carisinyal web banner retina

Yuk Menelisik 7 Perbedaan realme GT2 dan realme GT3

Ditulis oleh Aris Wibowo

realme kembali memperbaharui jajaran ponsel seri GT. Kali ini realme memperkenalkan realme GT3. Varian GT sendiri merupakan smartphone yang mengandalkan performa dan ditempatkan diantara pasar ponsel kelas menengah dan ponsel flagship. Tidak heran dalam realme GT3 ini, Anda akan menemukan sejumlah spesifikasi kelas atas termasuk adanya teknologi fast charging 240W.

Menariknya, masih ada realme GT2 yang mengusung desain atraktif untuk menggaet pengguna kalangan anak muda. Untuk urusan performa, ponsel ini juga mengusung dapur pacu papan atas. Hal ini sesuai dengan tujuan utama seri GT yang ingin menghadirkan ponsel kencang dengan harga terjangkau yang bisa digunakan untuk harian maupun main game.

Tentu menarik membandingkan kedua ponsel realme ini. Nah, apa saja perbedaan realme GT2 dan realme GT3? Apakah kedua HP realme ini hanya nyaman untuk bermain game saja? Simak poin-poin di bawah ini.

Spesifikasi realme GT2

realme gt2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme GT3

realme GT 3
Layar Super AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme GT2 dan realme GT3

Kedua HP realme ini dipersiapkan secara serius untuk memenuhi kebutuhan pengguna saat ini. Hal ini nampak mulai dari performa kencang yang dihadirkan hingga baterai yang tahan lama atau dapat terisi dengan cepat. Lalu apa saja perbedaan yang menjadi kelebihan masing-masing ponsel Android ini? Simak ulasan di bawah ini.

1. Desain Atraktif yang Berbeda

realme gt2 pro

realme GT terkenal menghadirkan desain yang unik dan khas yang tidak membosankan. realme bahkan terlihat berani menghadirkan desain yang atraktif mulai dari pilihan warna yang mencolok hingga bentuk modul kamera yang mewah.

Menengok realme GT2 dan GT3, Anda akan menemukan perbedaan yang kentara pada sisi bodi belakang. Seperti dalam realme GT2, Anda akan menemukan tampilan bodi belakang yang estetik dan minimalis. Desain ini dibuat khusus oleh desainer Jepang terkenal, Naoto Fukusawa. Anda pun akan menemukan tanda tangan sang desainer di panel belakang tepatnya di samping modul kamera.

Modul kamera ponsel ini tampak mewah dengan bentuk mengotak berisi dua buah kamera besar dan sebuah kamera kecil serta dua LED Flash. Selain cantik, bodi belakang ini sudah menggunakan bahan material bio-based yang ramah lingkungan. Dengan material ini, ponsel terasa nyaman digenggaman dan tidak mudah kotor akibat sidik jari. 

Varian bodi ramah lingkungan ini hanya tersedia untuk warna putih dan hijau. Sedangkan untuk varian umum yang menggunakan bodi belakang berlapis kaca tersedia dalam warna hitam dan biru.

realme gt 3

Beranjak ke realme GT3. Ponsel Android ini menghadirkan desain bodi belakang yang mewah dengan bahan bodi kaca. Tampilan bodi ini cukup kokoh namun tentunya sedikit licin. Kelebihan bodi belakang ini justru ada di bagian modul kameranya. Sekilas modul ini memang mirip Xiaomi Mi 11 Ultra.

HP realme ini menggunakan tiga buah kamera dan LED flash yang berbeda. Kamera belakang realme ini hadir dengan modul metal berbentuk kotak besar. Di dalam modul ini ada dua buah lingkaran. Lingkaran pertama berisi kamera utama. Sedangkan lingkaran kedua di bawah berisi kamera ultra-wide dan makro.

Di samping modul kamera, ada bagian bodi kaca tipis berwarna hitam. Nah di bagian ini juga terdapat LED RGB yang bisa difungsikan untuk lampu notifikasi hingga lampu pengisian daya. Sayangnya, ketika digunakan di luar ruangan, lampu ini tidak terlihat jelas.

Untuk kamera depan, kamera selfie realme GT2 berada di pojok atas layar dengan model punch hole. Sedangkan realme GT3 kamera depannya berada di tengah dengan model yang sama.

Bicara dimensi, realme GT2 memiliki ukuran bodi 162,9 x 75,8 x 8,6 mm dengan berat 194,5 gram. Untuk realme GT3 memiliki ukuran 163,9 x 75,8 x 8,9 mm dengan berat 199 gram. Untuk kenyamanan pengguna tentu saja realme GT2 lebih unggul. Ponsel kelas menengah ini tampil lebih tipis dan ringan.

2. Layar Refresh Rate 120 Hz vs 144 Hz

realme gt2 pro layar_

Perbedaan realme GT2 dan realme GT3 selanjutnya ialah layar. Memang perbandingannya cukup tipis, namun memberikan pengalaman yang berbeda pada kedua perangkat. Dari sektor inilah, jelas realme GT3 dipersiapkan untuk memberikan pengalaman visual yang lebih menyenangkan dan lebih detail.

realme GT2 menggunakan layar berukuran 6,62 inci panel AMOLED. Layar ini sudah menggunakan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Layar ini sudah dibekali fitur HDR10+, sehingga Anda bisa menikmati konten-konten HDR saat streaming dengan nyaman. Bahkan, layar ini memiliki tingkat kecerahan mencapai 1300 nit.

Menengok realme GT3, smartphone ini menggunakan layar yang sedikit lebih luas yakni 6,74 inci dengan resolusi Full HD+ 1240 x 2772 piksel. Yang membedakan, layar ini memiliki sudut penglihatan yang baik ditambah standar warna 10-bit yang mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona. Apalagi, untuk kecerahan layar, HP ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1400 nits.

Kelebihan layar ponsel ini juga disebabkan adanya refresh rate yang tinggi yakni 144 Hz, sedangkan di realme GT2 hanya dilengkapi refresh rate 120 Hz. Hal ini membuat layar ponsel realme GT3 mampu menampilkan animasi yang lebih halus dan lancar. Apalagi, panel layar yang digunakan sudah Super AMOLED. 

Menurut GSMArena, layar realme GT3 ini menjadi salah satu layar terbaik smartphone realme saat ini. Detail dan akurasi warna yang dihadirkan cukup baik di kelasnya.

3. Dapur Pacu Snapdragon Beda Generasi

Snapdragon-888Sumber: qualcomm.com

Seperti yang sempat dibahas di atas, realme GT series merupakan smartphone yang menawarkan performa disemua sektor khususnya sektor dapur pacu. Tidak tanggung-tanggung, realme memasang chipset premium di ponsel dengan harga kelas menengah. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk merasakan performa chipset kelas atas.

Membedah realme GT2, smartphone realme ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888. Ini merupakan SoC dengan fabrikasi 7nm yang memiliki konfigurasi octa-core, yakni 1 unit Kryo 680 (2,8 GHz), 3 unit Kryo 680 (2,42 GHz) dan 4 inti Kryo 680 (1,8 GHz).

Performa SoC ini kian unggul dengan dukungan GPU Adreno 650 dan RAM 8 atau 12 GB. Spesifikasi ini sangat mampu dalam menjalankan berbagai game bergrafis 3D tanpa hambatan. Apalagi. Anda dapat menyimpan berbagai game dan file berkat memori internal 128 GB atau 256 GB.

Untuk pengujian di AnTuTu, menurut GSMarena, realme GT2 mendapat skor 810.512 poin. Untuk skor Geekbench 5, HP ini memperoleh skor single core 1131 dan skor multicore 3487.  

snapdragon 8+ gen 1_

Sementara itu, realme GT3 dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset gahar ini memiliki konfigurasi octa-core terdiri dari 1 inti Cortex X2 (3,15 GHz), 3 inti Cortex A710 (2,75 GHz) dan 4 inti Cortex A510 (1,8 GHz).

Untuk menunjang performa gaming yang lancar, realme juga menghadirkan GPU Adreno 730 dan RAM pilihan 12 GB atau 16 GB. Untuk penyimpanan, HP Android terbaru ini sudah dibekali memori internal 128 GB, 256 GB. hingga 1 TB. Sayangnya, produsen tidak menghadirkan memori eksternal di HP ini.

Untuk pengujian di AnTuTu, menurut GSMarena, realme GT3 mendapat skor 1.074.427 poin. Untuk skor Geekbench 6, HP ini memperoleh skor single core 1398 dan skor multicore 3950. Ini membuktikan bahwa peningkatan performa pada realme GT Neo 3 sangat banyak dibanding seri sebelumnya. Penggunaan chipset ini tampaknya masih relevan di tengah hadirnya sejumlah chipset baru.

4. Kamera 50 MP Beda Spesifikasi 

Guna bersaing dengan produsen papan atas, realme berusaha menyeimbangkan performa semua sektor di HP ini termasuk kamera. Dalam seri GT2, Anda akan mendapati 3 kamera belakang dengan kamera utama 50 MP dengan sensor SONY IMX 766 f/1.8 dengan multi-directional PDAF dan OIS. Untuk kamera kedua ialah kamera ultra-wide 8 MP dengan sudut 119 derajat f/2.2. Dan kamera ketiga merupakan kamera makro 2 MP f/2.4.

Beralih ke realme GT3, Anda akan menemukan kualitas kamera yang berkualitas di samping performa kencang dapur pacunya. Hampir sama seperti seri GT Neo2, smartphone ini menggunakan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP sensor IMX 766 f/1.9 dengan fitur PDAF dan OIS.

Untuk kamera kedua ada kamera ultra-wide 8 MP f/2.3 dengan keluasan 112 derajat, dan kamera ketiga ialah kamera makro 2 MP f/3.3. 20 mm yang bisa digunakan sebagai kamera mikroskop.

Untuk perekaman kamera utama, realme GT2 mampu merekam video 4K 30 fps. Sedangkan realme GT3 mampu merekam video 4K 60 fps. Untuk kamera depan mampu merekam video 1080p pada 30 fps. 

Kedua HP realme ini masih menggunakan kamera depan 16 MP dengan bukaan f/2.5. Bedanya, produsen sudah menambahkan Gyro-EIS pada realme GT3. Video hasil rekaman akan stabil dan jauh dari efek goyangan.

5. Fast Charging 65W vs 240W

realme gt3 1_

Kedua HP realme ini dilengkapi kapasitas baterai yang berbeda, yakni 5000 mAh pada realme GT2 dan 4600 mAh pada realme GT3. Yang menjadi daya tarik dalam sektor ini justru pada fitur fast charging yang dibawa kedua ponsel realme ini.

realme GT2 dibekali fitur Fast Charging 65 W. Fitur ini diklaim membuat HP dapat terisi penuh dari 0 sampai 100 persen dalam waktu 33 menit saja. Sedangkan realme GT3 dibekali fast charging terbaru 240W. Dengan teknologi ini, HP dapat terisi dari 0 sampai 100 persen dalam waktu 10 menit saja. 

Untuk keamanan dan performa, realme bahkan mendesain kepala dan kabel charger 12A ini secara custom. Kepala charger bahkan tidak tampak terlalu besar layaknya charger laptop.

6. Konektivitas

realme gt2 pro ergonomis_

Konektivitas kedua HP realme ini juga tidak berbeda jauh. Kedua HP kelas menengah ini sama- sama sudah menggunakan jaringan 5G. Untuk Bluetooth, GT3 dilengkapi Bluetooth 5.3 dan GT2 masih dilengkapi Bluetooth 5.2. Kedua HP Android 5G ini juga sudah dilengkapi fitur NFC. Namun, GT3 sudah dibekali fitur NFC dual side.

7. Sistem Operasi

android 12_

Untuk sistem operasi, realme menggunakan antarmuka realmeUI yang terkenal ringan dan minim bloatware. realme GT2 menggunakan realmeUI 3.0 dengan basis Android 12. Dan realme GT3 menggunakan realmeUI 4.0 dengan basis Android 13.

Simpulan

Dipasarkan di antara pasar kelas menengah dan kelas flagship, varian realme GT2 dan realme GT3 memang menghadirkan spesifikasi yang berkelas dengan harga terjangkau. Untuk Anda yang mencari ponsel desain mewah, spesifikasi dapur pacu gahar dan kamera yang detail dan tajam, maka realme GT3 menjadi pilihan yang pas.

Spesifikasi varian ini terbilang meningkat cukup banyak dibanding realme GT2, apalagi saat berbicara bagian dapur pacu dan fast charging. Walaupun demikian, realme GT2 masih layak dipilih untuk Anda yang mencari ponsel harian dengan desain nyaman hingga kamera yang tajam. Mau pilih realme GT2 ataupun realme GT3, semua kembali ke kebutuhan Anda.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram