carisinyal web banner retina

Review Team Group MP34 M.2 NVMe SSD, Kencang dan Handal

Team Group, dikenal sebagai produsen aksesoris dan perangkat keras komputer. Beberapa kali juga tim Carisinyal sudah mengulas berbagai produk dari mereka. Contohnya RAM dan SSD. Nah, pada kesempatan kali ini, kami kedatangan SSD lagi dari Team Group yaitu MP34 M.2 NVMe SSD.

Saya mewakili tim Carisinyal berkesempatan untuk mengulas produk yang penamaannya kurang menarik ini. Kurang menarik karena namanya bakal mengingatkan orang pada format audio dan format video. Padahal beberapa produk Team Group lainnya cukup menarik dari sisi penamaan. Contohnya adalah RAM  T-FORCE Zeus DDR4 16GB, SSD Portable TeamGroup PD1000, atau T-CREATE CLASSIC PCIe SSD.

Tentu saja nama sekadar nama. Apalah artinya nama kalau performa yang ditawarkan lebih diingat dan didambakan.

Seperti itu pula saya melihat produk MP34 M.2 NVMe SSD ini. Dari namanya, jelas kalau produk ini punya form factor M.2 dengan interface PCIe dan teknologi NVMe. Seperti apa produk ini? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini dengan menilik terlebih dahulu spesifikasi yang ditawarkan.

Spesifikasi Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD
  • Kapasitas: 512 GB (tersedia opsi 4TB, 2TB, 1TB, dan 256GB)
  • Antarmuka: PCIe Gen3x4 with NVMe 1.3
  • Voltase: DC 3,35V
  • Suhu Operasi: 0°C hingga 70°C
  • Form Factor: M.2
  • Berat: 6 gram
  • Dimensi: 80(L) x 22(W) x 3,8(H) mm
  • MTBF: 1.800.000 hours
  • Garansi: 5 tahun garansi terbatas
  • TBW: 800 TB (512 GB)

Menilik informasi spesifikasinya, MP34 M.2 NVMe SSD hadir sebagai produk dengan form factor M.2 tapi punya antarmuka PCIe Gen3x4 with NVMe 1.3. Tentu ini membuat performa SSD ini lebih baik jika dibandingkan dengan SSD SATA. Jika masih bingung soal ini, Anda bisa membaca artikel terkait SSD dan jenis-jenisnya pada tautan ini.

Satu hal lagi, pada bagian TBW, itu adalah informasi dari unit yang saya uji yakni MP34 M.2 NVMe SSD 512 GB. MP34 M.2 NVMe SSD juga punya varian storage lain, yakni varian 256 GB dengan TBW 380 TB. varian 1 TB dengan TBW 1.660 TB, varian 2 TB dengan TBW 2.000 TB, dan varian 4 TB dengan TBW 2.400 TB

Soal TBW ini, perlu diketahui jika SSD adalah tipe penyimpanan yang biasanya rusak karena batas pemakaian. Batas pemakaian tersebut ditandai dengan TBW atau TeraByte Written). Sederhananya, ini adalah cara bagaimana SSD menulis data. Semakin sering data ditulis, semakin berkurang umur baterainya.

Sebagai contoh, MP34 M.2 NVMe SSD 512 GB yang saya uji ini diklaim produsennya punya TBW sebesar 800 TB atau sebesar 800.000 GB. Ketika saya menulis data di SSD ini sebesar 100 GB, seperti copy data sebesar 100 GB misalnya, maka usia SSD tersebut berkurang menjadi 799.900 GB atau 799 TB 900 GB.

Jumlah tersebut tergolong besar sehingga umur pemakaian SSD bisa berjalan lama. Bisa jadi dengan penggunaan data yang besar, awetnya bisa sampai 10 tahun. Malah lebih.

Lalu, apa yang terjadi jika TBW tercapai? Jika TBW SSD tercapai, SSD tersebut tidak dapat menulis data tetapi masih memungkinkan untuk membaca data. Jadi tidak sepenuhnya tidak bisa digunakan.

Konfigurasi Tes

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Sebelum ke pengujian, perlu diinformasikan bahwa MP34 M.2 NVMe SSD 512 GB ini diuji pada konfigurasi PC Desktop. Hasil pengujian dan performa tidak menunjukan bahwa ketika SSD ini digunakan pada komputer lain akan menunjukan hasil yang sama. Ada sedikit perbedaan tentunya jika SSD ini digunakan di PC atau laptop dengan sepsifikasi yang berbeda.

MP34 M.2 NVMe SSD 512 GB ini diuji di PC Desktop dengan spesifikasi berikut ini.

  • Prosesor: Intel Core i7 10700F 2.90GHz
  • VGA: NVIDIA GeForce GTX 1650
  • RAM: 16.0GB Dual-Channel DDR4 @ 1330MHz
  • Motherboard: Micro-Star International Co. Ltd. B460M PRO (MS-7C88) (U3E1)
  • SSD 1: T-Force 500GB SATAIII
  • SSD 2: TEAM TM8FP4512G atau MP34 M.2 NVMe

SSD 1 yang digunakan adalah SSD utama yang jadi booting Windows. SSD 2 adalah SSD yang diuji pada ulasan kali ini.

Isi Kotak

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Saat MP34 M.2 NVMe SSD 512 GB datang ke meja redaksi, barangnya datang dengan kotak kemasan putih seperti pada gambar di atas. Kotak kemasan tersebut bakal sama dengan kotak penjualan jika Anda para pembaca membeli produk ini di berbagai toko.

Informasi di bagian kotak penjualan, tertera informasi yang umum. Ada informasi kapasitas, info produk, garansi 5 tahun, dan informasi kalau SSD ini diklaim punya performa yang tahan lama untuk penggunaan profesional

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Di bagian belakang kotak penjualan, terdapat informasi spesifikasi lengkap dengan keterangan kemampuan baca dan tulisnya. Ada juga ilustrasi gambar cara memasang SSD ini di PC Desktop atau laptop. Sekadar info, karena memakai slot M.2 NVMe, tentu SSD ini harus dipasang di PC Desktop atau laptop dengan motherboard yang mendukung slot M.2 NVMe


Di bagian bawah ada keterangan soal Teamgroup dan juga stiker garansi lengkap dengan nomor serial. Ada juga informasi yang menegaskan kalau produk SSD ini dibuat di Taiwan yang letaknya ada di posisi kanan bawah.

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Di dalam kotak kemasan produk ini, tidak ada hal lain. Tidak ada buku petunjuk, isi kemasan hanya SSD dengan stiker garansi yang menempel.

Desain

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Layaknya SSD M.2 NVMe yang beredar, bentuk SSD ini cenderung biasa dan umum. Bentuknya berupa kepingan panjang dengan informasi produk yang menempel. Untuk warna board SSD ini terlihat biru meski tidak terlalu kuat. Hal ini cukup wajar karena ada bagian penutup sehingga dominasi warna biru tidak terlalu kentara.

Ketika di pasang pada PC Desktop, warna dan desain SSD ini tidak terlihat. Hal ini karena karena motherboard sudah menyediakan heatsink khusus yang bisa menempel cukup kuat. Tujuannya sebagai pengaman dan pendingin mengingat SSD M.2 NVMe biasanya punya panas yang cukup kuat mengalir.

Fitur

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Menilik informasi fitur yang ditawarkannya, MP34 M.2 NVMe SSD 512 GB ini cenderung punya fitur yang tergolong standar. Buka jelek tapi tidak ada fitur spesial yang membuat SSD ini berbeda dengan SSD tipe serupa di kelasnya.

Fitur-fitur yang ditawarkan SSD memang cukup umum. Contohnya adalah dukungan protokol NVMe 1.3. Berkat fitur ini, SSD ini menawarkan menawarkan pengalaman transfer kinerja tinggi yang menyenangkan dengan sedikit delay. Hal ini karena sistem komunikasi MP34 M.2 PCIe SSD terhubung cepat ke pengontrol PCIe bawaan dari chipset atau prosesor.

MP34 M.2 PCIe SSD juga punya fitur "S.M.A.R.T.". Dengan fitur ini, SSD punya fungsi dan mekanisme dalam mengelola algoritma cerdas agar SSD beroperasi dengan efisien. Fitur ini juga memberi pengaruh pada masa pakai SSD dan diklaim membawa kinerja yang maksimal.

Selain itu, SSD ini juga mendukung fitur Wear-Leveling dan ECC LDPC (Error Correction Code) . Fitur ini membuat SSD meningkatkan akurasi transfer data dan memperpanjang masa pakai memori flash.

Performa

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Selanjutnya, mari lihat seperti apa performa yang ditawarkan MP34 M.2 PCIe SSD. Untuk memulai hal ini, mari simak terlebih dahulu informasi MP34 M.2 PCIe SSD melalui aplikasi Crystal Disk Info. Informasi tersebut bisa disimak pada gambar di bawah ini.

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Terlihat dari gambar tersebut, bahwa SSD yang diuji ini punya nama TEAM TM8FP4512G. Menilik nama modelnya, saya jadi berubah pikiran. Penamaan MP34 M.2 PCIe SSD ternyata tidak terlalu buruk.

Dari informasi tersebut, terdapat juga informasi tentang interface SSD ini, yakni NVMe atau NVM Express. SSD ini punya mode transfer PCIe 3 x 4. Dari informasi ini, seharusnya kalau kecepatan SSD ini cukup tinggi. Terlebih di info spesifikasi produk, baik di kemasan maupun di situs resminya, MP34 M.2 PCIe SSD punya kecepatan baca 3.500 MB/s dan kecepatan tulis 2.900 MB/s.

Lantas, apakah klaim tersebut benar? Untuk menguji kecepatan tersebut, saya memakai benchmark SSD yang umum digunakan. Pertama, memakai Crystal Disk Mark versi 8.0.4. Hasilnya, bisa disimak pada gambar berikut ini.

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Terlihat dari data di atas, berdasarkan benchmark Crystal Disk Mark 8, SSD ini punya kecepatan baca 3.358 MB/ dan kecepatan tulis 2.511 MB/s. Kecepatannya sedikit lebih rendah dari hasil yang diklaim pihak Team. Namun, nilainya tidak terlalu jauh berbeda.

Selanjutnya, saya memakai benchmark lain, yakni AS SSD Benchmark 2. Benchmark ini menghasilkan nilai yang berbeda dengan Crystal Disk Mark 8. Hasilnya bisa disimak berikut ini.

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Hasil yang didapatkan sedikit lebih rendah dibandingkan hasil Crystal Disk Mark 8. Hal yang biasa karena pada pengujian SSD lain, nilai dari AS SSD Benchmark 2 memang biasanya lebih rendah dari Crystal Disk Mark 8.

Kami juga menguji tes perpindahan data atau copy file memakai AS SSD Copy Benchmark. Berikut hasilnya.

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

Terlihat jika MP34 M.2 PCIe SSD ini mampu menangani perpindahan data dengan kecepatan 2.234 MB/s dalam waktu 0,48 detik untuk file tipe ISO. Terlihat juga informasi tentang kecepatan memindahkan data untuk tipe file program atau tipe file gim yang ada di angka 399 MB/s dan 1.197 MB/s.

Jika menilik hasil benchmark dari MP34 M.2 PCIe SSD, nilainya lebih tinggi dari T-CREATE CLASSIC PCIe SSD. Kecepatan baca T-CREATE CLASSIC PCIe SSD malah hanya di angka 2 ribuan. Untuk info lebih detail soal ini, bisa simak artikel "Review T-CREATE CLASSIC PCIe SSD, SSD Kencang untuk Para Kreator".

Selanjutnya, saya tes MP34 M.2 PCIe SSD dengan pengujian copy data dari MP34 M.2 PCIe SSD ke FlashDisk dan ke SSD Sata. Pengujian juga dilakukan sebaliknya.

Untuk tes pengujian ini, FlashDisk yang digunakan adalah TEAMGROUP C212. Ulasan produk ini dapat disimak pada artikel "Wajib Punya! Review Flashdisk TEAMGROUP C212 512 GB". Selanjutnya, SSD SATA yang digunakan adalah T-Force DELTA MAX yang artikel ulasannya bisa disimak di "Review T-Force DELTA MAX RGB, SSD Berpenampilan Glowing".

Berikut hasil pengujian proses perpindahan data.

  • Dari FlashDisk ke MP34 M.2 PCIe SSD

Pengujian pertama adalah transfer data 60 GB yang berisi kumpulan file beragam, mulai dari dokumen, gambar, dan video. Transfer dari FlashDisk ke MP34 M.2 PCIe SSD ini punya kecepatan kisaran 300 MB/s dengan waktu transfer atau copy data selama 2 menit 36 detik. Kecepatan copy tidak stagnan di 300 MB/s, terkadang turun sampai 230 MB/s atau naik sampai 350 MB/s.

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD
  • Dari MP34 M.2 PCIe SSD ke FlashDisk

Pengujian sebaliknya adalah copy data yang sama, dari MP34 M.2 PCIe SSD ke FlashDisk. Transfer data ini memakan waktu 4 menit 58 detik. Kecepatan transfer berkisar dari 100 ke 208 MB/s. Tentu jika FlashDisk tipe lain yang digunakan, hasil akan berbeda.

  • Dari MP34 M.2 PCIe SSD ke T-Force DELTA MAX

Pengujian selanjutnya adalah transfer data 60 GB yang berisi kumpulan file beragam, mulai dari dokumen, gambar, dan video dari SSD 2 ke SSD 1. SSD 2 adalah MP34 M.2 PCIe SSD dan SSD 1 adalah T-Force DELTA MAX.

Proses perpindahan data ini menghabiskan waktu 1 menit 57 menit atau hampir 2 menit. Kecepatan transfer berada di kisaran 450 MB/s dengan kecepatan maksimal mencapai 500 MB/s. Kecepatan ini cukup wajar mengingat kemampuan SSD SATA terbatas pada 500 MB/s saja.

  • Dari MP34 M.2 PCIe SSD ke T-Force DELTA MAX

Pengujian keempat adalah proses perpindahan data dari SSD 2 ke SSD 1. Proses ini menghasilkan waktu tempuh yang sama dengan sebelumnya, yakni 1 menit 57 detik. Kecepatan transfer berada di kisaran 450 MB/s dengan kecepatan maksimal mencapai 500 MB/s dan kecepatan minimal di 360 MB/s.

Simpulan

Team Group MP34 M.2 NVMe SSD

MP34 M.2 PCIe SSD ini merupakan SSD yang menarik. Performanya tergolong oke untuk spesifikasi yang ditawarkan. Sayangnya, SSD ini minim fitur. Ada memang fitur menarik di SSD tapi tidak membuatnya berbeda dengan SSD lain.

Jika menilik harganya, MP34 M.2 PCIe SSD dengan kapasitas 500 GB dijual di harga Rp900 ribuan di took online. Harga tersebut tergolong menarik dan sangat layak jika menilik performa yang ditawarkan. Harganya tergolong lebih masuk akal.

Saya juga bisa menyimpulkan kalau SSD ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya

  • Performa yang sangat kencang  
  • Fitur dan garansi yang patut diapresiasi
  • TBW yang tergolong tinggi yang membuat SSD ini punya umur Panjang untuk dipakai

MP34 M.2 PCIe SSD ini merupakan SSD yang bahkan sebenarnya bisa jadi SSD utama. Malah SSD ini ini lebih baik jika digunakan untuk kebutuhan umum, kebutuhan bermain gim, maupun untuk kebutuhan creator. Tertarik membeli MP34 M.2 PCIe SSD?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram