulai mencari HP yang menawarkan layar yang lebar dan luas.

Karena itu, tren HP sekarang hadir dengan layar yang luas, di kisaran 6 sampai 7 inci. Sangat jarang HP baru hadir dengan layar kisaran 5 inci. Kebutuhan layar yang luas ini bisa jadi disebabkan karena kini banyak orang menikmati konten video, seperti misalnya streaming di YouTube atau Netflix.

HP yang layarnya luas saat ini umumnya ada di dimensi 6,5 inci ke atas. Dan HP tipe ini kini sudah hadir di berbagai rentang harga. Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal memberikan daftar HP dengan layar luas 6,5 inci ke atas yang dijual dengan harga paling murah. Berikut daftarnya.

1. Wiko View4 Lite

Wiko View 4 Lite

Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio A25
RAM 2 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Wiko View4 Lite adalah HP sejutaan yang menawarkan penyimpanan internal yang lumayan besar, dan masih bisa diperluas hingga 256 GB menggunakan microSD. Ini jelas kelebihannya mengingat banyak produk di harga yang sama hanya menawarkan kapasitas penyimpanan 32 GB bahkan kurang.

HP ini tampil cukup sederhana dalam balutan warna solid. Layarnya yang besar nyaman digunakan untuk menonton atau berselancar di dunia maya. Adapun kamera utamanya yang beresolusi 13 MP terbilang laik untuk menangkap momen indah sehari-hari.

Wiko View4 juga didukung oleh baterai berkapasitas besar yang mampu mendayai perangkat seharian bahkan lebih pemakaian standar. Secara keseluruhan, HP ini menawarkan apa yang dibutuhkan pengguna yang hanya ingin memakainya untuk kebutuhan dasar saja. Ulasan lengkap HP ini bisa disimak dalam artikel kelebihan dan kekurangan WIko View 4.

2. itel Vision 1 Pro

Layar TFT LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC SC9832C
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (AI) 0.3 MP (AI)
Baterai Li-Ion 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel murah sejutaan ini hadir dengan spesifikasi yang cukup baik di kelas harganya. Itu termasuk layar berukuran besar yang nyaman digunakan untuk menonton video, browsing, atau main sosmed dan baterai dengan kapasitas yang cukup besar.

itel Vision 1 Pro juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dipasang di bagian belakang. Ini menjadi salah satu kelebihan ponsel ini karena beberapa produk kompetitor hanya dibekali dengan fitur face unlock yang kurang efektif.

Dari segi desain, itel Vision 1 Pro tampil cukup modern dalam pilihan warna yang menarik. Tiga buah kamera belakangnya terbilang laik untuk menangkap momen sehari-hari. Pembahasan lengkap HP ini bisa dilihat di laman kelebihan dan kekurangan itel Vision 1 Pro.

3. Advan G5 Plus

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 3500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan G5 Plus adalah solusi terjangkau buat para pelajar yang tengah menjalani kegiatan belajar daring. Pasalnya, HP ini punya layar dengan bentang selebar 6,6 inci, yang bisa memanjakan mata ketika ditatap dalam waktu lama. Layar dengan panel IPS ini bisa menampilkan konten dengan cukup tajam berkat resolusi HD+.

Untuk pemakaian sehari-hari, Advan G5 Plus sudah cukup memadai. Baik browsing, menonton video, berkirim pesan, hingga multitasking, semuanya dapat ditangani dengan baik. Hal ini karena si ponsel dibekali SoC yang cukup, Unisoc SC9863A (28 nm), dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB.

Advan G5 Plus pun punya slot microSD khusus untuk menambah ruang simpan sampai 128 GB. Dengan memanfaatkan slot microSD, pengguna bisa membuat memori internalnya lebih lapang untuk meng-install aplikasi. Yang menarik, HP seharga Rp1 jutaan ini sudah didukung sistem operasi Android 11.

4. Advan G9 Perfecto

Advan G9 Perfecto
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (depth) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Cari HP dengan layar besar tapi bujet mepet? Beli saja Advan G9 Perfecto. HP yang harganya Rp1 juta lebih sedikit ini pakai layar 6,6 inci dengan rasio kekinian, yakni 20:9. Terlihat bezel di kiri dan kanan layar HP ini sudah cukup tipis.

Resolusi layar HP ini memang masih HD+. Namun, apa yang ditampilkannya sudah baik. Resolusi yang rendah malah punya imbas yang bagus pada daya tahan baterai. Di sisi lain, Advan tak menjelaskan tingkat kecerahan layar HP ini.

Meski begitu, beberapa penguji merasa bahwa layar Advan G9 Perfecto bisa menampilkan konten dengan cukup baik. Artinya, tampilan si layar masih bisa dilihat meski berada di situasi outdoor sekalipun. Baca artikel kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto agar Anda tahu lebih dalam HP ini!

5. Evercoss Tera S6

evercoss tera s6
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Di harganya yang begitu murah, Evercoss Tera S6 dirilis untuk pengguna yang ingin HP dengan RAM besar tanpa membuat kantong jebol. Dengan RAM 4 GB yang dimilikinya, kini aplikasi yang berjalan di latar belakang akan tetap terjaga tanpa ter-kill dengan tiba-tiba. Kendati masih pakai Unisoc sebagai chipsetnya, Evercoss Tera S6 masih cocok untuk kegiatan ringan seperti SMS, YouTube, ataupun game kasual.

Ponsel buatan Tanah Air ini juga sudah menghadirkan modul empat kamera di bodi belakangnya, sehingga sama sekali tidak terlihat seperti ponsel murah. Hanya saja, tidak diketahui dengan pasti resolusi dari masing-masing kamera pendamping, dan tampaknya hanya lensa 13 MP utamanya lah yang aktif melakukan tanggung jawab kegiatan fotografi.

Yang pasti, pengguna tetap bisa mengapresiasi ukuran layarnya yang sebesar 6,6 inci. Tentunya resolusi layar belum mencapai 1080p dan masih 720p, ini sungguh wajar di harganya yang hanya Rp1,3 jutaan. Ulasan lengkap HP ini bisa dilihat di laman kelebihan dan kekurangan Evercoss Tera S6.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram