Review ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300, 2 in 1 Multifungsi

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ketika kebutuhan akan perangkat komputasi yang lebih ringkas, maka berbagai produsen selalu melihat peluang untuk hadirkan kebutuhan tersebut. Produsen tertentu misalnya hadirkan komputasi lewat perangkat tablet dengan OS berbasis mobile.

Perangkat tersebut sebenarnya cukup memenuhi kebutuhan. Namun, untuk komputasi dan pengalaman desktop, biasanya tidak sefleksibel memakai OS Windows. Karena itulah, ASUS, sebagai produsen komputer dan laptop, melihat peluang tersebut dengan hadirkan perangkat bernama ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300.

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 ini adalah sebuah perangkat tablet dengan sistem operasi Windows. Tidak tablet sepenuhnya sebenarnya karena perangkat ini menawarkan pengalaman seperti memakai laptop. Karena itu, ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 bisa disebut sebagai tablet hybrid atau laptop 2 in 1.

Apapun namanya, yang pasti, ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 ini hadirkan pengalaman komputasi yang lebih menyenangkan daripada sekadar tablet, yang umumnya hanya membesarkan layar dari sistem operasi dasarnya.

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 sudah masuk resmi ke Indonesia. Ia datang dengan dua model. Model pertama adalah model standar. Model ini dijual dengan harga Rp8.999.000.

Model kedua adalah varian creator atau bisa disebut sebagai ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 Steven Harrington Edition.

Steven Harrington dalam hal ini tidak mengacu pada salah satu karakter dari serial ternama di Netflix. Steven Harrington ini mengacu pada seniman atau ilustrator kenamaan. Informasi tentang Steven Harrington ini bisa disimak di situs resmi pribadinya, Stevenharrington.com.

Selain Steven Harrington, ASUS juga bekerjasama dengan seniman lainnya, yakni Philip Colbert. Karena itu, selain ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 Steven Harrington Edition, ada juga ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 Philip Colbert Edition.

Vivobook 13 Slate OLED Philip Colbert Edition dan Vivobook 13 Slate OLED Steven Harrington Edition
ASUS Vivobook 13 Slate OLED Philip Colbert Edition dan Vivobook 13 Slate OLED Steven Harrington Edition

Sebenarnya, sudah banyak yang mengulas soal ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300. Hanya saja sedikit yang mengulas untuk versi Steven Harrington. Karena itu, saat saya kedatangan laptop ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 Steven Harrington Edition, tentu saya senang karena bisa mengulas perangkat ini dan memberikan perspektif baru lewat tulisan ini.

Karena itu, mari simak review berdasarkan pengalaman saya pribadi memakai ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 Steven Harrington Edition ini.

Agar lebih singkat dalam penulisan produk, perangkat ini akan saya sebut sebagai ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 saja.

Spesifikasi ASUS VivoBook 15 OLED K513EA

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300
  • Layar: 13.3-inch, OLED, FHD (1920 x 1080) 16:9,Glossy display, 550nits,DCI-P3: 100%,
  • Processor: Intel® Pentium® Silver N6000 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 3.3 GHz, 4 cores)
  • Graphic Card: Intel® UHD Graphics
  • RAM: 8 GB LPDDR4X on board
  • Storage: 256 GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Konektivitas: Intel WiFi 6 with Gig+ performance (802.11ax), Bluetooth V5.0
  • Port: 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
  • Camera: 13 MP dan 5 MP
  • Baterai: 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Unboxing dan Aksesoris

ASUS VivoBook 15 OLED K513EA

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 versi kreator ini datang dengan desain menarik. Dari kotak kemasannya, ciri khas dari sang kreator ditonjolkan lewat berbagai karyanya.

Versi yang saya ulas kali ini, yakni edisi Steven Harrington, hadirkan ilustrasi karya beliau di berbagai aspek, termasuk kotak kemasan. Ilustrasinya sendiri bercorak hitam memenuhi kardus luarnya. Nuansa ilustrasi hitam putih begitu memenuhi seluruh bagian luar kotak kemasan, membuat kotak kemasan laptop ini terlihat lain dari yang lain.

ASUS VivoBook 15 OLED K513EA

Saat dibuka, saya menemukan banyak aksesoris dan printilan seperti stiker, stiker khusus buat keyboard, tas laptop, dan lainnya. Tentu saja saya menemukan unit laptopnya yang dibungkus terpisah dengan keyboard.

Hal ini menegaskan kalau bagian hardware tersemat di bagian layar unit perangkat ini. 

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

Di bagian samping kotak, ada ASUS Pen dan stylus, yang lagi-lagi menawarkan ciri khas tersendiri. 

Tentu saja saya juga menemukan pengisi daya alias charger di laptop ini. Ada juga bagian lain di kotak kemasan yang bakal saya bahas semuanya secara terpisah.

1. Keyboard Detachable

sus vivbook 13 slate oled t330

Perangkat ini hadir dengan keyboard detachable, yang artinya bisa dilepas pasang. Keyboard ini memakai sistem magnetik pada ujungnya sehingga mudah untuk menyatu dengan bagian layar.

ASUS menyebut keyboard ini sebagai ASUS ErgoSense keyboard. Untuk spesifikasinya, keyboard ini punya 1,4 mm key travel dan touchpad yang diklaim 50 persen lebih besar. 

Sementara ukuran spesifikasi lainnya adalah 19,05 mm full-size key pitch dan 0.2 mm key-cap dish

Saya sebenarnya tidak terlalu peduli spesifikasi. karena pekerjaan saya mengetik, pengalaman mengetik tentu lebih berguna daripada spesifikasi yang ada di atas kertas.

Yang justru membuat saya kaget, keyboard ini memberikan pengalaman mengetik yang menyenangkan. Ketukan tiap huruf dan teksnya benar-benar memberikan kenyamanan pada jari-jari saya. Bahkan, dengan keyboard ini, saya bisa menulis artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang tidak membuat pegal bagian tangan. 

asus vivbook 13 slate oled t330

Hal yang membuat saya kaget adalah soal touchpad. Saya adalah orang yang jarang memakai touchpad. Namun, saya memaksakan memakai laptop ini dengan touchpad. Ternyata, saya yang jarang memakai touchpad, mudah beradaptasi dengan touchpad ini. 

Saya bisa bernavigasi dengan lancar memakai touchpad di laptop. Sesuatu yang jarang saya lakukan karena ketergantungan saya pada mouse. 

Oh yah, di bagian keyboard, ada sticker atau kertas terpasang yang membuat tampilan keyboard menjadi berbeda. Tentu ini bertujuan agar identitas edisi kreator tampak. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram