carisinyal web banner retina

Yuk, Intip 6 Perbedaan realme GT Neo2 dan GT Neo2T!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 19 November 2021

Jika membutuhkan ponsel dengan price to performance terbaik di rentang harga menengah, salah satu jawabannya tentu realme GT Neo2 dan GT Neo2T. Sebagai produk jajaran seri GT, Anda sungguh bisa merasakan lonjakan performa tinggi saat bermain game, terlebih jika fitur GT Mode diaktifkan.

Ya, GT Mode merupakan fitur Game Mode yang eksklusif pada seri realme GT saja. Fitur ini dapat meningkatkan atau mengoptimasi performansecara otomatis saat bermain gim. Kendati kedua ponsel ini sama-sama canggih, realme GT Neo2 dan Neo2T ditujukan untuk pasar yang sedikit berbeda.

realme GT Neo2T hadir dengan spesifikasi yang lebih sederhana dibandingkan realme GT Neo2. Diharapkan dengan adanya Neo2T, pengguna jadi lebih fleksibel dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Nah, agar bisa memilih sesuai kebutuhan, tentunya harus mengetahui dulu perbedaan keduanya secara terperinci, bukan?

Berikut ini adalah spesifikasi, harga, dan perbedaan antara realme GT Neo2 dan realme GT Neo2T, ponsel-ponsel persembahan realme untuk menunjang aktivitas gaming berat dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi realme GT Neo2

realme GT Neo2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme GT Neo2T

realme GT Neo2T
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200 5G
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme GT Neo2 dan realme GT Neo2T

Meski sama-sama ditujukan sebagai ponsel dengan rasio price to performance yang tinggi, nyatanya kedua smartphone ini memiliki perbedaan yang cukup banyak, yakni sebagai berikut.

1. Snapdragon 870 5G vs Dimensity 1200 5G

Chipset Snapdragon 870 5G

realme GT Neo2 dan realme GT Neo2T dihadirkan dengan dapur pacu yang berbeda. Walau begitu, masing-masing chipset kedua ponsel ini memiliki kemampuan yang kurang lebih sama untuk menunjang aktivitas-aktivitas berat.

Pada realme GT Neo2, tersemat SoC Qualcomm Snapdragon 870 5G yang dibuat pada proses fabrikasi 7 nm dengan konfigurasi octa-core: satu unit prima Kryo 585 Prime berbasiskan ARM Cortex A77 (3.2 GHz), tiga unit performa Kryo 585 Gold berbasiskan ARM Cortex A77 (2.42 GHz), dan empat inti Kryo 585 Silver berbasiskan ARM Cortex A55 (1.8 GHz).

Snapdragon 870 5G memiliki clock speed yang tinggi, yakni 3.2 GHz. Bahkan mengalahkan Snapdragon 888 5G dengan clock speed 2.84 GHz. Sebagai GPU-nya, Snapdragon 870 didukung oleh Adreno 600 dengan frekuensi 840 MHz.

Di sisi lain, realme GT Neo2T diotaki dengan MediaTek Dimensity 1200 5G dengan fabrikasi yang lebih unggul yakni 6 nanometer. Adapun konfigurasi octa-core yang diusungnya mencakup satu inti prima berupa ARM Cortex A78 yang berlari pada frekuensi 3 GHz, tiga unit performa Cortex A78 dengan kekuatan 2.6 GHz, serta empat inti hemat daya Cortex A55 berfrekuensi 2 GHz.

Secara clock speed, Snapdragon 870 memang lebih unggul dari Dimensity 1200 (3.2 GHz vs 3 GHz). Kendati begitu, sebenarnya kedua ini punya performa yang sama unggulnya. Dilansir dari nanoreview, Snapdragon 870 hanya meraih besaran skor AnTuTu 9 yang 1% lebih tinggi dibanding Dimensity 1200 (672.457 vs 667.424).

2. Ukuran Layar

Layar realme GT Neo2

Tidak ada perbedaan yang begitu berarti dari segi layarnya. realme GT Neo2 mengusung panel AMOLED dengan sertifikasi HDR10+ serta tingkat kecerahan puncak 1300 nit, sedikit berbeda dengan realme GT Neo2T dengan panel Super AMOLED dengan tingkat kecerahan puncak 1000 nit.

Keduanya hadir dengan opsi laju penyegaran tinggi 120 Hz yang dapat meningkatkan kualitas tampilan layar saat di-scroll ataupun untuk menunjang performa game yang tinggi. Perbedaan yang paling kentara terletak pada ukuran layar, di mana realme GT Neo2 hadirkan ukuran lebih besar yakni 6,62 inci dibandingkan realme GT Neo2T dengan bentang diagonal 6,43 inci.

Ponsel-ponsel ini dibekali dengan resolusi layar Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Bedanya, realme GT Neo2 punya kerapatan piksel 398 ppi sedangkan GT Neo2T hadir dengan kerapatan piksel 409 ppi.

Dengan ukuran layar yang sedikit lebih lebar, realme GT Neo2 akan menjadi teman menonton yang lebih imersif dibandingkan realme GT Neo2T yang entah mengapa masih memiliki ukuran layar sama persis seperti realme GT Neo generasi pertama.

3. Desain Bodi

Perbandingan desain bodi realme GT Neo2 dan realme GT Neo2T

Desain bodi realme GT Neo2 dan Neo2T sebenarnya tidak begitu jauh berbeda. Tampaknya, kedua HP ini masih mengusung filosofis bentuk desain yang sama, dengan balutan bodi belakang yang terlihat mulus, simpel, dan elegan.

Keduanya sama-sama tampilkan merek realme di pojok kiri bawah dan menempatkan modul kamera vertikal di pojok kiri atas dengan luas yang kurang lebih sama.

Bedanya terletak pada cara lensa-lensanya disusun. realme GT Neo2 menampilkan dua lensa besar yang berjajar, dengan lensa ketiganya yang memiliki ukuran kecil di sebelahnya. Di atas dan bawah lensa kecil tersebut, terdapat lampu LED Flash untuk memudahkan pengguna memotret pada malam hari.

Susunan kamera pada realme GT Neo2T lebih streamlined, ia hadirkan ketiga lensa yang semuanya dibuat berjajar, serta memiliki lampu LED Flash di sebelahnya yang berbentuk seperti pil.

Selain itu, realme GT Neo2 menghadirkan varian warna lebih beragam yakni Neo Black, Neo Blue, dan Neo Green. Berbeda dengan realme GT Neo2T dengan dua warna saja yakni hitam dan putih.

4. Ketersediaan 3.5 mm Jack Audio Port

realme GT Neo2 hadir dengan stereo speaker namun tanpa 3.5mm jack audio port

Untuk bisa mendengarkan lagu dan menonton video dengan khusyuk, memang lebih menyenangkan untuk gunakan headset melalui port 3.5 mm jack audio. Dalam hal ini, Anda lebih baik memilih realme GT Neo2T yang masih sediakan port tersebut.

Sayangnya realme GT Neo2 sudah tidak lagi menyediakan port audio tersebut sehingga pengguna harus menggunakan adapter untuk menyambungkan earphone ke ponsel. Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan TWS yang menggunakan Bluetooth.

5. Baterai 5.000 mAh vs 4.500 mAh

Kapasitas baterai 5.000 mAh pada realme GT Neo2

Sudah menjadi kewajaran sebuah smartphone di rentang harga mid-range diberikan kapasitas baterai 5.000 mAh, contohnya ya seperti realme GT Neo2. Terlepas dari chipsetnya yang gunakan TDP (Thermal Design Power) sebesar 10 W serta layar AMOLED yang hemat daya, perangkat ini tetap membawakan kapasitas baterai yang besar.

Hal ini cukup berbeda dengan realme GT Neo2T yang "hanya" menghadirkan kapasitas baterai 4.500 mAh. Kendati lebih sedikit, kapasitas ini sudah lebih dari cukup untuk mentenagai ponsel seharian penuh. Keduanya pun sama-sama ditopang dengan kemampuan fast charging 65W yang niscaya dapat membuat baterai full dalam waktu sekitar 30-an menit.

6. Dimensi dan Bobot

Varian warna putih dan hitam pada realme GT Neo2T

realme GT Neo2 memang memiliki baterai dan layar yang lebih besar, namun hal ini juga berdampak pada dimensi dan bobot bodinya. HP ini jadi terasa lebih berat dengan bobot 199,8 gram ketimbang realme GT Neo2T dengan bobot yang seringan 186 gram.

Di atas kertas, perbedaan bobot tersebut memang tidak terlihat besar karena hanya beda 10-an gram saja. Namun tetap saja, kemungkinan akan terasa jika digenggam dalam waktu yang lama.

Adapun dimensi bodi realme GT Neo2 juga lebih besar, yakni 162.9 x 75.8 x 9 mm. Dimensi bodi realme GT Neo2T adalah 158.5 x 73.3 x 8.4 mm yang notabene lebih ringkas, sehingga lebih nyaman dioperasikan dalam penggunaan sehari-hari.

Simpulan

Kami sungguh menyukai cara realme memberikan spesifikasi yang berbeda pada kedua HP ini. Betul, realme GT Neo2T mengalami "penyunatan" pada spesifikasinya, namun hanya pada bagian-bagian yang tidak terlalu matter.

Contohnya saja, ia masih hadir dengan Dimensity 1200 yang secara kinerja tidak beda jauh dengan Snapdragon 870. Artinya, Anda tetap bisa rasakan performa super buas walau pada harga yang lebih terjangkau.

Lalu, fitur pengisian dayanya pun tetap berada di angka 65W meskipun baterainya berkurang sedikit menjadi 4500 mAh. Tentu bukan sebuah masalah. realme mengerti dengan mengurangi kapasitas baterai, harga bisa dikurangi namun tidak berdampak besar pada penggunaan ponsel secara keseluruhan.

Pun pada ukuran layarnya yang lebih kecil, toh panel yang digunakannya tetap sama-sama AMOLED dan punya laju penyegaran 120 Hz sehingga tampilannya sama-sama cerah dan punya banyak ragam warna, serta pengalaman scrolling yang dua kali lipat lebih menyenangkan.

realme GT Neo2 dibanderol dengan harga rilis Indonesia yang cukup terjangkau yakni Rp6.499.000,- (RAM 12 GB + 256 GB). Otomatis, ini menjadi salah satu ponsel dengan Snapdragon 870 termurah yang bisa Anda dapatkan.

Sementara itu, varian termurah realme GT Neo2T adalah 1.999 yuan di pasar Tiongkok (RAM 8 GB + 128 GB) atau sekitar Rp4,4 jutaan. Adapun varian lainnya dikenai harga 2099 yuan (RAM 8 GB + 256 GB) atau sekitar Rp4,6 jutaan, dan 2599 yuan (RAM 12 GB + 256 GB) atau sekitar Rp5,7 jutaan.

Sejauh artikel ini ditulis, belum diketahui pasti apakah Neo2T akan hadir di Indonesia. Yang pasti, selalu ada kemungkinan harga rilis di Tiongkok akan berbeda dengan harga rilis resmi di Tanah Air.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram