Review Samsung Chromebook 4, Laptop 2 Jutaan, Cocok untuk Kerja

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Setelah mencoba perangkat ASUS Chromebook C214, saya jadi penasaran memakai Chromebook dari pabrikan lain. Saya penasaran apakah pengalaman yang diberikan lewat perangkat Chromebook itu serupa atau tidak? Bisakah saya memakainya untuk kebutuhan kerja?

Rasa penasaran itu terjawab ketika saya butuh laptop pengganti. Kebetulan laptop Windows saya mengalami kerusakan. Saya pun harus mencari laptop pengganti. Ketika itu, saya melihat ada produk Chromebook harga Rp2,5 jutaan dari 2 brand berbeda. Saya pun memilih produk dari Samsung, yakni Samsung Chromebook 4. 

Samsung Chromebook 4 ini merupakan produk resmi dari Samsung Indonesia. Artinya, produk ini dijamin garansi resminya oleh Samsung Indonesia. 

Sekadar informasi, Chromebook adalah perangkat laptop dengan Chrome OS, sebuah sistem operasi besutan Google. Di dalamnya terdapat browser Chrome yang bisa dimaksimalkan untuk berbagai penggunaan. Terlebih Chrome OS menawarkan sesuatu yang menarik, dukungan untuk menginstal aplikasi Android.

Meskipun ditujukan untuk pembelajaran, Samsung Chromebook 4 ini saya gunakan untuk bekerja. Bagaimana hasilnya? Langsung saja simak ulasan saya soal Samsung Chromebook 4 setelah saya pakai untuk bekerja lebih dari 2 minggu.

Spesifikasi Samsung Chromebook 4

Samsung Chromebook 4
  • Layar: 11.6" HD LED Display 1366x768 piksel Anti-Reflective
  • Processor: Intel® Celeron® Processor N4020 (1.10 Ghz up to 2.70 Ghz 4 MB L2 Cache)
  • Sistem Operasi: Chrome OS
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics 600
  • RAM: 4 GB LPDDR4 Memory (On BD 4 GB)
  • Storage: 32GB eMMC 5.1
  • Konektivitas: 802.11 ac wave2 2X2 Bluetooth
  • Port: 1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support, 1 x micro SD card
  • Baterai: 3 -Cell 50 Wh Battery

Isi Kotak Penjualan

Samsung Chromebook 4

Samsung Chromebook 4 yang saya beli datang dengan kardus standar laptop pada umumnya. Kardusnya cukup sederhana dan tidak ada hal menarik yang bisa saya ceritakan dari tampilan kardusnya. 

Samsung Chromebook 4

Isi kemasannya juga sederhana. Jika Anda membeli Samsung Chromebook 4, Anda hanya akan mendapatkan laptop Samsung Chromebook 4, kabel pengisian daya USB Type-C to USB Type-C, charger, dan juga buku panduan. Tidak ada bonus tas atau aksesoris tambahan lainnya.

Bodi Desain dan Keyboard

Samsung Chromebook 4

Memiliki dimensi 287.9 x 202.3 x 16.7 mm dan bobot yang cukup ringan, yakni 1 kg, membuat saya lebih leluasa membawa Samsung Chromebook 4 kemana-mana. Di tas saya pun, perangkat ini terasa ringan. Tidak seperti membawa sebuah laptop. 

Bodi yang ringan ini dibalut plastik polikarbonat. Bahan yang umum di laptop kelas terjangkau. Yang menarik justru pemilihan warna dan tampilan desain Samsung Chromebook 4 ini. Bila menilik perangkat Chromebook lain di kelas harga murah, kebanyakan desainnya seadanya. Para produsen tampak fokus pada build quality. 

Samsung Chromebook 4 juga punya build quality yang bagus. Namun, Samsung juga memberi kesan desain yang berbeda di Samsung Chromebook 4. Lewat varian warna yang disebut Platinum Titan, Samsung Chromebook 4 tampil menawan jika dibandingkan Chromebook terjangkau lain yang banyak menawarkan warna hitam. 

Samsung Chromebook 4

Aspek ini juga lah yang membuat saya memilih membeli Samsung Chromebook 4 dibandingkan perangkat Chromebook lain. Tentu saja pertimbagan pertama soal harganya yang sangat-sangat terjangkau. 

Lewat warna Platinum Titan, laptop ini memberi kesan mewah bagi pengguna. Tidak terlihat murahan. Apalagi hiasan “Chrome” di bodi laptop ini membuat tampilan semakin menarik. Sekadar informasi, logo Chrome tersebut menandakan bahwa perangkat tersebut sudah tersertifikasi sebagai perangkat Chromebook dari Google. 

Hal ini dilakukan karena Google langsung mengoptimasi perangkat Chromebook guna memberikan pengalaman yang nyaman bagi penggunanya. Karena itu performa Chromebook dengan laptop yang diinstal manual dengan Chrome OS akan sangat jauh performanya. 

Samsung Chromebook 4

Bodi desain yang perak ini membaluti semua bodi laptop. Hanya bagian keyboard saja yang tentu berbeda. Hal ini dilakukan agar keyboard harus terlihat menonjol dengan corak hitamnya. Keyboard di laptop ini sendiri sih bisa terbilang tergolong nyaman. Enak dipakai buat mengetik. Saya juga sudah mulai terbiasa dengan layout keyboard Chromebook yang memang agak sedikit berbeda dengan layout keyboard Windows. 

Untuk touchpad, seperti biasa, saya jarang memakainya. Pertama, karena saya lebih nyaman memakai mouse. Kedua, touchpad di Chromebook juga tidak gede-gede amat. Ruangnya cukup kecil mengingat bodi Samsung Chromebook 4 memang cukup kecil.

Samsung Chromebook 4

Kenyamanan mengetik di keyboard laptop ini membuat saya cukup betah berlama-lama di Samsung Chromebook 4. Tadinya saya pikir, saya bakal memakai keyboard mekanikal saja. Namun, agak ribet jika membawa keyboard mekanikal kemana-mana. Keyboard bawaan Samsung Chromebook 4 menurut saya sudah sangat nyaman. 

Hal yang mungkin saya kritisi adalah tombol power yang menyatu di keyboard. Hal yang umum untuk laptop murah belakangan ini. Tentu sebenarnya tombol power bisa terpisah. Serperti yang dilakukan ASUS di ASUS Chromebook C214.

Kenyamanan memakai laptop ini menurut saya agak terasa kurang lantaran hanya adanya satu port Type-A USB 3.0 yang posisinya ada di sebelah kanan. Berbarengan dengan kensington lock yang posisinya agak menjauh.

Samsung Chromebook 4

Keberadaan satu USB 3.0 ini membuat saya ragu membeli produk ini tadinya. Pasalnya, ada Chromebook lain di kelas harga yang sama yang menawarkan dua port USB. Saya yang sering memakai port USB untuk mouse dan satu untuk berbagi data, jelas akan merasa butuh lebih banyak port untuk USB 3.0. 

Hal yang sama juga berlaku untuk USB Type-C. Di perangkat lain, ada dua port USB Type-C yang keduanya dapat digunakan sebagai pengisi daya maupun untuk menyambung ke perangkat layar tambahan. 

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram