carisinyal web banner retina

10 Headset Bluetooth Mini (TWS) Terbaik di Tahun 2024

Ditulis oleh Linda

PERHATIAN

product placement recci Posisi Pertama sampai 10 july 2021
Product Placement realme buds Posisi 2 Sampai dengan 6 Nov 2021

Manfaat menggunakan earphone Bluetooth adalah ketika bisa melakukan aktivitas multitasking dengan mudah. Misalnya, dengan earphone Bluetooth kita bisa berkendara sambil menerima panggilan telepon secara lebih aman.

Di samping itu, earphone bluetooth ini juga sangat praktis karena tidak disertai dengan kabel alias berfungsi sebagai wireless. Karena bentuk fisiknya tanpa kabel, benda satu ini familier disebut TWS (True Wireless Stereo). Sebagian orang juga menyebutnya dengan earbuds.

Langsung saja, Carisinyal akan mengulas tentang 10 earphone Bluetooth mini terbaik yang layak Anda beli. Karena produk-produk ini memiliki kualitas yang bagus, jangan kaget jika harga yang ditawarkannya mencapai jutaan rupiah. Tapi ingat, ada harga ada kualitas.

1. Samsung Galaxy Buds 2

Samsung Galaxy Buds2
Cek Harga Produk Ini:

Ada tiga hal yang jadi keunggulan Samsung Galaxy Buds2. Tiga hal itu yakni suara yang seimbang, kemampuan active noise cancelling, dan kenyamanan pakai di telinga. Samsung menjanjikan bahwa Galaxy Buds2 dapat menyajikan suara dengan bass yang mantap serta treble cemerlang.

Hal itu membuat Anda bisa merasa seperti hanyut dalam lantunan lagu, terlebih audionya disetel oleh AKG. Soal kemampuan active noise cancelling, earphone dengan IPX2 ini tak hanya mengadang suara yang tak diinginkan ketika telepon. Namun, kemampuan ini juga mampu memblokade suara ketika Anda sedang mendengar musik.

Earphone yang bobot satuannya cuma 5 gram ini hadir dengan tiga ukuran karet ear tips. Itu membuat Anda bisa menyesuaikan supaya Galaxy Buds2 nyaman dipakai, tidak sesak ataupun gampang copot. Adapun earphone ini mengandung baterai 61 mAh. Ia bisa digunakan hingga 5 jam dalam sekali cas, dan 20 jam dengan case.Cek Harga dan Spesifikasi Selengkapnya

2. Apple AirPods Pro (Gen 2)

AirPods Pro
Cek Harga Produk Ini:

Situs Audiophileon dan SoundGuys memasukkan Apple Airpods Pro generasi kedua sebagai salah satu TWS terbaik di 2023. Kualitas suaranya tak perlu diragukan lagi. Earphone dengan IPX4 ini memiliki keluaran suara berdetail tinggi serta bass yang dalam.

Kemampuan noise cancelling-nya juga bagus. Mikrofonnya bisa mendeteksi kebisingan suara dari luar dan dalam. Satu fitur menarik dari earphone berbobot 5,3 gram (per piece) ini adalah audio sharing. Ketika Anda memutar lagu dari iPhone, output-nya bisa disalurkan ke dua pasang AirPods Pro.

Adapun earphone ini hadir dengan empat ukuran eartips: XS, S, M, dan L. Apple tidak menyebut berapa kapasitas AirPods Pro. Namun, earphone ini diklaim bisa bertahan hingga 4,5 jam, serta lebih dari 24 jam dengan case. Sayangnya, pengisian daya case-nya masih memakai kabel lightning.

3. Sony WF-1000XM5

Sony WF-1000XM5
Cek Harga Produk Ini:

Sony WF-1000XM5 merupakan earphone Bluetooth dengan kemampuan active noise cancelling terbaik di dunia. Situs SoundGuys pun memberi nilai 8,7 untuk kemampuannya tersebut. Earphone dengan IPX4 ini mampu mengisolasi output suara secara sempurna, sehingga bebas dari gangguan luar.

Keluaran suara Sony WF-1000XM5 mengalami peningkatan dibanding pendahulunya, yakni Sony WF-1000XM4. Berkat unit driver Dynamic Driver X yang baru, earphone yang berat satuannya 6 gram ini dapat sajikan suara yang lebih ngebass, halus, dan berdetail tinggi.

Hal lain yang membuat pengguna akan merasa nyaman dengan Sony WF-1000XM5 adalah dimensinya. Dibanding pendahulunya, earphone ini 25 persen lebih kecil dan 20 persen lebih ringan. Baterai earphone ini juga awet, yakni hingga 8 jam. Kalau ditambah dengan dicas di case-nya, ia bisa tahan sampai 24 jam.

4. Jabra Elite 7 Pro

Jabra Elite 7 Pro
Cek Harga Produk Ini:

Salah satu keunggulan yang dimiliki Jabra Elite 7 Pro adalah active noise cancellation yang bisa diatur sesuai preferensi pengguna. Anda tinggal memencet tombol utama di earphone untuk mengaktifkannya jika benar-benar butuh keheningan.

Namun, ada kalanya Anda ingin mendengar sebagian suara yang ada di lingkungan. Maka biarkan fitur bernama Selective hearing yang menyortirnya. Dua fitur tersebut bisa Anda nikmati melalui aplikasi bawaan Jabra Sound+.Situs SoundGuys pun mengapresiasi earphone dengan IP57 ini.

Beberapa alasannya adalah suara telepon yang jernih, keluwesan pengisian daya (via USB C, fast charging, dan wireless charging), serta baterainya awet. Earphone 5,4 gram ini bisa digunakan sampai 8 jam 30 menit dalam sekali cas, dan 24 jam dengan case-nya. Hanya saja, Jabra Elite 7 Pro belum mendukung codec aptX.

5. Audio-Technica ATH-SQ1TW

Audio-Technica ATH-SQ1TW
Cek Harga Produk Ini:

Audio-Technica ATH-SQ1TW adalah salah satu TWS yang bisa Anda pertimbangkan jika punya bujet Anda terbatas. Tak cuma murah, TWS dengan IPX4 ini juga stylish dan memiliki kualitas suara yang mumpuni untuk keperluan hiburan. Situs SoundGuys mengapresiasi suara yang dihasilkan Audio-Technica ATH-SQ1TW.

Suara di frekuensi rendah (bass), menengah (vokal manusia), dan tinggi (treble) dapat dipresentasikan dengan baik. Bahkan TWS yang bobot tiap kepingnya 5,2 gram ini disebut punya kemampuan isolasi suara yang baik. Hal lain yang membuat Audio-Technica ATH-SQ1TW menarik adalah daya tahan baterainya.

Ia bisa tahan 6,5 jam untuk sekali cas, dan bisa sampai 19 jam dengan casing-nya. Beberapa catatan minor dari TWS ini adalah codec yang didukungnya hanya SBC, belum dilengkapi aplikasi khusus untuk mengatur preset suara, serta belum ada fitur active noise cancelling. Adapun di paket penjualannya, TWS ini dilengkapi kabel cas USB C dan eartips empat pasang dengan ukuran berbeda.

6. Sennheiser MOMENTUM True Wireless 3 Earbuds

Sennheiser MOMENTUM True Wireless 3 Earbuds
Cek Harga Produk Ini:

Sennheiser Momentum True Wireless 3 Earbuds diciptakan buat Anda yang punya selera tinggi dalam audio. Hentakan suaranya sempurna. Tidak ada yang meleset. Wajar bila banyak reviewer memberi nilai tinggi pada kualitas suara TWS dengan IPX4. Misalnya SoundGuys yang memberi skor 9,5.

Di samping suaranya yang berkualitas, TWS ini punya kemampuan noise cancelling yang mengesankan. Ia bisa mengatur tingkat kepekaan noise cancelling berdasarkan kebisingan lingkungan. Pengisian daya TWS ini termasuk fleksibel. Ia bisa dicas dengan charger kabel USB C ataupun wireless charger.

Ia pun mendukung banyak codec, termasuk aptX dan AAC, yang membuatnya bisa sajikan suara dengan kualitas tinggi dan minim latensi. TWS yang bobot satuannya 5,8 gram ini diklaim Seinnheiser tahan 7 jam buat putar musik untuk sekali cas, dan 28 jam dengan case-nya. Salah satu catatan dari SoundGuys soal TWS ini adalah kualitas mikrofonnya biasa saja walau sudah mencukupi untuk berbagai keperluan.

7. JBL Reflect Aero

JBL Reflect Aero
Cek Harga Produk Ini:

JBL Reflect Aero mengedepankan kemampuan peredaman kebisingan. TWS ini punya tiga mikrofon di tiap buds-nya, jadi totalnya ada enam. Mikrofon yang ada memungkinkan Anda melakukan panggilan dengan jelas, bahkan di lokasi yang berangin.

Terdapat teknologi VoiceAware yang bisa mengontrol seberapa banyak Anda bisa mendengar suara sendiri saat telepon. Ada juga teknologi True Adaptive Noise Cancelling dan Smart Ambient yang membantu Anda memilih suara luar mana yang ingin didengar dan mana yang tidak.

Hal menarik dari JBL Reflect Aero adalah punya sertifikasi IP68. TWS yang daya tahan baterainya hingga 24 jam (dengan case) ini diklaim tahan air - bahkan air asin pantai - hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Tentu saja Anda perlu membilasnya terlebih dahulu dengan air tawar untuk menghindari risiko korosif.

JBL Reflect Aero didesain dengan mempertimbangkan kontur telinga. Dengan begitu, TWS yang punya dynamic driver 6,8 mm ini nangkring di telinga dengan sempurna. Cocok untuk berbagai aktivitas. Adapun TWS ini dijual dengan tiga eartips dan kabel USB C.

8. Sony WF-C700N

Sony WF-C700N
Cek Harga Produk Ini:

Keluaran suara Sony WF-C700N memang bisa menghanyutkan Anda. Teknologi active noise cancelling yang ia miliki efektif menghalau suara sekitar ketika Anda memutar lagu. Namun, ada kalanya Anda tetap harus waspada dengan mendengar suara sekitar.

Makanya Sony juga menyertakan mode Ambient Sound buat TWS dengan IPX4 ini. Sony WF-C700N juga dilengkapi fitur Adaptive Sound Control. Fitur tersebut akan mengatur secara otomatis preset suara paling ideal berdasarkan lokasi yang sering Anda kunjungi.

Misalnya di tempat kerja, kafe, atau stasiun. Keluaran suara TWS ini bagus menurut berbagai pengulas. Anda bisa mengatur equalizer-nya melalui aplikasi Sony headphone connect. Hanya saja, codec yang didukung TWS ini baru SBC dan AAC.

Belum ada dukungan terhadap codec aptX yang diperlukan untuk memutar audio beresolusi tinggi. TWS ini bisa memutar musik selama 7-8 jam dalam sekali cas. Daya tahannya bisa mencapai 15 jam dengan pengecasan di case-nya.

9. Anker Soundcore Liberty 4

Anker Soundcore Liberty 4
Cek Harga Produk Ini:

Anker Soundcore Liberty 4 bisa menjadi pilihan jika Anda mencari TWS dengan daya tahan baterai luar biasa. TWS dengan IPX4 ini bisa bertahan 9 jam untuk memutar musik dalam sekali cas. Bahkan ia bisa digunakan sampai 28 jam dengan tambahan daya dari case-nya.

TWS yang satu ini juga punya fitur yang unik, yaitu sensor detak jantung. Pengguna pun bisa memantau detak jantung selama berolahraga melalui aplikasi bawaan Soundcore. Fitur yang satu ini belum banyak dimiliki oleh TWS lain.

Anker Soundcore Liberty 4 menawarkan kualitas suara yang baik. Ia diperkuat oleh dua dynamic driver dan coaxial acoustic system agar keluaran suara jelas dan jernih. Saat memutar audio Hi-Res, suaranya 3x lebih jelas ketika mode LDAC diaktifkan.

Satu fitur lagi yang tidak kalah menarik adalah dynamic head tracking. Fitur ini memanfaatkan sensor giroskop untuk mendeteksi pergerakan kepala, sehingga suara spasial yang dihasilkan optimal. Fitur ini efektif digunakan ketika Anda menonton film ataupun mendengarkan musik.

10. Huawei FreeBuds Pro 2

Huawei FreeBuds Pro 2
Cek Harga Produk Ini:

Huawei FreeBuds Pro 2 punya cita rasa suara yang berkelas. Vokal yang jernih, treble manis, dan bass yang mantap dapat Anda rasakan. Wajar hal itu bisa ditawarkan oleh TWS satu ini karena perancangannya melibatkan ahli audio kenamaan dari Prancis yaitu Devialet.

TWS yang mendukung codec LDAC ini juga punya kemampuan noise cancelling yang baik berkat empat mikrofonnya. Suara angin, lalu lintas kendaraan, dan kebisingan lainnya dapat disaring supaya Anda hanya fokus pada musik yang diputar.

Keunggulan lain yang dimiliki Huawei FreeBuds Pro 2 adalah tahan terhadap debu dan air (IP54), daya tahan baterai hingga 30 jam, dan baterainya bisa dicas dengan charger kabel USB C ataupun wireless charger. Proses menghubungkan TWS 6,1 gram ini ke perangkat lain, misalnya HP, cukup mudah.

Buka saja case-nya, lalu HP yang sudah aktif bluetooth-nya, akan menampilkan notifikasi bahwa TWS siap disambungkan. Di luar kemampuan-kemampuan itu, Huawei FreeBuds Pro 2 didesain dengan penampilan mengilap serta nyaman di telinga.

Itulah 10 rekomendasi TWS alias earphone Bluetooth mini terbaik di dunia. Semoga daftar di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari TWS berkualitas untuk menemani hari-hari Anda.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram