Inilah 7 Perbedaan realme GT Neo2 dan realme GT Neo 3

Ditulis oleh Aris Wibowo

realme menjadi salah satu produsen smartphone baru yang cukup banyak menghadirkan smartphone berkualitas dalam beberapa tahun ini. Menariknya, selain varian Narzo yang diklaim sebagai smartphone gaming, ternyata realme juga memiliki varian GT yang memiliki performa dan fitur yang lebih lengkap dibanding seri lainnya.

Seperti realme GT Neo2 yang dirilis 2021 silam. Varian ini diklaim unggul dari sisi performa semua sektor dengan harga kelas menengah. Vendor asal Tiongkok ini bahkan mengklaim HP ini cocok untuk kalangan yang suka main, pengguna harian, hingga pengguna professional.

Sukses dengan seri GT Neo2, di 2022 ini, realme memperkenalkan GT Neo 3. HP Android terbaru ini diklaim menghadirkan sejumlah keunggulan penyempurnaan dari seri GT sebelumnya. realme bahkan mengklaim HP ini memiliki performa ala HP flagship dengan harga kelas menengah. Meski spek gaming, sektor lain HP ini juga cukup mumpuni untuk pengguna biasa maupun pekerja.

Nah, apa saja perbedaan realme GT Neo2 dan GT Neo 3? Apakah kedua HP realme ini hanya nyaman untuk bermain game saja? Simak poin–poin dibawah ini.

Spesifikasi realme GT Neo2

realme GT Neo2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme GT Neo 3

realme GT Neo3
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme GT Neo2 dan GT Neo 3

Smartphone kelas menengah ke atas biasanya hadir dengan salah satu spesifikasi unggulan, yang sayangnya biasanya mengorbankan spesifikasi yang lainnya. Misalnya, bila smartphone tersebut  unggul di performa dapur pacu, terkadang memiliki sektor kamera atau sektor layar yang biasa saja.

Hal berbeda coba ditawarkan realme pada seri GT Neo ini. Nah, apa saja perbedaan realme GT Neo2 dan GT Neo 3? Apakah kedua HP realme ini hanya nyaman untuk bermain game saja sesuai performa dapur pacunya? Simak poin – poin dibawah ini.

1. Sisi Desain

realme gt neo 3 build quality_

Perbedaan realme GT Neo2 dan realme GT Neo 3 yang cukup terlihat tentu saja di bagian desain. Memang kedua HP realme ini menghadirkan desain yang unik dan khas ala gaming yang tidak membosankan. GT Neo2 dan GT Neo 3 hadir dengan bodi belakang yang halus dengan material kaca yang tidak mudah menjadi sarang bagi noda sidik jari.

Perbedaan yang kentara pada modul kamera, dimana kedua HP realme ini menggunakan tiga buah kamera dan led flash yang berbeda. Kamera belakang realme GT Neo2 hadir dengan 2 buah kamera besar dan sebuah kamera kecil dilengkapi 2 buah LED Flash. Untuk kamera depan, kamera selfie berada di pojok atas layar.

Sedangkan, realme GT Neo 3 menghadirkan kamera belakang dengan komposisi kamera utama yang cukup besar dengan dua buah kamera tambahan. Terdapat juga LED flash dengan desain lonjong. Untuk kamera depan terpasang di bagian tengah atas layar.

Bicara dimensi, GT Neo2 memiliki ukuran bodi 162,9 x 75,8 x 9 mm dengan berat 200 gram. Untuk GT Neo 3 memiliki ukuran 163,3 x 75,6 x 8,2 mm dengan berat 188 gram. Untuk kenyamanan pengguna tentu saja GT Neo 3 lebih unggul. Ponsel kelas menengah ini tampil lebih tipis dan ringan. 

2. Tampilan

layar realme GT Neo2

Perbedaan realme GT Neo2 dan GT Neo 3 selanjutnya ialah layar. Memang perbedaannya cukup tipis namun memberikan pengalaman yang berbeda pada kedua perangkat.

Realme GT Neo2 menggunakan layar berukuran 6,62 inci. Layar ini sudah menggunakan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Layar ini sudah dibekali fitur HDR10+ sehingga kamu bisa menikmati konten–konten HDR saat streaming dengan nyaman. Bahkan, layar ini memiliki tingkat kecerahan mencapai 1300 nit.

Menengok realme GT Neo 3, smartphone ini menggunakan layar yang sedikit lebih luas yakni 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2412 piksel. Kedua layar sudah dilengkapi refresh rate 120 Hz. Yang membedakan, layar ini memiliki sudut penglihatan yang baik ditambah standar warna 10-bit yang mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona.

Kelebihan layar ponsel ini juga disebabkan adanya Dedicated Display Processor. Teknologi ini akan menambahkan frame di kala bermain game yang membutuhkan frame rate tinggi. Dengan segala fitur tersebut, tidak mengherankan layar realme GT Neo 3 termasuk salah satu yang terbaik di harganya.

3. Dapur Pacu

Dimensity 8100

Seperti yang sempat dibahas diatas, realme GT series merupakan smartphone yang menawarkan performa disemua sektor khususnya sektor dapur pacu. Tidak tanggung – tanggung, realme memasang chipset premium di ponsel dengan harga kelas menengah. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk merasakan performa chipset kelas atas.

Membedah realme GT Neo2, smartphone realme ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 870. Ini merupakan SOC dengan fabrikasi 7nm yang memiliki konfigurasi octa core yakni 1 unit Kryo 585 Prime berbasis Cortex A77 (3,2 Ghz), 3 unit Kryo 585 Gold berbasis Cortex A77 (2,42 Ghz) dan 4 inti Kryo 585 Silver basis Cortex A55 (1,8 Ghz).

Performa SOC ini kian unggul dengan dukungan GPU Adreno 650 dan RAM 12 GB. Spesifikasi ini sangat mampu dalam menjalankan berbagai game bergrafis 3D tanpa hambatan. Apalagi. Kamu dapat menyimpan berbagai game dan file berkat memori internal 256 GB.

Sementara itu, realme GT Neo 3 dipersenjatai SOC Mediatek Dimensity 8100 dengan fabrikasi 5 nm. SOC ini memiliki fitur hemat daya yang cukup baik mirip dengan chipset premium. Chipset gahar ini memiliki konfigurasi octa - core, yang terdiri dari 4 inti Cortex A78 (2,85 Ghz) dan 4 inti Cortex A55 (2 Ghz). Sementara untuk GPU, tersemat GPU Mali G610 MC6.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram