carisinyal web banner retina

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Kesuksesan realme Narzo 30A yang ada di depan mata membuat pihak realme untuk kembali mengeluarkan produk terbarunya. Tepat tiga bulan setelah peluncuran realme Narzo 30A yakni pada Mei 2021 akhirnya perusahaan asal Tiongkok tersebut merilis perangkat yang dinamai realme Narzo 30.

Versi tanpa gelar A ini termasuk ponsel kelas menengah yang hadir dengan beberapa pembaruan dari pendahulunya. Salah satu yang terlihat jelas adalah konsep desain bodi yang diusungnya.

Pada realme Narzo 30 mengimplementasikan desain Punch Hole di atas kiri layar. Sementara, bagian belakangnya terdapat wadah kamera berbentuk memanjang ke bawah.

Tampilan dari realme Narzo 30 tersedia dalam dua varian warna meliputi Racing Blue dan Racing Silver. Bagi kamu yang mengincar perangkat mobile ini bisa membungkusnya pada harga 799 ringgit atau setara dengan Rp 2,7 juta per unitnya. Untuk berkenalan lebih jauh dengan realme Narzo 30, mari simak spesifikasinya berikut ini:

Spesifikasi realme Narzo 30

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30! 1
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Kelebihan realme Narzo 30

Dari spesifikasi di atas sudahkah kamu menemukan kelebihan dari realme Narzo 30? Yap, ternyata terdapat beberapa kelebihan yang diangkut oleh perangkat ini. Agar kamu tidak penasaran, Carisinyal dengan senang hati akan mengungkap kelebihan apa saja yang disuguhkan oleh Narzo 30 berikut ini:

1. Kualitas Layar Jauh Lebih Baik

Narzo-30-layar

Dibanding pendahulunya dan versi 30A, kualitas layar dari realme Narzo 30 dapat diandalkan dan memanjakan mata pengguna yang menatapnya. Hal ini merujuk pada teknologi panel yang diusungnya yaitu IPS LCD berukuran 6.5 inci, dipercaya lebih menghemat daya dan punya sudut pandang yang bagus.

Tidak hanya itu, layarnya juga memiliki laju penyegaran 90Hz yang siap memberikan pengalaman visual yang mulus dan lebih cepat saat menggulirkan berbagai aplikasi.

Lalu, layar dari perangkat Narzo ini disusupkan tingkat kecerahan yang tinggi sebesar 580 nits sehingga memungkinkan pengguna tetap dapat melihat konten di layar walau terkena santiran cahaya mentari.

Kemudian, pengguna juga akan disuguhkan layar lebar dengan bazel-less yang rasio layar-ke-tubuhnya sebesar 90.5%. Maknanya, ponsel ini sangat nyaman untuk digunakan bermain gim dan menonton streaming video karena punya ukuran yang lebar.

Beresolusi 1080 x 2400 piksel, layar ponsel ini memiliki kualitas ketajaman yang oke dengan kepadatan piksel mencapai 405 ppi.

2. Sistem Antarmuka dan SoC Lebih Upgrade

Helio-G95-narzo-30

Beruntungnya bagi kamu yang memutuskan untuk meminang ponsel pintar garapan realme ini karena setelah ditelusuri ternyata ditemukan pembaruan.

Berlandaskan Android 11, realme Narzo 30 mengaplikasikan sistem antarmuka Realme UI 2.0 yang membawa beberapa fitur baru salah satunya Sleep Capsule, membantu pengguna mengunci ponsel pada waktu yang ditentukan.

Begitupun pada System on Chips (SoC) alias jeroan, perangkat ini mengandalkan MediaTek Helio G95 ber-fabrikasi 12 nanometer yang didampingi oleh CPU Octa-core.

Dia juga berkonfigurasi CPU Octa-core terdiri dari dua buah Cortex-A76 melaju hingga 2.05 GHz dan enam inti Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz. Jeroan ini dipercaya dapat mendongkrak kinerja perangkat untuk menjalankan aplikasi berat.

Berikutnya, guna memperlancar tampilan grafis yang optimal dan meningkatkan kinerja video dapur pacu dari perangkat ini mempekerjakan Mali-G76 MC4 sebagai GPU-nya.

Performanya kian lincah berkat dipasangkannya ruang penyimpanan yang berkapasitas besar yakni RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, juga bisa ditingkatkan dengan memakai microSDXC.

3. Mengusung Triple Camera

kamera-narzo-30

Yang bisa dibanggakan dari realme Narzo 30 adalah kameranya. Untuk kamera depannya nongkrong di bulatan kecil pada bagian kiri atas layar yang memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.2. Untuk mempercantik dan menunjang hasil gambar, kamera selfienya tersebut disertai oleh fitur HDR dan panorama.

Sementara, konfigurasi video pada kamera depan pihak Narzo menyelipkan resolusi sebesar 1080p dengan jumlah frame setiap detiknya mulai dari 30 fps hingga 120 fps. Kemampuan dari kamera depannya bisa diandalkan untuk keperluan video konferensi atau live di sosial media.

Beralih ke kamera utama milik realme Narzo 30, mengusung konsep triple camera dengan kata lain ada tiga buah sensor yang siap memproduksi jepretan memukau. Tiga sensor tersebut meliputi sensor utama berukuran 48 MP yang punya bukaan f/1.8 disertai teknologi PDAF dan sepasang 2 MP tersemat pada sensor makro dan kedalaman.

Melengkapi kecanggihan dari kamera belakangnya, perangkat ini menghadirkan fitur LED flash, panorama, dan HDR. Sedangkan, dalam keahliaan merekam kamera utama realme Narzo 30 mendapatkan sokongan dengan resolusi [email protected], [email protected]/60/120fps, dan yang tidak kalah hebat punya teknologi keseimbangan yaitu gyro-EIS.

4. Dimeriahkan Oleh Teknologi NFC

NFC 1

Keunggulan lain yang bisa pengguna temukan pada perangkat besutan realme ini adalah kecanggihan dari teknologi NFC (Near-field Communication).

Beberapa tahun belakangan ini, fitur NFC tengah menjadi buah bibir bagi beberapa ponsel pintar di kelas menengah ke atas. Hal ini dikarenakan fitur tersebut menawarkan berbagai pengalaman yang menarik bagi penggunanya.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan saat mengaktifkan fitur NFC pada realme Narzo 30 mulai dari kemudahan dalam melakukan transaksi digital sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan uang tunai, membuka aplikasi yang support NFC secara otomatis, mengakses informasi mengenai Smart Card, hingga mengirimkan data atau berkas dengan gesit dan mudah.

5. Sistem Baterai Tahan Lama

realme narzo 30 carisinyal d

Bila melihat standar ponsel pintar kelas menengah masa kini, daya baterai yang ditanamkan pada perangkat ini terbilang jumbo dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh. Namun, dalam jumlah ukuran daya realme Narzo 30 tampak mengalami kemunduran dibandingkan dengan realme Narzo 30A atau realme Narzo 20.

Bagaimana pun, sistem baterai dari realme Narzo 30 diklaim mampu bertahan lama apalagi dengan adanya dukungan teknologi pengisian cepat yang melaju hingga 30W.

Dengan daya yang diangkut tersebut, pihak realme mengklaim bahwa perangkat ini mampu 'melek' 11 jam saat bermain gim, 16 jam untuk menonton video, dan 48 jam untuk dipakai menelepon.

Lalu, berkat teknologi fast charging berkecepatan 30W yang diselipkan pada sistem baterai realme Narzo 30, pengguna akan dijanjikan bahwa daya ponsel dapat terisi dengan kencang dari nol hingga 100% atau penuh hanya dalam 65 menit saja. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi menunggu lama terlebih bagi mereka yang sedang terburu-buru.

Kekurangan realme Narzo 30

Meski cukup banyak kelebihan yang ditawarkan, namun realme Narzo 30 juga ternyata masih memiliki kekurangan yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Selengkapnya, bisa baca ulasan di bawah ini.

1. Belum Memiliki Jaringan 5G

Jaringan-5G

Tampaknya pengguna dari realme Narzo 30 harus sabar karena jaringan 5G tidak diselipkan saat proses penggarapannya. Padahal dengan adanya jaringan 5G diklaim dapat menambah produktivitas ponsel. Selain itu, kualitas internet yang diproduksi akan jauh lebih baik.

Akan tetapi, jangan khawatir realme Narzo 30 masih dapat berjalan mulus saat berselancar di dunia maya berkat dibekali jaringan berteknologi 2G, 3G, dan 4G.

Bahkan jaringan tertingginya yakni 4G mampu menghasilkan kecepatan komunikasi 100 Mb per detik dan 1 GB per detik baik dalam atau luar ruangan, mungkin jika sudah 5G kecepatannya bisa jauh di atas tersebut.

2. Menghapus Fitur Radio

FM Radio Carisinyal

Ayo, siapa yang masih sering suka mendengarkan lantunan lagu, menyimak berita atau mendengarkan ocehan penyiar di radio ponsel? Jika iya, sedihnya kamu tidak bisa lagi merasakan pengalaman tersebut pada realme Narzo 30. Pasalnya, ponsel pintar garapan realme tersebut tidak memasukan fitur FM radio pada kategori konektivitasnya.

3. Tidak Mendapatkan Lapisan Pelindung

Gorilla-Glass-6

Bodi dari ponsel realme ini mempunyai dimensi 162.3 x 75.4 x 9.4 mm dengan bobot sebesar 192 gram. Sedihnya, tubuh realme Narzo 30 tidak diselimuti oleh Gorilla Glass atau lapisan pelindung baik untuk bagian depan maupun belakang. Hal tersebut membuat perangkat rawan terkena goresan dari benda tajam atau saat jatuh ke permukaan keras.

Dengan demikian, bagi pengguna yang berminat untuk membawa pulang realme Narzo 30 disarankan untuk membeli anti-gores yang dijual terpisah. Jelas, pengguna juga harus mengeluarkan dana kembali untuk mendapatkan lapisan pelindung tersebut.

Simpulan

Jika ditarik benang merah dari pembahasan ini bahwa realme Narzo memiliki keunggulan dalam aspek kamera yang mumpuni, baterai berdaya besar, sistem antarmuka dan SoC yang optimal, mempunyai fitur NFC, dan layar yang berkualitas.

Sementara, kelemahannya ada pada bidang bodi yang belum dilapisi pelindung, tidak ada jaringan 5G, dan menghilangkan fitur FM radio.

Itulah tadi pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari realme Narzo 30. Diharapkan artikel ini dapat membuka mata kamu sebelum membeli produk dari realme tersebut. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk meminangnya? Supaya kamu mendapatkan informasi tentang teknologi dan gadget, alangkah baiknya untuk selalu pantau Carisinyal, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram