carisinyal web banner retina

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 14 September 2021

Keberlanjutan produk tablet Xiaomi sempat menyimpan tanda tanya besar. Pasalnya, tanda-tanda kelahiran tablet baru mereka tak tampak setelah Xiaomi Mi Pad 4 Plus meluncur pada 2018. Namun, Xiaomi sepertinya melihat bahwa tablet masih memiliki prospek untuk terus dikembangkan.

Perubahan perilaku akibat pandemi adalah salah satu alasan yang mungkin mendorong Xiaomi kembali memproduksi tablet. Maka pada Agustus 2021, Xiaomi akhirnya merilis dua tablet baru. Salah satunya adalah Xiaomi Mi Pad 5 yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kembalinya Xiaomi ke pasar tablet bisa jadi sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat di seluruh dunia. Pasalnya, setelah Xiaomi sempat vakum, pilihan masyarakat jadi berkurang karena hanya ada segelintir merek yang konsisten membikin tablet.

Untuk menyambut kedatangan Xiaomi Mi Pad 5, Carisinyal menyiapkan ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan si tablet. Kami berharap ulasan dalam artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Mi Pad 5. Sajian spesifikasi singkat Xiaomi Mi Pad 5 di bawah ini dapat Anda baca untuk mengawali pembahasan.

Spesifikasi Xiaomi Mi Pad 5

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 1
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD, 11 inci, 1600 x 2560 piksel
  • Chipset: Snapdragon 860 (7 nm)
  • GPU: Adreno 640
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 8720 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Xiaomi Mi Pad 5

Seseorang belum tentu dapat memahami kelebihan suatu produk jika hanya membaca spesifikasi dasarnya. Pasalnya, beberapa poin kelebihan ada yang sifatnya empiris - baru terlihat setelah dipakai. Oleh sebab itu, poin-poin kelebihan di bawah ini akan menitikberatkan pada pengalaman pakai dari sejumlah penguji.

1. Desain

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 3Sumber: mi.com

Tablet adalah perangkat dengan kepribadian yang berbeda dari ponsel. Pada umumnya, tablet memiliki desain yang sederhana karena tujuan utamanya bukan untuk menarik perhatian. Begitu pula dengan Xiaomi Mi Pad 5 yang punya penampilan tidak neko-neko.

Xiaomi tak membubuhkan apa-apa selain nama brand dan tiga opsi warna pada penutup belakangnya. Opsi warna yang tersedia adalah hitam, putih, dan hijau. Kesederhanaan desain Mi Pad 5 nyatanya menimbulkan kesan premium dan elegan.

Pasalnya, material yang dipakai untuk rangka dan penutup belakangnya adalah aluminium. Selain itu, rangka dan penutup belakangnya dibentuk flat, dengan empat sudut yang membulat.

Satu ciri khas Xiaomi tercetak dengan jelas di tablet ini. Ciri khas itu adalah modul kamera belakangnya yang mirip dengan HP POCO F3 atau Xiaomi Mi 11.

YouTuber Marc Yeo mengaku puas saat pertama kali memegang Xiaomi Mi Pad 5. Sebab, tablet tipis dan ringan, tapi tetap terasa kokoh di tangan. Rasa nyaman saat memegang si tablet juga dirasakan oleh YouTuber Lim Reviews.

Adapun dimensi tablet ini adalah 254,7 x 166,3 x 6,9 mm dengan bobot 511 gram. Sementara itu, Xiaomi tidak menjelaskan kaca proteksi apa yang dipakai untuk melapisi layar Mi Pad 5.

2. Tampilan

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 5Sumber: mi.com

Panel jenis OLED dan turunannya memang sedang ngetren dipakai ponsel. Namun, di dunia tablet, IPS LCD masih jadi pilihan utama. Seperti halnya Xiaomi Mi Pad 5 yang mengandalkan panel ini untuk memperkuat sektor tampilannya.

Ukuran layar berpanel IPS LCD Mi Pad 5 adalah 11 inci, dengan resolusi WQHD+ (1600 x 2560 piksel). Xiaomi memakai istilah 2,5K untuk menyebut resolusi yang dipakai layar tabletnya ini. Di atas kertas, layar tablet ini sangat berkualitas berkat banyaknya dukungan teknologi yang dijejalkan.

Mulai dari dukungan HDR10, 1 miliar warna, gamut warna DCI-P3, kontras warna 1500:1, Dolby Vision, hingga laju penyegaran dan touch samping rate yang sama-sama 120 Hz. Namun, teknologi tersebut bukanlah sekadar label.

Setidaknya hal itu sudah dibuktikan oleh mereka yang sudah menguji. Menurut Marc Yeo, warna yang keluar dari layar Mi Pad 5 tampak cerah. Sementara itu, kanal YouTube JACKRO TECH menyebut bahwa warna hitam yang dimunculkan tidak sepekat panel OLED. Meski begitu, reproduksi warnanya secara keseluruhan tetap bagus.

Kembali ke Marc Yeo, ia menikmati animasi yang mulus ketika menggulir-gulir layar si tablet. Animasi yang mulus merupakan imbas dari adanya dukungan laju penyegaran 120 Hz.

Penggunaan mode 120 Hz bisa saja membuat konsumsi daya tablet jadi lebih boros. Namun, Anda bisa mengubah setelan laju penyegaran ke mode 60 Hz ketika ingin menjaga daya tahan baterai si tablet.

3. Performa

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 7Sumber: mi.com

Xiomi Mi Pad 5 adalah perangkat kedua dari Xiaomi yang ditenagai SoC Snapdragon 860. Sebelumnya, SoC atau chipset ini sudah dipakai terlebih dahulu pada HP POCO X3 Pro. Snapdragon 860 sejatinya adalah SoC flagship rilisan 2019, Snapdragon 855+, yang dinamai ulang (rebrand).

Snapdragon 860 bisa dibilang adalah jembatan dari sekat yang tercipta akibat perbedaan performa antara seri Snapdragon 700 dan seri Snapdragon 800. Beberapa pengetesan yang dilakukan oleh para penguji memperlihatkan bahwa Snapdragon 860 punya performa tinggi.

Ia memang tertinggal dari seri Snapdragon 800 yang lebih baru. Namun, Snapdragon 860 masih lebih unggul dibanding seluruh SoC Snapdragon 700 Series. Sebagai gambaran, skor AnTuTu 8 POCO X3 Pro yang memakai SoC ini ada di kisaran 450 ribuan.

Sedikit penjelasan mengenai Snapdragon 860, chipset delapan inti ini dibuat dengan fabrikasi 7 nm. Di dalamnya ada tiga klaster CPU yang terdiri atas: satu inti kencang Kryo 485 Prime (2,96 GHz), dua inti menengah Kryo 485 Gold (2,42 GHz), dan empat inti efisiensi Kryo 485 Silver (1,78 GHz).

Kryo 485 Prime dan Kryo 485 Gold memakai arsitektur asli Cortex A76, sedangkan Kryo 485 Silver berbasis Cortex A55. GPU atau prosesor grafis SoC ini adalah Adreno 640 yang bisa melaju pada frekuensi 675 MHz.

Keberadaan Snapdragon 860 dalam sektor dapur pacu memiliki imbas yang besar terhadap performa Mi Pad 5. Kanal YouTube Lim Reviews pun menjajalnya. Sebagai catatan, unit yang dijajal Lim Reviews adalah model paling dasar, yakni Mi Pad 5 varian RAM 6 GB plus memori internal 128 GB (UFS 3.1).

Pada skenario pertama, Lim Reviews mengetes tablet ini untuk difungsikan sebagai pengganti PC desktop. Ia menghubungkan si tablet dengan keyboard PC biasa dan mouse. Lim Reviews lalu membuka browser Google Chrome dan membuka beberapa tab.

Di sela-sela itu, ia mencoba memencet tombol alt+tab untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Berdasarkan pengalaman Lim Reviews, Mi Pad 5 sangat responsif. Semua perintah yang diberikan bisa dieksekusi dengan cepat dan mulus.

Tes berlanjut dengan memencet tombol Windows pada keyboard menuju beranda, lalu masuk ke aplikasi Microsoft Word dan mengetikkan beberapa kata. Mi Pad 5 kembali memperlihatkan respons yang sangat sip dalam aktivitas ini.

Respons yang sama juga terjadi saat Lim Reviews mencoba berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Yang menarik, perpindahan satu aplikasi ke aplikasi lain bisa dilakukan dengan cara yang lebih simpel. Yaitu dengan menggeser bagian tepi bawah layar dekat bezel.

Lalu, bagaimana dengan performa multitasking-nya? Lim menemui kelancaran ketika mengetik di Microsoft Word sambil menonton video YouTube. Aplikasi Word dibuka secara penuh, sedangkan aplikasi YouTube dibuka dengan tampilan kecil.

Lim melanjutkan pengujian pada skenario kedua, yaitu bermain game. Ia pun menjajal Mi Pad 5 dengan memainkan Asphalt 9. Pada game tersebut, Lim mendapati tampilan yang mulus dengan grafik yang sangat detail. Tidak ada lag atau stutter selama ia bermain, dan gambar yang dihasilkan ada di kisaran 60 fps.

Skenario pengetesan ketiga yang dijalankan Lim adalah buka-tutup aplikasi. Namun, pada skenario ini, ia membandingkan Mi Pad 5 dengan Mi Pad 5 Pro yang memakai Snapdragon 870. Beberapa aplikasi pun dibuka, yakni Google Chrome, YouTube, kamera, Microsoft Word, dan Asphalt 9.

Hasilnya, kedua tablet sama-sama gegas. Walau begitu, Mi Pad 5 memang sedikit tertinggal dari Mi Pad 5 Pro. Hal ini tak mengherankan karena kedua tablet memang memakai SoC yang berbeda. Kemampuan buka-tutup aplikasi ini ada kaitannya dengan performa singlecore dan multicore CPU.

Dalam pengujian Geekbench 5 yang dilakukan Lim, Mi Pad 5 meraih skor singlecore 768 dan multicore 2699, sedangkan Mi Pad 5 Pro punya skor singlecore 987 dan multicore 3215.

4. Audio

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 9Sumber: mi.com

Xiaomi membekali Mi Pad 5 dengan speaker yang mumpuni karena konfigurasinya adalah stereo. Dua speaker ditempatkan pada rangka atas, sedangkan dua speaker yang lain ditempatkan pada rangka bawah. Keempat speaker itu diperkuat dengan teknologi Dolby Atmos.

Marc Yeo menilai, suara yang ditimbulkan dari keempat speaker tablet ini memiliki kategori "wow". Suaranya sangat lantang dengan elemen bass yang sangat kuat. Anda mungkin tidak perlu beli speaker eksternal untuk menonton film atau bermain game dengan Mi Pad 5.

5. Baterai

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 11Sumber: mi.com

Seluruh perangkat elektronik yang mobile (bisa dipakai di mana saja) perlu memiliki baterai berkapasitas tinggi. Baterai yang besar bukanlah tren semata, tetapi lebih kepada pemenuhan tuntutan masa kini dari konsumen. Mi Pad 5 pun memenuhi kriteria sebagai perangkat dengan kapasitas baterai besar.

Baterai yang digendongnya memiliki kapasitas 8720 mAh. Sedikit lebih tinggi daripada Mi Pad 5 Pro (8600 mAh) dan jauh meninggalkan Mi Pad 4 (6000 mAh). Hingga artikel ini ditulis, Lim Reviews dan Marc Yeo belum mengetes daya tahan baterai Mi Pad 5.

Namun, berdasarkan klaim Xiaomi, Mi Pad 5 dapat bertahan seharian untuk menunjang aktivitas penggunanya. Selain ditunjang baterai besar, Mi Pad 5 juga dibekali teknologi pengisian cepat 33 W.

6. Kamera dan Fitur Lain

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 13Sumber: mi.com

Anda jangan tertipu dengan dua lingkaran lensa yang ada pada modul kamera belakang Mi Pad 5. Pasalnya, hanya ada satu lingkaran lensa kamera pada modul tersebut, satu lingkaran yang lain hanyalah hiasan. Jelasnya, tablet ini hanya punya satu kamera belakang.

Resolusi kamera belakang tersebut adalah 13 MP, dengan bukaan f/2.0. Untuk kelas tablet, keberadaan kamera belakang cukup bagus. Anda bisa menjepret jenis foto seperti dokumen dengan bagus. Ingat, fungsi kamera tablet tidak seperti kamera pada smartphone.

Yang menarik, kamera belakang Mi Pad 5 mampu merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps. Resolusi yang besar ini sangat membantu buat yang Anda bekerja sebagai pembuat konten. Cropping pada video beresolusi besar tidak akan membuat hasil akhirnya pecah.

Geser ke depan, ada kamera swafoto 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera swafoto ini mampu menciptakan video dengan resolusi maksimal Full HD (1080p) pada 30 fps.

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 15Sumber: mi.com

Selain kamera, terdapat fitur menarik lain yang perlu dibahas. Fitur lain itu yakni dukungan stylus dan keyboard eksternal. Inilah kali pertama sebuah tablet Xiaomi memiliki dukungan stylus.

Sebagaimana tablet lain, stylus Mi Pad 5 berrguna untuk navigasi, menulis, dan menggambar. Pena digital tersebut punya responsivitas tinggi, yakni 240 Hz (pen sample rate). Xiaomi mengklaim, stylus Mi Pad 5 bisa dipakai menulis selama 8 jam.

Pengecasan baterai pena tersebut sangat sederhana. Tempelkan saja pada konektor pengisian daya magnetik yang ada di sisi kanan rangka Mi Pad 5.

Sementara itu, keyboard eksternal Mi Pad 5 tentu saja berguna untuk menunjang aktivitas mengetik. Keyboard tersebut tidak bersifat wireless, tetapi ditancapkan ke konektor yang ada di sisi kiri rangka tablet.

Menariknya, keyboard ini merangkap fungsi sebagai case dan penyangga. Baik stylus maupun keyboard eksternal dijual secara terpisah - tidak masuk dalam paket penjualan.

Kekurangan Xiaomi Mi Pad 5

Anda harus menyadari bahwa tidak ada produk yang sempurna untuk semua orang, termasuk Xiaomi Mi Pad 5. Namun, seseorang bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan jika memperhatikan kelebihan dan kekurangan produk incaran.

1. Slot MicroSD Absen

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 17Sumber: mi.com

Inilah kali pertama tablet Xiaomi tidak memiliki slot microSD. Praktis Anda tidak punya opsi menambah ruang simpan pada Xiaomi Mi Pad 5, kecuali penyimpanan awan. Ketiadaan slot microSD membuat Anda harus punya rencana jangka panjang sebelum membeli tablet ini.

Jika Anda pengguna biasa-biasa saja, varian memori internal 128 GB mungkin akan cukup. Namun, jika Anda bakal lebih sering menghabiskan waktu dengan si tablet, rasanya Anda butuh penyimpanan lebih besar. Maka pilihannya adalah mengambil varian storage 256 GB.

2. Jack Audio Menghilang

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 19Sumber: mi.com

Xiaomi Mi Pad 5 juga merupakan tablet pertama Xiaomi tanpa jack audio 3,5 mm. Jack audio dihilangkan salah satunya adalah untuk alasan estetika. Dalam hal ini, bentuk tablet jadi lebih tipis. Ya, ketebalan Mi Pad 5 hanya 6,9 mm, bandingkan dengan Mi Pad 4 (dengan jack audio) yang tembus 7,9 mm.

Ketiadaan jack audio bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan earphone atau headphone berkabel. Anda tetap bisa menggunakannya dengan menghubungkannya ke konverter jack audio ke USB C. Hanya saja, hal ini membuat Anda tidak bisa mendengarkan musik sambil mengecas HP, karena satu port USB C harus digunakan secara bergantian.

3. Tidak Tersedia Varian Seluler

Kenali 9 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Xiaomi Mi Pad 5 21Sumber: mi.com

Xiaomi Mi Pad 5 berbeda dari Xiaomi Mi Pad 5 Pro. Selain berbeda chipset, keduanya juga berbeda soal urusan konektivitas. Mi Pad 5 Pro dijual dalam varian WiFi only dan seluler, sedangkan Mi Pad 5 hanya tersedia dalam varian WiFi only.

Karena hanya tersedia dalam varian WiFi only, Mi Pad 5 tidak punya slot SIM. Buat sebagian orang, hal ini adalah masalah. Terutama buat mereka yang butuh perangkat tablet, sedangkan aktivitas mereka begitu mobile. Sebab, tidak semua tempat memiliki akses internet yang disebarkan via WiFi.

Solusinya jika sedang berada di luar rumah, Anda mesti membawa perangkat lain yang bisa membagikan koneksi internet, bisa ponsel atau MiFi (modem WiFi). Jika ponsel yang Anda bawa, ada fitur hotspot tethering yang dapat digunakan agar si tablet bisa tersambung ke internet.

Adapun selain tidak tersedia varian seluler, Mi Pad 5 juga tidak mendukung GPS. Karena itu, tablet ini juga tidak bisa digunakan sebagai pengarah lokasi. Meski begitu, tablet ini masih bisa menunjukkan mata angin karena punya sensor kompas.

Simpulan

Xiaomi menunjukkan langkah yang serius ketika memutuskan kembali memproduksi tablet. Terbukti dengan hadirnya Mi Pad 5 yang membawa banyak kelebihan. Hal itu membuat si tablet siap untuk menunjang kegiatan entertainment maupun produktivitas.

Alasannya tak lain karena desainnya sip, layarnya salah satu yang terbaik di kelas tablet, performanya mantap, speaker-nya stereo, punya kamera yang andal, dan baterainya awet. Kemudian, ia juga mendukung pemakaian stylus dan keyboard eksternal. Mouse pun bisa dihubungkan ke tablet ini.

Hanya saja, Anda harus ingat dengan beberapa hal yang absen seperti slot microSD, jack audio, dan kemampuan tersambung ke jaringan seluler. Jika tiga hal itu bukan masalah berarti, sulit untuk mencoret Mi Pad 5 dari daftar layak beli.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram