Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo2 Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Nampaknya sudah hampir tidak terhitung berapa banyak smartphone berkualitas yang dibesut oleh realme. Padahal umur realme masih terbilang baru jika dibandingkan merek-merek lainnya. Sekarang saja, sudah begitu banyak seri realme GT yang hadir dengan keunggulannya masing-masing.

2021 adalah tahun kelahiran realme GT Neo2 yang merupakan generasi penerus dari realme GT Neo yang pertama. Dan seperti seri realme GT lainnya, ini adalah ponsel yang mengunggulkan sisi performa di atas segalanya dan terletak di segmen harga menengah.

Namun apakah performa adalah satu-satunya jurus yang ia miliki untuk dapat bertahan di persaingan smartphone Android yang semakin hari semakin ketat ini? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilihnya?

Anda jangan khawatir, karena Carisinyal akan berusaha menjawab kelebihan dan kekurangan yang dimiliki realme GT Neo2. Simak artikel ini baik-baik, ya!

Spesifikasi realme GT Neo2

Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme GT Neo2

Karena daya jual utama HP ini adalah performa, apakah realme GT Neo2 hanya cocok untuk gamer saja? Tunggu dulu, masih banyak kok kelebihan-kelebihanya lainnya! Simak poin-poin di bawah ini, yuk!

1. Layar AMOLED Menakjubkan dengan Refresh Rate 120 Hz

Layar yang memesona adalah salah satu kelebihan utama yang ditawarkan oleh HP realme yang satu ini. Bagaimana tidak, berkat panel E4 AMOLED Display yang diusungnya, siapa pun akan terpana melihat tingkat kecerahan serta kualitas warna menyala yang tampil di layar.

Jelas saja, ini berkat dukungan gamut warna yang luas 100% DCI-P3 sehingga warna pada pakaian ataupun efek visual yang Anda temukan di film pastinya akan lebih terlihat menakjubkan dan memanjakan indera visual.

Ditambah lagi, realme GT Neo2 mendapat peningkatan dibanding realme GT Neo. Kini hadir dengan dukungan HDR10+ yang memungkinkan pengguna untuk mengakses konten-konten HDR pada aplikasi YouTube ataupun aplikasi streaming OTT semacam Netflix. Saat mengakses konten HDR, tingkat kecerahan paling tinggi yang ditawarkan mencapai 1300 nit.

Di sisi lain, realme juga kerap mengklaim kalau layar memiliki tingkat kecerahan tipikal sebesar 500 nit serta mampu mencapai kecerahan 800 nit pada HBM (High Brightness Mode). Menurut pengujian GSM Arena, realme GT Neo2 mampu meraih 498 nit saat berada pada mode manual, dan mencapai 659 nit pada mode otomatis.

Kehadiran sertifikasi HDR10+ bukanlah satu-satunya peningkatan yang dibawakan realme GT Neo2 dibandingkan pendahulunya. Kini, Anda pun disuguhkan ukuran yang lebih lebar (6,62 inci) ketimbang realme GT Neo (6,43 inci).

Sedangkan pada resolusinya, tetap sama berada di Full HD+ (1080 x 2400 piksel) pada aspek rasio 20:9. Walau begitu, tingkat kerapatan pikselnya jadi lebih rendah, yang awalnya 409 ppi pada realme GT Neo kini "hanya" 398 ppi pada realme GT Neo2. Tenang saja, perbedaan ini sama sekali tidak terasa kok di dunia nyata.

Refresh rate tinggi 120 Hz juga kembali hadir pada perangkat ini, mengizinkan penggunanya untuk merasakan pergeseran layar yang dua kali lipat lebih mulus ketimbang 60 Hz konvensional.

Hanya saja, GSM Arena mengatakan kalau penanganan dynamic switch pada fitur ini agak canggung. Pertama-tama, game yang diujikan tetap berada pada 60 Hz sekalipun mode 120 Hz sedang diaktifkan.

Kedua, saat mode auto dinyalakan, beberapa aplikasi tetap berada pada mode 60 Hz dan saat ponsel sedang tidak disentuh, ia tetap berada pada mode 120 Hz.

Untungnya saja, saat menjalankan video, refresh rate kembali ke 60 Hz karena umumnya film memang hanya memiliki 30 FPS. Dan saat melakukan scrolling saat memilih-milih konten di YouTube dan Netflix, refresh rate kembali ke 120 Hz. Begitu tutur GSM Arena.

Kemudian, layar realme GT Neo2 juga dipastikan sangat memiliki responsivitas yang tinggi sehingga membuatnya cocok digunakan bagi Anda yang hobi push rank Mobile Legends. Bayangkan saja, layar mengemas touch sampling rate sebesar 600 Hz!

2. Kinerja Chipset yang Powerful, Melampaui Standar di Harganya

Jika Anda sering mengikuti perkembangan gadget, tentu sudah cukup sering melihat chipset Snapdragon 870 menyambangi produk-produk mahal di harga 7 hingga 10 jutaan. Namun, apakah ada chipset segahar ini muncul pada ponsel 6 jutaan? Tentu ada dan realme GT Neo2 ini buktinya.

Snapdragon 870 adalah chipset kelas flagship, bahkan ia dipercaya Xiaomi untuk mentenagai salah satu ponsel gaming terbaiknya yaitu Black Shark 4. Tandanya, Anda akan mendapatkan tingkatan performa yang serupa dengan ponsel gaming tersebut saat menggunakan realme GT Neo2.

Spesifikasi Prosesor

SoC (system-on-chip) yang merupakan hasil overclock dari Snapdragon 865 Plus ini hadir dengan fabrikasi 7 nm yang mencakup konfigurasi delapan inti, yakni satu unit Kryo 585 Prime yang berbasiskan Cortex A77 (3.2 GHz), tiga unit performa Kryo 585 Gold dengan basis Cortex A77 (2.42 GHz), serta empat inti hemat daya Kryo 585 Silver berbasiskan Cortex A55 (1.8 GHz).

Bersamaan dengan chipset tersebut adalah sebuah GPU (Graphical Processing Unit) berupa Adreno 650 yang berlari pada frekuensi 670 MHz, sangat mampu dalam menjalankan berbagai permainan bergrafis 3D tanpa hambatan.

Hasil Benchmark

realme GT Neo2 yang menggunakan chipset terbaik di pasaran ini juga memiliki penanganan yang baik terhadap efisiensi daya. Seperti yang dilansir dari 91mobiles, realme GT Neo2 berhasil menjaga performa puncak hingga 90 persen setelah pengujian CPU Throttle selama 30 menit.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram