Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Berbicara ponsel berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, nama Xiaomi pasti tidak jauh dari benak kita semua. Meski namanya melekat dengan identitas HP budget, nyatanya ia pun memiliki seri ponsel kelas atas yakni Xiaomi Mi Series. Pada tahun 2021, Xiaomi Mi 11 Series pun resmi digelar.

Memiliki spek dewa namun harga selangit, Xiaomi pun memutuskan untuk merilis varian murah dari Mi 11 Series yang menggunakan embel-embel "T" di namanya, yakni Xiaomi 11T Series. Ada dua varian yang hadir di seri ini yakni Xiaomi 11T reguler dan Xiaomi 11T Pro.

Xiaomi 11T Pro sendiri memiliki beberapa peningkatan spesifikasi dibandingkan XIaomi Mi 10T Pro yang merupakan generasi pendahulunya. Yakni, menggunakan chipset lebih gahar, panel layar yang superior dengan kontras rasio lebih tinggi, serta sejumlah parameter unggul lainnya.

Perangkat ini pun termasuk yang sudah mengalami transisi rebranding sehingga tidak lagi menggunakan embel-embel "Mi" di namanya. Perilisan produk inipun menimbulkan rasa penasaran pada sebagian orang.

Apakah benar ini merupakan versi murah dari Xiaomi 11 Pro? Apakah ia masih dihadirkan dengan spesifikasi unggul khas Mi 11 Series? Untuk tahu jawabannya, yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro berikut ini!

Spesifikasi Xiaomi 11T Pro

Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Xiaomi 11T Pro

Mau tahu hal-hal yang membuat Xiaomi 11T Pro begitu layak digemari? Yuk, cari tahu beragam poin kelebihan HP ini sebagai berikut!

1. Performa Menakjubkan Berkat Snapdragon 888

Dibandingkan dengan Xiaomi 11T reguler, penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 888 pada varian Pro ini adalah sebuah kabar yang menyegarkan. Ini merupakan chipset yang paling bertenaga di jajaran HP flagship Android, sebuah peningkatan yang cukup drastis dibanding Dimensity 1200 yang mengotaki varian regulernya.

Tidak hanya jika dibandingkan dengan Xiaomi 11T reguler, Snapdragon 888 juga merupakan peningkatan ketimbang generasi sebelumnya (Xiaomi Mi 10T Pro) yang hanya suguhkan Snapdragon 865 5G.

Pada tahun 2021, rupanya Xiaomi menetapkan chipset yang berbeda pada Xiaomi 11T Series. Padahal, Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro yang meluncur di tahun 2020 sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 865.

Seberapa jauhkah peningkatan performa yang dibawakan Snapdragon 888 dibandingkan DImensity 1200 5G? Perlu diketahui, chipset Qualcomm tersebut memiliki konfigurasi delapan inti yang mencakup tiga klaster berbeda.

Klaster pertama merupakan satu inti prima Kryo 680 Prime (2.84 GHz), dilanjut pada klaster kedua berupa tiga inti performa tinggi Kryo 680 Gold (2.42 GHz), dan klaster ketiga merupakan cakupan empat inti hemat daya Kryo 680 Silver (1.80 GHz).

Meski ketiganya merupakan inti Kryo 680, namun mereka memiliki basis inti yang berbeda. Kryo 680 Prime merupakan turunan dari Cortex X1, Gold dirancang dari Cortex A78, dan Silver merupakan derivatif dari Cortex A55. Set arsitektur yang serupa juga rupanya dimiliki oleh Dimensity 1200 5G, di mana SoC MediaTek tersebut juga menggunakan inti Cortex A78 dan Cortex A55.

Bedanya, Dimensity 1200 5G tidak menghadirkan Cortex X1 sebagai inti primanya seperti Snapdragon 888, melainkan Cortex A78 dengan frekuensi 3 GHz. Secara besaran clock speed, Dimensity 1200 5G terlihat lebih unggul ketimbang Snapdragon 888 dengan frekuensi 2.84 GHz. Namun, terkadang set arsitektur yang digunakan lebih menentukan dibandingkan besaran clock speed.

  • Hasil benchmark

Betul saja, berdasarkan informasi yang dilansirkan dari nanoreview, Snapdragon meraih skor AnTuTu v9 sebesar 790 ribuan yang notabene 20% lebih unggul ketimbang Dimensity 1200 dengan skor 650 ribuan.

Kami pun menilik informasi yang diberikan FoneTech mengenai kinerja HP pada benchmark AnTuTu v9. Hasilnya cukup mengherankan, ia mendapatkan skor 630 ribuan saja pada aplikasi benchmark tersebut.

Tampaknya, Xiaomi membatasi kinerja chipset agar tidak berada pada kapabilitas tertingginya. Ini bertujuan untuk menjaga ponsel agar tidak overheating. Pasalnya, Snapdragon 888 memang salah satu chipset yang paling rentan membuat ponsel panas saat dipakai bermain game berat, terutama Genshin Impact.

Kendati demikian, Xiaomi 11T Pro sebagai salah satu varian HP flagship dari Xiaomi memiliki kinerja memori internal yang bagus. Tercatat, ponsel ini meraih kecepatan sequential read 1.772,3 MB per detik, sequential write 756 MB per detik, dan random access sebesar 222 MB per detik (baca) dan 165 MB per detik (tulis).

Diketahui, perangkat ini mengemas opsi memori internal 128 GB dan 256 GB berjenis UFS 3.1. Kedua opsi RAM ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan 12 GB pada tipe LPDDR5.

  • Uji perangkat pada beberapa game

Sebuah benchmark tidak akan memberikan gambaran lengkap mengenai performanya di dunia nyata. Oleh karena itu, seorang YouTuber bernama Shaan Haider mengungkapkan kinerja Xiaomi 11T Pro saat memainkan sejumlah game ternama pada pengaturan grafis tertinggi.

Game pertama yang diujikan adalah Injustice 2, dan skor frame rate yang didapat menembus hingga 100-an FPS. Selanjutnya merupakan permainan shooter bernama Coverfire yang saat diujikan, berhasil meraih frame rate hingga 120 FPS.

Pun saat dimainkan PUBG Mobile, kinerja tangguh yang dihasilkan ponsel ini lagi-lagi terbukti. Perangkat bisa mengangkat permainan tersebut pada pengaturan HDR dan Extreme. Terlihat tidak ada sama sekali stuttering yang biasa melanda ponsel-ponsel di rentang harga yang lebih murah.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram