Yuk, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Xiaomi tak mau ketinggalan dari para pesaing dengan segera memperbarui katalog ponselnya. Perusahaan ponsel nomor tiga di dunia itu akhirnya melahirkan sosok penerus flagship Xiaomi Mi 10 untuk mengisi katalog terbaru. Benar, ponsel yang dirilis secara global pada Februari 2021 itu adalah Xiaomi Mi 11.

Sebagai andalan paling anyar dari Xiaomi, Mi 11 akan berhadapan langsung dengan ponsel papan atas lain seperti Samsung Galaxy S21 5G. Rekam jejak smartphone flagship Xiaomi memang tidak terlalu bagus, mengingat sudah lama sekali tak mampu mencetak rekor penjualan tertinggi. Kali terakhir Xiaomi bisa mencatat hal mengesankan dengan ponsel kelas atas terjadi pada 2012.

Waktu itu, Xiaomi berhasil menjual Mi 2 sebanyak 10 juta ponsel. Angka penjualan tersebut membuat Mi 2 menduduki urutan tiga ponsel terlaris di bawah iPhone 5 (70 juta ponsel) dan Samsung Galaxy S III series (70 juta). Di sisi lain, ponsel kelas atas memang bukan untuk semua kalangan.

Namun, jika Xiaomi mampu mereguk sukses di segmen atas, bukan tidak mungkin mereka bisa jadi raja baru. Mengingat perusahan teknologi pimpinan Lei Jun ini sudah stabil meraih pencapaian keren lewat jajaran ponsel kelas entri dan menengah.

Tentunya kesuksesan di segmen atas bisa dimulai dari Xiaomi Mi 11. Akan tetapi, apakah ponsel ini benar-benar bisa merebut hati konsumen? Pertanyaan itu kiranya bisa dijawab lewat ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 yang sudah disiapkan Carisinyal. Sebelum ke pokok pembahasan, mari tengok spesifikasi umum dari ponsel ini sebagai berikut:

Spesifikasi Xiaomi Mi 11

  • Layar: AMOLED, 6,81 inci Quad HD+
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1 x 2,84 GHz Kryo 680 & 3 x 2,42 GHz Kryo 680 & 4 x 1,80 GHz Kryo 680)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 108 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Po 4600 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 menyuguhkan fitur-fitur terbaik layaknya sebuah ponsel flagship. Anda mungkin langsung tergiur dengan melihat spesifikasinya saja. Namun, tidak sekadar itu, beberapa peningkatan dari seri sebelumnya hadir pada ponsel ini.

1. Desain Nyaris Sempurna

Xiaomi Mi 11 menyuguhkan desain indah nan menawan dilihat dari berbagai sisi. Layar semakin lebar dan diameter kamera depan diperkecil menjadi 3 milimeter saja. Ponsel ini mempertahankan garis desain sisi melengkung ke dalam, baik pada bagian depan maupun belakang.

Frame logam yang digunakan untuk menyatukan bagian depan dan belakangnya benar-benar tipis. Hanya sedikit melebar pada bagian tombol power dan volume. Menurut Thorben dalam situs China Gadgets, memegang Xiaomi Mi 11 nyaris seperti menggenggam selembar kertas. Perancang desain Mi 11 terlihat semakin memperhatikan detail finishing.

Hal itu dibuktikan dengan celah perpotongan antara frame, bagian depan, dan bagian belakangnya benar-benar presisi. Tidak ada sudut-sudut yang tajam, tombol-tombol terasa enak ditekan, bahkan sisi bawahnya yang lurus bisa membuat ponsel ini berdiri tegak.

Anda yang memegangnya pun tak perlu khawatir bila ponsel mengalami salah sentuh karena bezel tipis dan layarnya yang melengkung. Sebab, Xiaomi telah menyematkan sensor cengkeraman yang didukung dengan giroskop. Pengaturan agar tidak salah sentuh tidak lupa disertakan Xiaomi.

Sumber: china-gadgets.com
sumber: china-gadgets.com

Hal yang seru tentu saja sisi belakang Mi 11 yang benar-benar berbeda dari pendahulunya. Xiaomi menyediakan enam varian warna dengan dua jenis material. Untuk varian warna biru, putih, hitam, dan biru garis-garis edisi spesial Lei Jun, menggunakan material kaca AG Frosted. Material kaca dikenal gampang dekil karena menyimpan sidik jari. Namun, hal itu tidak terjadi pada Mi 11.

Sementara itu, varian smoke purple dan khaki memakai material kulit. Ini adalah kali pertama Xiaomi menggunakan material kulit. Paco Zheng, dalam situs Gizmochina mengatakan, bahan kulit membuat Mi 11 nyaman dan tidak licin saat dipegang. Bahan kulit cocok buat mereka yang tak terlalu suka mengenakan sarung ponsel.

Sumber: xiaomitoday.com
sumber: xiaomitoday.com | Habib Qazi

Baik material kaca maupun kulit, logo "MI" tak terlihat lagi dan diganti dengan tulisan "xiaomi". Hanya, untuk material kulit, ada hiasan logam berbentuk lingkaran sebelum tulisan "xiaomi". Beranjak ke modul kamera belakang, bentuknya oval dan sedikit menonjol dari permukaan.

Pemilihan bentuk modul oval adalah hal yang tepat. Pasalnya, bentuk kamera belakang seperti 'tanda seru' pada Mi 10 rentan tersentuh jari. Adapun dudukan kamera belakangnya merupakan aluminium yang dibikin melalui proses CNC. Bagian depan modul dilapis bahan kaca dengan sisi hitam pada lensa utama dan ultra-wide. 

Terkait durabilitas ponsel ini, kanal YouTube Jerry Rig Everything sudah mengujinya. Dalam uji resistensi goresan, kaca Corning Gorilla Glass Victus yang tersemat di layar Mi 11 baru mulai tergores pada skala 6 dan 7 Mohs. Adapun bagian depan modul kamera belakangnya tak tergores saat coba dirusak dengan cutter.

Sementara sensor sidik jari di bawah permukaan layarnya masih bisa dioperasikan, meskipun sedikit sulit membaca setelah layarnya terkena goresan. Kemudian, pada uji kekuatan rancang bangun, ponsel ini tetap kukuh kendati bodinya coba ditekuk ke depan maupun ke belakang.

2. Tampilan Memukau dengan Berbagai Fitur

Sumber: pocket-lint.com
sumber: pocket-lint.com | Mike Lowe

Xiaomi Mi 11 bukanlah ponsel gaming sebagaimana saudaranya, Black Shark 3. Namun, tampilan layar AMOLED yang tersemat mampu mengakomodasi lebih dari sekadar bermain gim.

Mengapa bisa demikian? Sebab, akurasi dan kejernihan layar 6,81 inci beresolusi 2K-nya tiada dua. Mata telanjang manusia mungkin tidak bisa membedakan piksel per inci antara layar Full HD+ dan 2K (Quad HD+).

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram