carisinyal web banner retina

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go: Desain Kece, Performa Unggul

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Meski kini sudah tersedia layanan cloud drive, nyatanya flashdisk masih tetap dibutuhkan. Ya, tentu saja flashdisk-nya harus punya fitur mumpuni yang relevan di zaman sekarang.

SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ hadir sebagai jawaban atas kebutuhan ini. Dengan desain yang simpel namun punya performa yang oke, flashdisk ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas untuk penggunaan sehari-hari.

Saya akan ajak Anda untuk kepoin lebih jauh soal flashdisk satu ini. Simak pembahasan selengkapnya di bawah, ya.

Spesifikasi SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™

sandisk ultra _
  • Interface: USB Type-A, USB Type-C
  • Dimensions: 44.1mm x 12.1mm x 8.6mm
  • Weight: 3.7 g
  • Capacity: Up to 1 TB
  • Data Transfer Rate: Up to 400 MB/s
  • Supported OS/Devices: Android, iOS, Windows, Mac, Mac Pro
  • Warranty: 5 year warranty

Fitur

sandisk ultra 8-1_

Sebelum menuju ke pembahasan utama, saya mau jabarkan beberapa fitur unggulan dari SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C ini. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya:

  • Desain simpel, bobot ringan, hanya 3.7 gram saja
  • Kecepatan transfer up-to 400 MB/s
  • Kapasitas lega, tak perlu punya banyak flashdisk
  • Kompatibel dengan berbagai macam OS dan perangkat, termasuk HP Android

Desain

sandisk ulltra 10-1_

Desain flashdisk ini menarik perhatian saya sejak pandangan pertama. Saya dapat warna hijau toska yang cukup eye-catching.

SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ ini sangat cocok untuk digunakan di mana saja dan kapan saja. Desainnya ringkas dan ringan, bahkan masuk saku pun muat.

Ujung flashdisk yang dijadikan dual-ended memungkinkan saya untuk mengakses konektor USB Type-C atau USB Type-A dengan mudah, tanpa memerlukan adaptor tambahan. Selain itu, ujungnya juga bisa difungsikan sebagai pelindung konektor saat tidak digunakan, menjaga kebersihan dan keamanan flashdisk dari debu dan kerusakan.

sandisk ultra 6-1_

Memang, tampaknya flashdisk ini belum punya fitur anti-fingerprint seperti milik TEAMGROUP. Namun, permukaannya bertekstur matte. Jadi, sidik jari atau kotoran tak bisa menempel dengan mudah pada bodi flashdisk.

sandisk ultra 9-1_

Selain warna hijau toska ini, SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ punya beberapa pilihan warna lain. Salah satunya adalah warna hitam.

Performa

sandisk ultra 5-1_

Saya coba tes performa flashdisk dengan mengirim file ke laptop. Saya gunakan sebuah laptop dengan OS Windows yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 Gen 3 dengan RAM 8 GB. 

Saya pun mencoba memakainya di port USB Tipe-C 3.2. Hasilnya, SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ dengan kapasitas 128 GB ini mampu mentransfer file sebesar 52 GB selama 16 menit saja. Tergolong cepat, bukan?

Nah, masih penasaran, saya coba lagi transfer file berukuran 11 GB dari SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ ke MacBook Air 2015 lewat port USB Type-A. File-nya ditransfer dalam waktu 7 menit lebih 20 detik saja.

sandisk ultra_

Saya coba kembali untuk mentransfer file di perangkat yang berbeda. Kali ini pakai tablet Android. Saya pindahkan file sebesar 50 GB dari flashdisk ke tabletnya. Hasilnya, saya harus menunggu kurang lebih 49 menit 30 detik hingga proses transfer file selesai. Kecepatan rata-rata untuk transfer ke tablet mentok di angka 20-30 MB/s saja.

Flashdisk ini diklaim mampu memberikan kecepatan transfer di atas 200 MB/s. Penasaran, saya pun melakukan tes dengan software AmorphousDiskMark untuk Mac. Software ini serupa dengan CrystalDiskMark di Windows.

sandisk ultra__1

Hasil uji menunjukkan kalau kecepatan baca dari flashdisk ini menyentuh angka 355.23 MB/s. Yah, bisa dibilang, ini sesuai dengan klaimnya.

SanDisk Memory Zone

sandisk memzone-side_

SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ juga dapat dihubungkan dengan aplikasi SanDisk Memory Zone melalui perangkat Android/iOS. Dengan aplikasinya, saya bisa melakukan transfer file dari dan ke flashdisk tanpa ribet. Apalagi, HP saya sudah mulai kehabisan storage.

Saya dapat mengandalkan SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ untuk mem-backup file penting dari HP. 

Oh iya, aplikasi SanDisk Memory Zone ini juga punya keunggulan lain. Salah satunya adalah melakukan ‘bersih-bersih’ pada aplikasi WhatsApp. FYI, biasanya banyak foto, video, atau bahkan dokumen yang menumpuk di aplikasi perpesanan ini. Nah, kalau mau bersihin dengan praktis dan cepat, SanDisk Memory Zone bisa jadi solusi. 

Simpulan

Secara keseluruhan, SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ adalah flashdisk yang menggabungkan desain minimalis, simpel dan ergonomis, serta punya performa unggul. Varian kapasitasnya juga beragam, mulai dari 32 GB hingga 1 TB. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. 

SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ cocok untuk digunakan oleh siapa saja. Baik itu pelajar, pekerja kantoran, atau bahkan Anda yang suka bikin konten video dalam jumlah banyak, dan tentunya memerlukan sebuah device untuk menyimpan kontennya. Terlebih, flashdisk ini kompatibel dengan banyak perangkat. 

SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C™ berkapasitas 128 GB ini dipasarkan dengan harga Rp190.000-an saja. Produknya juga sudah tersedia di e-commerce. Bagaimana, Anda tertarik untuk membawa pulang flashdisk ini?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram