carisinyal web banner retina

Review JBL LIVE Pro+ TWS, Premium dan Menarik untuk Dilirik

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, aksesoris audio beradaptasi dengan cepat, terutama untuk perangkat dengar langsung ke telinga yang banyak macamnya. Yang sedang naik daun adalah perangkat audio berbasis Bluetooth alias tanpa kabel. Ada Bluetooth speaker dan ada juga earphone atau earbuds berbasis Bluetooth yang lebih familiar disebut TWS (True Wireless Stereo). 

TWS mengalami kenaikan penggunaan seiring dengan maraknya ponsel yang tidak menyediakan lagi port audio jack 3,5 mm. Semua terhubung tanpa kabel dan membuat pengalaman audio menjadi lebih menyenangkan. Karena ini pula, banyak brand yang berlomba-lomba hadirkan TWS terbaik versi mereka. 

Contohnya adalah JBL yang hadirkan perangkat JBL Live Pro+ TWS. TWS ini hadir sebagai produk premium dari JBL. Hal ini membuat JBL Live Pro+ TWS harus bersaing dengan produk premium TWS dari merek lain seperti Airpods Pro dan Samsung Galaxy Buds 2.  

Kenapa harus disandingkan dengan kedua merek tersebut? Karena kedua merek tersebut dijual di rentang harga Rp1 sampai Rp2 jutaan, malah lebih. Sementara harga JBL Live Pro+ TWS.hadir dengan harga kisaran Rp2 jutaan. 

Menghadirkan TWS di kisaran harga tersebut, tentu harus hadirkan sesuatu yang menjadi daya tarik. Terlebih pasar ini tidak seramai pasar dengan TWS di bawah Rp1 jutaan. Banyak orang memang yang mencari TWS di bawah Rp1 jutaan. 

Lantas, seperti apa JBL Live Pro+ TWS.ini? Layakkah untuk dibeli?  Langsung saja simak ulasannya berikut ini. 

Spesifikasi JBL Live Pro+ TWS

JBL Live Pro+ TWS
  • Dimensi: Earpiece 10 gram, Case Charging 49,5 gram 123 x 123 x 40 mm
  • Bluetooth: 5.0 
  • Frekuensi:  2.4 GHz – 2.4835 GHz
  • Baterai: 2 Jam Pengisian dan waktu memutar musik sampai 7 jam  
  • Fitur: Touch Control, ANC, Tahan Keringat, JBL Signature Sound, dan lain-lain 

Kotak Penjualan 

JBL Live Pro+ TWS

Dengan banderol Rp2 jutaan, apa saja yang bisa didapatkan dari JBL Live Pro+ TWS.ini? Hal pertama yang saya lihat adalah kotak penjualannya yang sangat sederhana. Untuk sebuah produk premium, kotak penjualan ini kurang cocok. Namun, ini subjektif saya karena saya sering melihat kotak penjualan TWS di kelas harga terjangkau. 

Soal kotak penjualan memang bukan masalah besar. Karena pada akhirnya, merek JBL sendiri yang dilihat. Memang tidak menonjol karena logonya ada di sudut kiri atas. 

JBL Live Pro+ TWS

Lantas, apa saja yang ada di kotak penjualan? Yang pertama tentu ada sepasang earbuds JBL Live Pro+ TWS. Kemudian ada kabel USB Type-C yang cukup pendek, khas kabel pengisian daya TWS pada umumnya. Kemudian ada eartips dengan 4 jenis ukuran yang bisa dipilih, jika eartips yang menempel kurang cocok di telinga. 

JBL Live Pro+ TWS

Ada juga kotak pengisian daya atau charging case yang warnanya menyesuaikan alias selaras dengan TWS-nya. Tidak ketinggalan ada buku panduan yang cukup tebal yang pasti tidak saya baca lengkap dengan panduan garansi. 

Desain

JBL Live Pro+ TWS

JBL Live Pro+ TWS ini memiliki desain yang terasa simpel untuk sebuah produk premium. Bentuknya seperti TWS pada umumnya. Ada batang bingkai tempat touch control dan bentuk earbuds yang cukup sesuai di telinga saya. 

Hal yang menarik dari sisi desainnya adalah warna pastel yang menarik. Memang ada varian warna hitam. Namun, varian yang kami tes ini adalah varian warna pastel pink yang cukup menarik. Terlebih untuk kaum hawa. Selain warna hitam dan pink, JBL juga menyediakan warna Beige dan Putih. 

Kasing pengisian daya juga relatif sama dengan TWS lainnya. Tidak ada yang istimewa sama sekali dari pancaran bentuk dan warna. Namun, ketika dipegang, kasing TWS ini terasa halus dan terasa sekali premium. 

JBL Live Pro+ TWS

Hal ini membantah bahwa produk ini terkesan biasa saja. Yah, memang secara tampilan harus diakui kalau produknya cenderung biasa. Mungkin karena berjamurnya TWS yang memang bentuknya itu-iitu saja. 

Hal yang perlu diapresiasi jelas kesan premium sangat bisa didapatkan ketika menyentuh langsung barangnya. Baik kasing pengisian daya maupun TWS-nya, sama-sama hadirkan rancang bangun yang baik. Indikator empat lampu LED di kotak pengisian dayanya juga memberi kesan menarik meski tidak warna-warni. Tentu ini bukan TWS RGB. 

JBL Live Pro+ TWS

Hal yang saya suka adalah navigasi sentuhnya di JBL Live Pro+ TWS  yang tidak terlalu ribet. Batang yang cukup tegas memberi navigasi sentuh yang mudah. Padahal tangan saya tergolong cukup besar. Untuk lakukan pairing dengan perangkat Bluetooth lain juga tergolong mudah. 

Fitur dan Kualitas Suara

JBL Live Pro+ TWS

Berbagai fitur yang tersemat di JBL Live Pro+ TWS ini tergolong lengkap. Sangat sesuai dengan harga yang ditawarkan. Beberapa fitur penting seperti ANC atau Adaptive Noise Cancelling sudah hadir di TWS ini. Adaptive Noise Cancelling sendiri merupakan fitur untuk meredam suara dari luar. Hal ini membuat telinga lebih fokus pada suara yang ada di earbuds. 


Beberapa fitur lainnya yang hadir adalah Ambient Aware,dukungan Google Assistant, dan teknologi JBL Signature Sound. Semuanya tentu dihadirkan agar perangkat ini bisa menghasilkan kualitas suara yang baik yang tanpa terganggu dengan suara luar. Hal ini membuat pengguna cukup nyaman memakai TWS ini dalam waktu lama. 

Harus diakui, suara yang keluar dari TWS ini membuat nyaman di telinga. Bass yang dihasilkan di lagu-lagu yang kaya Bass cukup terasa. Mendengarkan musik dan menonton film memakai TWS ini benar-benar nyaman.  

JBL Live Pro+ TWS

Digunakan untuk berkomunikasi atau meeting online juga sangat cocok. Terlebih TWS ini punya fitur meredam suara angin  yang membuat hasil suara dari earbud ini seperti percakapan secara langsung. 

Fitur lainnya yang saya suka adalah tahan dari cipratan air atau keringat. Hal ini membuat  JBL Live Pro+ TWS juga cocok digunakan untuk berolahraga. 

Selain itu, JBL Live Pro+ TWS punya dukungan JBL Headphone App. Ini adalah sebuah aplikasi yang dapat mengatur equalizer dan melakukan pengaturan suara sesuai selera. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memakai JBL Live Pro+ TWS ini. Yang pertama, sensor sentuhnya terlalu sensitif. Saat saya memakai TWS ini, tiba-tiba musik yang berputar berhenti sendiri. Saya agak kaget dengan hal ini. Ternyata kontrolnya cukup sensitif dengan angin yang berhembus. Saat lagi tiduran pun, kadang terasa berhenti sendiri. Mungkin pengaruh kena gesekan.

Satu hal lagi adalah soal kenyamanan. Poin ini diceritakan rekan saya yang sudah memakai AirPods generasi pertama. Menurutnya, JBL Live Pro+ TWS memiliki kualitas suara yang enak. Namun, kualitas dan kenyamanannya masih kalah dibandingkan AirPods. AirPods hanya kalah soal fitur ANC yang tidak dimiliki AirPods.

Untuk waktu pemakaian, JBL Live Pro+ TWS ini diklaim mampu digunakan terus menerus selama 7 jam. Penggunaan bisa digunakan juga sampai 28 jam dengan ketentuan 7 jam pemakaian dan 21 jam di dalam  kasing JBL Live Pro+ TWS. 

Selain itu, kasing JBL Live Pro+ TWS ini punya teknologi pengisian tanpa kabel dengan teknologi  Qi-wireless charging. Jadi, jika ada ponsel yang mendukung reverse wireless charging, bisa disambungkan ke TWS ini.  Selain itu, untuk pengisian daya di dalam kasing, diperlukan waktu 2 jam sampai lampu indikator menyala semua. 

Simpulan

JBL Live Pro+ TWS

JBL Live Pro+ TWS merupakan TWS yang sangat menyenangkan untuk digunakan. Berbagai fitur kelas atas tersemat di ponsel ini. Saya sendiri merasa puas dengan TWS ini. Lagu-lagu yang saya dengarkan terasa berbeda kualitas suaranya jika dibandingkan ketika saya memakai TWS murah atau bahkan earphone kabel. 

TWS ini juga membantu saya untuk tetap mendengarkan musik dengan nyaman ketika saya di kamar mandi. Tentu dengan jarak yang masih tidak terlalu jauh dengan sumber suara. Karena itu, saya bisa simpulkan kalau TWS ini memang tergolong menarik meski tentu harganya merupakan harga premium. 

Berikut beberapa hal yang bisa saya simpulkan setelah memakai TWS ini. 

Kelebihan JBL Live Pro+ TWS 

  • Desain Premium dan Tergolong Menarik untuk Perempuan
  • Build Quality yang Baik
  • Fitur dan Kualitas Suara yang Baik 
  • Cocok Digunakan Berolahraga 
  • Fitur ANC yang tidak sekadar gimmick.

Kekurangan JBL Live Pro+ TWS 

  • Tidak ada hal yang terlalu spesial dan jadi pembeda untuk bersaing
  • Kontrolnya cukup sensitif

Bagian kekurangan tentu akan jadi pertimbangan. Karena dengan kelas harga tersebut, orang mungkin masih akan memilih TWS dari Apple atau Samsung. Tapi, siapa tahu kedepan, dengan nama besar JBL, TWS premium dari JBL bisa menarik perhatian. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram